🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

11 Tujuan Laporan Keuangan bagi Perusahaan

Jangan sepelekan, inilah 11 tujuan laporan keuangan yang mungkin belum Anda ketahui, mulai dari mudah dapat investor hingga pengajuan kredit.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 12 May 2023

Tujuan laporan keuangan secara garis besar adalah mendapatkan informasi terkait keuangan perusahaan. Namun selain itu, laporan keuangan juga dapat memberikan gambaran mengenai kinerja para karyawan. Ada banyak sekali manfaat lain laporan keuangan terutama untuk bisnis yang sudah besar.

Inilah mengapa setiap perusahaan selalu memiliki SDM yang ahli di bidang ini. Sebab, laporan keuangan memang harus dibuat secara terperinci / detail, jelas, dan akurat. Satu saja kesalahan kecil, seperti kurang atau kebanyakan nol dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian yang besar.

11 Manfaat dan Tujuan Laporan Keuangan bagi Perusahaan

Manfaat Laporan Keuangan

Laporan keuangan berperan penting dalam sebuah bisnis (Credit: Freepik.com)

Pada sebuah buku yang berjudul "Praktis Menyusun Laporan Keuangan (2015)" karya Hery, disebutkan bahwa laporan keuangan adalah hasil akhir dari serangkaian proses akuntansi yang panjang dan rumit terkait transaksi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan.

Laporan ini seperti sebuah alat bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan aktivitas bisnisnya kepada sejumlah pihak yang berkepentingan. Adapun manfaat dan tujuan pelaporan keuangan adalah berikut ini:

1. Melacak Arus Kas

Tujuan laporan keuangan yang pertama adalah mengetahuai kemana laba perusahaan dialirkan, dari mana sumber uang bisnis, berapa banyak laba / kerugian pada periode tertentu dan berbagai pertanyaan seputar keuangan dapat dijawab ketika ada laporan keuangan.

Jawaban dari berbagai pertanyaan ini dapat menunjukkan kondisi arus kas perusahaan, dan dari sana dapat diketahui seberapa bagus atau kurangnya kinerja perusahaan.

Baca Juga: Laporan Keuangan Adalah Dokumen Penting, Apa Saja Jenisnya?

2. Keputusan Cepat

Jika sudah mengetahui arus kas secara pasti, selanjutnya Anda bisa mengambil keputusan terkait bisnis dengan lebih cepat. Misalnya saat kondisi keuangan turun, maka apa yang perlu dilakukan untuk membayar tanggungan di akhir bulan nanti, dan sebagainya.

3. Informasi untuk Investor

Sebuah perusahaan tentu membutuhkan banyak dana, yang salah satunya bersumber dari para investor. Sebelum menginvestasikan uang, tentunya para investor harus tahu dulu seperti apa kondisi perusahaan tersebut, apalagi memiliki peluang untuk sukses atau justru gulung tikar.

Hal ini dapat diketahui dari laporan keuangan perusahaan. Semakin sehat keuangan Anda, maka semakin mudah mendapat investor.

4. Keputusan Kredit

Selain investor, perusahaan juga dapat menambah modal dengan meminjam ke bank. Nah, pihak bank perlu mengetahui informasi keuangan perusahaan untuk mengambil keputusan terkait kredit, berapa banyak uang yang bisa dipinjamkan, dan berapa lama jangkanya.

Pada beberapa kasus, laporan keuangan juga menjadi dasar jika perusahaan ingin mengakhiri pinjaman lebih cepat.

5. Memudahkan Analisa

Tujuan analisis laporan keuangan adalah untuk mengetahui jumlah kewajiban, aset, dan ekuitas dari perusahaan. Lewat analisa ini, Anda akan memiliki gambaran tentang akan seperti apa perusahaan di masa depan nanti dan adakah yang perlu diubah untuk membuatnya lebih cepat meraih kesuksesan.

Adanya laporan keuangan juga membantu Anda menganalisis ketersedian sumber daya guna menumbuhkan bisnis di masa mendatang.

6. Keputusan Perpajakan

Setiap perusahaan dikenakan pajak, dan pemerintah menentukan jumlahnya tergantung pada laporan keuangan tadi. Karena dari sana akan diketahui berapa banyak aset atau omset yang dimiliki perusahaan.

7. Perundingan Serikat

Tujuan laporan keuangan lainnya adalah memberi informasi kepada serikat pekerja dalam kondisi tertentu, misalnya saat perusahaan sedang di ambang kebangkrutan namun karyawan belum dibayar. Saat wakil perusahaan berunding dengan perwakilan pekerja, laporan keuangan dapat dijadikan bukti.

8. Memisahkan Aset

Laporan keuangan yang tepat akan membuat aset bisnis dan pribadi terpisah, sekaligus terperinci. Jadi aset keduanya tidak bercampur dan risiko bisnis dapat diminimalkan. Memisahkan kedua jenis aset ini juga menjadi salah satu bukti bahwa seorang pengusaha memang menjalankan bisnis secara profesional.

9. Sebagai Acuan

Apakah saat menjalankan bisnis Anda pernah sulit memutuskan sesuatu? Maka Anda perlu melihat laporan keuangan bisnis Anda. Tidak hanya menjadi bahan evaluasi, Anda juga akan lebih tepat dalam mengambil keputusan.

Contohnya saat laporan keuangan bagus, maka Anda dapat lebih bebas dalam menentukan strategi bisnis di waktu mendatang. Anda juga dapat mengetahui posisi bisnis berada di level mana, apakah jalan di tempat, kritis, hampir bangkrut, atau sedang sangat sehat.

Jika sedang kritis, maka Anda bisa segara meminjam modal misal. Laporan keuangan yang sehat juga dapat menjadi acuan untuk menaikkan gaji karyawan, memberi bonus, atau membagikan dividen kepada para investor.

Baca Juga: Investor Adalah Pemegang Saham, Begini Penjelasannya

10. Melihat Jumlah Laba

Berapa banyak keuntungan yang dihasilkan perusahaan dapat diketahui dari laporan keuangan yang lengkap dan benar. Anda juga bisa tahu apakah setiap bulannya keuntungan tersebut bertambah, berkurang, atau tetap.

11. Mengetahui Produk Terlaris dan Sebaliknya

Satu lagi tujuan laporan keuangan yang mungkin tidak banyak orang awam tahu adalah dapat membantu perusahaan untuk mengetahui mana saja produk yang paling banyak terjual, kurang laku, paling populer di pasaran, dan sebagainya.

Informasi ini akan membantu perusahaan dalam menentukan keputusan terkait produk mana yang perlu diperbanyak, tidak diproduksi lagi, atau sekedar dikurangi.

Jadi, tujuan laporan keuangan secara umum ada 11 poin di atas, mulai dari membantu mendapat investor, keputusan kredit/pinjaman, sebagai acuan keputusan penting, hingga mengetahui produk apa yang terlaris dan sebaliknya.

Kini hadir software akuntansi online Beecloud, dengan laporan keuangan langsung jadi, mengetahui produk yang teraris, kontrol stok, sekaligus untuk puluhan cabang bisnis yang bisa dipantau serta dikontrol dimana saja dan kapan saja tanpa perlu wara-wiri lagi. Dapatkan gratis trial dan panduan langsung dari tip profesional Bee dengan klik banner di bawah ini:

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

Tips Mudah Menyusun Laporan Laba Rugi Bagi Usaha Anda
Selain laporan neraca dan arus kas, laporan laba rugi juga merupakan salah satu laporan keuangan yang penting digunakan untuk melaporkan
Baca Juga
Pentingnya Peranan Petty Cash Dalam Pembukuan
Bisnis merupakan kegiatan yang menyediakan produk atau jasa bagi konsumen untuk memperoleh keuntungan. Salah satu hal yang menjadi faktor krusial
Baca Juga
Buku Besar Akuntansi: Manfaat, Bentuk, Contoh, Lengkap
Buku besar akuntansi menjadi sebuah tempat pencatatan penting dari kumpulan seluruh laporan keuangan, mulai dari jurnal penjualan, jurnal pembelian hingga
Baca Juga
Akuntansi Sektor Publik: Arti, Karakteristik, Jenis dan Manfaat
Membahas tentang akuntansi sektor publik sangatlah menarik. Berbeda dengan akuntansi biasa, untuk sektor publik ranahnya di seputar lembaga pemerintah. Masuk
Baca Juga
Berapa Gaji Akuntan Perusahaan dan Publik? Ini Rinciannya!
Gaji akuntan perusahaan dan publik akan sesuai dengan tanggung jawab yang diembannya. Dalam hal ini, keahlian dari seorang akuntan akan
Baca Juga
Tabel Cash Flow: Contoh, Metode, dan Cara Membuatnya
Dalam laporan akuntansi, tabel cash flow adalah istilah yang cukup sering ditemui. Prinsip cash flow adalah upaya untuk mencatat semua
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu