Cara Membuat Laporan Penjualan dan Contohnya

Thursday, 18 February 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
laporan-penjualan-adalah

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebagai Pebisnis skala besar ataupun kecil jangan pernah menyepelekan pencatatan transaksi terutama catatan transaksi penjualan. Semua informasi mengenai transaksi penjualan selanjutnya akan dicatat dalam laporan penjualan. Dengan adanya laporan tersebut, akan semakin memudahkan dalam mengatur manajemen bisnis serta mengambil keputusan dalam pemasaran, harga, dan metode penjualan.

Pengertian Laporan Penjualan

laporan-penjualan-adalah

Transaksi Penjualan Wajib Dicatat (Sumber: Unsplash.com)

Laporan penjualan adalah segala informasi tentang penjualan yang tersusun rapi baik transaksi penjualan per pelanggan maupun perinciannya untuk selanjutnya dianalisa. Pada umumnya laporan ini berisi informasi periode penjualan, harga jual barang, jumlah barang yang terjual, total penjualan masing-masing barang dan total penjualan keseluruhan.

Laporan tersebuut digunakan sebagai bahan evaluasi apakah penjualan dalam satu periode tertentu mengalami peningkatan atau penurunan.

Fungsi Laporan Penjualan

Jika perusahaan dapat membuat laporan yang terperinci, akurat dan mudah dibaca, data yang disajikan dapat sangat membantu perusahaan untuk membuat keputusan terkait dengan penjualan produk ke depan.

1. Menunjukkan Kondisi Bisnis

Catatan penjualan harian bisa memantau naik turunnya penjualan secara akurat. Namun penjualan harian tidak bisa secara langsung menunjuukkan kondisi perusahaan. Adanya laporan laporan keungan dapat memberikan informasi keuntungan atau kerugian yang diperoleh bisnis dalam periode tertentu

Lewat laporan ini juga kita bisa melihat apakah bisnis yang dijalankan mengalami kemajuan, stagnan atau bahkan kemunduran. Dengan mengetahui keadaan bisnis secara akurat maka akan mudah menentukan strategi dalam meningkatkan penjualan.

2. Sebagai Bahan Evaluasi

Rangkuman dan data bisa menentukan arah ke depan, terutama untuk pengambilan keputusan. Rekap penjualan menyajikan data nyata yang menyatakan apakah perusahaan dalam kondisi yang sedang baik atau tidak. Jadi kebiasaan pelanggan bisa dibaca dengan lebih jelas untuk meningkatkan proses pemasaran produk.

fungsi-rekap-penjualan-sebagai-evaluasi

Sebagai Bahan Evaluasi dan Pengambilan Keputusan (Sumber: Unsplash.com)

3. Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Rekap penjualan dijadikan bentuk pertangguung jawaban terhadap pihak terkait seperti konsumen dan investor. Maka dari itu laporan keuangan ini harus di buat seakurat mungkin.  Sehingga pemilik saham atau dewan direksi dan konsumen dapat percaya terhadap bisnis yang sedang dijalankan.

4. Bahan Membuat Anggaran

Rekap penjualan juga bisa menjadi acuan dalam membuat anggaran. Ini berarti jumlah anggaran untuk pembelian keperluan mendatang berdasarkan pada biaya terkini. Misalnya, dari laporan bulan lalu, kamu bisa memperkirakan harga atau pembelian stock barang baru.

5. Kendalikan Cash Flow

Uang yang masuk dan keluar dapat terkendali dengan memperhitungkan jumlah penjualan. Untuk memudahkan dalam menyusun laporan, tentu Anda harus punya bukti transaksi lengkap. Misalnya, nota pembelian barang, nota layanan antar, dan bukti transfer dari konsumen.

Urutan dalam Membuat Laporan Penjualan

cara-membuat-rekap-penjualan

Poin Pentingnya adalah Penjualan dan Biaya (Sumber: Unsplash.com)

Ada beberapa komponen penting sebelum membuat laporan penjualan, minimal ada dua poin penting yaitu hasil penjualan dan biaya yang dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan harus dikontrol jika ada kemungkinan kenaikan biaya maka harga penjualan juga perlu dinaikkan.

Rekap penjualan mengikuti besar-kecilnya bisnis. Semakin besar bisnis, semakin banyak komponen yang harus dicantumkan dalam laporan seperti analisis penjualan, penentuan harga dan pemasaran produk.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penawaran terkait harga, pemesanan, pencatatan, hingga pengiriman barang. Jangan lupa untuk mencatat retur barang yang sudah dikembalikan. Setelah itu selesai, Anda perlu mencatat pula mengenai penagihan pembayaran dan penerimaan pembayaran.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Laporan Sederhana

Cara Membuat Laporan Penjualan Sederhana

Jika perusahaan dapat membuat laporan dengan rinci, akurat, cepat dan mudah dibaca maka data yang disajikan akan lebih transparan. Data tersebut akan sangat membantu dalam menyusn setiap jenis laporan keuangan dan memudahkan untuk membuat keputusan terkait penjualan produk.

manfaat-nota-penjualan-memudahkan-laporan-keuangan

Membuat Rekap Laporan Sederhana Secara Manual (Sumber: Freepik.com)

1. Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Hasil Penjualan

Pastikan jika uang pribadi dan uang hasil penjualan disimpan secara terpisah. Pemisahan ini dilakukan agar laporan yang akan dibuat sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengetahui secara pasti bisnis mengalami keuntungan atau kerugian.

2. Mengumplkan Semua Bukti Transaksi

Bukti transaksi meliputi bukti pembelian dan penjualan kemudian dikelompokkan berdasarkan tanggal terjadinya transaksi. Urutkan dari tanggal yang paling lama hingga tanggal terbaru.

3. Mengisi Data di Template

Setelah mempersiapkan data-datanya, Anda bisa mengisi sesuai template catatan penjualan perusahaan. Agar lebih afdhol alangkah lebih baik juga membuat laporan neraca atau arus kas.

Contoh Laporan Penjualan

Laporan Penjualan Rangkuman

rekap-penjualan-bulanan

Contoh Rekap Penjualan Rangkuman

Laporan Per Konsumen

rekap-penjualan

Contoh Rekap Penjualan Per Konsumen

Laporan Per Salesman

contoh-laporan-penjualan-sederhana

Contoh Rekap Penjualan Per Salesman

Laporan Terperinci

laporan-penjualan-terperinci

Contoh Rekap Penjualan Terperinci

Kesimpulan

Singkatnya, laporan penjualan merupakan instrumen yang akan memberikan gambaran umum tentang keadaan aktivitas penjualan dalam suatu perusahaan

Kini laporan tersebut bisa disajikan dalam berbagai caranya mulai dari manual sampai dengan menggunakan teknologi yang lebih cepat. Jika membuat laporan keuangan secara manual akan banyak kemungkinan terjadi kesalahan manual (human error) ketika membuat maupun menghitungnya.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot karena dengan Software Akuntansi Anda sudah dibantu cara membuat laporan penjualan secara cepat dan praktis. Software Akuntansi Beecloud memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan yang terperinci dan akurat.

Coba gratis selama 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Bikin-Laporan-Penjualan-Mudah-dan-Cepat

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :