Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat

Friday, 25 September 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal sebagai seni pencatatan. Untuk mengenai sejerah perkembangan akuntansi ini dibagi menjadi 3 periode ;

  • Tahun 4000-1300 M. Pada periode ini akuntansi masih berupa pencatatan yang sangat sederhana.
  • Tahun 1300-1850 M . Pada periode kedua ini lahirlah pencatatan double-entry bookkeeping.
  • Tahun 1850 M – Sekarang. Nah kalau diperiode ini seperti yang sudah kita ketahui bersama jika perkembangan akuntansi tidak hanya mengenai debit-kredit saja namun lebih luasa lagi.

Namun sebelum kita masuk membahas mengenai sejarah akuntansi secara singkat beserta perkembangannya alangkah baiknya kita mengetahui lebih detail “Apa itu Akuntansi ?”

Pengertian Akuntansi

Akuntansi berasal dari kata accounting yang artinya sebagai menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterprestasikan sebuah aktivitas keuangan.

Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat

Sejarah Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Sedangkan ilmu akuntansi pengertian secara mudahnya adalah suatu proses pencatatan, pengelompokkan, pengelolahan, penyajian data, transaksi dan meringkas seluruh aktivitas keuangan. Akuntansi sendiri disebut juga dengan bahasa bisnis.

Jadi ilmu akuntansi sangat bermanfaat bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis. Karena dengan mengetahui dan mempraktekkan ilmu akuntansi. Maka Anda akan memperoleh laporan yang tepat dan akurat sehingga bisa membantu Anda dalam menganalisa dan kemudian mengambil keputusan.

Pengertian Akuntansi Para Ahli

  • Paul Grady

Paul Grandy mengatakan jika akuntansi ialah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi sebuah organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses,membuat ikhtisar, menganalisa, mengintepretasi semua transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional entintas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajamen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya

  • Zaki Baridwan (2000)

Zaki Baridwan mengatakan jika akuntansi adalah sebuah aktivitas jasa yang berfungsi untuk memberikan data-data kuantitatif, terutama yang memiliki sifat keuangan, dari sebuah usaha ekonomi yang digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis ekonomi dalam mempunyai alternatif-alternatif dalam suatu keadaan

  • Bastian dan Suharjono (2006)

Pengertian akuntansi menurut Bastian dan Suharjono pada tahun 2006 akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan transaksi serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang serta menginprestasikan hasil-hasilnya.

Sejarah Akuntansi Dunia

Pada Tahun 1494 seorang ilmuan yaitu Luca Pacioli yang dikenal juga sebagai Friar (Romo) Luca dal Borgio menerbitkan dan mempublikasikan buku dengan judul Summa De Aritmatica, Geometrica Proortioni et propotionallia.

Luca Pacioli

Luca Pacioli (Sumber: Wikipedia.id)

Di dalam buku tersebut terdapat subjudul “Tractus de Computies et Scriptoris” yang mengajarkan tentang sistem pembukuan berpasangan. Subjudul tersebutlah yang menjadi cikal bakal adanya akuntansi karena setelah 1 tahun buku tersebut dipublikasikan akuntansi mulai diterapkan di Italia. Karena itulah Luca Pacioli dijuluki sebagai Bapak Akuntansi.

Setelah selesai Perang Dunia ke-II tahun 1945 akuntansi semakin popular dan dibutuhkan dalam dunia barat. Akuntansi disetiap negara akan berbeda-beda. Karena dipengaruhi oleh regulasi, seprofesional dan hukum yang berlaku dimasing-masing negara.

Selain itu sistem akuntansi diberi nama sesuai dengan masing-masing orang yang mengembangkannya atau nama negara masing-masing. Contohnya seperti sistem Anglo Saxon yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat beserta sistem Kontinetal dari Belanda. Namun yang paling banyak digunakan adalah sistem Anglo Axon sampai saat ini karena dirasa dapat mencatat berbagai transaksi dengan mudah dan efisien.

Dan buku berbahasa inggris pertama kali dipublikasikan oleh John Gouge atau Gough pada tahun 1543. Dari sinilah asal muasal ilmu akuntansi mendunia dan banyak diterapkan dibeberapa negara di seluruh dunia.

Bendera South Sea Company

Bendera South Sea Company (Sumber: Wikipedia.id)

Kemudia pada awal abad ke-18 Direktur perusahaan South Sea Company menggunakan jasa akuntan yang berpusat di London untuk memperdagangkan bursa perusahaannya. Laporannya pun diuraikan dalam buku Sawbridge and Company oleh Charles Snell yang kemudian memuat tentang konsep dan tujuan dari akuntansi.

Sejarah Akuntansi di Indonesia

Akuntansi masuk ke Indonesia dibawa oleh pemerintahan Belanda pada waktu Belanda mulai menjajah bumi pertiwi pada abad ke-16. Namun pada tahun 1747 di Jakarta ditemukan praktik pembukuan akuntansi oleh Amphioen Societeit.

Dimasa penjajahan Belanda sistem akuntansi yang digunakan adalah Sistem Kontinetal. Namun pada akhirnya berubah menjadi sistem Anglo Saxon. Perubahan ini disebabkan oleh berberapa hal dan salah satunya adalah adanya konfrontasi di Irian Barat pada tahun 1957 yang mengakibatkan semua pelajar Indonesia di Belanda ditarik dan dipindahkan kebeberapa negara lainnya, dan salah satunya ke Amerika Serikat. Disanalah pelajar Indonesia mempelajari sistem akuntansi Anglo Saxon.

Monitor Angka di Pasar Saham

Monitor Angka di Pasar Saham (Sumber: Pexels.com)

Dan faktor lainnya adalah adanya PMA (Penanaman Modal Asing) ini tentunya memberikan dampak yang positif bagi perkembangan akuntansi di Indonesia. Dan untuk saat ini akuntansi di Indonesia berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Ini adalah salah satu upaya penyesuaian terhadap kondisi global, peningkatan transparasi laporan keuangan dan peningkatan kualitas laporan keuangan di Indoneisa.

Kesimpulan

Akuntansi pertama kali dicetuskan oleh Bapak Akuntansi yaitu Luca Pacioli pada tahun 1949 dalam buku Summa De Aritmatica, Geometrica Proortioni et propotionallia. Mulai saat itulah akuntansi mulai digunakan dibeberapa negara eropa.

Dua sistem yang terkenal dimasa itu yaitu sistem Anglo Saxon dan Kontinetal. Namun yang sekarang digunakan di Indonesia adalah sistem Anglo Saxon dengan berpedoman dengan PSAK (Standar Akuntansi Keuangan).

Akuntansi sangat membantu pebisnis dalam mengontrol serta mengembangkan bisnis. Tanpa akuntansi maka Anda sebagai seorang pebisnis tidak bisa menganalisa apakah perusahaan mengalami kerugian ataupun untung.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Anda yang belum menggunakan akuntansi dalam pelaporan keuangannya. Saya sarankan mulai sekarang buatlah laporan akuntansi keuangan perusahaan. Supaya bisa mengetahui bagaimana perkembangan perusahaan serta bisa mengambil keputusan-keputusan mengenai perusahaan dengan tepat dan benar.

Mengaplikasikan akuntansi dalam sebuah laporan keuangan memang tidak mudah. Butuh pemahaman yang memadai agar laporan yang disajikan mengambarkan kondisi keuangan sebuah perusahaan sebenarnya. Untuk sebagian orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang akuntansi tentu saja ini menjadi salah satu kendala tersendiri.

Beberapa pebisnis memilih merekrut orang accounting untuk menyajikan laporannya. Ini pun belum menjamin laporan yang mereka buat akurat, karena semuanya masih menggunakan excel dan penghitungannyapun manual. Jadi masih sangat mungkin jika terjadi kesalahan.

Untuk itu gunakan saja software akuntansi. Software akuntansi sekarang ini banyak sekali bertebaran di Internet mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.  Jadi Anda harus jeli dalam memilihnya karena jika sampai salah justru akan merugikan Anda.

Beeaccounting adalah salah satu software akuntansi no 2 di Indonesia yang sudah memiliki lebih dari 5467 pengguna. Sangat cocok untuk bisnis Anda dibidang Distributor, Salon, Resto, Minimarket, Bengkel dll.

Jika Anda penasaran dan ingin kepoin software akuntansi yang satu ini silahkan saja klik disini. Dan tenang saja untuk masalah harganya sangat terjangkau Anda bisa klik disini untuk melihat harganya.

Semoga artikel ini membantu bisnis Anda. Sampai jumpa diartikel-artikel selanjutnya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :