Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend di Tahun 2022

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 18 August 2022

Kebutuhan pokok yang makin naik dan gaji yang tak sebanding membuat kebanyakan orang mulai mencoba hal baru, seperti dengan membuka bisnis rumahan lagi trend. Bisnis semacam ini tidak perlu butuh modal banyak, dan sangat fleksibel.

Meski begitu, bukan berarti keuntungan yang didapatkan juga sedikit. Jika jasa atau produk yang diberikan sangat memuaskan pelanggan, keuntungan dalam jumlah besar bukan menjadi hal yang tak mungkin untuk didapatkan.

7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend

Trend Ide Bisnis Rumahan

Ilustrasi Bisnis Rumahan (Sumber: Freepik.com)

Ada banyak sekali usaha rumahan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan, mulai dari menawarkan jasa, menjual makanan, dan berbagai barang yang kreatif. Jika masih bingung, maka simak beberapa inspirasinya berikut ini.

  • Jasa Laundry

Kebanyakan orang di jaman sekarang sudah tak mau repot masalah urusan rumah tangga, termasuk cucian. Mobilitas masyarakat yang tinggi membuat mereka tidak punya waktu luang untuk mencuci. Peluang ini tentunya bisa digunakan semaksimal mungkin dengan membuka laundry kiloan.

Beberapa produk yang disediakan adalah cuci setrika, cuci kering, dan lainnya. Untuk membuka usaha ini dibutuhkan sabun, pewangi, setrika, dan sebuah mesin cuci jika masih awal. 

  • Cuci Motor

Selain laundry, bisnis rumahan lagi trend di tahun 2022 yang tak kalah ramainya adalah cuci motor. Selama masih banyak orang yang menggunakan motor maka bisnis cuci motor tak akan pernah sepi. 

Bisnis ini bisa dijalankan di halaman depan atau teras rumah. Namun akan lebih menguntungkan jika rumah Anda ada di pinggir jalan yang merupakan pusat lalu lalang.

Bila perlu tawarkan juga home care alias melayani jasa cuci motor datang ke tempat. Hal ini juga menjadi pilihan yang paling tepat bagi yang tidak mempunyai lahan tidak begitu luas.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Rumahan Online Bisa Untung Sampai Jutaan

  • Warung Makan

Bisnis Rumahan Warung Makan

Ilustrasi Bisnis Rumahan Warung Makan Photo by Falaq Lazuardi on Unsplash 

Bukan rahasia lagi bahwa makanan juga menjadi bisnis yang hampir tak pernah mati. Potensi keuntungannya juga sangat besar, hanya saja perlu dilakukan riset supaya bisnis dapat berjalan lancar. Namun untuk membuka warung tentunya dibutuhkan  modal yang lumayan besar.

Bisnis ini bisa dimulai dengan desain ruangan supaya nyaman untuk digunakan sebagai tempat jual. Dalam hal ini bisa juga jual masakan-masakan rumah seperti ayam goreng, telur dadar, nasi, dan lainnya.

  • Camilan

Jika tak ingin menjual makanan berat karena butuh modal yang cukup banyak, maka alternatifnya bisa menjual makanan ringan seperti camilan. Seperti yang diketahui, bahwa masyarakat Indonesia paling suka dengan camilan. 

Camilan ini bisa dibuat sendiri di rumah atau mengambilnya secara langsung dari agen kemudian dijual secara online. Omzet dari hasil bisnis rumahan lagi trend ini bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan per bulan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi bisnis camilan yang laku setiap hari:

  • Cireng
  • Makaroni kering atau basah
  • Jamur krispi
  • Donut frozen
  • Mi Lidi
  • Dimsum 
  • Sosis 
  • Pisang bakar
  • Roti bakar
  • Tahu bakso
  • Aneka keripik seperti keripik usus, singkong, pisang, talas dan lainnya
  • Guru Privat

Jika memiliki potensi dalam bidang akademik ataupun non akademik, sangat direkomendasikan untuk menjadi guru les secara privat. Selain bisa memperoleh keuntungan secara materi, bisa juga menjadi kesempatan menarik karena bisa share ilmu untuk orang lain. 

  • Desain Grafis

Bisnis Rumahan Desain Grafis

Ilustrasi Desainer Grafis di Rumah (Sumber: Pexels.com)

Peluang membuka jasa desain grafis di rumah tentu sudah sering didengar. Namun bisnis ini tentunya hanya cocok untuk yang ahli desain menggunakan beberapa aplikasi. Sedangkan beberapa jasa desain yang bisa ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Desain logo
  • Undangan
  • Poster
  • Baner 
  • Kaos, atau shirt 

Promosikan jasa tersebut melalui beberapa media sosial yang dimiliki seperti facebook, instagram dan lainnya. Desain grafis sendiri menjadi bisnis rumahan yang selalu populer di kalangan industri kreatif.

  • Kerajinan Tangan

Tak banyak diketahui bahwa usaha kerajinan tangan sekarang ini ternyata menjadi sangat populer. Sebelum terjun dalam bisnis ini pastinya dibutuhkan kreativitas dan keterampilan tinggi sebagai modal utamanya.

Produk yang dijual dapat disesuaikan dengan kreativitas atau yang paling banyak dicari seperti kursi dan meja dari bahan bambu, beragam produk kain flanel, dan tempat pensil atau vas bunga dari bahan bekas.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun

Kesimpulan

Ide bisnis rumahan lagi trend di atas bisa dicoba untuk mendapat penghasilan tambahan. Semua usaha tersebut tentu memberikan peluang yang bagus dan menjanjikan. Selamat mencoba, ya!

Toko online anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan Beecloud + Plugin E-commerce. Rekap ribuan transaksi dari Tokopedia dan Shopee cukup 7 menit, 1x klik.

Plugin E-commerce, import transaksi penjualan dan pelunasan dari marketplace ke software akuntansi Beecloud sekali klik. Bukan cuma transaksi, anda juga bisa import pelunasan/pencairan dana dari marketplace ke Beecloud. Gak repot lagi rekap uang masuk satu per satu.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lanjut klik banner di bawah ini.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Cara Menghitung THR Karyawan dаn Kewajiban Perusahaan
Sebelum kаlіаn mengetahui bаgаіmаnа cara menghitung thr, аlаngkаh bаіknуа mеngеtаhu ара іtu THR? Tunjangan Hаrі Raya atau уаng lеbіh dikenal […]
Baca Juga
8 Ide Bisnis Rumahan Online Bisa Untung Sampai Jutaan
Bekerja remote atau mencoba ide bisnis rumahan online sudah menjadi trend belakangan ini. Selain menguntungkan, bisnis online tidak pernah semudah […]
Baca Juga
Bagaimana Cara Menjalankan Franchise Alfamart?
Apakah Anda saat ini ingin memulai usaha? Jika iya, maka Anda bisa mencoba untuk memulai usaha dengan franchise alfamart. Bagaimana […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu