Penjelasan Inflasi: Definisi, Penyebab, Dampak

Tuesday, 8 December 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
inflasi adalah

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Di dalam dunia perekonomian terdapat kata-kata yang kurang dimengerti oleh orang yang awam. Salah satunya adalah inflasi. Singkatnya, inflasi adalah suatu keadaan harga barang-barang sedang mengalami kenaikan dalam kurun waktu tertentu.

Untuk memahami lebih detail, disini akan dibahas mengenai apa itu inflasi, pengertian, penyebab, dampak, dan lainnya yang berhubungan dengan inflasi.

Pengertian Inflasi

Pengertian Inflasi

Memahami Pengertian Inflasi (Sumber: Freepik.com)

Pengertian dari Inflasi adalah naiknya harga brang-barang atau jasa, di suatu negara dalam waktu yang lama atau bahkan berkelanjutan sehingga menyebabkan ketidakseimbangan antara ketersediaan barang dan uang. Walaupun masyarakat memiliki uang banyak akan tetapi hal itu tidak memungkinkan terjadinya inflasi.

Inflasi merupakan sebuah indikator untuk melihat suatu perubahan, dan juga inflasi bisa terjadi karena proses kenaikan harga berlangsung dalam waktu yang lama dan akan berpengaruh satu sama lain.

Selain itu ada yang disebut dengan kesenjangan inflasi. Kesenjangan inflasi adalah konsep ekonomi makro yang bertujuan untuk mengukur sebuah perbedaan antara tingkat PDB saat ini dan produk domestik bruto (PDB) yang akan ada.

Dengan kondisi ini, peran pemerintah juga sangat penting untuk mengatasi inflasi ini. Berikut kebijakan yang dapat dijalankan pemerintah untuk mengurangi inflasi adalah:

  1. Kebijakan Moneter, yakni suatu kebijakan pemerintah melalui bank sentral sebagai pemilik otoritas moneter yang berhubungan dengan pengendalian jumlah uang beredar serta pengurangan tingkat suku bunga dan kredit
  2. Kebijkan Fiskal, yakni kebijakan pemerintah yang terkait peraturan tentang pengeluaran pemerintah serta perpajakan secara langsung bisa mempengaruhi permintaan total dan bakal memengaruhi harga
  3. Kebijakan Non Moneter dan Kebijakan non Fsikal, yakni kebijakan yang bertujuan mengatasi inflasi dengan tidak mempengaruhi total uang yang beredar maupun pemasukan dan pengeluaran negara

Baca Juga: Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat

Dampak Inflasi.

inflasi adalah

Memahami Dampak Inflasi (Sumber: Freepik.com)

Inflasi tidak selalu memiliki dampak negatif pada perekonomian, ada beberapa hal positif yang disebabkan oleh inflasi ini. Berikut ini merupakan beberapa dampak inflasi di setiap bidang, baik itu dampak negatif maupun dampak positif.

1. Dampak inflasi untuk pendapatan

Ketika inflasi akan ada beberapa orang yang dipengaruhi oleh efek yang baik dan berdampak merugikan dalam hal pendapatan. Hal positif ini akan dirasakan oleh pengusaha saat ada inflasi lunak.

Mereka akan memperluas kegiatan produksi sehingga mereka dapat meningkatkan ekonomi mereka. Sementara hal-hal negatif akan dirasakan oleh pekerja berpenghasilan tetapi. Karena nilai uang yang mereka dapatkan, sedangkan harga barang atau jasa naik.

2. Dampak Inflasi di Sektor Ekspor

Dampak yang tidak menguntungkan akan dirasakan oleh para aktivis ekspor. Karena biaya ekspor akan melambung ketika inflasi terjadi. Karenanya item ekspor akan kehilangan daya saing dengan barang-barang yang diekspor dari negara lain. Akibatnya, pendapatan pendapatan ekspor turun.

3. Dampak Inflasi untuk Menghemat Bunga

Ketika inflasi, minat seseorang dalam penghematan menjadi berkurang. Karena bunga yang diperoleh akan menjadi lebih kecil, sementara mereka masih harus membayar uang administrasi tabungan.

4. Dampak Inflasi pada Harga Komoditas Dasar

Inflasi yang terjadi menyebabkan kesulitan menentukan harga komoditas dasar. Karena set harga bisa terlalu besar atau terlalu kecil. Prediksi yang dilakukan untuk memprediksi inflasi di masa depan seringkali tidak pantas.

Ini adalah penyebab penetapan untuk harga jual dan biaya tidak pantas. Sehingga membuat beberapa produsen menjadi kesulitan dari segi ekonomi sehingga menjadi kacau.

Penyebab Inflasi

Setelah mengetahui pengertian dan dampak dari inflasi, selanjutnya Anda perlu mengetahui penyebab dari inflasi. Berikut ini ada beberapa penyebab inflasi:

  1. Demand atau Meningkatnya Permintaan, banyaknya permintaan dari masyarakat adalah salah satu penyebab inflasi. Karenanya banyak kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi.
  2. Meningkatnya Biaya untuk Produksi, ketika permintaan terhadap item menjadi tinggi tetapi bahan baku yang akan digunakan juga jarang terjadi.
  3. Tingginya Peredaran Uang.

Kesimpulan

Untuk menghadapi inflasi, sebagai Pebisnis Anda harus memulai dengan melakukan perencanaan keuangan. Melakukan perencanaan keuangan salah datunya bisadengan melakukan pembukuan yang sesuai dengan standar laporan keuangan nasional.

Selanjutnya pembukuan  ini dapat menjadi bahan evaluasi dan menyusun strategi bisnis ke depannya.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Untuk mempermudah proses membuat laporan keuangan sederhana, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Beeaccounting memiliki 47 lebih plugin yang bisa membantu yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

Untuk coba gratis 14 hari Anda bisa klik gambar di atas atau klik di sini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :