🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Manfaat Belajar Akuntansi Perusahaan dengan Baik dan Benar

Apa manfaat dari belajar akuntansi perusahaan yang baik dan benar? Temukan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai akhir!
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 23 June 2022

Sebelum membahas tentang manfaat belajar akuntansi perusahaan yang baik dan benar, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan akuntansi itu sendiri. Pada dasarnya, akuntansi adalah salah satu proses atau kegiatan penting yang terjadi di dalam suatu bisnis.

Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris, yaitu accounting. Jika diartikan secara lebih jelas lagi, maka akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi. Jadi, bisa dipastikan bahwa mempelajari akuntansi perusahaan akan penting dilakukan.

5 Manfaat Belajar Akuntansi Perusahaan

Belajar akuntansi perusahaan awal memang bukanlah perkara yang mudah. Untuk melakukan aktivitas ini, Anda akan membutuhkan ketekunan dan kecermatan yang tinggi. Namun, setelah Anda mempelajari tentang hal ini, Anda bisa merasakan beberapa manfaat yang menguntungkan.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat ilmu akuntansi itu sendiri memiliki beberapa manfaat di dalamnya. Pada dasarnya, tujuan akuntansi adalah untuk mencatat, mengumpulkan, dan melaporkan informasi terkait keuangan, sedangkan untuk manfaatnya sendiri adalah:

1. Lebih Memahami Informasi Keuangan

Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan di paragraf sebelumnya, bahwa tujuan akuntansi dalam dunia bisnis adalah untuk mencatat, mengumpulkan, dan melaporkan segala jenis informasi yang berkaitan dengan dunia keuangan perusahaan tertentu.

Arsip Informasi Keuangan Perusahaan

Arsip Laporan Keuangan Perusahaan (Sumber: Pexels.com)

Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa ketika Anda mempelajari dunia akuntansi perusahaan secara lebih jauh lagi, Anda bisa lebih memahami segala jenis informasi keuangan yang berlangsung di dalam perusahaan tersebut.

Dalam hal ini, informasi keuangan aktiva maupun pasiva perusahaan dapat lebih Anda pahami dengan baik.

2. Lebih Memahami Perubahan Ekonomi yang Terjadi di Perusahaan

Belajar akuntansi perusahaan efektif untuk memahami perubahan ekonomi yang terjadi di dalam suatu bisnis tertentu. Sebab, tujuan dari sistem akuntansi dalam bisnis itu sendiri adalah untuk menyediakan informasi perubahan yang terjadi pada berbagai sistem ekonomi perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Prinsip Ekonomi dan Penjelasannya

Maka dari itu, selalu dikatakan bahwa seseorang yang memilih berkecimpung di dunia akuntansi seperti ini, wajib mempelajari tentang dunia akuntansi perusahaan yang berkaitan dengan pekerjaannya tersebut.

Saat ini, sudah ada aplikasi akuntansi online dari Beecloud yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Aplikasi ini mampu mengontrol 48 cabang dari 1 tempat sekaligus.

Software Akuntansi Online Realtime Beecloud

Sehingga, sudah menjadi hal yang wajar jika semakin ada banyak orang yang merekomendasikan aplikasi ini.

3. Memberikan Informasi Keuangan Perusahaan yang Bersangkutan

Manfaat ketiga dari aktivitas belajar akuntansi perusahaan adalah sama dengan tujuan dari ilmu akuntansi itu sendiri, yaitu untuk memberikan informasi keuangan perusahaan secara lebih jelas lagi.

Dengan adanya informasi keuangan perusahaan seperti ini, dapat membantu dalam pembuatan estimasi keuntungan yang bisa diperoleh oleh perusahaan tersebut. Dengan begitu, proses perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan bisa berlangsung secara lebih mudah dan lancar.

4. Membantu Pemilik Laporan Keuangan dalam Menyediakan Informasi yang Lengkap

Manfaat lain dari aktivitas mempelajari sistem akuntansi perusahaan adalah untuk membantu pemilik laporan keuangan dalam menyediakan informasi yang lengkap di dalamnya. Meski terkesan sederhana, tapi pada dasarnya aktivitas ini bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan.

Maka dari itu, untuk bisa mengumpulkan informasi laporan keuangan yang lengkap di dalam perusahaan tertentu, seorang manajer akuntansi harus bisa memiliki ilmu yang memadai dalam hal ini. Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah dalam memenuhi tanggung jawabnya.

5. Mengenal Manfaat Akuntansi secara Lebih Baik Lagi

Manfaat Akuntansi Excel Untuk Membuat Laporan

Laporan Akuntansi Menggunakan Excel

Pada dasarnya, akuntansi di dalam sebuah bisnis tertentu akan memiliki beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui. Dari sekian banyak manfaat yang ada, peran akuntansi sebagai alat kontrol dan bukti keuangan dalam suatu perusahaan adalah salah satu di antaranya.

Baca Juga: Manfaat Software Akuntansi yang Wajib Anda Tahu

Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa ketika Anda mempelajari tentang dunia ini secara lebih mendalam lagi, Anda jadi bisa semakin mengenali apa saja manfaat dari akuntansi itu sendiri. Jadi, aktivitas ini bukanlah kegiatan yang perlu diabaikan begitu saja.

Belajar akuntansi perusahaan memang termasuk salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap individu yang hendak berkecimpung di dunia keuangan seperti ini. Maka dari itu, jika Anda memiliki rencana untuk hal itu, segera pelajari segala jenis informasi yang berkaitan dengan dunia ini.

Artikel Terkait

9 Perbedaan Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap Dalam Akuntansi
Aktiva merupakan bagian integral dari struktur keuangan suatu perusahaan, yang dapat dibagi menjadi dua kategori utama: aktiva lancar dan aktiva
Baca Juga
Contoh Cash Flow Sederhana Excel dan Cara Membuatnya
Contoh cash flow sederhana excel merupakan suatu hal yang paling dicari para pengusaha pemula saat ingin memulai membuat laporan keuangan
Baca Juga
Apa itu Biaya Marginal? Ini Penjelasan Lengkapnya
Dalam istilah ekonomi, biaya marginal (mariginal cost) berhubungan dengan biaya produksi. Kalau Anda belum tahu biaya produksi itu apa, biaya
Baca Juga
Rumus Current Ratio, Contoh dan Cara Menghitungnya
Rumus current ratio atau rasio lancar adalah salah satu bagian dari rasio likuiditas yang bisa dijadikan sebagai alat pengukur kemampuan
Baca Juga
Kerangka Konseptual Akuntansi: Panduan Lengkap dan Tujuannya
Kerangka Konseptual Akuntansi merupakan landasan utama dalam aktivitas keuangan. Artikel ini menjelaskan secara komprehensif konsep, pentingnya, cara membuat, dan tingkatan
Baca Juga
Goodwill Adalah Aset Tak Berwujud, Ini Penjelasan dan Jenisnya
Goodwill adalah aset tidak berwujud yang termasuk dalam bagian aset dalam neraca keuangan perusahaan yang berkaitan dengan perhitungan akuntansi. Pada
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu