8 Aplikasi Keuangan Online Gratis Terbaik dan Mudah Digunakan

Friday, 25 June 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
pentingnya-laporan-keuangan-untuk-usaha

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Aplikasi keuangan online adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, melakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat untuk kemajuan bisnis. Dengan adanya aplikasi keuangan, laporan keuangan dapat dilihat kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu menunggu karyawan Anda menyiapkan laporan.

Kegiatan administrasi seperti membuat faktur penjualan dan pemvelian, cek stok barang hingga persetujuan transaksi akan lebih cepat selesai dan memberikan hasil kerja yang lebih efisien.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Keuangan Online

aplikasi-keuangan-online

Manfaat Aplikasi Keuangan Online

Dengan aplikasi keuangan  online, Anda bisa menghemat waktu, terhindar dari kesalahan atau kekeliruan, perhitungan dan pembuatan laporan pun lebih aman, cepat dan mudah. Beberapa manfaat lain aplikasi keuangan online di antaranya:

1. Dapat Melacak Stok dan Inventori

Anda dengan mudah melacak stok barang baik stok antargudang ataupun stok antarcabang sehingga Anda bisa mengetahui kondisi perputaran stok.

2. Buat Laporan Keuangan Secara Instan dan Cepat

Pusing hitung keuangan pakai rumus? Tenang, Anda bisa mengetahui laporan laba rugi, arus kas, hingga utang piutang harian, mingguan, dan bulanan secara instan dengan aplikasi keuangan online.

aplikasi-keuangan-online-gampang-buat-laporan-keuangan

Aplikasi Keuangan Online Bisa Lihat Laporan Keuangan Secara Realtime

3. Kelola Hutang & Piutang Tanpa Ribet

Jangan sampai bisnis macet karena hutang dan piutangmu. Dengan aplikasi keuangan online, catat hutang piutang secara mudah.

4. Akses Aplikasi Keuangan Online Secara Realtime

Proses bisnis yang terintegrasi membuat laporan keuangan perusahaan Anda dapat dilihat secara real time sehingga sangat mudah dalam pengambilan keputusan bisnis.

5. Catat pemasukan dan pengeluaran dengan mudah

Seluruh pemasukan dan pengeluaran dari beragam sumber dapat dicatat secara praktis hanya dalam beberapa klik.

6. Invoice Lebih Praktis

Pembayaran lebih cepat dengan pembuatan invoice otomatis dan terintegrasi ke aplikasi laporan keuangan.

Dengan aplikasi keuangan online seperti Beecloud, Anda bisa membuat invoice secara online dan langsung mengirimkannya kepada pelanggan lewat email.

8 Aplikasi Keuangan Online Cloud Gratis Terbaik Buat Pebisnis UKM

1. ZipBooks

aplikasi-keuangan-online-zipbooks

Aplikasi Keuangan Online Zipbooks (Sumber: Zipbooks.com)

ZipBooks merupakan aplikasi keuangan online cloud gratis berbasis di American Fork, Utah. ZipBooks mempunyai fitur seperti pembuatan faktur, transaksi, tagihan, pelaporan, pelacakan waktu, kontak, dan penggajian. Software ini juga mudah melacak informasi bank dan pemrosesan kartu kredit serta telah tersedia di G Suite, iOS, Slack, dan sebagai aplikasi web.

2. GnuCash

GnuCash adalah program akuntansi yang menerapkan sistem pembukuan entry ganda. GnuCash tersedia untuk Windows, MAX, OSK, dan Linux. GnuCash menawarkan fitur pencatatan, pengelolaan anggaran, bahkan bisa menghitung aset dan liabilitas, baik yang berupa harta bergerak maupun simpanan bank.

3. Beecloud

aplikasi-keuangan-online-beecloud

Aplikasi Keuangan Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Beecloud merupakan aplikasi keuangan online berbasis web yang didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang. Data transaksi semua cabang terpusat online & realtime mulai dari kas dan stok, pembelian & penjualan, hutang & piutang sampai biaya-biaya lain.

4. Wave

Wave accounting adalah aplikasi keuangan online yang memiliki target market bisnis kecil. Aplikasi ini mendukung penggunaan multi mata uang, membuat faktur dan pajak penjualan lebih mudah dan melacak biaya-biaya lain tanpa harus memasukkan apapun secara manual.

5. AceMoney

AceMoney membantu orang mengatur dan mengelola keuangan pribadi mereka dengan cepat dan mudah. Mendukung semua fitur yang diperlukan untuk kebutuhan akuntansi rumahan atau bahkan usaha kecil, mengelola banyak akun dari berbagai jenis, membuat dan mengelola anggaran, melacak kinerja investasi, melacak kebiasaan pengeluaran Anda dan melihat ke mana uang itu pergi, dan menikmati kenyamanan di -line banking.

6. Freshbooks

FreshBooks merupakan aplikasi keuangan online yang menawarkan fitur yang cukup mudah untuk digunakan oleh usaha kecil menengah. Aplikasi satu ini mampu melacak pendapatan secara otomatis, pengingat untuk pembayaran, menyederhanakan proses persiapan penggajian dan bahkan menawarkan alat kolaborasi untuk merampingkan proses akuntansi untuk pemilik usaha kecil. FreshBook dipatok dengan harga US$ 15 hingga US$ 50 per bulannya.

7. Lamikro

aplikasi-keuangan-online-lamikro

Aplikasi Keuangan Online Lamikro (Sumber: Kominfo.go.id)

Aplikasi Lamikro dapat diakses kapan dan di mana saja, cukup hanya melalui ponsel berbasis operasi Android. Selain itu Lamikro juga dapat diakses melalui website www.lamikro.com. Aplikasi ini dirancang fleksibel dengan banyak pilihan berbasis pengguna. Melalui aplikasi Lamikro, pelaku usaha mikro dapat menghitung arus kas, belanja, pendapatan dan laba secara mudah.

8. Intacct

Sage Intacct, Inc adalah penyedia layanan manajemen dan keuangan berbasis cloud yang tersedia di lima wilayah di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Australia, dan Afrika Selatan. Intacct menawarkan aplikasi akuntansi berbasis cloud yang memungkinkan pembayaran bisnis, mengelola dan membayar tagihan, serta memfasilitasi fungsi penggajian.

Apa Pentingnya Laporan Keuangan untuk Usaha Anda?

pentingnya-laporan-keuangan-untuk-usaha

Laporan Keuangan Perusahaan dalam Satu Periode (Sumber: Unsplash.com)

Laporan keuangan adalah ringkasan dari proses pencatatan seluruh transaksi keuangan dalam satu periode.

Pada dasarnya, laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi. Tujuan disusunnya laporan keuangan untuk dapat menyediakan sebuah informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, serta perubahan yang terjadi pada keuangan suatu perusahaan.

Laporan keuangan memiliki manfaat untuk pengambil keputusan atau kebijakan.

Sangat penting bagi perusahaan dalam membuat sebuah laporan keuangan. Sangat penting bagi perusahaan dalam membuat sebuah laporan keuangan. Apa saja pentingnya laporan keuangan untuk usaha Anda?

1. Mudah Mengatur Arus Kas

Mengatur arus kas berawal dari pencatatan akuntansi secara akurat dan terperinci. Apabila Anda memiliki laporan keuangan akan lebih mudah untuk mengatur keseimbangan debit dan kredit.

2. Pencatatan Biaya yang Rinci

laporan-keuangan-mencatat-secara-rinci

Laporan Keuangan Mencatat Secara Rinci (Sumber: Bee.id)

Segala transaksi dalam bisnis adalah proses yang sangat penting untuk dicatat dan dikelola dengan baik. Salah satunya adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk kelangsungan bisnis yang wajib dicatat dalam laporan keuangan. Untuk mencatat dan menghitung biaya dengan terperinci dan menjadi sebuah laporan keuangan yang valid, Anda bisa menggunakan akuntansi biaya.

3. Mudah Menganalisa Penjualan

Dalam bisnis, setiap transaksi harus dicatat dengan baik, terutama penjualan. Semua hal yang berisikan mengenai informasi penjualan diisi dalam laporan penjualan. Laporan penjualan adalah sebuah rangkuman mengenai penjualan yang disusun untuk analisis dan catatan penjualan. Laporan penjualan ini sangat penting karena digunakaan saat akan mengambil keputusan dalam penentuan harga, pemasaran, hingga harga jual.

4. Keluar Masuk Uang Terkontrol

Bisnis yang sehat adalah ketika kita mampu mengatur setiap uang yang keluar dan masuk dengan pembukuan yang jelas dan rapi. Anda harus mulai memperhatikan pengeluaran perusahaan, apakah penting atau tidak.

Pengeluaran membeli bahan baku, operasional, pemasaran dan sebagainya harus ditetapkan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan. Jika tidak mengontrol pengeluaran secara benar dan tertib maka tidak terasa pemborosan akan terjadi di perusahaan Anda.

5. Cashflow Tercatat dengan Baik

Contoh-Laporan-Arus-Kas-

Laporan Cashflow (Arus Kas) Memuat Keluar Masuknya Uang (Sumber: Beed.id)

Laporan arus kas (cashflow) memuat segala informasi yang berhubungan dengan kas masuk dan keluar dalam periode yang ditetapkan. Karena itu berhubungan dengan waktu pencatatan, laporan arus kas juga berlaku sebagai syarat dengan informasti perubahan historis atas kas.

Kesimpulan

Aplikasi keuangan online adalah alat yang memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, melakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat untuk kemajuan bisnis. Membuat laporan keuangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh pengetahuan serta memakan waktu yang tidak sebentar untuk menyusun laporan cash flow.

Tapi tenang dengan adanya Aplikasi Keuangan Online Beecloud apa yang tidak mungkin akan menjadi mungkin. Cukup hanya 5 menit saja laporan keuangan Anda akan tersaji secara realtime dan akurat.

Coba gratis Software Akuntansi Online selama 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :