Logo Bee Web

7 Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan Bisnis

Aplikasi pengatur keuangan bisnis bisa menjadi solusi dalam memanajemen keuangan jadi lebih baik, salah satunya adalah Beecloud
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 26 January 2024

Adanya aplikasi catatan keuangan bisnis telah menjadi alat yang sangat penting bagi para pengusaha dan pemilik bisnis. Aplikasi ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam mencatat transaksi keuangan, tetapi juga menyediakan analisis data yang mendalam.

Sehingga memungkinkan para pengguna untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis. Dengan fitur-fitur seperti pelacakan pengeluaran, laporan keuangan real-time, dan peringatan atas batasan anggaran.

Butuh rekomendasi aplikasinya? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini

Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi catatan keuangan bisnis yang bisa Anda coba:

1. Beecloud

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Rekomendasi pertama ada Beecloud, salah satu software akuntansi online dalam negeri dengan banyak progam unggulan cocok untuk usaha UMKM maupun yang punya banyak cabang. Beecloud sendiri bisa menjadi aplikasi catatan keuangan bisnis yang cukup efektif, baik dari segi pembukuan maupun pelaporannya.

Dengan tampilan clean, jadikan Beecloud lebih mudah digunakan dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Selain utusan mengatur keuangan bisnis, Beecloud juga memiliki fitur kelola stok baik dari gudang maupun toko secara klop, edit invoice, POS dan masih banyak lagi. Berikut rincian fitur dan jenis paket yang ditawarkan:

Daftar Harga Beecloud 2023

List Daftar Harga Beecloud 2023 (Credit: Bee.id)

2. Teman Bisnis

Aplikasi Pembukuan Teman Bisnis

Aplikasi Teman Bisnis (Credit: fb.com/@temanbisnisapp)

Berikutnya adalah Teman Bisnis, aplikasi ini merupakan sebuah solusi berbasis digital yang menyediakan sejumlah fitur penting untuk mengatur keuangan bisnis secara efisien. Dengan fokus pada pencatatan hingga pelaporan keuangan.

Fitur yang ditawarkan Teman Bisnis memungkinkan penggunanya untuk melakukan analisis mendalam terhadap laporan keuangan dan mengevaluasi kinerja bisnis. Beberapa fitur kunci dari aplikasi ini melibatkan integrasi list kontak vendor dan pelanggan.

Kemudian memiliki kemampuan dalam perhitungan harga pokok penjualan, pemantauan cicilan tagihan non-tunai, serta penyediaan laporan keuangan yang informatif. Demikian, Teman Bisnis memberikan dukungan lengkap untuk mengatur keuangan bisnis Anda jadi lebih baik.

3. Beeaccounting

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

Ketiga ada software akuntansi Beeaccounting yang bisa diakses secara offline dengan sistem beli sekali akses seumur hidup, cocok sebagai investasi jangka panjang dalam mengatur keuangan bisnis.

Beeaccounting dilengkapi dengan 47 plugin, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis sesuai dengan bidang usaha. Tak kalah dengan aplikasi catatan keuangan bisnis online, Beeaccounting juga memiliki beberapa fitur unggulan yang patut untuk dibandingkan.

Mulai dari yang paling dasar, pembukuan transaksi pembelian/penjualan, hutag/piutang dagang, laba rugi, neraca hingga laporan akuntansi lainya. Harga yang ditawarkan dalam pembelian Beeaccounting juga cukup bervariasi, mulai dari paket Lite dengan harga 2jt-an hingga platinum dengan harga dibawah 10jt.

Baca Juga: Kenali Fitur & Manfaat Aplikasi Pengelola Keuangan

4. BukuKas

Aplikasi Bukukas Gratis

Contoh fitur plikasi Penjualan Gratis - BukuKas (Credit: kowawa.id)

Aplikasi pengatur keuangan bisnis berikutnya ada BukuKas, BukuKas sendiri merupakan aplikasi pembukuan bisnis yang sangat komprehensif, dirancang khusus untuk mendukung UMKM dalam mencatat transaksi keuangan sehari-hari dengan mudah.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna, mulai dari pencatatan penjualan dan pengeluaran hingga manajemen stok barang.

Keunggulan BukuKas juga terlihat dalam kemampuannya untuk mengelola uang dengan mengirim dan menerima pembayaran antar bank secara gratis, serta memberikan opsi berbagai metode pembayaran kepada pelanggan.

Sedangkan fitur kategori pengeluaran membantu dalam mengalokasikan dana secara efisien, sedangkan analisis keuangan yang detail melalui grafik tren penjualan, pengeluaran, dan keuntungan memberikan wawasan mendalam terhadap kinerja bisnis, sehingga bisa jadi salah satu pilihan Anda untuk membantu mengatur keuangan bisnis.

5. Paper.id

Rekomendasi selanjutnya ada Paper.id, hadir sejak tahun 2017 dan tersedia di Google Play. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memperkaya proses akuntansi dengan kemudahan penggunaan.

Fitur manajemen stok memungkinkan pengguna untuk mengelola inventaris dengan efisien, sementara penyusunan laporan keuangan memberikan pandangan yang jelas terhadap kesehatan finansial bisnis.

Keunggulan lainnya adalah kemampuan pengelolaan bukti pembayaran secara otomatis, mengoptimalkan efisiensi dalam pencatatan transaksi keuangan. Dengan kombinasi fitur-fiturnya Paper.Id bisa menjadi rekomendasi ideal untuk aplikasi catatan keuangan bisnis yang modern dan efisien.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Dapat Diunduh Melalui Playstore

6. FreshBook

Aplikasi Freshbook

Aplikasi Freshbooks (Credit: freshbooks.com)

Berikutnya, FreshBooks sebuah aplikasi catatan keuangan yang berasal dari Amerika Serikat. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna untuk pemantauan dan pencatatan keuangan bisnis.

Fitur-fitur utama meliputi pencatatan keuangan, pelacakan pemasukan, pemantauan waktu pengerjaan proyek, pembuatan faktur, serta pengelolaan pajak dengan tambahan fitur alarm untuk mengingatkan tanggal pembayaran.

Meskipun FreshBooks menawarkan fitur-fitur lengkap, aplikasi ini tetap terjangkau dan cocok untuk bisnis kecil. Mereka menyediakan beberapa paket dengan harga yang berbeda, termasuk paket Lite, Paket Plus, dan Paket Premium.

Namun, sayangnya FreshBooks belum tersedia dalam bahasa Indonesia, Meskipun demikian ini tetap menjadi opsi menarik untuk bisnis yang mengutamakan kepraktisan dan keefisienan dalam pengelolaan keuangan.

7. Quickbooks

Accounting Software Quickbooks

Tampilan Aplikasi Quickbooks (Credit: businesswire.com)

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan bisnis terakhir ada QuickBooks, sebuah aplikasi pencatatan keuangan yang menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat faktur dengan kemampuan melampirkan foto dan catatan untuk setiap transaksi.

Kelebihan lain QuickBooks terletak pada kemampuannya untuk menghasilkan laporan keuangan yang komprehensif, mencakup laporan penjualan, laba rugi, neraca, pembelian, dan lainnya.

Selain itu, aplikasi ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengelompokkan transaksi pendapatan, sehingga memudahkan pembuatan laporan laba rugi berdasarkan kelompok atau kategori tertentu yang dibutuhkan.

Dengan fitur-fitur ini, QuickBooks tidak hanya menyederhanakan proses pencatatan keuangan tetapi juga memberikan analisis data yang mendalam untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis.

Manfaat Menggunakan Aplikasi untuk Mengatur Keuangan Bisnis

Aplikasi pengatur keuangan bisnis

Salah satu manfaat menggunakan aplikasi pengatur keuangan bisnis adalah laporan jadi lebih rapi dan akurat (Credit: Freepik.com)

Menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan bisnis dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi para pengusaha, berikut diantaranya:

1. Efisiensi dan Ketepatan Waktu

Dengan menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan bisnis akan memungkinkan Anda dalam mencatat transaksi secara cepat dan akurat. Salah satunya dengan deretan fitur otomatisasi, seperti pencatatan otomatis dan pembuatan laporan secara real-time,

Sehingga, segala macam jenis kegiatan administratif dapat diselesaikan dengan lebih efisien, mengurangi risiko kesalahan manusia dan memastikan ketepatan waktu dalam pelaporan keuangan.

2. Analisis dan Pemantauan Keuangan Lebih Baik

Selanjutnya, aplikasi keuangan sering kali dilengkapi dengan fitur analisis yang mendalam, seperti laporan laba-rugi, neraca, dan grafik tren keuangan.

Hal ini memungkinkan para pengusaha untuk memahami performa bisnis mereka secara lebih baik, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan strategis berdasarkan data yang akurat.

3. Penghematan Waktu dan Biaya

Melalui otomatisasi proses pengatur keuangan, seperti pencatatan transaksi dan pembuatan faktur, aplikasi keuangan dapat membantu menghemat waktu yang dapat digunakan untuk kegiatan bisnis lainnya. Selain itu, pengurangan kesalahan manusia dapat mencegah potensi kerugian keuangan yang disebabkan oleh kesalahan.

4. Keterlibatan Pengguna yang Lebih Baik

Keempat adalah memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan data keuangan mereka. Sehingga Anda bisa jauh lebih baik dalam mendorong para pengusaha untuk lebih aktif dalam memantau dan mengelola keuangan bisnis mereka.

5. Keamanan dan Backup Data

Terakhir dan tidak kalah penting adalah faktor keamanan, seperti enkripsi data dan kontrol akses. Ini membantu melindungi informasi keuangan bisnis dari ancaman keamanan.

Pastikan untuk memilih aplikasi yang memiliki layanan backup otomatis, sehingga data keuangan tetap aman dan dapat dipulihkan dengan mudah dalam situasi darurat, seperti kehilangan data atau kegagalan perangkat keras.

Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi untuk mengatur keuangan bisnis dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan efisiensi, akurasi, dan pengelolaan keseluruhan kesehatan finansial perusahaan.

13 Langkah Memulai Bisnis Rice Box Peluang Usaha Kekinian
Peluang usaha semakin kesini semakin bervariasi salah satunya adalah bisnis rice box, sebuah sajian nasi lengkap dengan aneka lauk yang
Baca Juga
7 Tips Bangun dan Kelola Warkop Kekinian ala Starbuck
Punya bisnis kopi di era sekarang memang terbilang menjanjikan, mulai dari munculnya trend ngopi yang akhirnya jadi kebiasaan. Mau acara
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
Kasir Minimarket yang Penting Untuk Anda Ketahui dan Pelajari
Kasir minimarket selalu stand by di depan mesin kasir dan membantu dalam urusan transaksi ketika kita mengunjungi minimarket. Merekalah yang
Baca Juga
Contoh Kode Produksi, Pengertian dan Cara Membuatnya
Kode produksi adalah sebuah informasi penting sebuah produk untuk menunjukkan bagaimana proses produksi produk itu sendiri, biasanya berisi tentang tanggal
Baca Juga
Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya
Cara membuat anggaran tahunan bisnis pertama-tama harus direncanakan dengan teliti untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Dengan membuat anggaran tahunan, Anda
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu