Cara Mudah Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja

Thursday, 26 March 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Apakah mungkin nih bikin laporan cash flow hanya dengan 5 menit saja? Sangat mungkin dong, tetapi sebelum saya berbagi kepada Anda, tentang bagaimana caranya membuat laporan cash flow dalam 5 menit.  Alangkah baiknya jika Anda paham terlebih dahulu mengenai apa itu pengertian dari laporan cash flow atau arus kas.

Pengertian Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flows)

Arus kas atau yang dikenal juga dengan istilah Cash flow Statement adalah laporan keuangan yang melaporan jalannya suatu prosesnya keluar masuknya kas baik berbetuk uang, obligasi, reksadana dll dari sebuah perusahan pada periode tertentu.

Atau pengertian secara simplenya adalah  laporan yang menyajikan informasi mengenai kemana saja aliran dana atau uang perusahaan Anda pada periode tertentu misal dalam 1 bulan ataupun 1 tahun.

Komponen Laporan Cash Flow

Sebelum membahas lebih jauh mengenai komponen laporan arus kas ada baiknya jika Anda tahu mengenai Kas. Nah Kas / cash sendiri itu terdiri dari ( cash on hand ) saldo kas dan rekening giro (demand deposits). Selain itu ada juga istilah Setara Kas. Apa itu setara kas ?

Laporan Cash Flow

Evaluasi Laporan Keuangan (Sumber : Pexels.com)

Setara Kas atau Cash Equivalent ialah investasi yang sifatnya likuid, berjangka pendek dan dengan cepat dapat dijadikan kas.  Dan memiliki resiko perubahan nilai yang kecil seperti deposito dan reksadana.

Oke sudah paham kan? kalau sudah yuk kita mulai membahas mengenai komponen laporan  Cash Flow :

1. Arus Kas Operasional

Arus kas operasional ini diperoleh dari aktivitas penghasil utama pendapatan entitas dan aktivitas lain dari perusahaan itu sendiri. Sederhananya adalah arus kas yang berasal dari semua transaksi perusahaan baik itu berupa pemasukan ataupun pengeluaran.

Agar Anda lebih mudah mencernanya berikut saya berikan contohnya. Misalnya begini , ada transaksi penjualan maka itu termasuk pemasukan sedangkan  pembayaran piutang, pembayaran gaji, pembayaran Listrik, Air dll itu termasuk pada kategori pengeluaran. Itulah yang dinamakan arus kas operasional.

2. Arus Kas Investasi

Arus Kas Investasi ini diperoleh dari adanya aktivitas transaksi penjualan ataupun pembelian aktiva perusahaan. Contohnya yaitu pada saat perusahaan Anda membeli atau melakukan penjualan asset tetap, seperti gedung, mesin ataupun kendaraan dll yang memiliki nilai jual.

3. Arus Kas Pendanaan

Namanya saja Arus kas pendanaan yang artinya kas itu berasal dari aktivitas penambahan modal. Entah itu diperoleh dari penjualan obligasi, emisi saham, piutang bank maupun karena adanya pembayaran dividen kepada pemegang saham.

Metode Pelaporan Cash Flow

Setelah Anda paham mengenai 3 komponen laporan arus kas. Yuk kita lanjut mengenai metode pelaporan cash flow. Untuk metodenya sendiri dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Metode Cash Flow Langsung (Direct)

Pada laporan metode cash flow langsung ini laporan arus kas disusun berdasarkan buku kas/bank. Dengan cara mengkelompokkan income dan biaya selama periode operasional sebuah perusahaan beroperasi, baru dilanjutkan dengan kegiatan investasi dan pembiayaan jika ada.

2. Metode Cash Flow Tidak langsung (in-derect)

Metode penyusunan Laporan Arus Kas Tidak Langsung ini disusun berdasarkan pada neraca dan laba rugi.

Metode Cash Flow Tidak Langsung ini menghitung pergerakan cash flow yang berasal dari kegiatan operasional dengan mempergunakan informasi akuntansi akrual dan dimulai dengan nilai net profit.

Kemudian net profit ini akan disesuaikan dari perubahan akun asset dan kewajiban di laporan neraca. Nah perubahan itulah yang akan menambah atau mengurangi nilai net profit untuk mendapatkan nilai cash flow dari kegiatan operasional.

Siapa Saja Yang Butuh Laporan Cash Flow?

Salah satu manfaat dari laporan cash flow yaitu untuk menginformasikan kepada Anda kemana saja uang Anda mengalir dan dari mana saja sumber uang Anda. Dengan begitu Anda akan tahu apakah uang Anda sudah mengalir dengan benar atau tidak.

Analisa Bisnis Bersama Gambar Orang Manajemen

Manajemen Analisa Bisnis (Sumber: Pexels.com)

Mengingat begitu pentingnya laporan arus kas, maka semua bisnis membutuhkan laporan arus kas. Baik bisnis yang masih memilik skala kecil maupun berskala besar.

Contoh Laporan Cash Flow

Berikut saya berikan 2 contoh laporan cash flow yang satu menggunakan excel dan satu menggunakan software akuntansi ;

1. Laporan Cash Flow Mengguankan Excel

Laporan Cash Flow Sederhana

Contoh Laporan Cash Flow Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

2. Contoh Laporan Cash Flow Menggunakan Software Beecloud

Laporan Cash Flow di Beecloud

Contoh Laporan Arus Kas Menggunakan Software akuntansi (Sumber: Beecloud.id)

Langkah Membuat Laporan Cash Flow

Sebelum membuat laporan cash flow tentu saja Anda harus tahu dulu langkah-langkahnya. Seperti yang sudah dibahas di atas jika metode pembuatan laporan cash flow ada 2.

Dengan metode langsung maupun metode tidak langsung. Tentu saja ini memiliki langkah-langkah yang berbeda namun disini saya akan memberikan langkah-langkan secara garis besarnya saja.

1. Pengelompokkan Kas / Bank

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkelompokkan kas dan bank sendiri-sendiri. Ini semua dilakukan agar Anda bisa mengkelompokkan mana yang merupakan arus kas pendanaan, arus kas investasi atau arus kas oeprasional.

2. Mencatat Semua Kegiatan Operasional

Setelah Anda mengkelompokkan akun-akun kas bank. Langkah kedua yaitu dengan mencatat semua bentuk dari kegiatan operasional mulai dari penjualan dan biaya-biaya yang dikeluarkan akibat dari opersional perusahaan.

Di langkah ini Anda harus teliti dan rajin mencatat. Pokoknya jangan sampai ada satu saja transaksi yang terlewatkan. Karena nanti akan sangat mempengaruhi hasil laporan yang disajikan.

3. Susun Laporan

Setelah selesai mencatat semua kegiatan operasional dan penggolongan akun kas bank selesai. Saatnya Anda menyusun semuanya menjadi satu kesatuan sehingga menghasilkan laporan arus kas.

Jika ini laporan arus kas ini disusun dengan menggunakan excel tidak akan mungkin selesai dalam 1 hari bukan ? Tapi tenang. Saya akan memberikan cara tercepat untuk membuat laporan keuangan bahkan hanya cukup dengan 5 menit saja Anda dapat membuat laporan arus kas.

Cara Mudah Bikin Laporan Arus Kas

Hanya dengan 5 menit saja..

Dari pada Anda banyak membuang waktu hanya untuk membuat laporan arus kas. Apalagi jika Anda tidak paham mengenai dasar-dasar akuntansi tentu saja ini akan membuat pusing tujuh keliling.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Sini-sini saya bisikin bagaimana caranya membuat arus kas dengan mudah hanya dengan cukup 5 menit saja. Dan dijamin hasilnya pun akurat. Pakai saja software akuntansi beecloud. Anda tidak lagi perlu repot-repot bikin jurnal, buku besar, arus kas, laba rugi dan neraca.

Pakai Beecloud bikin laporan cash flow hanya dengan 1 x klik saja. Pokoknya nie ya kalau pakai beecloud Anda gak harus jago akunting. Selain itu jika terjadi kesalahan Anda tidak perlu lagi melakukan koreksi satu persatu.

Bisa dibayangankan jika ada satu saja kesalahan dan Anda harus mengkoreksi laporan keuangan Anda satu persatu. Waduh berapa lama coba waktu Anda yang terbuang sia-sia. Yang harusnya bisa dengan 5 menit jika menggunakan software jadi berhari-hari.

Dengan menggunakan beecloud akan memudahkan Anda untuk mengaudit perusahaan Anda. Dan kerennya lagi nie Anda dapat mengakses laporan keuangan perusahaan kapan saja Anda membutuhkan.

Dan Anda tidak perlu khawatir karena data yang disajikan pun realtime. Jadi sambil liburan pun Anda masih bisa mengontrol bisnis. Liburan bareng orang tersayang tanpa rasa khawatir akan perusahaan sungguh menyenangkan bukan ?

Kesimpulannya

Laporan arus kas atau cash flow sangat penting untuk membantu analisa maupun mengaudit kemana saja aliran keuangan perusahaan Anda. Membuat laporan keuangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh pengetahuan serta memakan waktu yang tidak sebentar untuk menyusun laporan cash flow.

Tapi tenang dengan adanya becloud software akuntansi online apa yang tidak mungkin akan menjadi mungkin. Cukup hanya 5 menit saja laporan keuangan Anda akan tersaji secara realtime dan akurat.

Jadi apalagi yang Anda tunggu ! Cus langsung coba dan buktikan sendiri deh bagaimana begitu mudahnya membuat laporan keuangan menggunakan Software Akuntansi Beecloud dan rasakan manfaatnya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :