Logo Bee Web

Pengertian Standar Akuntansi Pemerintahan yang Digunakan

Standar akuntansi pemerintahan (SAP) tidak sama dengan standar akuntansi komersial. simak informasi selengkapnya di sini
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 18 March 2023

Apa yang dimaksud dengan SAP atau standar akuntansi pemerintahan dan bedanya dengan SAK? Temukan jawabannya di halaman ini.

SAP, yang merupakan singkatan untuk standar akuntansi pemerintahan, merupakan salah satu ketetapan dalam pemerintahan Indonesia. Standar ini harus digunakan sebagai patokan atau acuan saat melakukan penyusunan laporan keuangan dalam sektor pemerintahan.

Menurut KSAP Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 sebagai pengganti Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2005. SAP dinyatakan dalam bentuk Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP), dilengkapi dengan Pengantar Standar Akuntansi Pemerintahan dan disusun mengacu kepada Kerangka Konseptual Akuntansi Pemerintahan.

SAP harus digunakan sebagai acuan dalam menyusun laporan keuangan pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah dan bertujuan untuk mempermudah dokumentasi pengeluaran dan penghasilan negara dengan proporsional dan benar. Ada berbagai tujuan lain ditetapkannya SAP.

Basic Standar Akuntansi Pemerintahan

ilustrasi standar akuntansi pemerintahan (Credit: Unsplash)

Beberapa tujuan tersebut antara lain adalah untuk akuntabilitas atau pemenuhan berkas laporan yang mempertanggungjawabkan keuangan negara. Tujuan lainnya adalah manajerial, yaitu untuk memastikan semua kebijakan pemerintah berlangsung dengan manajemen terbaik.

Pengertian Standar Akuntansi Pemerintahan

SAP atau standar akuntansi pemerintah adalah berbagai prinsip akuntansi untuk diterapkan saat menyusun serta menyajikan laporan keuangan pemerintah. Laporan keuangan pemerintah sendiri terdiri dari LKPD dan LKPP.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) terdiri dari berbagai laporan. Yang termasuk diantaranya antara lain laporan neraca, laporan realisasi anggaran, laporan arus kas, dan catatan laporan keuangan. Ada tiga tujuan penerapan SAP.

1. Tujuan akuntabilitas

Pemangku kekuasaan wajib melaporkan berbagai data keuangan pemerintahan sehingga keuangan tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

2. Tujuan manajerial

SAP diterapkan agar anggaran negara bisa tercatat dan terencana dengan baik sehingga efisiensi dan efektifitas anggaran finansial bisa tetap terjamin.

3. Tujuan pengawasan

Akuntansi pemerintah akan mempermudah proses pemeriksaan keuangan negara, sehingga penyalahgunaan anggaran bisa dicegah dan masyarakat tidak mengalami kerugian.

Transparansi dalam pemerintahan sangat dituntut oleh masyarakat karena berhubungan dengan tanggung jawab pemerintah dalam mengatur pendapatan dan mengelola sumber daya. Ada beberapa dasar yang digunakan dalam pembuatan ketetapan SAP.

Basic Standar Akuntansi Pemerintahan

Ada dua basis yang digunakan dalam menerapkan SAP di lingkup pemerintahan Indonesia. Kedua basis tersebut adalah kas dan akrual.

1. SAP Basis KAS

Basis kas digunakan dalam pembuatan laporan keuangan di sektor pemerintahan. Tujuannya adalah untuk memperoleh pengakuan pendapatan, pembiayaan, dan pembelanjaan dalam laporan realisasi anggaran.

Basis kas yang digunakan dalam pembuatan laporan realisasi anggaran memaksudkan pendapatan diakui ketika kas diterima oleh entitas pelaporan atau Rekening Kas Umum Daerah/Negara. Dan anggaran belanja diakui saat kas dikeluarkan oleh entitas pelaporan atau Rekening Kas Umum.

2. SAP Basis Akrual

Basis akrual memaksudkan pengakuan pendapatan, utang, aset, ekuitas, dan beban dalam pelaporan accrual basis atau finansial berbasis akrual. Pengakuan juga dilakukan dalam hal pendapatan, pembiayaan, dan belanja dalam laporan pelaksanaan anggaran yang ditetapkan dalam APBD/APBN.

Indikator penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual digunakan untuk neraca berarti ekuitas dana, kewajiban, dan aset akan diakui serta dicatat ketika transaksi terjadi. Atau pada waktu kondisi atau kejadian lingkungan berpengaruh terhadap keuangan pemerintahan.

Penerapan SAP berbasis akrual ini dilakukan dalam lingkungan pemerintah daerah, pemerintah pusat, serta satuan organisasi dalam lingkungan pemerintah daerah atau pusat.

Perbedaan Akuntansi Pemerintahan dan Komersial

Ada beberapa hal yang membuat akuntansi dalam lingkup pemerintahan berbeda dengan akuntansi yang digunakan dalam lingkup komersial. Letak perbedaannya ada pada jurnal laporan keuangan, auditor, perbedaan standar, serta sumber pendapatan. Periksa perbedaan lengkapnya di bawah ini.

1. Jenis Laporan Keuangan

Perusahaan komersial biasanya menggunakan laporan keuangan yang terdiri dari laporan arus kas, laporan perubahan modal, serta laporan laba-rugi. Jenis laporan tersebut tidak sama dengan yang digunakan dalam sektor pemerintahan.

Laporan Keuangan Perusahaan

ilustrasi pembuatan laporan keuangan

Dalam akuntansi pemerintahan, laporan realisasi anggaran dan laporan operasional merupakan jenis laporan keuangan yang digunakan.

2. Sumber Pendapatan

Pemerintah dan komersial mempunyai sumber pendapatan yang berbeda. Perusahaan komersial menggunakan sistem akuntansi untuk melacak sumber pendapatan yang asalnya dari penjualan jasa atau barang.

Pemerintah menggunakan sistem akuntansi untuk melacak pendapatan yang berdasarkan berbagai penetapan yang terdapat dalam hukum. Contoh pendapatan yang tercatat dalam standar akuntansi pemerintahan atau SAP adalah pendapatan yang berasal dari pajak.

3. Standar Akuntansi yang Dipakai

Sistem akuntansi pada sektor komersial menggunakan standar akuntansi keuangan atau SAK. Standar akuntansi ini dirancang oleh IAI atau Ikatan Akuntansi Indonesia. Tentu saja standar ini berbeda dengan yang digunakan oleh sistem pemerintahan.

Pemerintah Indonesia menggunakan SAP yang merupakan rancangan KSAP atau Komite Standar Akuntansi Pemerintahan.

4. Kewenangan Audit

Dalam laporan keuangan di sektor komersial, pihak yang mempunyai wewenang untuk melakukan audit adalah akuntan publik. Akuntan publik tidak mempunyai kewenangan yang sama di sektor pemerintahan.

Dalam sektor pemerintahan, pihak yang berwenang dalam menjalankan audit terhadap laporan keuangan negara disebut Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

Standar akuntansi pemerintahan tidak sama dengan standar akuntansi komersial. Pahami pengertian dan dua basis yang digunakan dalam penerapan SAP serta tujuan diterapkannya SAP yang baru. SAP merupakan standar penting dalam sektor pemerintahan.

Selain dalam bidang pemerintahan, standar akuntansi merupakan pedoman seorang akuntan maupun pebisnis dalam membuat laporan keuangan. Laporan keuangan memang begitu penting dalam perusahaan, sehingga membutuhkan standar yang telah diakui.

Dalam praktiknya saat ini masih banyak pebisnis yang belum memiliki laporan keuangan atau memiliki laporan keuangan namun masih dilakukan secara sederhana dan manual. Untuk membantu memudahkan saat membuat laporan keuangan yang akurat, software akuntansi bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda.

Software akuntansi online Beecloud merupakan software akuntansi berbasis cloud dilengkapi dengan ratusan variasi laporan keuangan yang tersaji cepat dan akurat. Laporan neraca, laba rugi, kas/bank, stok, piutang semuanya tercatat dan memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan.

Beecloud juga bisa diakses dari perangkat apapun (smartphone, tablet, dan laptop) kapanpun di manapun. Coba gratis Beecloud dengan klik gambar di bawah ini!

 

Pakai Beecloud, Bisa Buat Jurnal Umum Otomatis Tanpa Harus Jago Akunting Dulu

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Menghitung Laba Penjualan yang Bеnаr dalam Berbisnis
Tеntu ѕаjа, реntіng bаgі Andа untuk mengetahui cara menghitung laba penjualan yang benar раdа bisnis. Mengapa bеgіtu? Karena laba penjualan
Baca Juga
Neraca Perdagangan: Faktor Pengaruh & Dampaknya pada Bisnis
Dalam era globalisasi ini, ekonomi suatu negara tidak lagi beroperasi secara terisolasi. Salah satu aspek yang penting dalam menjaga keseimbangan
Baca Juga
Anggaran Adalah: Pengertian, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat
Anggaran adalah salah satu topik yang perlu dibahas karena perannya sangat penting bagi beberapa orang. Khususnya para pengusaha yang saat
Baca Juga
Standar Akuntansi ETAP, Manfaat, Prinsip dan Contohnya
SAK ETAP atau yang disebut juga dengan standar akuntansi ETAP adalah sebuah standar yang mendasari pembuatan laporan keuangan, terutama pada
Baca Juga
Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik
Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat
Baca Juga
Tips Mudah Menyusun Laporan Laba Rugi Bagi Usaha Anda
Selain laporan neraca dan arus kas, laporan laba rugi juga merupakan salah satu laporan keuangan yang penting digunakan untuk melaporkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu