🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

13+ Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil Untung Besar

Banyak ragam ide jualan bulan puasa. Mulai dari makanan, minuman, aneka macam produk, dan banyak lainnya. Cek langsung di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Apakah Anda siap untuk meningkatkan bisnis makanan Anda selama bulan puasa? Tidak perlu mencari lagi! Pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada Anda beberapa ide jualan makanan bulan puasa, barang hingga jasa yang dijamin bisa mendongkrak bisnis Anda.

Bulan puasa adalah saat umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa dari matahari terbit hingga terbenam, dan makanan memainkan peran penting dalam periode ini. Dengan menawarkan pilihan makanan hingga produk yang unik dan lezat, Anda dapat menarik basis pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan penjualan Anda

Ide Jualan Bulan Puasa Laris Manis

Ide Jualan Puasa Olahan Kurma

Contoh ide jualan bulan puasa cocok di bulan Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

Apa saja ide jualan puasa yang kekinian? Berikut untuk Anda yang ingin mencoba peluang bisnis di bulan puasa, mulai dari untuk berbuka hingga lebaran Anda bisa simak rekomendasi usaha berikut ini

# Ide Jualan Makanan dan Minuman Bulan Puasa

1. Gorengan

Makanan berbuka puasa jenisnya beragam dan pasti dicari banyak orang. Oleh karena itu, ide jualan makanan adalah pilihan menarik. Salah satu makanan yang cocok adalah gorengan.

Gorengan juga merupakan makanan yang disukai berbagai kalangan bahkan hampir semua orang Indonesia. Rasanya yang gurih, mengenyangkan, serta praktis memang kerap diincar untuk berbuka.

Jika belum memiliki gerobak, Anda bisa memilih untuk berjualandi depan rumah. Bisa juga dititipkan ke warung sekitar, dengan ragam varian gorengan yang bisa Anda jual, mulai dari berjualan martabak manis, martabak mini, bakwan, tahu isi, risol dan masih banyak lagi lainnya dengan harga yang bersaing.

2. Aneka Olahan Kurma

Ide jalan makanan yang cocok untuk bulan puasa selanjutnya yakni kurma dan aneka olahannya, kurma juga merupakan makanan yang yang disunahkan ketika buka puasa, sehingga tidak heran pada bulan tersebut permintaan kurma cenderung meningkat.

Anda bisa mengolah kurma menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari puding kurma, jus kurma, susu kurma, kurma coklat, pancake kurma dan masih banyak lagi lainnya.

3. Aneka Jajanan Pasar

Jajanan Pasar Ide Makanan Kekinian

Bisnis Jajanan Pasar di Bulan Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

Makanan yang cocok dijual di bulan puasa berikutnya ada jajanan pasar, salah satu jajanan yang juga digemari berbagai kalangan. Tidak hanya ketika bulan puasa saja, jajanan pasar juga diminati kapan saja.

Jajanan pasar merupakan salah satu makanan tradisional sekaligus varian menu pembuka ketika iftar tiba yang banyak orang cari. Mulai dari yang manis sampai savory bisa menjadi ide jualan Anda. Harganya yang terjangkau juga menjadi tolok ukur yang dicari masyarakat.

Jenis jajanan pasar yang banyak digemari sebagai menu berbuka diantaranya ada dadar gulung, nagasari, kue putu ayu, kue lapis, bolu jadul, kroket dan masih banyak lagi lainnya.

4. Dessert Buah

Membuka usaha dessert buah juga bisa menjadi salah satu ide jualan takjil yang menjanjikan. Banyak orang yang mencari makanan sekaligus minuman yang menyegarkan ketika berbuka puasa dan salah satu opsi mereka adalah dessert buah.

Anda bisa menawarkan berbagai jenis dessert buah berisi buah-buahan dan sirup cocok untuk menyegarkan tenggorokan usai berpuasa kepada calon pelanggan. Mulai dari salad buah, es buah naga, atau puding buah yang disajikan dengan rasa sirup manis atau yoghurt yang segar.

Selain menyegarkan, minuman yang berisi buah-buahan dan sirup cocok untuk menyegarkan tenggorokan usai berpuasa, juga kaya akan vitamin dan serat, menjadikannya pilihan yang sehat setelah seharian berpuasa.

5. Jualan Es

Ide jualan

Ide Jualan Cocok Untuk Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

Berikutnya ada es, minuman yang paling sering dicari orang yang ketika waktu berbuka tiba. Es juga menjadi ide bisnis yang cukup menguntungkan dengan modal yang pas-pasan.

Ide jualan es di bulan puasa yang bisa Anda coba ada es teh, es degan, es campur, es dawet dengan gula merah dan ada banyak lagi lainnya yang bisa Anda kreasikan. Agar lebih dilirik pembeli, coba buat menu es yang memang sedang viral di masanya.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Paling Laris 2023

6. Kue Kering

Kemudian ada bisnis kue kering, biasa dibutuhkan untuk suguhan lebaran atau camilan makanan ringan dengan rasa yang variatif dan tidak membosankan tentunya. Anda bisa menawarkan produk kue kering Anda dengan sistem pre-order atau PO.

Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat modal sekaligus menjual produk yang memang diinginkan oleh konsumen.

7. Lauk dan Sayur Matang

Ide jualan jualan lauk dan sayur matang juga menjadi salah satu ide bisnis yang menarik, Banyak orang yang kurang memiliki waktu memasak untuk berbuka atau sahur. Hal ini bisa menjadi ide bisnis Anda dengan memberikan solusi.

Anda bisa menjual aneka lauk dengan bahan yang ada di dapur Anda yang bisa diolah, kemudian ditawarkan kepada pelanggan di bazar atau depan rumah.

Untuk versi seriusnya, Anda bisa mencoba untuk membuah catering yang dibuka khusus di bulan ramadhan dengan sasaran pekerja kantoran, mahasiswa, dan sejenisnya yang memiliki waktu kurang untuk memasak.

#Ide Usaha Jasa di Bulan Puasa

Bisnis Loundry Bisa di Coba Untuk Memulai Usaha di Bulan Puasa (Sumber: Freepik.com)

8. Bisnis Jasa Laundry

Setelah rekomendasi aneka ide jualan makanan, Anda juga bisa membuka usaha jasa. Salah satunya bisnis jasa laundry. Seringkali banyak yang tidak sempat mencuci karena kesibukan ketika Ramadhan tiba.

Misalnya karyawan yang harus ekstra lembur di bulan puasa sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci. Jasa laundry ini adalah ide menarik yang bisa Anda lakukan. Bahkan, prospeknya tetap menarik di luar bulan puasa.

9. Bisnis Rental

Kemudian ada usaha jasa bisnis rental, miliki peluang bisnis yang cukup mudah dan diminati di bulan puasa, khususnya di masa menjelang lebaran. Hal ini tidak lepas dari tradisi mudik masyarakat Indonesia.

Dimana, selain menggunakan kendaraan umum, mereka memilih untuk menyewa kendaraan sebagai transportasi untuk pulang kampung.

Untuk Anda yang yang memiliki kendaraan tidak terpakai ketika momen itu, bisnis rental bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan.

10. Jasa Bersih-Bersih

Peluang bisnis yang menjanjikan berikutnya di bulan puasa ada jasa bersih-bersih atau asisten rumah tangga, ini masih berkaitan dengan tradisi mudik di Indonesia, dimana banyak rumah yang kosong lama dan mungkin saja berdebu karena ditinggal pemiliknya.

Bagi Anda yang tidak mudik, ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada customer yang mudik sebagai jasa bersih-bersih atau asisten rumah mereka.

Selain bersih-bersih, Anda juga bisa membuka jasa keamanan untuk menjaga rumah mereka yang sedang kosongTerlebih jika Anda Ada membuka jasa ini ketika lebaran tiba. Bayarannya bisa 2-3 kali lipat dibandingkan asisten rumah tangga biasa.

11. Jahit Pakaian

Bagi Anda yang memiliki bakat dan kemampuan untuk menjahit pakaian, ide bisnis ini bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Dimana, sudah menjadi rahasia umum bahwa hampir semua penjahit kebanjiran pekerjaan saat Ramadhan tiba.

Selain membeli baju lebaran yang sudah ready to wear, masih banyak yang melirik seragam buatan penjahit.

#Rekomendasi Ide Jualan Barang di Bulan Ramadhan

Alat Ibadah

Potret Al-Quran dan Alat Ibadah, Produk yang Paling Sering Dicari di Bulan Ramadhan (Sumber: Freepik.com)

12. Peralatan Ibadah

Selain makanan dan jasa, Anda juga bisa menjual aneka barang seperti peralatan ibadah. Peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, peci, sampai baju koko meningkat permintaannya di bulan suci. Hal ini memang erat kaitannya dengan keinginan masyarakat tampil terbaik ketika beribadah di masjid.

Bahkan banyak juga yang mencari aneka perlengkapan ibadah baru untuk kebutuhan lebaran. Untuk membuka bisnis ini, pemasarannya bisa Anda lakukan secara konvensional. Bisa juga melirik mode daring agar jangkauannya lebih luas.

13. Baju Lebaran

Ide jualan bulan puasa ini sangat prospektif karena permintaannya tergolong tinggi. Apalagi mayoritas orang ingin memiliki baju lebaran lebih dari satu. Hal inilah yang membuat permintaannya tinggi di bulan Ramadhan.

Menjual baju lebaran memang paling bagus ketika awal-awal Ramadhan sampai pertengahan. Terlebih jika mode penjualannya menggunakan sistem daring. Agar pihak pengiriman tidak keteteran di akhir Ramadhan, banyak yang menjadi baju lebaran di awal puasa.

Selain itu dari segi pilihan juga masih sangat banyak. Tidak terlalu berdesakan, dan pastinya harganya sudah tidak dinaikkan dibanding menjelang lebaran.

14. Hampers dan parcel Lebaran

Terakhir adalah jualan hampers dan parcel lebaran, Banyak pebisnis yang menyediakan hampers serta parcel lebaran dengan sistem PO . Sistem tersebut umumnya dibuka ketika bulan puasa tiba. Bisnis satu ini tergolong menjanjikan walau sifatnya musiman.

Mengirim hantaran memang sudah menjadi tradisi ketika lebaran tiba. Tradisi ini kemudian dimanfaatkan banyak pebisnis untuk mendulang cuan.

Baca Juga: 9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses

KESIMPULAN:

Ternyata banyak sekali ide menarik untuk berbisnis di bulan Ramadhan. Mulai dari kuliner, produk, sampai jasa memiliki prospek menarik tersendiri. Beragam ide jualan bulan puasa tersebut akan kian prospektif jika pengelolaannya benar.

Salah satunya adalah dengan menggunakan software kasir online Beepos yang sudah terintegrasi dengan akuntansi. Anda bisa menggunakan sistem kasir ala-ala Indomaret lengkap dengan pencatatan keuangan dari transaksi sampai laporan laba rugi dan Akuntansi. Cek selengkapnya di bawah ini:

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Artikel Terkait

7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat
Baca Juga
Contoh Surat Pengajuan Barang, Format dan Cara Membuatnya
Secara umum contoh surat pengajuan barang adalah dokumen tertulis yang digunakan untuk mengajukan permintaan atau permohonan terkait dengan penerimaan atau
Baca Juga
13 Contoh UMKM Bisa Dicoba untuk Kalangan Pemula
UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, salah satu jenis usaha yang digaungkan pemerintah untuk menjadi penggerak roda
Baca Juga
6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis
Strategi Pemasaran Produk - Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala
Baca Juga
Aplikasi Kasir Bikin Kelola Kedai Kopi Semakin Mudah
Aplikasi kasir kedai kopi menjadi solusi mengembakan bisnis kedai kopi hingga pesat. Itu karena aplikasi kasir diciptakan untuk memudahkan para
Baca Juga
17+ Ide Jualan Jajanan Ringan Kekinian, Cocok Jadi Cemilan!
Pengen buka usaha rumahan, usaha sampingan, usaha modal minim untung besar? Jualan jajanan ringan bisa jadi pilihan Anda. Dimana jajanan
Baca Juga

Artikel Populer

Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu