🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh dan Cara Promosi Makanan Menarik

Cara promosi makanan menarik bisa Anda lakukan dengan riset pasar, aktif menggunakan media sosial, hingga memasarkannya melalui marketplace.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Tuesday, 6 June 2023

Ada banyak orang yang penasaran dan ingin tahu tentang bagaimana cara promosi makanan menarik serta efektif agar bisa mendapatkan cuan lebih. Ini bisa mulai dari memanfaatkan media sosial, menghasilkan foto ciamik, hingga melakukan kerja sama.

Beberapa cara atau strategi tersebut perlu Anda lakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Mari kulik informasi di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara promosi makanan hingga tips dan contoh kata-kata menarik!

Cara Promosi Makanan Menarik

Seiring berjalannya hari, teknologi juga terus berkembang menjadi semakin canggih. Ini bekerja dalam berbagai bidang, mulai dari kesehatan, desain, hingga masakan dan pemasaran. Teknologi tersebut juga dimanfaatkan sebagai ladang rezeki bagi banyak orang.

Tidak terkecuali Anda yang sudah mampir ke tulisan ini untuk mengetahui bagaimana cara promosi produk makanan melalui online. Caranya susah-susah gampang, tetapi jika ada tekad kuat, maka usaha tidak akan mengkhianati hasil. Berikut adalah penjelasannya, antara lain:

1. Riset Pasar atau Peminat Makanan Tersebut

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperhatikan pasar atau peminat produk tersebut. Ini bisa dilakukan secara offline maupun online untuk mendapatkan data penting sebagai acuan target yang perlu dikejar atau menghasilkan produk paling diminati.

Hasil riset ini juga nantinya bisa Anda manfaatkan untuk membawa bisnis makanan tersebut ke arah mana, konsepnya seperti apa, hingga mau dipasarkan melalui platform apa.

Cara merisetnya, Anda perlu meneliti kira-kira produk tersebut diminati oleh orang dari daerah apa, usianya berapa, gendernya apa, harga pasarannya berapa, pesaingnya siapa, dan lain sebagainya.

2. Gunakan Kemasan yang Menarik dan Sesuai

Cara promosi makanan menarik selanjutnya adalah menggunakan kemasan yang menarik juga. Ini perlu dipertimbangkan matang-matang karena ada banyak orang yang membeli suatu barang hanya karena melihat kemasan dan mengesampingkan isi maupun khasiatnya.

Walaupun itu semua sama-sama penting, tetapi membuat kemasan yang menarik juga berperan besar sebagai strategi awal untuk memberikan pesan pertama pada pelanggan sebelum mereka merasakan produk makanan Anda.

Buatlah kemasan dengan desain yang unik dan sesuai konsep produk atau merek bisnis. Misal, produk makanan seblak instan yang identik dengan wanita dan remaja, ada baiknya untuk menggunakan kemasan berwarna merah dengan elemen cabai menggiurkan.

3. Hasilkan Foto yang Menggiurkan

Salah satu hal penting yang wajib diperhatikan dalam cara promosi makanan di WA atau menjual produk secara online adalah visual. Ini bisa berupa foto atau video yang dibuat sedemikian rupa agar mampu menarik perhatian banyak orang.

Terlebih lagi, produk tersebut adalah makanan yang elemen visualnya harus bisa membuat seseorang merasa lapar atau menginginkannya. Contoh, produk seblak instan yang difoto bersama cabai segar atau sambal merah untuk memberikan kesan pedas dan nikmat.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023

4. Aktif Promosi di Media Sosial

Setelah mengantongi foto yang bagus, Anda sudah mulai bisa melakukan cara promosi makanan menarik melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter.

Namun, penting juga untuk memastikan bahwa target pasar Anda di media sosial sudah tepat sasaran agar nantinya produk bisa lebih cepat dikenal oleh banyak orang melalui berbagai jaringan.

5. Pasarkan Produk Makanan di Marketplace

Selain melalui media sosial, Anda juga perlu melakukan cara promosi jualan makanan online lewat marketplace  yang memudahkan sistem transaksi sehingga pelanggan merasa aman dan lebih mudah. Kini sudah ada banyak sekali pilihan marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, hingga Bukalapak.

Menggunakan cara ini nantinya juga bisa membantu Anda dalam meriset produk atau harga milik pesaing sampai memberikan nilai apa yang diperlukan oleh para pelanggan.

Contoh Kata Kata Promosi Yang Bikin Pelanggan Tertarik

Contoh Kata Promosi (Credit: freepik.com)

Contoh Kata-Kata Promosi Makanan

Selain menggunakan cara promosi makanan menarik di atas, Anda juga perlu membuat kata-kata untuk menarik para pelanggan. Ini mengambil peran yang sangat penting karena tanpa penjelasan yang baik, maka seseorang akan berpikir dua kali untuk membeli produk tersebut.

Berikut ini adalah 5 tips dan contoh kata-kata promosi yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi, antara lain:

1. Pahami Kebutuhan Target Konsumen Anda

Pertama, kenali dan pahami terlebih dahulu hal apa saja yang dibutuhkan oleh para konsumen. Setelah mengetahui permasalahannya, maka berikan solusi melalui rangkaian kata yang menarik.

Contoh:

Ingin cepat dapat banyak cuan tapi kerja di depan laptop sebentar saja, mata sudah perih? Tenang, kini ada obat tetes A yang akan memberikan perlindungan ekstra pada mata Anda agar tetap lembab dan sehat.

2. Gunakan Pilihan Kata yang Menarik

Pemilihan kata dalam pemasaran sangatlah penting untuk diperhatikan dalam cara mempromosikan makanan karena mereka mengambil peran yang sangat besar. Penggunaan kata yang sesuai bisa memberikan efek luar biasa pada konsumen dan produk.

Contoh:

Awas!! di sini ada bakso rudal yang siap bertempur di perut Anda!

pembukuan bisnis fnb

3. Sebutkan Keunggulan Produk Makanan Anda

Cara promosi makanan menarik berikutnya adalah jelaskan keunggulan atau nilai tambah produk makanan untuk menarik perhatian pelanggan. Jika mereka mempunyai permasalahan yang bisa diselesaikan dengan keunggulan produk Anda, maka pembelian bisa saja terjadi.

Contoh:

Obat Mata Lala secara efektif mengurangi kekeringan dan menghidrasi mata Anda serta memberikan kelegaan seketika. Rasakan sensasi segar saat Obat Mata Lala menyegarkan dan merevitalisasi mata untuk membantu Anda menghadapi tugas-tugas sepanjang hari.

Baca Juga: 5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah

Kesimpulan

Promosi adalah salah satu hal yang mengambil peran penting dalam semua bisnis, termasuk dalam bidang kuliner agar bisa mendapatkan penjualan dan mencapai tujuan.

Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa melakukannya dengan riset pasar, memilih kemasan menarik, aktif menggunakan media sosial, hingga memasarkannya melalui marketplace.

Cara promosi makanan menarik beserta contohnya bisa Anda lakukan dengan mengikuti informasi di atas ini!

Ketahui Pentingnya Nota Penjualan dan Cara Mudah Membuatnya
Pernahkah kalian melakukan pembelian kemudian mendapatkan kertas yang bertuliskan barang apa saja yang kita beli? Kertas yang sering kita sebut
Baca Juga
7 Komponen Perencanaan Usaha dan Penjelasannya Lengkap!
Komponen perencanaan usaha disusun untuk memudahkan pebisnis dalam memastikan setiap rencananya sesuai dengan tujuan. Tanpa adanya perencanaan maka besar kemungkinan
Baca Juga
11 Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya
Pelanggan memiliki peran sentral dalam menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Meskipun upaya maksimal untuk memberikan produk dan layanan terbaik, tak terelakkan
Baca Juga
Jualan Apa yang Laku di Kampung? 7 Ide Usaha Ini Pasti Laris
Jualan apa yang laku di kampung? Saat ini ada berbagai ide bisnis yang bisa dipilih bagi para pengusaha di kampung.
Baca Juga
9 Ide Bisnis Handmade: Modal Minim, Hasil Maksimal
Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis dengan modal kecil yang unik dan penuh kreativitas? Salah satu opsi yang patut
Baca Juga
Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Semrawut Jadi Sistematis
Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu