Logo Bee Web

Mengenal Statistik Bisnis untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Statistik bisnis adalah proses pendekatan dan metode seorang dalam mengumpulkan data, menyajikan, menganalisis dan mendeskripsikan data.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 11 February 2024

Statistik bisnis adalah salah satu landasan utama bagi keberhasilan suatu perusahaan. Melalui datanya pelaku bisnis diberi pandangan mendalam mengenai kinerja finansial, tren pasar, dan perilaku konsumen, yang sangat penting dalam pengambilan keputusan strategis.

Selain itu, melalui statistik ini juga, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang pertumbuhan, mengelola risiko, dan meningkatkan efisiensi operasional. Simak pengertian fungsi, jenis dan contoh penerapannya pada artikel di bawah ini

Apa itu Statistik Bisnis?

Statistik Bisnis Adalah

Ilustrasi grafik statistik bisnis (Credit: Freepik.com)

Dalam buku Statistika Bisnis karya Dewi Widyaningsih menjelaskan, jika ilmu statistik adalah alat bantu sederhana dengan menggambarkan kejadian dalam bentuk angka dan grafik. 

Sedangkan statistik bisnis adalah kaidah ilmiah yang mempelajari bagaimana proses pendekatan dan metode seorang dalam mengumpulkan data, mengedit, menyajikan, menganalisis dan mendeskripsikan data agar mudah dibaca.

Ada 3 ruang lingkup bisnis dalam penggunaan statistika, yakni:

  • Pemasaran, berkaitan dengan perhitungan pasar yang digunakan untuk menetapkan harga, membangun citra brand, promosi dan penjualan.
  • Keuangan, menggunakan data statistik sebagai dasar rekomendasi investasi, contohnya sekuritas saham, analisis index harga, dan sejenisnya.
  • Produksi, Menekankan pada pengendalian kualitas dari proses kegiatan bisnis.

Fungsi Statistik Bisnis

Berikut ini fungsi statistik dalam kepentingan bisnis:

  • Membantu pengambilan keputusan yang tepat, dengan memahami pola, trend, hubungan dalam data dan sejenisnya.
  • Membantu dalam mengevaluasi kinerja perusahaan melalui berbagai indikator, seperti pertumbuhan penjualan, profitabilitas, dan efisiensi operasional.
  • Memungkinkan perusahaan untuk memahami pasar dan persaingan dengan lebih mendalam.
  • Digunakan untuk mengidentifikasi efisiensi dan peluang peningkatan produktivitas.
  • Perusahaan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam konteks pasar yang kompetitif.

Baca Juga: 9 Manfaat Statistik dalam Bisnis dan Metodenya

Jenis-Jenis Statistika Bisnis

Mengutip dari Dewi Widyaningsih, statistik bisnis dibedakan menjadi dua kelompok, yakni:

1. Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif adalah satu pendekatan yang menggambarkan penyajian dan analisis data secara frekuensi dan persentase dalam bentuk tabel, angka, diagram dan grafik.

Statistik ini biasanya digunakan untuk memaparkan data yang terjadi dalam kelompok data yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data, ukuran, penyebaran data, ukuran indeks dan trend data. 

2. Statistika Inferensial

Dalam buku Naufal Bachri (2019), menurut Anderson, dkk (2017) menjelasan jika statistika inferensi berkaitan dengan pemakaian data yang didapatkan dari kelompok sampel data sebagai perkiraan dan pengujian hipotesis mengenai karakteristik populasi dari objek penelitian yang dilakukan.

Bisa disimpulkan jika statistika inferensial adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan kesimpulan terkait sampel dan populasi.

Sumber Data Statistik Bisnis

Berdasarkan sumbernya, data statistik bisnis dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yakni:

1. Data Primer

Jenis data pertama adalah data primer, yakni data asli yang berasal dari pihak pertama objek yang diamati, baik melalui wawancara maupun kuesioner yang disebarkan. Data ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang besar.

2. Data Sekunder

Berikutnya data sekunder, data tidak langsung dari objek yang diamati, dimana data ini diperoleh melalui pihak ketiga atau lembaga tertentu yang memiliki wewenang.

Seperti, Badan Pusat Statistik, Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan lainnya. Untuk memperolehnya juga tidak membutuhkan waktu yang lama namun memiliki resiko tidak valid karena data yang diambil sudah kadaluarsa.

Cara Memperoleh Data Statistik Bisnis

Ada dua cara yang bisa digunakan dalam memperoleh data statistik bisnis:

  • Data kontinu adalah cara memperoleh data yang yang diperoleh dari proses pengukuran dan menimbang.
  • Data distrik adalah cara memperoleh data melalui proses perhitungan.

Alat untuk Mengumpulkan Statistik Bisnis

Beecloud Jadi Solusi Utama Pembukuan Wirausaha

Berikut beberapa alat yang bisa digunakan dalam mengumpulkan data statistik:

  • Software Akuntansi dan Keuangan: Software akuntansi dan keuangan dapat melacak data keuangan dan penjualan Anda.
  • Software CRM: Software CRM dapat membantu Anda melacak data interaksi dengan pelanggan.
  • Google Analytics: Google Analytics dapat membantu Anda melacak traffic website dan perilaku pengunjung.
  • Survei dan Kuesioner: Survei dan kuesioner dapat membantu Anda mendapatkan umpan balik dari pelanggan dan karyawan.
  • Laporan dan Data Industri: Anda dapat menemukan laporan dan data industri dari berbagai sumber online dan offline.

Baca Juga: Contoh Laporan Penjualan dan Langkah Pembuatannya

Contoh Penerapan Statistik Bisnis

Berikut beberapa contoh penerapan statistik bisnis:

# Analisis Penjualan dan Peramalan Pasar

Sebuah perusahaan ritel mengumpulkan data penjualan harian selama beberapa tahun untuk produk-produk tertentu. Dengan menerapkan statistik, perusahaan dapat melakukan analisis tren penjualan, mengidentifikasi musim sibuk, dan meramalkan permintaan di masa depan.

Melalui metode statistik seperti regresi, perusahaan dapat menghubungkan faktor-faktor seperti promosi, harga, dan musim dengan tingkat penjualan. Informasi ini membantu dalam perencanaan persediaan, pengelolaan stok, dan pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan efisiensi operasional.

# Evaluasi Kepuasan Pelanggan

Sebuah perusahaan menerapkan survei kepuasan pelanggan dan menggunakan statistik untuk menganalisis hasilnya. Dengan memahami data dari survei tersebut, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, menilai keberhasilan inisiatif layanan pelanggan, dan memahami preferensi pelanggan.

Statistik membantu mengukur tingkat kepuasan pelanggan, mengidentifikasi tren umum, dan menentukan apakah perubahan yang diterapkan telah meningkatkan persepsi pelanggan terhadap produk atau layanan.

# Optimasi Proses Produksi

Sebuah pabrik manufaktur menggunakan statistik untuk mengoptimalkan proses produksi. Dengan mengumpulkan data mengenai waktu siklus produksi, kecepatan mesin, dan kualitas output, perusahaan dapat menerapkan analisis statistik untuk mengidentifikasi potensi peningkatan efisiensi.

Contohnya, dengan menggunakan teknik analisis regresi, perusahaan dapat menentukan faktor-faktor yang paling mempengaruhi waktu produksi dan mengambil tindakan untuk mengoptimalkan proses tersebut. Statistik juga membantu dalam mengurangi variabilitas produksi dan meningkatkan konsistensi dalam hasil produksi.

Fast Fashion Adalah: Dampak Positif dan Negatif di Baliknya
Fast fashion adalah sebuah fenomena yang telah merevolusi industri pakaian secara global, menghadirkan perubahan cepat dalam gaya busana dengan harga
Baca Juga
Memahami Teori Keunggulan Komparatif, Contoh, Fungsinya
Keunggulan komparatif adalah konsep ekonomi yang mengacu pada kemampuan suatu negara atau entitas untuk menghasilkan barang atau jasa dengan biaya
Baca Juga
Perusahaan Dagang: Pengertian, Jenis, Karakteristik, Contohnya
Istilah perusahaan dagang pasti tidak asing lagi bagi pebisnis, dimana istilah ini kerap disebut berdampingan dengan perusahaan jasa, manufaktur, kontraktor
Baca Juga
10 Contoh Perusahaan Perseorangan atau Usaha Kecil
Tanpa Anda sadari, perusahaan perseorangan sebenarnya sudah sering Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Biasa disebut usaha kecil atau disingkat UKM.
Baca Juga
Pialang adalah: Jenis, Tips Memilih dan Contoh Perusahaannya
Istilah pialang adalah hal yang umum di antara para pebisnis, yang jika diartikan berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia pialang adalah
Baca Juga
Apa itu Neraca Pembayaran Internasional?
Neraca pembayaran internasional adalah suatu laporan statistik yang mencatat semua transaksi ekonomi yang terjadi antara penduduk suatu negara dengan penduduk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu