Logo Bee Web

5 Peran Akuntansi Bagi Bisnis yang Ingin Berkembang

Ada lima peran akuntansi bagi bisnis, apa saja? Kenali seluruh peranan tersebut agar bisa memahami pentingnya akuntansi.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 March 2023

Istilah akuntansi bukan merupakan istilah yang asing di telinga warga Indonesia. Banyak yang sudah mengenal istilah ini sejak masih di bangku sekolah, khususnya bagi yang belajar ilmu akuntansi. Tapi, apa saja peran akuntansi bagi bisnis?

Akuntansi merupakan bagian penting dalam kehidupan pebisnis dan sudah melekat dalam kehidupan perusahaan. Bidang pekerjaan ini berkaitan dengan proses data keuangan serta pendukungnya. Yang termasuk dalam proses ini antara lain mengumpulkan, mencatat, dan menganalisa data keuangan.

Setelah itu, proses akuntansi dilanjutkan dengan penafsiran, pembuatan laporan, serta pembuatan kebijaksanaan yang berkaitan dengan data keuangan dari salah satu pihak yang memerlukannya. Sederhananya, akuntansi merupakan proses pencatatan keuangan yang terperinci dan sistematis.

Peran Akuntansi dalam Kegiatan Bisnis

Akuntansi Dalam Bisnis

Ilustrasi pembukuan akuntansi dalam bisnis (Credit: Freepik)

Akuntansi mempunyai peranan penting bagi setiap perusahaan karena bidang pekerjaan ini bisa membantu proses berjalannya bisnis. Menurut Gramedia, Akuntansi yang benar dan tepat memungkinkan manajemen perusahaan menjadi lebih memahami keuangan bisnisnya Ada setidaknya lima peran yang dipegang oleh akuntansi bagi setiap bisnis yang berjalan di Indonesia. Kelima peran akuntansi bagi bisnis tersebut bisa dipelajari di bawah ini.

1. Peran Akuntansi Sebagai Informasi Keuangan Bisnis

Ada bagian akuntansi yang bisa menyediakan beberapa informasi tentang transaksi keuangan apa saja yang berlangsung di perusahaan. Beberapa bagian akuntansi tersebut antara lain laporan keuangan dan pembukuan. Data yang berkaitan dengan keuangan akan dicatat di buku besar.

Pencatatan dilakukan secara rutin dan terperinci agar bisa diteruskan dan menghasilkan laporan keuangan. Itulah sebabnya penyusunan pembukuan harus dilakukan dengan rapi dan pembaruan data wajib dilakukan secara rutin. Proses ini akan memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual.

Hal ini akan jauh lebih efisien dan efektif jika perusahaan menggunakan software akuntansi yang bisa mencatat seluruh laporan keuangan perusahaan. Software semacam itu bisa mengurangi terjadinya human error sehingga laporan keuangan dan pembukuan akan lebih akurat.

2. Analisa Bisnis

Setelah berbagai data akuntansi dikumpulkan, proses pengolahan data akan dilakukan dengan menggunakan pisau analisis kerja perusahaan. Data akuntansi sendiri mencerminkan posisi atau kinerja keuangan di sebuah perusahaan. Seluruh data tersebut bisa dimanfaatkan oleh perusahaan.

Perusahaan pun bisa menggunakan data akuntansi untuk melihat apa yang sedang terjadi di dan melakukan perbandingan data yang ada sekarang dengan data yang ada sebelumnya. Apabila terjadi variasi substansial, perusahaan bisa segera menerapkan perubahan untuk mengoreksi perbedaan.

Jika data akuntansi semakin sering disajikan, peninjauan serta analisa laporan keuangan juga akan semakin mudah dilakukan. Hasilnya, peluang manajemen akan terbuka, khususnya dalam mengenali masalah kecil dan mencegahnya berkembang menjadi masalah besar.

Agar memudahkan Anda dalam melakukan analisa bisnis, Anda membutuhkan software akuntansi online yang mudah dan akurat. Salah satu software keuangan terbaik adalah Beecloud, menawarkan berbagai fitur yang diluar dugaan Anda. Aplikasi yang berbasis cloud ini memungkinkan Anda mengelola bisnis dalam genggaman Anda.

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Selain itu, Beecloud telah memiliki aplikasi sendiri yang memungkinkan Anda sebagai business owner melakukan pengecekkan menyeluruh pada bisnis Anda dalam satu tampilan dashboard. Segala informasi yang Anda butuhkan sudah tersaji secara otomatis dan real time.

Baca juga: Software Keuangan Perusahaan Terbaik untuk Cepat Analisa Bisnis

3. Perencanaan Bisnis di Masa Depan

Peran akuntansi dalam bisnis yang satu ini erat kaitannya dengan pembuatan anggaran perusahaan. Informasi akuntansi biasanya digunakan untuk membuat anggaran serta perkiraan yang dibutuhkan dalam perencanaan bisnis. Data yang digunakan diperoleh dari periode yang sebelumnya.

Berbekal data akuntansi tersebut, perusahaan bisa menciptakan rencana dan anggaran untuk periode yang akan datang. Kemudian data tersebut bisa digunakan untuk proyeksi keuntungan dan penjualan, pembuatan usulan anggaran, proses evaluasi, perencanaan bisnis berikutnya, dan negosiasi.

Data akuntansi yang didapatkan oleh perusahaan juga bisa dimanfaatkan untuk meninjau serta menyetujui perencanaan bisnis untuk masa yang akan datang.

4. Menghubungkan Bisnis dengan Pihak Ketiga

Peran akuntansi dalam perusahaan yang berikutnya adalah untuk membantu perusahaan agar bisa tetap terhubung dengan pihak ketiga. Berbagai data akuntansi yang sudah diolah bisa digunakan sebagai jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan pihak ketiga.

Dengan begitu, perusahaan bisa mengambil keputusan yang berhubungan dengan proses jual beli, kerjasama perusahaan, investasi, maupun berbagai transaksi lainnya. Data akuntansi akan menyediakan informasi kepada investor atau pihak vendor untuk mengambil keputusan dengan mudah.

Investor biasanya tidak mau melakukan investasi jika tidak ada informasi keuangan yang akurat dan terkini. Elemen yang ada dalam akuntansi juga bisa menjadi penghubung antara pemerintah dan perusahaan dalam hal proses audit dan pelaporan pajak.

5. Untuk Pengambilan Keputusan Investasi

Perusahaan bisa memanfaatkan berbagai data akuntansi untuk mempertimbangkan apakah akan melaksanakan investasi keluar atau tidak. Biasanya, perusahaan akan memanfaatkan data akuntansi saat akan menentukan cara terbaik dalam menginvestasikan dana yang ada.

Hasil dari analisis keuangan suatu perusahaan bisa menunjukkan nominal uang tunai yang diperlukan untuk jangka waktu panjang maupun pendek. Setelah selesai menentukan nominal, maka perusahaan bisa memilih obligasi, saham, atau investasi lain yang cocok untuk menginvestasikan uang tunai.

Kelima peranan akuntansi di atas membantu Anda untuk lebih menyadari bahwa akuntansi memerlukan kemampuan pengelolaan data yang begitu bervariasi dengan lebih efisien dan efektif. Pengolahan data akuntansi akan memakan banyak waktu dan sulit dilakukan secara manual.

Setiap perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan alat pengelolaan data akuntansi secara digital. Proses pengolahan data secara digital bisa dilakukan dengan menggunakan software akuntansi. Sehingga peran akuntansi bisa berjalan dengan efisien untuk meningkatkan bisnis.

Kini hadir, software akuntansi online Beecloud, memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis dimana saja dan kapan saja. Anda bisa mengecek laporan laba rugi sampai akuntansi tanpa perlu jago akunting. Coba gratis klik gambar di bawah

software akuntansi online beecloud untuk analisa keuangan

Artikel Terkait

Biaya Tidak Tetap Adalah: Pengertian dan Perbedaan dengan Biaya Tetap
Biaya tidak tetap adalah sesuatu yang harus dipahami oleh setiap pemilik bisnis. Biaya variabel atau biaya tidak tetap adalah syarat
Baca Juga
Faktor Penting Memilih Software Akuntansi Pabrik Terbaik 2023
Anda tentu menginginkan software akuntansi yang terbaik untuk perusahaan, bukan? Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih sebuah software akuntansi.
Baca Juga
Bagaimana Cara Membuat Laporan Laba Rugi Cepat & Mudah
Sebagian perusahaan menginginkan operasional yang dijalankan berjalan dengan yang diharapkan. Semua kegiatan perusahaan seperti perputaran uang, keluar masuknya stok, manajemen
Baca Juga
Cek 4 Keuntungan Pakai Software Faktur Penjualan
Software faktur penjualan merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam bisnis usaha barang dan jasa. Oleh karena
Baca Juga
Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor dan Developer Property
Sebagaimana jenis usaha lain, bidang kontraktor juga memiliki software akuntansi untuk perusahaan kontraktor yang secara khusus menangani pekerjaan tersebut. Perusahaan
Baca Juga
Contoh Laporan Perubahan Modal
Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu