Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 31 October 2022

Saat ini ekonomi kreatif merupakan salah satu bidang ekonomi yang menopang pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Menurut John Howkins, ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep untuk mengembangkan ekonomi melalui kreativitas. Contoh ekonomi kreatif yang ada sekarang pun cukup beragam.

Salah satu ciri-ciri ekonomi kreatif ialah semua ide tersebut bersumber dari kreativitas individu yang bisa diubah atau diganti sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, dengan berbagai inovasi baru untuk mengikuti tren membuat pertumbuhan sektor ekonomi yang satu ini terus meningkat.

Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia

Ekonomi Kreatif Di Indonesia

Ilustrasi Ekonomi Creative (Sumber: Freepik.com)

Ada berbagai bidang ekonomi kreatif yang dapat ditemukan di Indonesia yang dapat dikembangkan saat ini. Mulai dari kuliner hingga dunia perfilman, berikut beberapa contohnya.

  • Kuliner

Usaha kuliner memang seakan tidak ada habisnya. Berbagai jenis makanan dengan inovasi yang menarik bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Bukan hanya makanan lokal atau dalam negeri, berbagai makanan luar negeri pun bisa dipilih sebagai ide usaha.

Hal paling utama dalam usaha di bidang kuliner ini ialah rasa dan inovasi yang dipilih. Tidak ada salahnya apabila pemilik usaha mengikuti berbagai tren yang ada untuk bisa menarik perhatian para pecinta kuliner di berbagai umur.

  • Televisi dan Radio

Dunia kreatif juga dapat ditemukan pada televisi dan radio yang saat ini mulai beralih karena adanya perkembangan era digital. Di era digital, televisi digantikan dengan berbagai hiburan yang ada di youtube maupun media sosial lain. Sedangkan radio sendiri mulai berevolusi menjadi podcast.

Dengan kata lain, televisi dan radio ini tetap ada dan berkembang sesuai dengan zaman. Para pekerja kreatif di televisi dan radio tentu menggunakan kreativitas mereka untuk menarik penonton maupun pendengar yang lebih banyak.

  • Desain

Ekonomi Kreatif Design

Ilustrasi Creative Design (Sumber: Freepik.com)

Ide kreatif tentu sangat dibutuhkan bagi para pekerja di bidang desain. Contoh ekonomi kreatif di bidang ini memiliki cakupan yang cukup luas. Beberapa contohnya ialah desain grafis, desain interior, desain produk, dan masih banyak lagi.

Didukung dengan teknologi yang semakin canggih, bidang ekonomi kreatif ini pun semakin berkembang. Tidak heran jika, para pekerja di bidang desain merupakan para anak muda yang memahami teknologi desain terbaru dengan baik.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja

  • Arsitektur

Konsep ekonomi kreatif juga dapat diterapkan di sektor pembangunan yaitu arsitektur. Konsep kreatif yang diterapkan dapat membantu perkembangan pembangunan yang kekinian atau sesuai dengan zaman. Bangunan modern yang ramah lingkungan merupakan salah satu contoh penerapan ide kreatif di arsitektur.

Selain itu, kreativitas pada arsitektur juga dapat dilihat dari banyaknya desain hunian yang ditawarkan oleh para pengembang. Dengan konsep yang menarik, arsitektur di sektor pembangunan akan terus berkembang dan membantu laju roda ekonomi.

  • Kerajinan Tangan

Dengan keragaman budaya di negeri ini, kerajinan tangan yang menjadi ciri khas suatu daerah merupakan salah satu ekonomi kreatif yang harus terus dikembangkan. Selain memberikan sebuah lapangan pekerjaan bagi para warga daerah, berbagai hasil karyanya juga membantu pelestarian budaya.

Untuk mengembangkan sektor ekonomi ini, kreativitas para pekerjanya menjadi faktor utama yang sangat penting. Selain itu, berbagai kebijakan pemerintah yang menguntungkan pekerjanya bisa membantu hasil produknya bersaing dengan produk luar negeri.

  • Fashion

Ekonomi Kreatif Fashion

Ilustrasi Fashion (Sumber: Freepik.com)

Di bidang fashion yang tentu saja ide kreatif harus selalu dihadirkan menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang terus berkembang saat ini. Tren pakaian yang terus muncul dengan berbagai tren-tren baru telah membantu perekonomian. Bahkan, kini desainer lokal pun mulai dikenal oleh masyarakat dunia. 

  • Film

Bukan hal baru lagi jika industri perfilman memang memerlukan kreativitas tinggi dari pekerjanya. Ide-ide baru yang segar harus terus dikembangkan untuk menghasilkan berbagai film berkualitas. Adanya perkembangan zaman seperti sekarang, industri perfilman menjadi semakin maju.

Dengan menggunakan konsep ekonomi kreatif, para pekerja seni di industri ini dapat menghasilkan karya-karya terbaik yang diminati banyak orang. Dengan begitu, industri film pun dapat membantu mengembangkan ekonomi lokal maupun nasional.

Baca Juga: Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba

Kesimpulan

Contoh ekonomi kreatif yang ada saat ini terus berkembang dan membantu jalannya roda perekonomian lokal dan nasional. Selain tujuh contoh di atas, masih banyak bidang ekonomi yang dapat dikembangkan dengan kreativitas individu. Misalnya saja di bidang musik dan periklanan. 

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan masyarakat bagaimana membuat pilihan (dengan menggunakan uang atau tidak) dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas guna memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dan mencapai kemakmuran dalam hidup.

Dasarnya segala permasalahan bisnis dapat teratasi jika kita sama-sama memahami ilmu yang berkaitan dengan perekonomian. Jika Anda menjalankan bisnis dan memerlukan pengelolaan keuangan supaya operasional keuangan lancar, Anda bisa menggunakan Beeaccounting sebagai software akuntansi yang siap membantu Anda untuk memperlancar bisnis.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Beeaccounting memiliki fitur yang bermanfaat untuk membantu perekonomian pada bisnis Anda. Sehingga apabila Anda mengalami masalah terkait dengan perekonomian bisnis, Beeaccouunting adalah solusi tepat yang bisa Anda gunakan. Klik di sini untuk coba gratis selama 14 hari!

Apa itu Konversi dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Data Konversi?
Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang apa itu konversi. Pada dasarnya, konversi adalah salah satu jenis istilah […]
Baca Juga
Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis
Mempromosikan bisnis ada banyak caranya, salah satu yang masih banyak digunakan saat ini adalah iklan baliho. Terutama untuk bisnis, yang […]
Baca Juga
Inspirasi Bisnis Online Modal Kecil: Menguntungkan Banget!
Saat ini, bisnis yang menguntungkan tidak selalu dikerjakan secara offline atau luring. Namun, bisnis online modal kecil juga tidak kalah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu