Pengertian, Fungsi dan Contoh Jurnal Penyesuaian untuk Bisnis

Wednesday, 13 January 2021
Anggara Farhan
Anggara Farhan
konsep-jurnal-penyesuaian

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Dalam artikel ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang jurnal penyesuaian dan menganalisa studi kasus dari contoh yang telah kami siapkan untuk Anda.

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Memahami Jurnal Penyesuaian

Memahami Definisi Jurnal Penyesuaian (Sumber: Freepik.com)

Dalam kegiatan akuntansi, ada jurnal yang bertujuan untuk menetapkan saldo catatan pada buku besar, mengkalkulasi biaya beban dan pendapatan penghasilan pada periode akhir.

Lebih luasnya lagi, arti jurnal penyesuaian itu sendiri adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan pada saldo di akun yang pada akhirnya akan mencerminkan keseimbangan dalam jumlah sebenarnya.

Sedangkan jurnal penyesuaian itu sendiri pengertiannya adalah jurnal yang dibuat untuk proses pencatatan perubahan saldo dalam beberapa akun. Tujuannya supaya saldo menunjukkan jumlah sebenarnya. Informasi keuangan ini berguna untuk membantu pengambilan keputusan.

Konsep Dasar Jurnal Penyesuaian

Sebuah konsep dasar akuntansi yang digunakan sebagai dasar dalam pembuatan jurnal penyesuaian. Dengan menggunakan konsep akuntansi, akuntan harus menentukan periode di mana pendapatan dan biaya perusahaan seharusnya dilaporkan.

konsep-jurnal-penyesuaian

Konsep Dasar Pembuatan Jurnal Penyesuaian (Sumber: Pexels.com)

Ada 2 konsep akuntansi dasar yang bisa diterapkan dalam jurnal penyesuaian, yaitu:

Konsep Akuntansi Berbasis Akrual (Accrual Basis of Accounting)

Dalam akuntansi berbasis akrual (accrual basis of accounting) pendapatan dicatat dalam laporan laba rugi pada periode ketika pendapatan diproduksi. Misalnya, pendapatan dilaporkan ketika layanan diberikan kepada pelanggan. Uang tunai yang telah atau belum diterima dari pelanggan selama periode itu. Konsep akuntansi yang mendukung catatan pendapatan seperti ini, disebut konsep konsep pengukuran pendapatan.

Konsep pengukuran pendapatan merupakan sebuah konsep akuntansi berdasarkan akumulasi di mana beban biaya dilaporkan pada periode yang sama dengan pendapatan terkait dengan beban.

Konsep Akuntansi Berbasis Kas (Cash Basis of Accounting)

Meskipun banyak yang mengharuskan penggunaan akuntansi berbasis akrual, beberapa perusahaan menggunakan konsep akuntansi berbasis kas (cash basis of accounting). Dalam konsep akuntansi, pendapatan dan biaya berbasis kas dilaporkan dalam laporan laba rugi pada periode yang diterima atau dikeluarkan secara tunai.

Misalnya, pendapatan dilaporkan ketika pelanggan diterima, sementara gaji dilaporkan ketika karyawan dibayar. Penghasilan bersih atau rugi bersih adalah perbedaan antara penerimaan kas (pendapatan) dan pembayaran tunai (beban).

Untuk Anda yang menjalankan bisnis jasa atau dagang dapat memakai konsep akuntansi berbasis kas karena mereka memiliki beberapa piutang dan hutang.

Baca Juga: Pengertian Etika Bisnis, Prinsip, Tujuan dan Manfaatnya Untuk Pebisnis

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Jurnal Penyesuaian memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  • Untuk akun nominal, rekening pemasukan dan biaya dapat diakui dalam suatu periode dan menunjukkan situasi nyata.
  • Menghitung estimasi nominal (pendapatan dan beban) pada kenyataannya dalam periode terkait.
  • Menetetapkan saldo catatan di akun blok utama pada akhir periode sehingga estimasi saldo kewajiban dan
  • properti (keseimbangan nyata) menunjukkan angka aktual.
  • Supaya pada akhir periode, akun nyata dalam bentuk kepemilikan, kewajiban dan modal menunjukkan situasi nyata.

Jenis Transaksi Jurnal Penyesuaian

Akrual

  • Biaya yang harus dibayar adalah beban/biaya yang telah digunakan, tetapi belum terdaftar dalam catatan keuangan.
  • Pendapatan yang belum diterima adalah pendapatan yang telah terdaftar tetapi belum menerima uang.

Pembayaran di muka

  • Biaya yang dibayar di muka adalah pembayaran dengan aset yang tidak digunakan, seperti perlengkapan kantor, sewa kantor selama 3 bulan pembayaran di awal, dan lain sebagainya.
  • Pendapatan yang diterima di muka menerima uang pada awal layanan yang belum dilakukan, terdaftar sebagai kewajiban. Contohnya sebagai proyek perusahaan yang telah dibayar DP pada awalnya.

Ayat Jurnal Penyesuaian

ayat-ayat jurnal penyesuaian

Ayat-ayat Jurnal Penyesuaian (Sumber: Freepik.com)

Biaya Dibayar di Muka

Biaya dibayar di muka dilakukan dalam 2 cara, yang dicatat sebagai pemilik biaya atau terdaftar sebagai biaya. Pos ini awalnya dicatat sebagai aset karena uang tunai dibayar, meskipun layanan atau produknya belum diterima. Misalnya, semua dibayar pada awal tahun, untuk beban selama setahun. Kemudian, dengan mengetahui beban pada bulan itu, beban harus ditulis.

Penghasilan Dibayar di Muka

Pendapatan diterima di muka dilakukan dalam 2 cara, yaitu diakui sebagai hutang dan diakui sebagai pendapatan. Pos ini awalnya dicatat sebagai kewajiban. Kewajiban ini kemudian berubah menjadi penghasilan bersama dengan berlalunya waktu.

Piutang Pendapatan

Penghasilan yang telah didapat, tetapi belum dicatat pada rekening pendapatan. Misalnya apresiasi untuk layanan telah diberikan oleh pengacara, tetapi belum ditagih kepada kliennya pada periode akhir. Pendapatan Anda atau perusahaan telah diberikan oleh pelanggan. Namun, layanan belum diberikan. Kemudian penyesuaian piutang pendapatan dilakukan.

Beban yang Masih Harus Dibayar

Beban yang telah terjadi, tetapi belum dicatat pada akun beban. Ini mengacu pada kewajiban yang telah dilakukan kepada perusahaan, tetapi belum dibayarkan. Misalnya gaji utang untuk karyawan.

Penyusutan Aktiva Tetap

Alokasi biaya akuisisi atau sebagian besar harga mendapatkan aset tetap selama masa manfaat aset. Nilai besar yang bisa disusutkan yaitu perbedaan antara harga akuisisi dengan nilai residu, adalah nilai aset pada akhir masa manfaat.

Kerugian Piutang

Menunjukkan kerugian aktual pada piutang yang tidak tertagih.

Biaya Pemakaian Perlengkapan

Barang-barang yang digunakan untuk mendukung operasi bisnis yang bahan habis pakai atau dapat habis secara fisik maupun nilai ekonominya.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Dagang

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Piutang Pendapatan

Setiap tanggal 1 Maret dan 1 September PT Beeaccounting menerima bunga sebesar Rp 600.000. Ayat jurnal penyesuaian yang dibuat pada 31 Desember 2020, yaitu sebagai berikut:

Debet Kredit
Piutang Bunga Rp400.000
Pendapatan Bunga Rp400.000

Beban yang Harus dibayar

PT Beecloud mempekerjakan 10 pekerja dengan komisi per orang Rp. 50.000 per hari. Komisi dibayar kepada pekerja setiap hari sabtu untuk enam hari kerja. Pembayaran upah terakhir dilakukan pada hari sabtu tanggal 18 Maret 2020. Beban upah yang masih harus dibayar pada tanggal 31 Maret 2020 adalah lima hari, yaitu senin sampai dengan jumat 31 Maret 2020.

Perhitungan : 10 (orang pekeria) x 5 (hari) x Rp 50.000 = Rp 2.500.000

Jurnal penyesuaian nya adalah:

Debet Kredit
Beban Gaji Rp2.500.000
Hutang Gaji Rp2.500.000

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

Beban di bayar di muka

Contohnya ketika Anda membayar premi asuransi di muka sebesar Rp3.600.000 untuk periode 3 Mei 2020 s/d 3 Mei 2021, maka pada pada bulan Desember 2020 (saat ayat jurnal penyesuaian dibuat) premi yang dibayarkan baru sebesar Rp3.600.000:12×7 = Rp2.100.000

Dengan pendekatan neraca:

Jurnal tanggal 3/5/2020

Debet Kredit
Asuransi di bayar di muka Rp3.600.000
Kas Rp3.600.000

Ayat jurnal penyesuaian 3/12/2020

Debet Kredit
Biaya asuransi Rp2.100.000
Asuransi dibayar di muka Rp2.100.000

Dengan pendekatan laba rugi

Jurnal tanggal 3/5/2020

Debet Kredit
Asuransi dibayar di muka Rp3.600.000
Kas Rp3.600.000

Ayat jurnal penyesuaian 3/12/2020

Debet Kredit
Asuransi dibayar di muka Rp1.500.000
Biaya asuransi Rp1.500.000

Kesimpulan

Dalam pembuatan jurnal penyesuaian dibutuhkan seorang akuntan yang handal agar segala transaksi dapat tercatat dengan baik. Bila Anda ingin yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi online untuk mempermudah segala kebutuhan Akuntansi perusahaan Anda.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa Anda gunakan di mana saja. Dengan menggunakan hp ketika Anda berpergian ke luar kota, Anda tetap bisa memantau operasional keuangan dari perusahaan Anda.

Coba gratis 14 hari, dengan klik gambar di atas atau klik di sini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :