🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Alasan Mengapa Aplikasi Nota Penjualan Excel Penting?

Aplikasi nota penjualan excel biasanya dibuat dalam dua rangkap. Pada saat transaksi, penjual umumnya memberikan nota penjualan...
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 4 April 2022

Aplikasi nota penjualan excel biasanya dibuat dalam dua rangkap. Pada saat transaksi, penjual umumnya memberikan nota penjualan yang berisi harga total pembelian, item barang, dan detail tambahan lainnya. Tak peduli, apakah memakai aplikasi nota penjualan excel, atau memakai catatan manual pulpen dan kertas, nota penjualan biasanya dibuat dalam dua rangkap. 

Rangkap pertama disimpan sebagai arsip pembukuan penjual. Sedangkan, satu rangkap lagi disimpan oleh pembeli. Umumnya, nota penjualan akan diberikan oleh penjual saat barang atau jasa dikirimkan. Tak jarang ada beberapa supplier membuat note penjualan setelah barang dikirimkan. 

Mengingat pentingnya nota dalam transaksi penjualan, pelaku usaha kecil berinovasi memakai aplikasi nota penjualan excel yang lebih sederhana dan efisien biaya. Namun begitu, ada juga yang memilih aplikasi nota penjualan, agar transaksi penjualan lebih akurat. 

Pentingnya Nota Penjualan

pentingnya-nota-penjualan

Memahami Pentingnya Nota Penjualan (Sumber: Pexels.com)

Dari segi fungsinya, nota penjualan sangat penting sebagai dokumen yang digunakan untuk pembukuan keuangan perusahaan. Bukti ini akan dikumpulkan sebagai dokumen terjadinya sejumlah transaksi antara perusahaan dan pembeli.

Bukti tersebut dapat digunakan untuk pengecekan utamanya membantu validasi laporan keuangan jika terjadi kesalahan dalam membuat laporan. Jadi, penjual atau perusahaan harus menyimpan nota penjualan untuk keperluan pembukuan keuangan.

Manfaat Nota Penjualan

Manfaat Nota Penjualan untuk Penjual dan Pembeli (Sumber: Pexels.com)

Anda bisa memakai nota penjualan sebagai bukti pembayaran. Selain itu, nota penjualan berisi informasi transaksi yang dibutuhkan pihak bersangkutan. Meliputi nilai tagihan, jumlah barang, layanan atau jasa yang dibeli, dan lainnya. Nota penjualan juga dapat menjadi rujukan pihak lain tentang barang atau jasa yang digunakan oleh pembeli. 

Di sisi lain, nota juga dapat menjadi bukti koreksi jika ada kesalahan penerimaan barang yang dialami oleh pembeli. Maka itu, pembeli perlu menyimpan nota penjualan agar dapat menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Nota penjualan juga berfungsi sebagai dokumentasi dalam proses pembukuan keuangan. Sehingga, bisa digunakan sebagai bahan rujukan kasus tertentu.

Cara Mudah Membuat Nota Penjualan

tampilan-nota-penjualan-software-kasir-beepos

Tampilan Nota Penjualan Otomatis dari Software Kasir Beepos (Sumber: Bee.id)

Terdapat dua cara untuk membuat nota penjualan. Pertama, Anda dapat membuatnya sendiri secara konvensional. Misalnya, membuat nota penjualan excel, lalu mengetik dan mencetaknya di mesin printer. 

Akan tetapi, perlu diingat terkadang mengetik nota penjualan excel akan menyita waktu dan tenaga. Terlebih lagi, jika nota penjualan yang dicetak cukup banyak hingga ribuan transaksi. Pastinya, karyawan atau petugas yang mengerjakan juga rentan salah ketik karena faktor kelelahan. 

Cara yang kedua sangat direkomendasikan yaitu, Anda membuat nota penjualan dengan aplikasi nota penjualan atau yang dikenal dengan istilah Point of Sale (POS). Dengan software kasir berbasis cloud, Anda dapat membuat nota lebih cepat, kapanpun dan dimanapun! Karena, pencatatan transaksi dan update stok barang bisa diakses lewat perangkat seluler maupun desktop.

Software Kasir Online Beecloud bisa menjadi solusi cepat Anda. Beecloud telah dilengkapi dengan aplikasi nota penjualan otomatis yang juga terintegrasi dengan laporan keuangan. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan manual lalu dicocokan dengan nota terlebih dahulu. Dengan software kasir online seluruh data telah sinkron dan mudah untuk digunakan.

Aplikasi Nota Penjualan 5x Lebih Efisien Dibandingkan Mengetik Excel

Lewatkan hari-hari harus mencatat transaksi via excel yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran untuk tugas akuntansi berulang! Sebab, sekarang sudah ada BEEPOS sebagai salah satu aplikasi nota penjualan excel dan software kasir online terpercaya di Indonesia. Keamanan dan kecepatan aktivitas kasir lebih bisa diandalkan dengan BEEPOS  berbasis teknologi cloud

Dengan aplikasi nota penjualan excel, seperti BEEPOS, membuat nota penjualan lebih modern dan otomatis. Tinggal masukkan data yang dibutuhkan, kirim notanya ke klien dalam satu kali klik! Butuh rekapan data dalam format Excel? Gampang, buat konversi nota penjualan dalam format Excel (.xls) hanya semudah menggerakkan jari. Tunggu apalagi, ini saatnya Anda tingkatkan sistem kasir bisnismu ke level berikutnya dengan daftar BEE POS FREE Trial sekarang!

Bikin-Nota-Penjualan-Otomatis-Integrasi-ke-Pembukuan-beepos

Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui
Situasi ekonomi pada zaman sekarang menentukan target pasar menjadi hal yang sangat penting. Tak ada bisnis yang bisa menargetkan produknya
Baca Juga
Faktur Pembelian dan Perbedaannya dengan Nota Pembelian
Sebagai seorang akuntan, faktur pembelian sangatlah penting karena digunakan sebagai salah satu bukti transaksi yang sah sehingga laporan keuangan yang
Baca Juga
[Download] Contoh Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Sederhana
Contoh laporan pertanggungjawaban keuangan sederhana atau yang lebih akrab disebut dengan LPJ merupakan salah satu komponen yang paling sering dicari
Baca Juga
7 Trik Promosi di Facebook Terbaru dan Paling Efektif
Tips Promosi di Facebook - Salah satu bisnis yang paling banyak digandrungi yaitu bisnis online. Hal ini dikarenakan bisnis online
Baca Juga
Mengenal WTS, Istilah Jual Beli Online Trend di Twitter
Saat ini, jual beli online semakin marak dilakukan dan salah satu trend yang populer adalah menggunakan istilah WTS di media
Baca Juga
Aplikasi Toko Terbaik Harus Memiliki Hal Berikut!
Selera manusia di zaman sekarang dalam memilih sesuatu harus serba terbaik. Sifat ini juga harus dimiliki owner saat memilih aplikasi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu