Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Contoh Laporan Penjualan dan Langkah Pembuatannya

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 31 August 2022

Di dalam kegiatan usaha, laporan penjualan adalah bagian penting sebagai bahan analisa. Dengan melihat laporan penjualan kita dapat mengetahui keluar masuk keuangan perusahaan. Selain itu kita juga dapat melihat apakah kondisi keuangan perusahaan mengalami penurunan atau peningkatan. Tentu dari sini kita dapat memutuskan langkah apa yang harus diambil untuk menstabilkan kondisi keuangan perusahaan.

Untuk membuat laporan keuangan tentu dibutuhkan laporan lain, salah satu contohnya yaitu laporan penjualan. Maka dari itu diperlukan laporan penjualan agar bisa diketahui kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Apa itu Laporan Penjualan?

fungsi laporan penjualan untuk menggambarkan kondisi bisnis

Ilustrasi Laporan Penjualan (Sumber: Freepik.com)

Dalam berbisnis, penjualan merupakan kegiatan bermaksud agar produk yang ditawarkan dapat diterima oleh pasar. Penjualan menjadi tulang punggung dalam perusahaan untuk meraih profit. Melihat pentingnya kegiatan penjualan maka sangat penting untuk melakukan pencatatan transaksi penjualan. Pencatatan inilah yang akan dijadikan bahan laporan penjualan. 

Kalian tahu nggak apa itu laporan penjualan? Laporan penjualan merupakan kumpulan transaksi penjualan yang dicatat, dikelola dan disusun sehingga dapat dengan mudah dianalisa.

Secara umum, laporan penjualan dianggap sebagai alat pengambilan keputusan dalam pemasaran, penentuan harga, dan penentukan metode apa yang akan dipakai dalam penjualan.

Sebelum membuat laporan penjualan, ada beberapa kegiatan penjualan yang harus dilakukan. Pertama yaitu menganalisa penjualan, menentukan harga jual, melakukan pemasaran produk, melakukan penawaran harga dengan pelanggan, pencatatan pesanan yang masuk, melakukan pengiriman barang, pengembalian barang yang tidak sesuai, penagihan pembayaran hingga penerimaan pembayaran dan yang terakhir adalah membuat laporan penjualan.

Setelah laporan selesai dibuat maka akan kembali dilakukan analisis penjualan dan dilakukan kembali pembukuan perusahaan dan begitu seterusnya.

Dari seluruh kegiatan penjualan akan terkumpul data-data transaksi yang bisa dijadikan bahan membuat laporan penjualan. Semakin cepat data terkumpul maka semakin cepat pula laporan penjualan terbentuk. Semakin cepat laporan penjualan terbentuk maka semakin cepat pula pihak manajemen mengambil keputusan.

Hasil keputusan ini akan berdampak pada kegiatan produksi dan kinerja karyawan yang semakin cepat dalam beradaptasi dari perubahan yang terjadi. 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana dan Contohnya

Jenis Jenis Laporan Penjualan

alasan pentingnya laporan penjualan

Ilustrasi Jenis Laporan Penjualan

Ada beberapa jenis laporan penjualan yang umum digunakan. Berikut adalah jenis-jenis laporan penjualan :

  • Laporan rangkuman : Laporan ini berisi data transaksi penjualan yang disajikan secara rinci termasuk data diskon, pajak sehingga dapat dilihat pendapatan bersih dari penjualan.
  • Laporan per pelanggan : Laporan yang menunjukan transaksi penjualan berdasarkan pelanggan.
  • Laporan rincian : Laporan ini lebih detail daripada laporan diatas. Informasi mengenai nama pelanggan, nama sales hinggan total pendapatan dapat dilihat di laporan ini.
  • Laporan per sales : Laporan yang berisi data transaksi penjualan yang disortir berdasarkan sales. Laporan ini cukup penting untuk melihat kinerja sales dilapangan.
  • Laporan anggaran laba rugi : Laporan yang berisi perbandingan antara anggaran biaya dengan realisasi penjualan.

Manfaat Laporan Penjualan

Selain untuk melihat hasil penjualan, ada banyak manfaat lain yang peroleh dengan adanya laporan penjualan. Apabila kita melihat lebih dalam lagi, kita akan menemukan banyak infromasi penting yang bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam mencapai hasil yang optimal.

1. Memberikan Informasi Penjualan

Ilustrasi Informasi Penjualan Lengkap di Beecloud (Sumber: Bee.id)

Selain dapat melihat kondisi penjualan, laporan penjualan juga menyimpan informasi tersembunyi. Banyak informasi yang kita dapatkan dari laporan penjualan diantaranya informasi produk apa yang paling banyak diminati pelanggan, pengaruh faktor ekstenal (seperti hari besar nasional) terhadap penjualan, lokasi pelanggan, karakteristik detail pelanggan dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita gali.

2. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Baik buruknya hasil laporan penjualan selalu ada keputusan yang diambil dari kondisi yang ada. Hal ini menunjukan pentingnya sebuah laporan penjualan dalam menentukan arah yang akan diambil untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

3. Mengetahui Jenis Produk yang Paling Laris

Tanpa disadari, data transaksi penjualan membawa banyak informasi yang bisa dijadikan acuan dalam mengembangkan bisnis. Salah satu contohnya yaitu dari data yang terkumpul kita dapat melihat produk apa saja yang paling banyak terjual. Informasi ini dapat dijadikan bahan inovasi untuk mengembangkan produk terkait.

Selain itu kita juga dapat melihat produk apa yang kurang diminati. Maka perlu ditinjau ulang apa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Melihat hal seperti ini terjadi, pihak manajemen dapat lebih tanggap dalam menentukan apakah produk akan berhenti diproduksi atau diperbaiki.

4. Meningkatkan Kinerja Penjualan

Ilustrasi Analisa Kinerja Penjualan

Fungsi dari laporan penjualan ini adalah memberikan informasi mengenai kondisi penjualan. Secara jelas kita dapat melihat kondisi penjualan mengalami peningkatan atau penurunan. Apabila kondisi memburuk, kita dapat segera mengambil keputusan agar penjualan tetap meningkat.

Hasil laporan penjualan juga dapat dijadikan bahan evaluasi penyebab menurunnya angka penjualan. Secara cepat pihak manajemen dapat inovasi baru agar bisnis yang dijalankan tidak mengalami penurunan kinerja. 

5. Memantau Seberapa Produktif Sebuah Bisnis

Melalui laporan penjualan, kita dapat dengan mudah membaca seberapa banyak transaksi yang terjadi. Dari data tersebut dapat dilihat bagaimana kinerja dari bisnis kita. Seberapa produktif bisnis kita dalam mencapai profit. Apakah cost yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

6. Merupakan Bentuk Pertanggungjawaban Bisnis

Dalam kegiatan usaha laporan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban terhadap pihak yang terkait. Pencatatan transaksi penjualan yang kemudian disusun menjadi laporan penjualan adalah contoh pertanggung jawaban atas kegiatan penjualan. Nota dan kuitansi dapat dijadikan bukti akurat atas laporan penjualan. Dengan ini pemilik saham dan jajaran direksi dapat percaya terhadap bisnis yang dijalankan.

Langkah Pembuatan Laporan Penjualan Untuk Bisnis

laporan penjualan terperinci

Ilustrasi Laporan Penjualan Terperinci (Sumber: Bee.id)

1. Menetapkan Tujuan Pembuatan Laporan

Sebelum membuat laporan, kita harus mengetahui siapa yang akan membaca laporan yang akan kita buat, informasi apa yang kita butuhkan serta periode waktunya. Misal kita ingin membuat laporan penjualan tahun ini, maka kita membutuhkan data transaksi penjualan dari bulan januari tahun ini hingga sekarang.

2. Mengumpulkan Seluruh Bukti Transaksi

Apabila sudah mengetahui data apa saja yang dibutuhkan, kita perlu mengumpulkan bukti transaksi penjualan dari awal hingga akhir periode. Kemudian kita urutkan berdasarkan waktu agar kita mudah menginputkannya ke dalam table penjualan. 

3. Menyusun Laporan

Setelah data diinputkan ke dalam table penjualan, maka dengan mudah kita dapat membaca hasil penjualan kita selama ini. Dari hasil tersebut kita dapat menganalisa dan menarik kesimpulan mengenai kinerja penjualan kita. Apakah lebih baik atau menurun drastis.

Contoh Laporan Penjualan

  • Laporan Rincian

Berikut ini adalah contoh laporan rincian

contoh laporan penjualan rangkuman

Contoh Laporan Penjualan Rincian dengan Beecloud (Sumber: Bee.id)

  • Laporan per Pelanggan

Berikut ini adalah contoh laporan per pelanggan

laporan ranking penjualan customer

Contoh Laporan Ranking Penjualan Customer dengan Beecloud (Sumber: Bee.id)

Lalu bagaimana dengan kalian? Apakah bisnis kalian sudah mempunyai sistem untuk membuat laporan penjualan? Kalian dapat mencoba aplikasi Beecloud yang memiliki fitur lengkap yang dapat membantu bisnis kalian dalam membuat laporan penjualan jadi lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Contoh Pembukuan Penjualan untuk Usaha Pemula

Kesimpulan

Singkatnya, laporan penjualan merupakan instrumen yang akan memberikan gambaran umum tentang keadaan aktivitas penjualan dalam suatu perusahaan

Kini laporan tersebut bisa disajikan dalam berbagai caranya mulai dari manual sampai dengan menggunakan teknologi yang lebih cepat. Jika membuat laporan keuangan secara manual akan banyak kemungkinan terjadi kesalahan manual (human error) ketika membuat maupun menghitungnya.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot karena dengan Software Akuntansi Anda sudah dibantu cara membuat laporan penjualan secara cepat dan praktis. Software Akuntansi Beecloud memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan yang terperinci dan akurat.

Coba gratis selama 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Bikin-Laporan-Penjualan-Mudah-dan-Cepat

Setelah menyimak penjelasan diatas mengenai apa itu laporan penjualan, jenis dan manfaat adanya laporan penjualan serta langkah-langkah pembuatan laporan penjualan. Apakah kalian sudah siap untuk mengaplikasikan ke dalam bisnis kalian?

Demikian artikel mengenai Contoh Laporan Penjualan. Semoga bermanfaat ya~

Perbedaan E-commerce dan Marketplace, Mana yang Tepat untuk Anda?
Perbedaan e-commerce dan marketplace penting untuk diketahui. Anda wajib tahu perbedaan keduanya jika ingin menjadi pebisnis online yang sukses. Sebabnya, […]
Baca Juga
Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Branding Produk
Merek Anda adalah janji dan komitmen Anda kepada pelanggan. Jadi penting bagi Anda untuk membangunnya dengan hati-hati. Sebuah merek tidak […]
Baca Juga
4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital
Strategi Pemasaran yang jitu di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hanya dengan startegi pemasaran yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu