🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Berakhir Hari Ini
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Mudah Menghitung HPP Perusahaan Dagang

Anda tidak hanya harus pandai dalam berbisnis, namun juga harus menguasai cara menghitung hpp perusahaan dagang.
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Friday, 1 July 2022

Dalam berbisnis Anda dituntut untuk bisa belajar mengenai berbagai bidang, hal ini demi kelangsungan bisnis Anda sendiri. Tidak hanya harus pandai dalam hal produksi barang dan pemasarannya saja, namun Anda juga harus pandai dalam menghitung hpp perusahaan dagang.

Dengan perhitungan dan pencatatan keuangan yang jelas, maka tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui perkembangan finansial bisnis Anda, berapa keuntungan yang Anda dapatkan, kerugian dan lain sebagainya. Satu hal yang penting saat membicarakan mengenai perhitungan keuangan adalah bagaimana cara menghitung hpp perusahaan dagang.

Tahukah Anda apa itu hpp perusahaan dagang? Jika Anda belum tahu, maka wajib untuk Anda mengetahuinya karena hpp bisa menjadi dasar dalam penentuan harga jual produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mengenal Tentang HPP Perusahaan Dagang

Menghitung Hpp Perusahaan Dagang

Ilustrasi Usaha Toko Buah Photo by Kamil Kalkan on Unsplash

Sebelum Anda memasuki pembahasan tentang cara menghitung hpp perusahaan dagang, maka tentunya Anda harus tahu lebih dulu tentang apa itu hpp. HPP merupakan singkatan dari harga pokok penjualan yang merupakan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dalam melakukan produksi sebuah produk yang akan dijual. Dengan mengetahui besaran biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi, maka dari sana Anda bisa menentukan berapa harga jual produk tersebut. Tentunya jangan sampai harga jual produk tersebut tidak memenuhi biaya produksi atau bahkan membuat Anda rugi. Maka dari itu perhitungan hpp ini sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk menjual produk.

Unsur HPP

Untuk bisa menghitung hpp perusahaan dagang maka Anda harus tahu apa saja unsur-unsur yang ada di dalam perhitungan hpp seperti berikut :

  • Stok Awal Barang

Stok awal barang ini merupakan persediaan barang yang ada di awal berlangsungnya usaha. Anda biasanya bisa mengetahui tentang stok awal barang ini dari perhitungan neraca saldo periode yang sebelumnya.

  • Stok Akhir Barang

Untuk stok akhir barang ini adalah stok yang masih tersedia di akhir masa persediaan atau tahun berjalan. Anda bisa mendapatkan informasi tentang stok akhir barang ini pada saat periode perhitungan tahun berjalan telah berakhir.

  • Pembelian Bersih

Pembelian bersih merupakan perhitungan secara keseluruhan untuk barang-barang dagang yang dibeli untuk keperluan usaha Anda, baik yang pembeliannya dilakukan secara tunai maupun dengan cara kredit.

Nah setelah Anda mengetahui ketiga unsur tersebut maka barulah Anda bisa menghitung hpp perusahaan dagang. Seperti apa rumus yang digunakan untuk bisa menghitung hpp perusahaan dagang? Berikut ini rumusnya :

Menghitung HPP = Pembelian Bersih + (Stok Awal – Stok Akhir)

Pencatatan Penjualan Dengan Aplikasi Kasir Minimarket

Untuk membuktikan bahwa hpp yang Anda tentukan untuk produk Anda memang tepat, maka Anda juga perlu tahu berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan dari penjualan, agar pencatannya rapi maka sebaiknya Anda gunakan aplikasi toko yang bisa membantu Anda mencatat penjualan secara otomatis. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa gunakan aplikasi kasir minimarket Beepos. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa melakukan pencatatan transaksi yang dilakukan oleh pelanggan yang akan membeli berbagai macam produk Anda. Dengan respon yang cepat maka pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa membayar belanjaannya.

Apa saja kelebihan dari aplikasi kasir minimarket Beepos?

Pertama saat Anda menggunakan aplikasi ini maka Anda bisa melakukan sinkronisasi antara kasir POS dengan komputer back office sehingga dengan demikian akan terjadi keselarasan antara data yang ada pada kasir POS dan yang ada di back office.

Kedua, Anda bisa melakukan pengaturan pada hak akses aplikasi ini, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menggunakannya. Hal ini menghindari adanya kecurangan yang ingin dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ketiga, pelayanan kasir pun bisa menjadi lebih cepat karena aplikasi ini mendukung penggunaan dengan full keyboard. Ini tentunya akan mencegah adanya antri panjang saat pelanggan sedang banyak.

Selain itu pun masih ada banyak lagi kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Beepos pastinya dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek apakah cara menghitung hpp perusahaan dagang yang Anda lakukan sudah benar dan sesuai untuk keberlangsungan bisnis.

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

Artikel Terkait

7 Contoh Mind Mapping, Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya
Mind mapping adalah sebuah metode yang digunakan untuk merangkum suatu ide. Untuk memudahkan biasanya seorang membutuhkan contoh mind mapping untuk
Baca Juga
Software Akuntansi untuk Segala Kebutuhan Bisnis
Software akuntansi merupakan sebuah jawaban dari segala kebutuhan dari bisnis Anda. Jika sebelumnya saya sudah sempat membahas tentang software akuntansi
Baca Juga
Cari Aplikasi Rumah Makan, Bisa Terima Pembayaran GoPay?
Aplikasi Rumah Makan - Sudah menjadi sangat ramai dibicarakan saat ini terkait beberapa usaha baru yang memanfaatkan fasilitas ojek online.
Baca Juga
Liabilitas dalam Dunia Bisnis. Apa Saja?
Dalam dunia bisnis, liabilitas bukan hal asing lagi. Liabilitas adalah salah satu komponen keuangan penting untuk menunjang sebuah perusahaan. Meskipun
Baca Juga
Mengenal Pembukuan Kas Sederhana dan Cara Membuatnya
Pembukuan kas sederhana sering kita dengar dalam istilah akuntansi. Pebisnis seperti Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun,
Baca Juga
10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023
Bisnis sukses, dikenal banyak orang sampai menjadi pilihan utama konsumen ketika akan membeli produk sejenis, salah satu caranya adalah paham
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Monday, 25 December 2023
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu