🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Peran Akuntansi Bagi Bisnis yang Ingin Berkembang

Ada lima peran akuntansi bagi bisnis, apa saja? Kenali seluruh peranan tersebut agar bisa memahami pentingnya akuntansi.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 March 2023

Istilah akuntansi bukan merupakan istilah yang asing di telinga warga Indonesia. Banyak yang sudah mengenal istilah ini sejak masih di bangku sekolah, khususnya bagi yang belajar ilmu akuntansi. Tapi, apa saja peran akuntansi bagi bisnis?

Akuntansi merupakan bagian penting dalam kehidupan pebisnis dan sudah melekat dalam kehidupan perusahaan. Bidang pekerjaan ini berkaitan dengan proses data keuangan serta pendukungnya. Yang termasuk dalam proses ini antara lain mengumpulkan, mencatat, dan menganalisa data keuangan.

Setelah itu, proses akuntansi dilanjutkan dengan penafsiran, pembuatan laporan, serta pembuatan kebijaksanaan yang berkaitan dengan data keuangan dari salah satu pihak yang memerlukannya. Sederhananya, akuntansi merupakan proses pencatatan keuangan yang terperinci dan sistematis.

Peran Akuntansi dalam Kegiatan Bisnis

Akuntansi Dalam Bisnis

Ilustrasi pembukuan akuntansi dalam bisnis (Credit: Freepik)

Akuntansi mempunyai peranan penting bagi setiap perusahaan karena bidang pekerjaan ini bisa membantu proses berjalannya bisnis. Menurut Gramedia, Akuntansi yang benar dan tepat memungkinkan manajemen perusahaan menjadi lebih memahami keuangan bisnisnya Ada setidaknya lima peran yang dipegang oleh akuntansi bagi setiap bisnis yang berjalan di Indonesia. Kelima peran akuntansi bagi bisnis tersebut bisa dipelajari di bawah ini.

1. Peran Akuntansi Sebagai Informasi Keuangan Bisnis

Ada bagian akuntansi yang bisa menyediakan beberapa informasi tentang transaksi keuangan apa saja yang berlangsung di perusahaan. Beberapa bagian akuntansi tersebut antara lain laporan keuangan dan pembukuan. Data yang berkaitan dengan keuangan akan dicatat di buku besar.

Pencatatan dilakukan secara rutin dan terperinci agar bisa diteruskan dan menghasilkan laporan keuangan. Itulah sebabnya penyusunan pembukuan harus dilakukan dengan rapi dan pembaruan data wajib dilakukan secara rutin. Proses ini akan memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual.

Hal ini akan jauh lebih efisien dan efektif jika perusahaan menggunakan software akuntansi yang bisa mencatat seluruh laporan keuangan perusahaan. Software semacam itu bisa mengurangi terjadinya human error sehingga laporan keuangan dan pembukuan akan lebih akurat.

2. Analisa Bisnis

Setelah berbagai data akuntansi dikumpulkan, proses pengolahan data akan dilakukan dengan menggunakan pisau analisis kerja perusahaan. Data akuntansi sendiri mencerminkan posisi atau kinerja keuangan di sebuah perusahaan. Seluruh data tersebut bisa dimanfaatkan oleh perusahaan.

Perusahaan pun bisa menggunakan data akuntansi untuk melihat apa yang sedang terjadi di dan melakukan perbandingan data yang ada sekarang dengan data yang ada sebelumnya. Apabila terjadi variasi substansial, perusahaan bisa segera menerapkan perubahan untuk mengoreksi perbedaan.

Jika data akuntansi semakin sering disajikan, peninjauan serta analisa laporan keuangan juga akan semakin mudah dilakukan. Hasilnya, peluang manajemen akan terbuka, khususnya dalam mengenali masalah kecil dan mencegahnya berkembang menjadi masalah besar.

Agar memudahkan Anda dalam melakukan analisa bisnis, Anda membutuhkan software akuntansi online yang mudah dan akurat. Salah satu software keuangan terbaik adalah Beecloud, menawarkan berbagai fitur yang diluar dugaan Anda. Aplikasi yang berbasis cloud ini memungkinkan Anda mengelola bisnis dalam genggaman Anda.

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Selain itu, Beecloud telah memiliki aplikasi sendiri yang memungkinkan Anda sebagai business owner melakukan pengecekkan menyeluruh pada bisnis Anda dalam satu tampilan dashboard. Segala informasi yang Anda butuhkan sudah tersaji secara otomatis dan real time.

Baca juga: Software Keuangan Perusahaan Terbaik untuk Cepat Analisa Bisnis

3. Perencanaan Bisnis di Masa Depan

Peran akuntansi dalam bisnis yang satu ini erat kaitannya dengan pembuatan anggaran perusahaan. Informasi akuntansi biasanya digunakan untuk membuat anggaran serta perkiraan yang dibutuhkan dalam perencanaan bisnis. Data yang digunakan diperoleh dari periode yang sebelumnya.

Berbekal data akuntansi tersebut, perusahaan bisa menciptakan rencana dan anggaran untuk periode yang akan datang. Kemudian data tersebut bisa digunakan untuk proyeksi keuntungan dan penjualan, pembuatan usulan anggaran, proses evaluasi, perencanaan bisnis berikutnya, dan negosiasi.

Data akuntansi yang didapatkan oleh perusahaan juga bisa dimanfaatkan untuk meninjau serta menyetujui perencanaan bisnis untuk masa yang akan datang.

4. Menghubungkan Bisnis dengan Pihak Ketiga

Peran akuntansi dalam perusahaan yang berikutnya adalah untuk membantu perusahaan agar bisa tetap terhubung dengan pihak ketiga. Berbagai data akuntansi yang sudah diolah bisa digunakan sebagai jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan pihak ketiga.

Dengan begitu, perusahaan bisa mengambil keputusan yang berhubungan dengan proses jual beli, kerjasama perusahaan, investasi, maupun berbagai transaksi lainnya. Data akuntansi akan menyediakan informasi kepada investor atau pihak vendor untuk mengambil keputusan dengan mudah.

Investor biasanya tidak mau melakukan investasi jika tidak ada informasi keuangan yang akurat dan terkini. Elemen yang ada dalam akuntansi juga bisa menjadi penghubung antara pemerintah dan perusahaan dalam hal proses audit dan pelaporan pajak.

5. Untuk Pengambilan Keputusan Investasi

Perusahaan bisa memanfaatkan berbagai data akuntansi untuk mempertimbangkan apakah akan melaksanakan investasi keluar atau tidak. Biasanya, perusahaan akan memanfaatkan data akuntansi saat akan menentukan cara terbaik dalam menginvestasikan dana yang ada.

Hasil dari analisis keuangan suatu perusahaan bisa menunjukkan nominal uang tunai yang diperlukan untuk jangka waktu panjang maupun pendek. Setelah selesai menentukan nominal, maka perusahaan bisa memilih obligasi, saham, atau investasi lain yang cocok untuk menginvestasikan uang tunai.

Kelima peranan akuntansi di atas membantu Anda untuk lebih menyadari bahwa akuntansi memerlukan kemampuan pengelolaan data yang begitu bervariasi dengan lebih efisien dan efektif. Pengolahan data akuntansi akan memakan banyak waktu dan sulit dilakukan secara manual.

Setiap perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan alat pengelolaan data akuntansi secara digital. Proses pengolahan data secara digital bisa dilakukan dengan menggunakan software akuntansi. Sehingga peran akuntansi bisa berjalan dengan efisien untuk meningkatkan bisnis.

Kini hadir, software akuntansi online Beecloud, memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis dimana saja dan kapan saja. Anda bisa mengecek laporan laba rugi sampai akuntansi tanpa perlu jago akunting. Coba gratis klik gambar di bawah

software akuntansi online beecloud untuk analisa keuangan

Neraca Keuangan Perusahaan, Pokok Vital Penentuan Kebijakan
Sebuah perusahaan baik yang masih berkembang atau yang telah maju wajib memiliki neraca keuangan yang dilaporkan setiap bulannya. Neraca keuangan
Baca Juga
Pengertian Jurnal Pembelian & Jurnal Penjualan Beserta Contohnya
Jurnal pembelian dan jurnal penjualan - Secara umum, kegiatan utama dalam sebuah perusahaan adalah melakukan penjualan dan pembelian secara terus
Baca Juga
Opini Audit: Definisi dan Fungsi Pentingnya dalam Dunia Bisnis
Opini audit adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis dan keuangan. Opini ini diberikan oleh auditor setelah melakukan audit
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Jelas!
Anda membutuhkan contoh laporan keuangan perusahaan? Segala sesuatu yang berkaitan dengan finansial memang harus tersusun dengan baik. Kesalahan dalam membuatnya
Baca Juga
Liabilitas Jangka Pendek: Kelebihan dan Cara Analisisnya
Dalam operasional perusahaan, aspek keuangan memiliki peranan yang sangat penting. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah liabilitas jangka pendek
Baca Juga
Definisi Jurnal Khusus, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya
Pada bidang akuntansi, Anda akan mengenal beberapa jenis jurnal. Salah satunya adalah jurnal khusus. Jurnal ini terbagi menjadi empat, yakni
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu