Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana

Dipublish Tgl: Monday, 27 June 2022

Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk diperhatikan.

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengusaha baru dan akan memulai bisnis adalah dengan mengabaikan pembukuan sparepart. Biasanya pemilik usaha kecil ini hanya fokus pada produk dan pemasaran tanpa memperhatikan arus kas finansial yang masuk setiap hari.

Apakah Anda juga melakukan hal yang sama? Sebenarnya, fokus pada produk dan pemasaran adalah hal yang wajar bagi Anda yang baru memulai bisnis, karena masih dalam proses menembus target pasar.

Proses penetrasi pasar ini biasanya terjadi dalam beberapa bulan pertama sampai produk Anda benar-benar dikenal oleh pelanggan dan menuai omset yang cukup tinggi.

Karena mereka sudah berada di zona nyaman dengan omset yang cukup tinggi, pemilik usaha kecil sering meremehkan laporan pembukuan bisnis yang harus dibuat sejak awal.

Mengapa pembukuan sparepart bisnis ini penting dan harus dibuat sejak awal? Karena ketika bisnis bengkel Anda mulai berkembang dan lebih banyak pembelian, jumlah transaksi akan lebih besar.

Pergantian bisnis tampaknya besar tetapi tidak tentu dana tunai besar atau bahkan tidak ada margin sama sekali karena banyak piutang atau hal-hal lain.

Dan ini Anda dapat mengetahui secara akurat dengan membuat pembukuan sparepart perusahaan. Bahkan dengan memiliki manajemen keuangan perusahaan yang baik, Anda dapat meningkatkan laba perusahaan secara maksimal.

Mengapa Pembukuan Sparepart Sangat Penting?

Pembukuan Sparepart

Ilsutrasi Usaha Sparepart (Sumber: Freepik.com)

Beberapa pemilik usaha kecil menganggap membuat pembukuan sparepart rumit. Jadi meskipun mereka tahu bahwa ini penting, kadang-kadang itu bukan prioritas dan bahkan ditunda.

Namun, jika dilanjutkan sampai berlarut-larut, itu dapat menyebabkan proses bisnis menjadi stagnan yang lebih buruk adalah mengalami kebangkrutan.

Selain mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara akurat, pembukuan sparepart juga dapat mencegah Anda dari penipuan di bidang keuangan, membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam beberapa kebijakan perusahaan dan juga mendapatkan investor jika suatu hari ingin mengembangkan perusahaan.

Siapa yang Harus Mengerjakan Pembukuan Sparepart?

Untuk perusahaan skala besar, pembukuan sparepart biasanya diserahkan ke layanan akuntansi profesional. Akuntan ini memiliki pengalaman dan keahlian dalam pembukuan sparepart perusahaan selama bertahun-tahun.

Mereka terbiasa mengerjakan pembukuan sparepart dari sederhana hingga sangat rumit dan diatur dengan rapi dan terperinci.

Kebalikan dari perusahaan skala besar, sebagian besar perusahaan skala kecil mempekerjakan atau mempekerjakan orang untuk membuat pembukuan sparepart kepada mereka yang tidak memahami ilmu akuntansi dan kadang-kadang bahkan tidak memiliki latar belakang akuntan.

Ini tentu saja terkait dengan biaya yang cukup tinggi untuk membayar atau mempekerjakan akuntan profesional untuk pemilik bisnis yang baru saja berjalan sehingga mereka memutuskan untuk mempekerjakan seorang akuntan sesuai dengan anggaran perusahaan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membuat Pembukuan Sparepart?

Pembukuan UKM

Ilustrasi Membuat Pembukuan Usaha Sparepart

Pembukuan keuangan perusahaan harus mulai dilakukan selama tahap awal pembukaan atau perencanaan bisnis.

Lalu bagaimana cara membuat pembukuan sparepart sederhana bagi Anda yang baru saja menjalankan bisnis bengkel? Anda dapat melakukan ini terus menerus dengan mencatat aset, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya, dan pendapatan yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun neraca dan laporan laba rugi.

Cara Membuat Pembukuan Sparepart

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat pembukuan sparepart untuk perusahaan kecil, disini akan menjelaskan tahapan secara lebih rinci di bawah ini sehingga Anda dapat memahami lebih banyak.

Langkah-langkah berikut yang dapat Anda ikuti untuk membuat pembukuan sparepart dari perusahaan kecil.

1. Buat Buku Catatan Pengeluaran

Ketika awal menjalankan bisnis kecil, buat buku terpisah yang khusus untuk mencatat segala biaya. Semua pengeluaran atau pengeluaran dalam bisnis mulai dari pembelian bahan baku sparepart, operasi hingga gaji karyawan harus terus dicatat.

Dengan mencatat semua pengeluaran bisnis, Anda akan mengetahui berapa banyak modal bisnis yang telah Anda habiskan. Setelah mengetahui berapa banyak modal yang telah dibelanjakan, Anda akan lebih mudah untuk menetapkan target dan rencana ketika modal bisnis harus kembali.

2. Buat Buku Catatan Pemasukan

Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana

Ilustrasi Membuat Catatan Pemasukan

Setelah memiliki buku pengeluaran kas, berikutnya yang perlu disiapkan juga merupakan buku pemasukan tunai. Buku pendapatan ini akan digunakan nanti untuk mencatat semua transaksi yang terkait dengan pendapatan perusahaan.

Misalnya jumlah penjualan saprepart yang telah berhasil diperoleh per hari atau piutang yang telah dibayar. Pencatatan transaksi pendapatan ini juga harus terus menerus setiap hari untuk memudahkan Anda membuat pembukuan bulanan perusahaan.

Dengan memiliki buku pengeluaran dan penghasilan yang tertib yang dicatat setiap hari, Anda akan mengetahui berapa banyak manfaat yang diperoleh dalam satu hari.

3. Buat Buku Kas Utama

Dalam pembukuan sparepart perusahaan membuat buku kas utama adalah salah satu hal terpenting. Buku kas utama ini akan digunakan nanti untuk menggabungkan transaksi antara buku kas pendapatan dan buku uang pengeluaran.

Dengan menggabungkan transaksi dari dua buku kas, Anda akan mencari tahu secara rinci dan jelas berapa banyak untung dan rugi usaha bengkel.

Anda juga dapat menentukan berapa banyak anggaran perusahaan untuk uang dan uang yang masuk. Estimasi arus kas ini juga sangat penting untuk membuat perencanaan dan strategi perusahaan jika di masa depan ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan.

Misalnya, perkiraan kekurangan tunai perusahaan dapat segera meningkatkan target atau mengurangi biaya. Sehingga hasil dari rekaman maksimum arus kas utama harus dilakukan secara terus menerus, hati -hati dan juga secara menyeluruh.

4. Buku Stok Sparepart

10c Beeaccounting Software Bengkel Laporan Saldo Stok Sparepart

Ilustrasi Tampilan Saldo Stok Sparepart di Software Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Dalam pembukuan sparepart perusahaan, transaksi yang Anda perhatikan tidak hanya terkait dengan uang tetapi juga barang. Anda juga perlu mencatat secara rutin jumlah item yang masuk dan keluar setiap hari. Semakin tinggi tingkat penjualan, intensitas jumlah barang yang masuk dan keluar juga akan lebih tinggi.

Dengan memiliki buku stok sparepart, Anda dapat memantau dan mengawasi inventaris barang di perusahaan.

Terutama jika di masa depan Anda ingin menargetkan memiliki beberapa cabang di beberapa kota, membuat buku stok akan sangat membantu Anda mengelola manajemen gudang dengan lebih baik dan optimal.

Selain itu, stok barang juga dapat membantu Anda menghindari penipuan yang dapat dilakukan oleh pemasok dan karyawan perusahaan.

5. Buku Inventaris Barang

Langkah selanjutnya, Anda juga perlu membuat buku inventaris yang digunakan untuk mencatat semua item perusahaan yang telah dibeli dan dikelola.

Semua jenis barang yang dimiliki oleh perusahaan baik yang dibeli melalui anggaran atau hibah atau sumbangan harus dimasukkan dalam catatan buku inventaris barang.

Memiliki catatan inventaris barang akan membuat setiap aset perusahaan tetap terkendali. Selain mempertahankan aset perusahaan, inventaris barang juga memiliki fungsi-fungsi berikut:

  • Memfasilitasi pengawasan.
  • Mencegah barang dari hilang dengan mudah.
  • Membuat lebih mudah dalam memeriksa barang.
  • Memfasilitasi aktivitas mutasi atau penghapusan barang.
  • Memiliki bukti tertulis tentang pengelolaan barang sehingga dapat diperhitungkan.

Contoh Pembukuan Sparepart

Untuk contoh pembukuan sparepart sebenarnya hampir sama dengan usaha yang lainnya. Namun yang membedakan adalah nama inventaris dan stok yang berbeda. Anda bisa cek contoh pembukuan sparepart berikut ini.

Penjualan Vs Stok Klop Software Bengkel

Contoh Pembukuan Stok Sparepart dengan Software Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Beeaccounting,  Software bengkel yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor.

Memiliki sistem manajemen service dengan nomor urut antrian yaitu sebuah multiple order dari beberapa kendaraan sekaligus tersaji dalam satu dashboard. Penambahan/perubahan order dapat dengan cepat dan mudah di input.

Selain itu, Beeaccounting juga memiliki fitur membuat dan mencetak surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) Otomatis. Perintah Kerja Bengkel (PKB) bisa dicetak begitu customer datang, berisi keluhan berikut jasa service plus parts yang diperlukan.

Untuk kebutuhan manajemen keuangan, fitur penghitungan otomatis juga jangan dilewatkan. Dengan adanya rekap pekerjaan per mekanik, maka sistem penggajian lebih transparan dan fair untuk semua pihak, sehingga mekanik lebih semangat dan loyal.

Lebih lanjutnya mengenai program bengkel Beeaccounting, silahkan klik gambar di bawah ini!Beeaccounting Bengkel Cc Web

Rincian Biaya Produksi yang Efektif untuk Menghemat Biaya Perusahaan
Tidak peduli seberapa mengesankan permintaan untuk produk Anda, jika rincian biaya produksi tidak efisien, Anda tidak akan mendapat untung maksimal […]
Baca Juga
Tips Mengikuti Trend untuk Meningkatkan Bisnis Anda
Bisnis menjadi salah satu mata pencaharian yang sering digunakan. Alasan utamanya, karena mudah untuk dilakukan. Dan yang pasti mempunyai penghasilan […]
Baca Juga
Manajemen Kontrol Stok dan Inventaris, Kunci Sukses Untuk Pemilik Bisnis
Kontrol stok, atau dikenal sebagai kontrol inventaris, digunakan untuk menunjukkan berapa banyak stok yang Anda miliki pada satu waktu, dan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu