Logo Bee Web

Mengenal Social Media Marketing: Jenis, Contoh, dan Strateginya

Sudah saatnya bisnis anda hadir di media sosial. Pelajari cara menggunakan social media marketing untuk memperkuat brand berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Saturday, 13 May 2023

Social media marketing adalah teknik pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan platform-platform media sosial, Anda dapat menghubungi konsumen Anda secara langsung, membina hubungan baik dengan mereka, dan membangun loyalitas pelanggan.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai social media marketing dan mengapa ia begitu penting dalam dunia bisnis saat ini.

Apa itu Social Media Marketing?

Social Media marketing adalah

Memanfaatkan Sosia Media untuk Promosi Bisnis Kini Lebih Digandrungi (Credit: Freepik.com)

Social media marketing adalah suatu teknik pemasaran yang dilakukan melalui platform-platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.

Dalam social media marketing, Anda menggunakan konten-konten yang menarik untuk menarik minat calon pelanggan dan mengarahkannya ke website bisnis Anda.

Konten-konten tersebut dapat berupa gambar, video, atau tulisan yang berisi informasi atau promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Anda dapat menghubungi calon pelanggan Anda secara langsung melalui social media marketing. Dengan memanfaatkan fitur-fitur interaktif pada platform-platform media sosial.

Anda juga dapat mengobrol dengan mereka, menjawab pertanyaan mereka, serta mengikuti dan membagikan konten mereka. Semua interaksi tersebut memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda.

Mengapa Social Media Marketing Penting?

Social media marketing sangat penting bagi bisnis Anda karena platform-platform media sosial sangat populer di kalangan masyarakat. Menurut laporan Statista, pada tahun 2021, terdapat lebih dari 4,2 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia, dan angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat.

Dengan begitu banyaknya pengguna media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih banyak dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

Social media marketing juga memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Dengan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, Anda dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengembangkan produk atau jasa yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda, serta menambahkan nilai pada bisnis Anda.

Platform Social Media Marketing Populer

Setiap platform media sosial memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih platform yang tepat untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa platform media sosial populer yang dapat Anda manfaatkan:

1. Social Media - Facebook

Facebook adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Terdapat lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif bulanan pada platform ini. Facebook memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui postingan, iklan, dan fitur-fitur lainnya.

Facebook juga memungkinkan Anda untuk membangun komunitas dengan membuat grup dan halaman bisnis yang dapat diikuti oleh pengguna Facebook. Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui fitur komentar, pesan, dan live streaming.

2. Social Media - Twitter

Twitter adalah platform media sosial yang populer untuk berbagi informasi dalam bentuk pesan singkat atau tweet. Platform ini memiliki lebih dari 330 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Dalam Twitter, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa Anda melalui tweet, retweet, atau menggunakan fitur iklan yang disediakan. Anda juga dapat berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui fitur komentar atau pesan langsung.

3. Social Media - Instagram

Instagram adalah platform media sosial yang fokus pada visual. Platform ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Instagram memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui postingan gambar atau video, Instagram Stories, IGTV, dan fitur iklan.

Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui fitur komentar atau pesan langsung, serta menggunakan fitur-fitur interaktif seperti poll dan kuis.

4. Social Media - LinkedIn

LinkedIn adalah platform media sosial yang fokus pada profesionalisme dan bisnis. Platform ini memiliki lebih dari 740 juta pengguna di seluruh dunia. LinkedIn memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui postingan, halaman bisnis, dan fitur iklan.

Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan atau rekan kerja Anda melalui fitur komentar atau pesan langsung, serta membangun jaringan profesional melalui fitur konektivitas.

5. Social Media - Youtube

Youtube adalah platform media sosial yang fokus pada video dan merupakan platform terbesar kedua di dunia setelah Facebook.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya, Youtube dapat digunakan untuk membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan mempromosikan produk atau jasa Anda dengan konten video yang menarik.

Baca Juga: Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital

Manfaat Social Media Marketing

Ada banyak manfaat dari social media marketing bagi bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari social media marketing:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Social media marketing dapat membantu meningkatkan awareness brand Anda di kalangan target audience Anda. Dengan membuat konten yang menarik dan kreatif, Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan Anda dan memperkenalkan brand Anda kepada mereka.

2. Meningkatkan Engagement dengan Pelanggan

Social media marketing juga dapat membantu meningkatkan engagement dengan pelanggan Anda.

Dengan berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui komentar, pesan, atau fitur-fitur interaktif, Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan mereka dan meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

3. Meningkatkan Traffic ke Website Anda

Social media marketing juga dapat membantu meningkatkan traffic ke website Anda.Dengan mempromosikan produk atau jasa Anda di platform media sosial, Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka ke website Anda untuk melakukan pembelian atau mendapatkan informasi lebih lanjut.

4. Meningkatkan Penjualan dan Revenue

Terakhir, social media marketing dapat membantu meningkatkan penjualan dan revenue bisnis Anda. Dengan menjangkau target audience yang lebih luas dan meningkatkan engagement dengan pelanggan Anda, Anda dapat meningkatkan konversi dan pendapatan bisnis Anda.

7 Strategi Social Media Marketing yang Bisa Anda Coba

Penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran yang efektif sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak bisnis saat ini.

Namun, bagaimana cara untuk membuat strategi social media marketing yang efektif? Berikut adalah 6 strategi social media marketing yang dapat Anda coba:

1. Buatlah Konten Marketing yang Relevan dan Efisien

Konten yang unik, menarik, berkualitas tinggi, dan relevan akan membantu menarik perhatian audiens dan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan strategi social media marketing.

2. Buatlah Konten yang Beragam

Audiens menikmati konten yang berbeda-beda, seperti gambar yang bagus, video yang menyenangkan, dan beberapa podcast menarik sesekali. Anda dapat meningkatkan ketertarikan audiens terhadap konten Anda dengan menggunakan berbagai jenis media secara konsisten.

3. Buatlah Iklan yang Dinamis

Konten iklan yang dinamis dapat menyesuaikan konten dan promosi secara khusus untuk setiap pengguna, memastikan bahwa setiap pengguna melihat materi iklan yang paling efektif untuknya.

4. Manfaatkan Brand Advocate

Brand advocate memberikan ulasan positif tentang produk Anda secara sukarela dari mulut ke mulut. Mereka juga tak jarang mengajak pelanggan baru dan membuat konten ulasan yang positif untuk Anda.

5. Jalankan Campaign di Berbagai Channel

Untuk lebih menjangkau lebih banyak audiens dan melibatkan mereka lebih sering, Anda dapat menjalankan campaign di berbagai lintas channel social media. Misalnya, dengan menambahkan komponen emosional ke kampanye media sosial Anda sehingga audiens Anda dapat berhubungan dengan tujuan Anda.

6. Manfaatkan Fitur Live Strategi Social Media Marketing

Live adalah cara yang sangat baik untuk membuat konten yang dapat dibagikan dan mudah diingat oleh audiens. Anda juga dapat melibatkan mereka secara langsung ketika Anda menceritakan sesuatu, sehingga kedekatan Anda dengan customer dapat dibangun.

Dengan menerapkan keenam strategi di atas, diharapkan bisnis Anda dapat meningkatkan keberhasilan strategi social media marketing dan menjaring lebih banyak customer baru serta meningkatkan loyalitas pelanggan yang ada.

7. Cara Mengelola Biaya Promosi dan Memaksimalkan Keuntungan

Salah satu cara efektif adalah dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk mencatat biaya promosi. Dengan mencatat secara terperinci, Anda dapat mengelola anggaran dengan lebih efisien dan meningkatkan keuntungan dari kampanye promosi.

Aplikasi Beecloud juga dapat membantu memantau biaya promosi secara real-time dan memberikan laporan keuangan yang akurat.

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Contoh Praktek Social Media Marketing yang Sukses

Kini ini, pemasaran melalui media sosial menjadi salah satu strategi penting dalam bisnis digital. Hal ini terbukti dari beberapa brand yang sukses berkat strategi digital marketing yang dijalankan melalui media sosial.

Baca Juga: Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat

Berikut ini adalah beberapa contoh brand yang berhasil meraih sukses melalui social media marketing:

1. Netflix

Perusahaan streaming film ini telah menjalankan berbagai strategi digital marketing untuk mencapai kesuksesan. Netflix tidak hanya menayangkan iklan di mesin pencarian, atau berkolaborasi dengan perusahaan produksi film.

Mereka juga melakukan aktivasi media sosial dengan konten lucu terkait film dan serial yang ditayangkan, dan hasilnya adalah 167 juta pengguna di tahun 2020.

2. Tokopedia

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia, meraih sukses dengan mengoptimalkan Search Engine Marketing dan Social Media Advertising.

Mereka juga menggandeng figur publik dan selebritas untuk mempromosikan perusahaan, bahkan sampai menggandeng idol group asal Korea Selatan, BTS, NCT dan masih banyak lagi.

3. Erigo

Brand fashion lokal ini sukses bersaing dengan brand fashion ternama lainnya berkat strategi digital marketing melalui website dan media sosial Instagram. Mereka bekerja sama dengan sejumlah figur publik seperti Raffi Ahmad untuk melakukan endorsement, dan baru-baru ini berhasil melenggang di New York Fashion Week 2022.

4. Scarlett Whitening

Brand kecantikan ini juga sukses berkat strategi social media marketing yang melibatkan influencer dan micro influencer dalam mengulas produk mereka.

Setelah bisnisnya berkembang pesat, Scarlett Whitening mulai melebarkan bisnisnya dan menggaet sejumlah figur publik dunia untuk mempromosikan produk mereka, seperti Song Joong Ki dan Twice.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

11 Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya
Pelanggan memiliki peran sentral dalam menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Meskipun upaya maksimal untuk memberikan produk dan layanan terbaik, tak terelakkan
Baca Juga
Internet Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya, Lengkap!
Internet telah mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu perubahan terbesar yang dibawa oleh internet adalah lahirnya internet marketing.
Baca Juga
Fungsi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis
Perkembangan bisnis, khususnya bisnis berskala menengah dan kecil, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terjadinya perkembangan tersebut bisa terjadi berkat fungsi
Baca Juga
Telemarketing adalah Sentral Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan
Berbicara tentang telemarketing adalah hal yang sangat sentral dalam menjalankan sebuah bisnis. Tugas pentingnya adalah melakukan penjualan dan menarik pelanggan
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dan Contohnya Lengkap
Dalam dunia akuntansi peran jurnal penyesuaian termasuk cukup penting dan termasuk dalam akuntansi dasar yang digunakan sebagai pencatatan perubahan saldo
Baca Juga
Contoh Surat Pesanan Barang, Jenis, Komponen dan Cara Buatnya
Dalam dunia bisnis, surat pesanan barang menjadi salah satu dokumen yang penting dalam proses pemesanan dan pengiriman barang. Dalam artikel
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu