Mengapa Bisnis Ritel Anda Harus Memiliki Aplikasi Penjualan?

Friday, 6 March 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Aplikasi penjualan atau yang sering kita kenal dengan POS (Point of Sale) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu Anda dalam mencatat transaksi penjualan.

Jika di jaman dahulu semuanya masih dicatat secara manual yang tentu saja akan memakan waktu lama. Selain itu juga rentan akan kesalahan karena dihitung secara manual.

Dengan hadirnya aplikasi penjualan kasir ini maka sangat memudahkan para Pebisnis Ritel seperti Anda, karena seluruh proses transaksi terjadi secara instan dan dijamin keakuratannya.

6 Jenis Bisnis Ritel

Menurut kategori produk dan skalanya Bisnis Ritel itu sendiri dibagi menjadi 6 :

1. Speciality Store

Bisnis Ritel jenis ini hanya fokus menjual dua atau dua produk. Contohnya Toko Olahraga, Toko Peralatan Sekolah dan lain-lain.

2. Departement Store

Jenis Bisnis Ritel yang satu ini pasti tidak asing untuk Anda. Salah satu departemen store yang terkenal di Indonesia adalah Mat*hari. Jika Anda datang ke sana maka akan menjumpai banyak jenis produk barang mulai dari Pakaian, Aksesories dan Make-Up.

3. Convenience Store/Minimarket/Toko Kelontong

Toko Retail Kelontong

Contoh Ilustrasi Toko Kelontong (Sumber: Freepik.com)

Ini juga salah satu Bisnis Ritel yang sangat popular di masyarakat kita. Karena jenis ritel ini menyediakan semua kebutuhan pokok sehari-hari seperti makanan dan minuman sehingga tidak heran jika banyak sekali Minimarket berada di sekitar kita.

4. Supermarket

Bisa dikatakan jika Supermarket ini adalah versi lebih besar dan luasnya dari Minimarket. Untuk produk yang di jual di Supermarket lebih lengkap dibandingkan dengan Minimarket.

5. Hypermart

Penjelasan singkatnya adalah jika Supermarket versi terbesarnya Minimarket, nah begitu juga Hypermart merupakan versi lebih besar dan lengkapnya dari Supermarket.

6. E-Commerce

Dengan berkembangnya teknologi saat ini bisnis ritel kini juga sudah bisa Anda nikmati sambil duduk-duduk di rumah atau tiduran di kasur. Tidak perlu lagi Anda capek-capek pergi keluar rumah cukup dengan satu klik barang diantar. Bahkan di sini semua barang tersedia Anda hanya perlu memainkan jari-jari Anda di keyboard Handphone maupun laptop.

Jika kita perhatikan ke 6 jenis Bisnis Ritel di atas tidak bisa lepas dari transaksi jual beli oleh karena itu tidak ada alasan untuk Anda tidak menggunakan POS Software.

Baca Juga : 5 Merk Mesin Kasir Terbaik Untuk Usaha Kecil

Karena apapun kategori jenis Bisnis Ritel Anda pasti membutuh aplikasi kasir untuk pencatatan pendapatan/omset. Tak terkecuali Bisnis Ritel sekecil Toko Kelontong sekalipun.

Tampilan Software Kasir

Tampilan Software Kasir (Sumber: Bee.id)

4 Alasan Kenapa Bisnis Ritel Butuh Aplikasi Penjualan

1. Mencegah Kecurangan & Human Error

Dengan menggunakan aplikasi kasir bisa membantu Bisnis Ritel Anda untuk meminimilasir kecurangan yang bisa saja dilakukan kasir. Jadi Anda akan lebih tenang jika suatu saat tidak berada di Toko. Bayangkan berapa kerugian yang akan Anda tanggung jika ada penjualan yang tidak tercatat karena Kasir berbuat curang.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Manajemen Penjualan Kasir

Dan dengan menggunakan Software POS maka kasir tidak perlu lagi menghitung secara manual menggunakan kalkulator jadi tidak akan pernah terjadi kesalahan hitung yang tentu saja ini juga akan cukup merugikan Anda.

2. Mempercepat dan Mempermudah Transaksi

Karena kasir tidak perlu menulis maupun menghitung secara manual menggunakan kalkulator, maka pelayanannya pun akan 3x jauh lebih cepat. Dengan begitu Customer Anda tidak perlu mengantri walaupun Toko Anda sedang ramai pengunjung. Customer pun happy.

3. Meningkatkan Penjualan

“Kok bisa Software POS bisa meningkatkan penjualan fungsinya kan hanya membantu transaksi penjualan?”

Ini yang kurang banyak diketahui oleh Pebisnis Ritel jika pemilihan Aplikasi Kasir yang tepat akan membantu mereka  meningkatkan penjualan. Karena dengan menggunakan Aplikasi Kasir maka Anda akan tahu produk-produk apa saja yang laku keras di Pasaran.

Selain itu juga bisa tahu produk-produk apa saja yang kurang laku sehingga Anda bisa membuat promo diskon. Baik dengan sistem diskon, tebus murah atau bundling.

Akan sangat panjang jika membahas strategi marketing Bisnis Ritel Anda di sini. Mungkin jika ada kesempatan Saya akan bahas lebih detail di artikel selanjutnya.

Nah ada satu aplikasi kasir yang banyak mendukung sistem promo Bisnis Ritel Anda yaitu Beepos. Kalau Anda ingin tahu detailnya dan ingin membuktikan, langsung saja deh cek sendiri dengan cara klik di sini.

4. Mudah Dikontrol

Anda tidak perlu lagi setiap hari datang ke toko untuk sekedar mengecek penjualan harian. Karena dengan menggunakan Aplikasir Anda dapat mengecek itu semua dari manapun dan kapapun. Bahkan disaat Anda liburan bersama keluarga ke Luar kota maupun luar negeri.

Semua Bisnis Membutuhkan Aplikasi Penjualan

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel kali ini yang membahas mengenai “Mengapa Bisnis Ritel Anda Harus Memiliki Aplikasi Penjualan” adalah agar Anda terhindar dari kerugian yang disebabkan oleh kecurangan maupun humam error. Dan juga dengan Aplikasi Kasir Anda dapat meningkatkan penjualan.

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :