🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

13 Ide Jualan Bulan Puasa, Prospektif Sarat Cuan

Banyak ragam ide jualan bulan puasa. Mulai dari makanan, minuman, aneka macam produk, dan banyak lainnya. Cek langsung di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Apakah Anda siap untuk meningkatkan bisnis makanan Anda selama bulan puasa? Tidak perlu mencari lagi! Pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada Anda beberapa ide jualan makanan bulan puasa, barang hingga jasa yang dijamin bisa mendongkrak bisnis Anda.

Bulan puasa adalah saat umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa dari matahari terbit hingga terbenam, dan makanan memainkan peran penting dalam periode ini. Dengan menawarkan pilihan makanan hingga produk yang unik dan lezat, Anda dapat menarik basis pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan penjualan Anda

#Ide Jualan Makanan Bulan Puasa

Makanan berbuka puasa jenisnya beragam dan pasti dicari banyak orang. Oleh karena itu, ide jualan makanan adalah pilihan menarik. Ini dia beberapa referensi jenis makanan yang cocok untuk dijual di bulan Ramadhan.

1. Kurma Serta Olahannya

Ide Jualan Puasa Olahan Kurma

Contoh ide jualan bulan puasa cocok di bulan Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

Ide jualan bulan Ramadhan satu ini tergolong prospektif karena peluangnya meningkat dibanding bulan lainnya. Masyarakat yang berpuasa memang disunnahkan berbuka dengan kurma.

Selain itu, mengkonsumsi kurma ketika berbuka juga membuat tenaga kembali lagi. Tidak hanya kurmanya yang bisa Anda jual, coba juga lirik produk olahannya seperti:

  • Puding kurma
  • Jus kurma
  • Susu kurma
  • Kurma coklat
  • Pancake kurma, dan masih banyak lainnya

2. Gorengan

Berbuka puasa dengan gorengan merupakan hal yang disukai hampir semua orang Indonesia. Rasanya yang gurih, mengenyangkan, serta praktis memang kerap diincar untuk berbuka. Jika sedang ide jualan bulan puasa modal kecil, berjualan gorengan adalah pilihannya.

Jika belum memiliki gerobak, coba pasarkan gorengan buatan Anda di depan rumah. Bisa juga dititipkan ke warung sekitar, dengan ragam varian gorengan seperti:

  • Tempe mendoan
  • Bakwan sayur/jagung
  • Tahu isi
  • Risol, lumpia, martabak telur
  • Roti goreng, dan lainnya

3. Aneka Jajanan Pasar

Jajanan Pasar Ide Makanan Kekinian

Bisnis Jajanan Pasar di Bulan Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

Jajanan pasar merupakan salah satu varian menu pembuka ketika iftar tiba. Mulai dari yang manis sampai savory bisa menjadi ide jualan Anda. Harganya yang terjangkau juga menjadi tolok ukur yang dicari masyarakat.

Aneka jajanan pasar ini dapat Anda titipkan di warung sekitar atau pasarkan sendiri. Biasanya masyarakat membelinya tidak cukup satu buah, melainkan dalam jumlah banyak. Jenis jajanan pasar yang banyak digemari sebagai menu berbuka diantaranya:

  • Dadar gulung
  • Nagasari
  • Kue putu ayu
  • Kue lapis
  • Bolu jadul
  • Kroket, dan banyak lainnya

4. Aneka Dessert Berkuah

Kolak, bubur kacang hijau, bubur sumsum, dan sejenisnya merupakan contoh dessert berkuah. Varian makanan ini juga sangat cocok dijual di bulan Ramadhan. Harganya yang terjangkau memang menjadi alasan tersendiri mengapa makanan ini digemari.

Selain itu, secara rasa juga sangat tepat disajikan ketika iftar tiba. Pembuatannya yang mudah, bahannya juga gampang dijumpai cocok sebagai ide usaha untuk pemula.

5. Aneka Es

Ide jualan

Ide Jualan Cocok Untuk Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

Belum lengkap berbuka puasa tanpa minuman menyegarkan. Aneka macam es merupakan pilihan ide jualan bulan puasa menjanjikan. Contohnya es serba lima ribuan aneka rasa yang banyak dicari pembeli.

Selain itu, ada es kelapa, jus buah, es buah, dan masih banyak lagi yang dapat Anda jual. Agar lebih dilirik pembeli, coba buat menu es yang memang sedang viral di masanya.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Paling Laris 2023

6. Lauk Pauk dan Sayur Matang

Banyak orang yang kurang memiliki waktu memasak untuk berbuka atau sahur. Hal ini bisa menjadi ide bisnis Anda dengan memberikan solusi, yakni menyediakan lauk dan sayur siap makan.

Coba buat program catering khusus Ramadhan dengan sasaran pekerja kantoran, mahasiswa, dan sejenisnya. Bisa juga dengan menitipkan aneka lauk dan sayur siap makan di food court Ramadhan.

#Ide Buka Usaha Jasa di Bulan Puasa

Tidak hanya makanan, banyak ide jualan di bulan puasa yang jenisnya jasa. Jasa-jasa ini naik permintaannya ketika Ramadhan dan menjelang lebaran.

Bisnis Loundry Bisa di Coba Untuk Memulai Usaha di Bulan Puasa (Sumber: Freepik.com)

1. Laundry

Seringkali banyak yang tidak sempat mencuci karena kesibukan ketika Ramadhan tiba. Misalnya karyawan yang harus ekstra lembur di bulan puasa sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci.
Jasa laundry ini adalah ide menarik yang bisa Anda lakukan. Bahkan, prospeknya tetap menarik di luar bulan puasa.

2. Carter Kendaraan

Mudik adalah hal yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Selain menggunakan transportasi pribadi, mobil carteran juga merupakan pilihan lain. Jika memang Anda memiliki modal kendaraan roda empat, coba buka jasa satu ini.

Pasarkan saat awal Ramadan agar booking-an sudah masuk sebelum mendekati lebaran. Jasa satu ini kerap dicari para perantauan yang memang tidak suka memakai transportasi umum untuk mudik.

3. Jasa ART

Banyak orang yang mencari jasa asisten rumah tangga ketika puasa dan lebaran tiba. Ide jualan jasa satu ini memang sangat membantu banyak orang. Selain itu, secara bayaran juga lebih tinggi dari bulan-bulan biasa.

Terlebih jika Anda melirik sistem ART infal ketika lebaran tiba. Tentu saja bayarannya bisa 2-3 kali lipat dibandingkan asisten rumah tangga biasa.

3. Jahit Pakaian

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hampir semua penjahit kebanjiran pekerjaan saat Ramadhan tiba. Selain membeli baju lebaran yang sudah ready to wear, masih banyak yang melirik seragam buatan penjahit.

Tentu hasilnya lebih memuaskan, eksklusif, dan cocok untuk yang ingin membuat family set. Tidak heran jasa satu ini memang sangat prospektif dan mendulang panennya di momen Ramadhan.

#Rekomendasi Ide Jualan Barang di Bulan Ramadhan

Tidak hanya jasa, makanan, atau minuman. Berbagai macam produk juga memiliki permintaan tinggi ketika bulan puasa. Cocok untuk dijadikan ide jualan ketika Ramadhan tiba, diantaranya:

Alat Ibadah

Potret Al-Quran dan Alat Ibadah, Produk yang Paling Sering Dicari di Bulan Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

1. Peralatan Ibadah

Peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, peci, sampai baju koko meningkat permintaannya di bulan suci. Hal ini memang erat kaitannya dengan keinginan masyarakat tampil terbaik ketika beribadah di masjid.

Bahkan banyak juga yang mencari aneka perlengkapan ibadah baru untuk kebutuhan lebaran. Untuk membuka bisnis ini, pemasarannya bisa Anda lakukan secara konvensional. Bisa juga melirik mode daring agar jangkauannya lebih luas.

2. Baju Lebaran

Ide jualan bulan puasa ini sangat prospektif karena permintaannya tergolong tinggi. Apalagi mayoritas orang ingin memiliki baju lebaran lebih dari satu. Hal inilah yang membuat permintaannya tinggi di bulan Ramadhan.

Menjual baju lebaran memang paling bagus ketika awal-awal Ramadhan sampai pertengahan. Terlebih jika mode penjualannya menggunakan sistem daring. Agar pihak pengiriman tidak keteteran di akhir Ramadhan, banyak yang menjadi baju lebaran di awal puasa.

Selain itu dari segi pilihan juga masih sangat banyak. Tidak terlalu berdesakan, dan pastinya harganya sudah tidak dinaikkan dibanding menjelang lebaran.

3. Hampers dan Parcel Lebaran

Banyak pebisnis yang menyediakan hampers serta parcel lebaran dengan sistem PO. Sistem tersebut umumnya dibuka ketika bulan puasa tiba. Bisnis satu ini tergolong menjanjikan walau sifatnya musiman.

Mengirim hantaran memang sudah menjadi tradisi ketika lebaran tiba. Tradisi ini kemudian dimanfaatkan banyak pebisnis untuk mendulang cuan.

4. Kue Kering Lebaran

Sama halnya dengan hampers dan parcel, kue kering juga kerap dipasarkan dengan sistem PO. Sistem satu ini biasanya dimulai sejak bulan puasa tiba hingga di minggu-minggu terakhir Ramadhan. Oleh karena itu termasuk ke dalam jenis jualan bulan puasa.

Umumnya penjual kue kering akan panen hasil di momen puasa. Memang bersifat musiman, akan tetapi bisa mendulang cuan yang sangat menarik, belum lagi jika dipasarkan secara online.

Baca Juga: 9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses

KESIMPULAN:

Ternyata banyak sekali ide menarik untuk berbisnis di bulan Ramadhan. Mulai dari kuliner, produk, sampai jasa memiliki prospek menarik tersendiri. Beragam ide jualan bulan puasa tersebut akan kian prospektif jika pengelolaannya benar.

Salah satunya adalah dengan menggunakan software kasir online Beepos yang sudah terintegrasi dengan akuntansi. Anda bisa menggunakan sistem kasir ala-ala Indomaret lengkap dengan pencatatan keuangan dari transaksi sampai laporan laba rugi dan Akuntansi. Cek selengkapnya di bawah ini:

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif
Strategi pemasaran saat ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang
Baca Juga
9 Manfaat Statistik dalam Bisnis dan Metodenya
Apakah Anda pernah mendengar tentang statistik bisnis? Jika belum, jangan khawatir. Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda apa itu statistik
Baca Juga
Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya
Kompetitor adalah pesaing usaha yang berbisnis dibidang yang sama, menawarkan produk/ jasa yang sama. Bisa berada di wilayah yang berbeda
Baca Juga
15 Ide Usaha Rumahan Menjanjikan, Ada yang Tanpa Modal!
Semakin banyak orang tertarik dengan bahasan mengenai inspirasi usaha rumahan, terlebih lagi tidak sedikit pula yang telah berhasil membuat cerita
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Work From Home
Seperti yang sudah kita ketahui, dunia saat ini tengah mewabah sebuah virus yang begitu cepat menularnya. Berbagai negara sudah mengambil
Baca Juga
7 Langkah Perencanaan Keuangan Bisnis, Contoh dan Manfaatnya
Proses perencanaan bisnis tidak hanya sekedar menggambarkan visi dan misi, tetapi juga melibatkan analisis mendalam terhadap pasar, pesaing, dan faktor-faktor
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu