Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Pasti Untung Besar!

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 3 November 2022

Sebelum berbisnis, memahami pasar dan kompetitor adalah hal yang wajib dilakukan semua pebisnis. Memilih peluang usaha yang belum banyak pesaing merupakan salah satu strategi untuk memulai usaha dengan resiko yang lebih kecil.

Hal ini tentu sangat menguntungkan karena dengan jumlah kompetitor yang jauh lebih sedikit, kesempatan sebuah bisnis untuk menguasai pasar akan lebih besar. Dengan kata lain, resiko gulung tikar akan menjadi semakin kecil.

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing Pasti Untung Besar

Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

Ilustrasi Peluang Usaha di Rumah (Sumber: Freepik.com)

Bicara mengenai bisnis dengan saingan yang sedikit, ada beberapa bisnis yang bisa dicoba. Mulai dari bisnis makanan hingga barang antik, berikut daftar usaha menarik dengan jumlah pesaing yang lebih sedikit:

  • Penyedia Healthy Fast Food

Fast food atau makanan cepat saji memang identic dengan makanan yang tidak sehat. Banyak orang yang akhirnya mengurangi ataupun tidak mengkonsumsi makanan cepat saji agar mereka bisa menerapkan pola hidup sehat. Inilah kesempatan para pebisnis untuk menyediakan makanan cepat saji yang sehat.

Di Indonesia sendiri, usaha yang satu ini masih sangat jarang. Dengan menawarkan beberapa paket menu yang memiliki standar gizi tinggi, para pebisnis bisa menawarkan produk makanan sehat secara online maupun offline.

  • Usaha Cloud Kitchen

Bagi para pengusaha kuliner, bisnis cloud kitchen bisa menjadi pilihan bisnis selanjutnya. Konsep usahanya terbilang cukup menarik. Pemilik usaha akan menawarkan dapur kepada konsumen yang nantinya digunakan untuk membuat berbagai makanan untuk dijual.

Cloud kitchen menjadi salah satu bisnis modal kecil khususnya bagi mereka yang memiliki dapur yang jarang dipakai. Saat ini, bisnis yang satu ini bisa bekerja sama dengan jasa pengantaran makanan sehingga pengiriman makanan akan jauh lebih efektif.

Baca Juga: 8 Bisnis Modal Kecil yang Hasilkan Keuntungan Besar

  • Affiliate Marketing

Syarat Program Shopee Affiliate

Ilustrasi Affiliate Marketing

Affiliate marketing sangat dekat bisnis online. Bisnis ini pada dasarnya dilakukan dengan mengiklankan atau melakukan promosi untuk produk tertentu. Nantinya mereka yang melakukan affiliate marketing akan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut.

Komisi yang ditawarkan pun beragam tergantung dari harga produk. Cara pemasarannya pun tidak dibatasi. Artinya ialah mereka yang melakukan bisnis ini dapat mengiklankan produk tersebut melalui social media ataupun media pemasaran lainnya.

  • Bisnis Financial Planner

Banyaknya orang yang telah menyadari akan pentingnya rencana keuangan membuat bisnis financial planner menjadi pilihan tepat untuk pengusaha. Saat ini, masih jarang orang tahu mengenai bisnis ini. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi peluang usaha terbaik.

Hal yang harus dilakukan ialah memberikan arahan bagi klien agar mereka dapat mengelola keuangan mereka dengan baik. Beberapa arahan tersebut misalnya ialah melakukan investasi dan membuat anggaran pengeluaran.

  • Menjual Produk Daur Ulang

Untuk mereka yang suka membuat berbagai produk kreatif, bisnis produk kreatif hasil daur ulang bisa menjadi pilihan bisnis menarik. Meskipun, sejak dahulu telah ada pengusaha yang menciptakan produk daur ulang, namun hingga saat ini peminat yang ingin terjun ke bisnis ini masih cukup jarang.

Dengan begitu, ini bisa menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing. Modal untuk memulai usahanya tidak begitu bsar mengingat bahan baku yang akan digunakan merupakan barang bekas yang sudah tidak terpakai.

  • Bisnis Barang Antik

Bisnis Barang Antik

Ilustrasi Bisnis Barang Antik Photo by Alexandre Valdivia on Unsplash 

Para kolektor biasanya sangat senang berburu berbagai barang antik. Bagi yang memiliki berbagai barang peninggalan zaman dahulu di rumah, mereka bisa memulai bisnis barang antik yang satu ini. Biasanya harga jual barang antik tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi.

Dengan begitu, keuntungan bisnis menjual berbagai barang antik akan sangat menguntungkan. Lebih menguntungkan lagi karena belum banyak orang yang terjun dalam bisnis tersebut. Bisnis ini dapat dimulai dengan mengiklankan berbagai produk yang akan dijual melalui sosial media maupun e-commerce.

  • Bisnis Budidaya

Di bidang pertanian dan peternakan, bisnis budidaya tanaman ataupun hewan merupakan bisnis dengan jumlah pesaing yang masih sedikit. Namun, jika bicara mengenai prospek bisnis tersebut menurut riset Internasional, bisnis budidaya menjadi salah satu bisnis yang membantu kebutuhan pangan dunia.

  • Bisnis Minuman Kesehatan

Di tahun 2022, ketika banyak orang semakin menyadari pentingnya kesehatan, membuka bisnis minuman kesehatan merupakan ide yang layak untuk dicoba. Salah satu contohnya ialah menjual berbagai jamu maupun empon-empon.

Modal yang diperlukan pun tidak terlalu besar. Namun, keuntungan yang didapat bisa dua kali lipat. Pemasarannya sendiri pun semakin mudah dengan adanya sosial media. Ditambah dengan masih sedikitnya kompetitor, peluang bisnis ini untuk berkembang semakin besar.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend di Tahun 2023

Kesimpulan

Setidaknya ada 8 peluang usaha yang belum banyak pesaing dan layak untuk dicoba oleh para pengusaha. Pembuatan rencana bisnis yang tepat menjadi hal yang sangat penting disini. Tidak lupa, cara pemasaran yang efektif pun harus dilakukan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Temukan niche dan keterampilan Anda, latih, dan tekuni itu. Namun, jangan lupa bahwa di dunia yang sangat digital, apapun bisnis yang ingin Anda kembangkan, kemungkinan besar harus dimulai dengan merancang promosi secara online.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Banner Beecloud Laporan Neraca

5 Rahasia Membangun E-Commerce Yang Sukses
Sebagai pengusaha, Anda tentunya ingin usaha Anda bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk […]
Baca Juga
8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun
Bisnis apa yang cocok dijalankan di akhir tahun? Sudahkah Anda tahu bahwa ada 5 periode penting untuk menaikkan penjualan dalam […]
Baca Juga
Definisi Bisnis Model Canvas Makanan dan Elemennya
Bisnis kuliner menjadi yang paling banyak diminati oleh para pebisnis saat ini. Hal tersebut dikarenakan peminat dari kuliner tidak pernah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu