🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Fungsi Kwitansi Pembayaran, Contoh dan Cara Membuatnya

Ada banyak jenis kwitansi pembayaran. Formatnya bisa disesuaikan dengan tujuannya. Cara membuatnya cukup mudah. Ikuti beberapa contohnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 7 December 2022

Pada umumnya kwitansi pembayaran digunakan sebagai bukti transaksi untuk menyusun laporan keuangan. Kwitansi yang berupa lembar kertas biasanya diperoleh saat melakukan transaksi jual maupun beli.

Hampir semua bisnis, baik itu bisnis skala besar maupun skala kecil memerlukan akuntansi sebagai dokumen penting tanda pembayaran. Keberadaan kwitansi cukup penting sebab bisa dijadikan bukti hukum yang sah saat dibubuhkan materai di atasnya.

Apa itu Kwitansi Pembayaran?

Kwitansi Pembayaran

Ilustrasi Gambar Kwitansi (Sumber Gambar: Freepik.com)

Kwitansi pembayaran merupakan dokumen yang digunakan sebagai bukti pembayaran yang mencakup beberapa informasi seperti nomor kwitansi, nama perusahaan, nomor telepon, nama customer, nama penerima, waktu pembayaran dan lain sebagainya.

Materai perlu dilampirkan dalam kwitansi supaya jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan atau perselisihan, kwitansi tersebut memiliki kekuatan yang sah di mata hukum.

Fungsi Kwitansi Pembayaran

1. Bukti Pembayaran yang Sah

Merupakan bukti pembayaran yang sah bagi pembeli yang telah menyerahkan uang dalam jumlah tertentu atas pembelian produk kepada penjual. Jika sewaktu-waktu terjadi masalah, maka pembeli bisa menunjukkan kwitansi tersebut sebagai bukti yang valid.

Oleh sebab itu, pembeli perlu menyimpan baik-baik kwitansi yang telah didapat dari penjual.

2. Bukti Sah di Mata Hukum

Kwitansi yang disertai dengan materai memiliki kekuatan hukum yang sah dan valid.

3. Sebagai Klaim Garansi

Kwitansi diperlukan untuk beberapa barang yang memiliki jaminan garansi apabila terjadi kerusakan pada barang tersebut saat masih dalam masa garansi.

4. Memudahkan Pencatatan Laporan Keuangan

Perusahaan memerlukan kwitansi sebagai bukti laporan keuangan yang akan ditulis dalam pembukuan perusahaan.

5. Diperlukan Saat Audit Perusahaan

Penjual perlu menyimpan lembar copy dari kwitansi-kwitansi tersebut untuk keperluan audit. Nantinya kwitansi tersebut akan digunakan untuk mencocokkan nominal uang yang diperoleh dengan jumlah barang yang telah terjual.

Baca Juga: Apa itu Aplikasi Pembuat Kwitansi Online dan Kelebihannya

Jenis Kwitansi Pembayaran

Kwitansi Pembayaran

Kwitansi Memiliki Beberapa Jenis, Tergantung Jenis Transaksi yang Dilakukan (Sumber: Freepik.com)

1. Kwitansi Bukti Pembayaran

Pada transaksi pembayaran cicilan (angsuran) dan transaksi pelunasan umumnya menggunakan jenis kwitansi bukti pembayaran.

2. Kwitansi Cash Receipt

Kwitansi jenis ini sering digunakan oleh perusahaan yang mempunyai badan kwitansi. Tujuan utama dari kwitansi cash receipt adalah sebagai bukti transaksi terkait dengan aliran dana kas masuk dan keluar dari suatu perusahaan.

3. Kwitansi Serah Terima

Sebagian pelaku bisnis sering menggunakan kwitansi serah terima sebagai bukti penyerahan sejumlah uang yang digunakan untuk transaksi jual beli.

4. Kwitansi Transaksi Produk

Pada kwitansi transaksi produk setiap lembarnya berisi rincian produk atau barang yang diperjual belikan oleh penjual dan pembeli. Kwitansi ini memuat nomor seri barang, tipe barang, dan harga barang.

5. Kwitansi Transfer Uang

Kwitansi yang sering digunakan untuk pengiriman (transfer) uang ini biasanya dipakai oleh instansi perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Hal penting yang perlu dicantumkan dalam kwitansi transfer uang adalah nama terang dan nomor rekening nasabah.

Ciri-Ciri Kwitansi

Berikut ini merupakan karakteristik umum yang terdapat pada kwitansi:

  • Mempunyai 2 bagian, yakni satu bagian untuk disimpan penjual dan bagian lainnya lagi untuk diberikan kepada pembeli.
  • Berupa 2 rangkap, yang mana bagian atas diberikan kepada penerima dan bagian bawah akan disimpan oleh pemberi kwitansi.

Format Kwitansi Pembayaran

1. Nomor Kwitansi

Biasanya nomor kwitansi berada di bagian atas yang bertujuan untuk membedakan transaksi satu dengan yang lainnya. Bentuknya tidak hanya angka, terkadang ada yang tersusun dari abjad dan angka.

2. Tanggal dan Tempat Pembuatan Kwitansi

Penulisan tanggal dan tempat bisa berada di bagian atas maupun di bawah. Penulisannya harus jelas untuk menghindari kesalahan di masa mendatang. Jika suatu saat terjadi masalah, maka mudah untuk dilakukan pengecekan ulang.

3. Nama Pemberi dan Penerima Kwitansi

Penulisan nama penerima maupun pemberi harus ditulis dengan jelas dan tidak boleh ada kesalahan satu huruf pun untuk menghindari permasalahan.

4. Detail Produk dan Nominal Transaksi

Detail barang atau produk harus ditulis secara terperinci pada kolom produk. Sebelah kolom produk yang merupakan kolom harga. Nominal yang tertera pada kolom harga adalah jumlah harga sesuai dengan banyaknya barang yang dibeli.

5. Tujuan Transaksi

Tujuan transaksi biasanya ditulis secara singkat dan jelas.

6. Tanda Tangan dan Nama Penerima

Pihak yang menerima uang pembayaran wajib menuliskan nama dan membubuhkan tanda tangan di atas kwitansi supaya kwitansi tersebut bisa dijadikan bukti yang sah atas transaksi yang terjadi.

Pastikan kolom tanda tangan dan nama penerima tidak kosong agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

7. Stempel Perusahaan

Pemberian stempel perusahaan berupa tanda lunas penting dilakukan sebab hal tersebut menunjukkan bahwa kwitansi tersebut valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kegunaan Kwitansi

Kwitansi digunakan dalam aktivitas jual beli yang dibedakan berdasarkan tujuan transaksinya, yakni sebagai berikut:

  • Transaksi jual beli properti dan tanah yang dilakukan secara perorangan.
  • Pembelian motor atau mobil dari dealer resmi. Kwitansi dari dealer resmi mencantumkan logo dan stempel perusahaan.
  • Kwitansi yang digunakan oleh instansi resmi seperti sekolah dan koperasi, biasanya mencantumkan kop resmi instansi dan tanda tangan pejabat yang berwenang.
  • Kwitansi yang digunakan untuk pembayaran angsuran (cicilan).

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran

Kwitansi kosong bisa dibeli di berbagai toko buku atau toko alat tulis. Cara menggunakan kwitansi manual cukup mudah, yakni dengan mengisinya secara manual sesuai kebutuhan.

Pada lembar kwitansi tersebut biasanya berisi nama yang menyerahkan uang, nominal, deskripsi, dan kolom penerima. Kwitansi manual agak terkesan kurang profesional. Bagi yang ingin format kwitansi yang profesional bisa mengunduhnya di Google.

Contoh Kwitansi Pembayaran

1. Kwitansi Perusahaan

Kwitansi Pembayaran Perusahaan

Contoh Kwitasni Pembayaran Perusahaan (Credit: Bee.id)

2. Kwitansi Manual

Contoh Kwitansi Manual

Contoh Kwitansi Manual (Bee.id)

3. Kwitansi Dealer Motor

Contoh Kwitansi Dealer Motor

Contoh Kwitansi Dealer Motor Sederhana (Credit: Bee.id)

4. Kwitansi Angsuran

Contoh Kwitansi Angsuran

Contoh Kwitansi Angsuran Sederhana (Credit: Bee.id)

5. Cash Receipt

Contoh Cash Receipt

Contoh Cash Receipt (Credit: Bee.id)

Download File Di Sini

Download kumpulan kwitansi yang bisa diedir disini

Kesimpulan

Kwitansi adalah kertas penting yang penting yang menjadi bukti adanya transaksi jual beli. Baik penerima maupun pemberi perlu menyimpan kwitansi pembayaran dengan sebaik-baiknya sebab jika ada kendala, kwitansi bisa dijadikan sebagai bukti yang valid dan sah.

Masih bingung bagaimana cara membuat kwitansi? takut hilang dan sebagainya. Sebaiknya Anda memanfaatkan software akuntansi Beeaccounting, dengan teknologi dan keunggulannya.

Fitur kwitansi online bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Sofware Akuntansi Online Beecloud, yang akan dengan cermat mencatat setiap transaksi aman dan terhindar dari manipulasi dan kebocoran data, serta bisa diakses dimana saja baik HP, Laptop atau Tablet.

Beecloud Untuk Memudahkan Membuat Kwitansi Pembayaran

Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan kwitansi transaksi, karena data telah di-backup dengan rapi berbasis Cloud technology. Selain itu juga portable, bisa dicetak atau dikirim langsung dengan mudah melalui chat atau email.

Sudah dipercaya ratusan ribu pengguna sejak tahun 2010, yang dikelola oleh tim ahli IT handal. So, jangan ragu kembangkan bisnis kamu menjadi lebih efisien, praktis dan mudah dikontrol. Yuk, daftar coba gratis di sini!

 

Ini Dia Macam-Macam Bukti Transaksi yang Harus Diketahui!
Beberapa orang mengaku bahwa mereka suka menyimpan macam-macam bukti transaksi, tujuannya agar jika ingin mengembalikan atau menukar barang yang sudah
Baca Juga
Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa & Cara Membuatnya
Jurnal penyesuaian perusahaan jasa adalah bagian dari catatan keuangan akuntansi, dalam upaya memastikan keterbacaan dan keakuratan laporan keuangan. Hal ini
Baca Juga
Cara Menghitung Rasio Likuiditas, Pengertian dan Manfaatnya
Rasio likuiditas merupakan rasio keuangan yang memiliki peran untuk membantu mengantisipasi pernyataan aset kas dan perusahaan di masa yang akan
Baca Juga
Tips Mudah Menyusun Laporan Laba Rugi Bagi Usaha Anda
Selain laporan neraca dan arus kas, laporan laba rugi juga merupakan salah satu laporan keuangan yang penting digunakan untuk melaporkan
Baca Juga
Contoh Laporan Audit, Standar, Jenis dan Cara Membuatnya
Laporan audit memegang peranan krusial dalam mengungkapkan keadaan finansial dan operasional suatu organisasi. Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, audit
Baca Juga
Bagaimana Cara Menghitung Rumus Inflasi? Apa Penyebabnya?
Inflasi merupakan salah satu istilah yang sering muncul dalam dunia perekonomian. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui pengertian dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu