5 Perangkat Lunak Aplikasi Kasir (Ada yang Gratis) Dengan Dukungan Open-Source Terbaik

Tuesday, 26 November 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Program aplikasi kasir (Poin of Sales-POS) sangat berperan dalam mendukung kelancaran bisnis. Dalam ulasan ini, Anda akan menemukan beberapa opsi aplikasi kasir dimana beberapa versi yang benar-benar gratis (yang merupakan anomali tidak hanya di dunia POS, tetapi juga di dunia perangkat lunak pada umumnya), namun ada juga yang produk freemium sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Manajemen Penjualan Kasir

Chromis POS

Aplikasi Kasir

Tampilan Chromis POS (Sumber: Google.co.id)

Chromis adalah pendatang baru, hasil perpecahan dari proyek uniCenta pada tahun 2015, dimana Chromis adalah sistem khusus Windows, yang berjalan pada Windows XP hingga 10. Program aplikasi kasir (POS) mendukung pengaturan tata letak khusus untuk tanda terima dan layar, basis data pelanggan bawaan, menggunakan monitor portabel untuk tampilan pesanan, dan fitur impor produk berbasis CSV, yang dapat menjadi penghemat waktu nyata bagi bisnis yang baru beroperasional (start up).

Aplikasi kasir ini adalah yang pertama dari banyak sistem yang akan Anda temukan di sini yang menawarkan perangkat lunak layar terintegrasi dengan POS.

eHopper

aplikasi kasir

Tampilan eHopper (Sumber: Google.co.id)

eHopper adalah solusi POS yang dibuat dengan tujuan membantu pemilik usaha kecil tetap pada jalur anggaran mereka, tanpa mengorbankan kualitas dalam fitur perangkat lunak mereka. eHopper juga berupaya mencegah pemilik usaha kecil dari ketidakcocokan (uncompatible) sistem atau perangkat keras yang tidak sesuai untuk perusahaan.

Aplikasi kasir ini punya sisi keterbatasan, versi gratis hanya terintegrasi dengan satu prosesor kartu kredit (A1 Charge), dukungan terbatas, dan Anda tidak akan dapat berintegrasi dengan QuickBooks. Anda juga terbatas pada satu register dan Anda tidak akan dapat menggunakan fitur jam karyawan secara sistem.

Floreant POS

Aplikasi kasir

Tampilan Floreant POS (Sumber: Google.co.id)

Floreant adalah POS open source yang dibuat untuk restoran. Aplikasi ini dapat berjalan di Windows, Mac, atau Linux, dan ini benar-benar gratis. Perusahaan Anda dapat menghasilkan uang dengan membantu bisnis mengatur sistem dengan memberikan dukungan berkelanjutan.

Anda dapat menggunakan tablet untuk menjalankan Floreant di restoran Anda, membawa aplikasi POS langsung ke meja pelanggan Anda. Atau, Anda dapat menggunakan fitur tab bar dan mengotorisasi kartu, menahannya hingga restoran tutup. Floreant juga terhubung ke printer, untuk menjalankan serangkaian laporan dan memungkinkan Anda dengan mudah mengelola menu dan resep.

Keterbatasan yang jelas adalah sifatnya yang berfokus pada restoran. Semua yang ditawarkan Floreant luar biasa, kecuali jika bisnis Anda bukan restoran. Jika Anda mencari POS restoran gratis, aplikasi ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai.

Imonggo

penjualan kasir

Tampilan imonggo (Sumber: Google.co.id)

Imonggo telah hadir sejak 2009. Perusahaan meluncurkan desain ulang besar-besaran pada akhir 2016 dan sekarang mengklaim pengguna di lebih dari 1.100 kota di seluruh dunia. Imonggo juga bergabung dengan Mercury / Vantiv, yang merupakan prosesor kartu kredit pilihan POS (meskipun integrasi kartu hanya ada pada level berbayar). Versi gratis Imonggo sangat cocok untuk satu lokasi, mendukung satu pengguna di satu toko. Toko itu dapat mengelola 1.000 produk dan 1.000 transaksi per bulan. Ini batas yang cukup tinggi, tergantung pada jenis toko yang Anda jalankan.

Aplikasi Anda dapat menggunakan iPad, tablet Android, PC, atau Mac untuk menjalankan Imonggo — artinya, berbasis web. Aplikasi ini adalah aplikasi riil yang nyata, karena versi gratisnya tidak mendukung mode offline.

BEEPOS

Penjualan kasir

Tampilan Software Kasir Beepos (Sumber: Bee.id/Beepos)

Software Kasir Online yg Didesain untuk Keamanan & Kecepatan. Mengapa Kasir Rawan Kebocoran? Karena Barang & Uang Berpindah di 1 Tempat Kebocoran tersebut misalnya saja:

  1. Jualan 10 disetor 7, tapi potong stoknya 12
  2. Uang kembalian tidak diberikan
  3. Bikin nota fiktif, uang masuk kantongnya
  4. Harga ritel dimasukkan member
  5. Stok hilang tidak ketahuan
  6. Promo tidak diberikan ke customer

Fitur dan Keunggulan BeePos

Adapun berikut ini adalah beberapa fitur dan keunggulan Beepos dibandingkan dengan aplikasi kasir yang lain..

  • Tetep Bisa Jualan Tanpa Internet

Anda was-was pingin Kasir Online tapi internet putus-putus, jadinya malah customer marah-marah karena pelayanan lambat. Pakai Beepos jualan internet 3G, Tethering HP tidak masalah

  • Mudah Kontrol Darimana Saja

STOP capek wira-wiri kontrol banyak cabang satu per satu! Sekarang nge-check barang habis, bikin order ke supplier, edit harga, ngontrol setoran kasir, analisa penjualan bisa anda lakukan darimanapun kapanpun.

  • Banyak Fitur Diskon

Jangan mau kalah dengan Toko Sebelah Jaringan Nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Beepos sekarang anda bisa!

  • Support Banyak Merk Hardware

Komplit! Barcode Scanner, Laci Kasir, Customer Display, Card Reader, Printer Nota, dll. Beepos mendukung banyak merk & tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman

  • Gampang Dioperasikan, Anak SD pun Bisa!

Saking mudahnya Beepos, sampai dipakai mainan anak SD untuk simulasi jualan sampai cetak nota. Cari item, cek harga, cetak nota semua 1x klik aja. Gak pake ribet!

  • Integrasi Akuntansi

Bukan cuma data omset penjualan, kontrol juga gross profit, biaya-biaya operasional sampai laba bersih dan pajak; PPN & PPH.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :