Pengertian Etika Bisnis, Prinsip, Tujuan dan Manfaatnya Untuk Pebisnis

Wednesday, 23 December 2020
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
pengertian etika bisnis

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pengertian Etika Bisnis

Etika Bisnis merupakan aturan yang tidak tertulis dalam menjalankan suatu bisnis berlandaskan norma dan perilaku yang mencakup segala aspek berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Perusahaan dengan etika yang baik akan mendapatkan nilai dan pandangan positif sehingga lebih memiliki kredibilitas.

Setiap perusahaan meyakini bahwa prinsip menjalankan bisnis yang baik adalah bisnis beretika dengan menaati kaidah-kaidah yang sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Jika etika diterapkan secara internal di seluruh lapisan perusahaan, karyawan dan pimpinan akan memiliki relasi yang baik, suasana bekerja akan semakin kondusif dan suportif. Etika bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan untuk melaksanan pekerjaan sehari-hari.

pengertian etika bisnis

Memahami Definisi Etika Bisnis (Sumber: Freepik)

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

1. Charles W.L Hill dan Gareth R

Sebuah ajaran untuk membedakan benar dan salah, yang digunakan perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis dan strategis yang melibatkan masalah moral.

2. Hill dan Jones

Suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar. Hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.

3. Yosephus

Wilayah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindak manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis. Jadi, secara hakiki sasaran etika bisnis adalah perilaku moral pebisnis yang berkegiatan ekonomi.

Prinsip Penting Etika Bisnis

prinsip-etika-bisnis

Prinsip Etika Bisnis (Sumber: Pexels)

1. Kejujuran

Pebisnis diharuskan memiliki prinsip kejujuran agar bisnis dapat bertahan untuk jangka waktu lama. Jika Anda yang berlaku tidak jujur dan curang maka kemungkinan besar tidak akan ada pelaku bisnis yang bersedia untuk melakukan kerja sama.

2. Otonomi

Prinsip otonomi adalah kemampuan dan sikap seseorang saat mengambil tindakan dan keputusan yang berdasarkan kesadarannya sendiri mengenai apa yang dianggapnya baik yang bisa dilakukan.

3. Keadilan

Prinsip yang satu ini mengharuskan Pebisnis agar memperlakukan relasi internal dan eksternal secara sama dan memberikan hak mereka masing-masing. Hal ini bertujuan untuk menjauhka kerugian terhadap salah satu pihak pelaku bisnis.

4. Saling Memberi Keuntungan

Pebisnis harus menjalankan bisnisnya dengan baik agar masing-masing pihak yang terkait mendapatkan keuntungan. Sama seperti prinsip keadilan, prinsip memberi keuntungan juga memiliki tujuan untuk menghindarkan salah satu pihak saja yang untung.

5. Integritas Moral

Pebisnis harus memebrikan dorongan terhadap diri sendiri dalam berbisnis untuk memunculkan rasa bangga. Hal ini biasanya dapat terlihat dari perilaku Pebisnis di luar dan di dalam perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Etika Profesi Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

Tujuan Adanya Etika Dalam Berbisnis

Bagi pebisnis, etika bisnis bertujuan untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi pebisnis untuk menjalan good business dan tidak melakukan monkey business. Tujuan etika bisnis di antaranya:

1. Mendorong Kesadaran Moral

Memberikan kesadaran akan perilaku dan moral kepada pemilik bisnis agar menjalankan bisnisnya dengan baik.

2. Manjaga Sikap dan Perilaku

Saling menghargai privasi klien dan perusahaan apabila terjalin kerja sama dan memberikan transparansi data sesuai kenyataan, tidak dibuat-buat.

3. Memberikan Batasan

Menjunjung tinggi aturan, perjanjian dan tahapan kerja yang telah disepakati dan sesuai Standar Operasional Perusahaan (SOP). Selain itu, memberikan batasan kerja yang profesional antar kedua belah pihak akan menjaga kepercayaan klien dan perusahaan.

4. Citra Baik untuk Bisnis

Citra baik otomatis terbentuk dengan adanya pembuktian komitmen dari sebuah perusahaan yang memiliki etika bisnis.

Manfaat Menerapkan Etika Bisnis

manfaat-etika-bisnis

Manfaat Etika Bisnis untuk Internal dan Eksternal (Sumber: Freepik)

Jika Anda menerapkan etika bisnis, manajemen internal perusahaan akan lebih efektif. Etika memberikan dampak positif karena adanya kepatuhan terhadap aturan yang diberlakukan.

Selain itu, manfaat untuk faktor eksternal adalah meingkatkan reputasi perusahaan. Hal ini ditandai dengan meningkatkan integritas dalam suatu perusahaan.

10 Contoh Penerapan Etika Bisnis

  1. Jujur
  2. Bersikap dewasa
  3. Bertingkah laku baik dan sopan
  4. Menggunakan pakaian rapi
  5. Menyebutkan nama
  6. Menggunakan bahasa yang baik
  7. Memenuhi janji serta komitmen yang dibuat
  8. Berdiri saat berkenalan
  9. Selalu mengucapkan terima kasih
  10. Tuan ramah yang membayar tagihan rapat

Baca Juga: Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis

Kesimpulan

Bisnis yang baik adalah bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan dan uang saja tapi termasuk di dalamnya kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Untuk mencapai status bisnis yang baik dan sesuai kaidahnya perlu adanya penerapan dari etika bisnis di dalamnya.

Etika bisnis juga termasuk hubungan yang baik antar relasi bisnis seperti dengan supplier atau dengan customer. Bayangkan jika Anda memiliki hutang kepada supplier namun lupa harus membayar saat sudah jatuh tempo, atau Anda memiliki customer yang susah ditagih piutang karena tidak menyukai service yang bisnis Anda berikan. Atau, antrian customer sangat panjang karena Anda tidak memiliki sistem kasir yang baik.

Untuk menghindari hal tersebut, software kasir online Beepos bisa membantu bisnis Anda. Beepos merupakan software kasir yang sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi. Jadi hutang dan piutang bisnis Anda terkontrol, pelangganpun puas. Lebih lengkap tentang Beepos, Anda bisa klik banner di bawah ini!

software toko

Untuk coba gratis 14 hari silahkan klik link di sini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :