🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

14 Tips Email Marketing Menarik dan Efektif Gaet Pelanggan

Sukseskan strategi email marketing bisnis Anda dengan mengikuti 14 tips dan trik suksesnya pada artikel berikut ini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 24 May 2023

Email marketing telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan. Dengan jumlah email yang dikirim setiap hari semakin meningkat.

Penting untuk memastikan bahwa email Anda menonjol dan menarik perhatian audiens target Anda. Seperti menggunakan copywriting menarik, visual yang memikat dan beberapa lainnya. Simak tips lengkapnya di bawah ini:

Tips Email Marketing Menarik Customer

Email Pemasaran Adalah Strategi Marketing

Ilustrasi pemasaran dengan menggunakan email marketing (Credit: Freepik)

Berikut adalah 13 tips untuk membantu Anda meningkatkan strategi pemasaran email Anda:

Baca Juga: Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya

1. Kenali Audiens Anda

Sebelum mengirim email, pastikan Anda tahu siapa audiens target Anda. Ini akan membantu Anda menyesuaikan pesan Anda dengan kebutuhan dan minat mereka.

Mengenal audience sendiri merupakan hal dasar yang wajib dipahami oleh para marketer. Lantas bagaimana cara mengenal audience jika jangkauan pasar sudah luas? Sederhana, cukup pahami siapa target market Anda dan posisikan diri sebagai mereka menerima email.

Sehingga, email yang dikirimkan nanti akan lebih personal, ‘relate’, dan mudah menarik perhatian mereka. Apa yang dituju dalam melakukan email marketing juga akan lebih mudah tercapai.

2. Personalisasi Email

Selanjutnya adalah coba gunakan nama penerima dan informasi relevan lainnya untuk membuat email Anda lebih personal dan menarik. Dengan mencantumkan nama penerima akan lebih membuat mereka merasa akrab dan dekat dengan kita.

Sehingga, promosi email akan lebih berkesan dan tidak akan diabaikan oleh mereka. Disisi lain, dengan menyebutkan nama seorang dalam email, mereka akan merasa jauh dihargai.

3. Singkat dan Padat

Jangan bertele-tele, sebagian besar orang memiliki perhatian yang pendek, jadi buat email Anda singkat dan padat. Pesan juga akan lebih mudah tersampaikan.

Jika memang pada dasarnya informasi yang akan disampaikan harus banyak dan panjang, maka gunakanlah kalimat headline yang jelas, jika audiens merasa perlu maka email yang Anda dikirimkan berpotensi akan dibaca.

4. Gunakan Subjek yang Menarik Perhatian

Selanjutnya adalah gunakan subjek yang menarik perhatian. Subjek pada email sendiri adalah hal pertama yang akan dilihat orang, jadi pastikan itu menarik dan relevan.

Memiliki konsep yang hampir sama dengan headline, semakin menarik kalimat yang disampaikan maka semakin besar pula peluang email marketing Anda akan dibaca.

5. Gunakan Panggilan Tindakan yang Jelas

Berikutnya adalah sertakan tujuan dan tindakan yang jelas terkait apa yang Anda inginkan kepada penerima, agar penerima melakukan setelah membaca email Anda. Masih berkesinambungan dengan poin kedua, gunakan email yang singkat dan padat.

6. Tambahkan Ilustrasi Visual

Berikutnya adalah menambahkan gambar dan video untuk membuat email Anda lebih menarik secara visual dan menarik. Selain untuk kebutuhan visual saja, gambar juga bisa digunakan untuk menambah ilustrasi untuk menggambarkan isi dari email.

Pembaca juga akan lebih mudah untuk memahami apa maksud dan tujuan dari email ini dikirimkan. Pastikan visual email masih berkaitan dengan isi dari email. Contoh, email tentang diskon Anda bisa menggunakan ilustrasi gambar diskon sesuai potongan yang ditawarkan.

7. Lakukan Uji Email

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan uji coba sebelum mengirim email Anda, uji mereka untuk memastikan mereka terlihat baik pada perangkat dan klien email yang berbeda.

Cara untuk melakukan uji coba bisa dilakukan dengan mengirimkan email ke email Anda yang lain atau email rekan kerja Anda, untuk melihat bagaimana tampilan email ketika diterima oleh audience.

8. Segmen daftar email Anda

Tips email marketing selanjutnya adalah, bagi daftar email Anda menjadi segmen yang berbeda berdasarkan demografi, minat, dan perilaku untuk mengirim pesan yang lebih ditargetkan.

Mengutip dari Emailmonday, segmentasi email marketing adalah metode membagi pengguna ke dalam grup atau grup yang lebih kecil berdasarkan kriteria tertentu.

Dilakukan untuk mengelompokan kepribadian dari prospek ini didasarkan pada usia, jenis kelamin, perumahan, kebiasaan dan beberapa lainnya yang berkaitan dengan perilaku konsumen.

Dengan melakukan segmentasi ini, Anda bisa mengirimkan email yang lebih personal dan relevan bagi mereka.Pembaca Anda mungkin tidak membutuhkan pemasaran email Anda lebih dari mengirim email secara acak atau ke semua pengguna.

Selain itu, dengan melakukan segmentasi juga akan mempengaruhi data dari pemasaran email, seperti rasio buka, rasio klik-tayang, dan rasio konversi.

9. Gunakan Otomatisasi Email Marketing

Berikutnya, untuk mendapatkan hasil yang optimal dari email marketing, Anda bisa menggunakan alat otomatisasi untuk mengirim email pada waktu yang tepat dan kepada orang yang tepat.

Manfaat software yang bisa digunakan untuk melakukan Otomasi email marketing, agar email bisa lebih terjadwal dan lebih rapi.

10. Berikan Nilai

Pastikan email Anda memberikan nilai kepada penerima Anda, baik itu melalui penawaran eksklusif, tips yang membantu, atau konten yang menarik. Dengan penilaian ini juga, Anda bisa melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala.

Dengan nilai ini juga, Anda bisa lebih dekat dengan audience karena apa yang Anda sampaikan memang berdasarkan apa yang audience inginkan. Pada dasarnya pemasaran yang baik adalah pemasaran yang dekat dengan audience ya.

11. Pantau Hasil Anda

Pantau metrik pemasaran email Anda, seperti tingkat buka dan tingkat klik, untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam proses pengukuran keberhasilan dari program email marketing yang dijalankan, berikut diantara:

  • Email Delivery Rate, mencakup prospek pelanggan dan jangkauan terkirimnya email, sebab tidak semua email yang sudah dikirim diterima oleh audience karena tidak bisa dijangkau. Seperti masih spam/ jank.
  • Open Rates, Indikasi dibuka atau tidaknya email yang sudah dikirim, semakin tinggi nilai maka bisa dikatakan konten email marketing Anda menarik.
  • Click-Through-Rate (CTR), persentase orang yang mengklik tautan dengan email yang sudah dibuka oleh penerima.
  • Unsubscribe, tidak hanya pencapaian saja yang perlu diukur, penurunan juga perlu dilakukan salah satunya pada jumlah unsubscribe.

12. Pantau Anggaran Promosi Email Marketing

Selain memantau hasil kinerja dan efisiensi dari email yang sudah dikirim, Anda juga perlu memantau berapa anggaran yang diperlukan dan yang akan dikeluarkan perusahaan dalam melakukan marketing ini. Kenapa hal ini perlu dilakukan?

Sebab, pada dasarkan pemasara dilakukan untuk meningkatkan penjualan yang nantinya akan meningkatkan pendapatan. Jika biaya promosi tidak dihitung dan dianggarkan dari awal akan ditakutkan biaya akan menjadi overload. Bukan untung yang didapatkan malah kerugian.

Dalam hal ini Anda perlu melakukan analisa keuangan bisnis dengan memantau laporan keuangannya dari laba rugi dan beberapa lainnya. Agar proses penganggaran bisa dilakukan dengan optimal.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Untuk meningkatkan efisiensi kerja, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan fitur laporan keuangan otomatis mudahkankan Anda melakukan penganggaran biaya promosi.

13. Tetap Legal dan Patuhi Peraturan

Pastikan Anda mematuhi hukum dan peraturan pemasaran email, seperti Undang-Undang CAN-SPAM, dengan beberapa poin pembahasan berikut ini:

  • Dilarang menggunakan judul yang berbeda dengan isi email
  • Dihimbau untuk tidak menggunakan baris subjek yang terkesan menipu
  • Mencantumkan penerima email alamat secara jelas.
  • Memberitahu penerima cara untuk unsubscribe email pengirim
  • Menghormati permintaan penerima untuk tidak ikut serta dalam pengiriman email iklan
  • Mengawasi potensi penyalahgunaan nama email.

14. Evaluasi Konten Email Marketing Berkala

Gunakan data yang Anda kumpulkan untuk terus meningkatkan strategi pemasaran email Anda dan mencapai hasil yang lebih baik.

Baca Juga: 11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membuat kampanye pemasaran email yang efektif yang akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dan terhubung dengan pelanggan Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

13 Ide Usaha Sampingan Karyawan Menguntungkan 2024
Meningkatkan kebutuhan hidup hanya mengandalkan gaji pokok sebagai karyawan kadang kala tidak cukup, sehingga timbul ide untuk membuka usaha sampingan
Baca Juga
Cara Berjualan di Tokopedia Langsung Banjir Orderan
Cara berjualan di tokopedia semakin dilirik oleh banyak orang terutama setelah adanya pandemi. Semua orang berbondong-bondong menjalankan bisnis online untuk
Baca Juga
6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja
Tidak sedikit pemilik usaha toko yang mengaku bingung bagaimana menata toko yang baik agar terlihat menarik. Ada juga pemilik toko
Baca Juga
Tips dan Ide Jualan Laris Saat Pandemi
Jualan laris saat pandemi sebagai upaya melihat peluang yang punya dampak baik untuk hidup kita kedepannya. Kita harus pandai melihat
Baca Juga
Cara Memulai Bisnis Online Lengkap Anti Gagal
Bisnis online sudah menjadi salah satu solusi yang disukai oleh para pengguna smartphone. Banyak produk bisa didapatkan dengan mudah hanya
Baca Juga
NPP Adalah Nomor Pendaftaran Perusahaan, Ini Cara Daftarnya!
Apa itu NPP? NPP adalah singkatan dari Nomor Pendaftaran Perusahaan, sebuah kode identifikasi yang digunakan untuk mendaftarkan dan mengidentifikasi entitas
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu