Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 10 August 2022

Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa strategi melalui media digital. Hingga saat ini digital marketing menjadi kegiatan pemasaran yang paling banyak digunakan oleh pebisnis.

Ada banyak hal yang harus diketahui mengenai digital marketing jika ingin menggunakannya dalam kegiatan promosi brand yang Anda miliki. Kebetulan sekali, di artikel kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Yuk simak informasi selengkapnya mengenai digital marketing.

Digital Marketing Artinya

Digital Marketing Adalah

Ilustrasi Digital Marekting (Sumber: Pexels.com)

Digital marketing artinya apa sih? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, digital marketing berarti pemasaran digital. Sedangkan menurut beberapa ahli, digital marketing berarti penggunaan teknologi serta pemanfaatan perangkat yang didukung oleh koneksi internet untuk mencapai target dari sebuah pemasaran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan perangkat jaringan serta media digital untuk mencapai tujuan dari kegiatan pemasaran. 

Digital marketing sangat cocok digunakan pada era ini. Dimana penggunaan internet dan media digital sudah mencapai lebih dari 50% di seluruh dunia.

Baca Juga: Pengertian Digital Marketing Agency, Peran Penting, dan Rekomendasi

Manfaat Digital Marketing

Manfaat digital marketing artinya bahwa kegiatan pemasaran yang dibantu dengan teknologi serta media digital tersebut memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Mari kita simak kapan saja manfaat dari digital marketing tersebut.

  • Target Pasar Lebih Sesuai

Dalam menjalankan kegiatan pemasaran, Anda pasti memiliki target pasar. Hal ini bertujuan agar kegiatan promosi yang dilakukan bisa sesuai dengan tujuan. 

Dengan menggunakan teknik digital marketing, kegiatan promosi yang dilakukan bisa lebih sesuai dengan target pasar dibandingkan dengan kegiatan promosi tradisional.

  • Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Manfaat lain dari menggunakan kegiatan digital marketing adalah adanya hasil evaluasi yang bisa Anda dapatkan pada saat itu juga. Dengan adanya data evaluasi tersebut, Anda bisa langsung mengevaluasi strategi untuk mengambil langkah selanjutnya.

  • Dapat Menjangkau Hampir Semua Pasar

Dengan menggunakan strategi digital marketing untuk kegiatan promosi, Anda dapat menjangkau hampir semua pasar di seluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media digital sendiri juga sudah cukup banyak dan juga tersebar di berbagai negara. Sehingga Anda memiliki peluang untuk menjangkaunya.

  • Biaya Lebih Murah

Manfaat selanjutnya dari digital marketing adalah biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan kegiatan pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencetak brosur atau memasang iklan di yang kurang efektif dan tidak menguntungkan.

  • Reputasi Brand Meningkat

Saat ini banyak sekali pembeli yang ingin mengetahui reputasi sebuah brand sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan menggunakan media digital, Anda dapat membangun sebuah brand agar dapat dipercaya oleh banyak orang dan menarik calon pembeli.

Strategi Digital Marketing

Digital Marketing Strategy

Ilustrasi Strategi Digital Marketing (Sumber: Pexels.com)

Strategi digital marketing artinya strategi yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media digital. Berikut ini adalah strategi digital marketing tersebut:

  • Search Engine Marketing

Strategi ini melibatkan penggunaan dari mesin pencari yang terkenal, seperti Google, Yahoo, Bing dan Facebook. SEM sendiri terbagi dalam dua area, yaitu SEO dan Pay Per Click.

  • Influencer atau Affiliate Marketing

Anda dapat menggunakan strategi ini dengan cara membayar influencer yang memiliki masa yang sesuai dengan target pasar Anda atau melakukan kerja sama dengan membayar komisi sesuai dengan kesepakatan.

  • Content Marketing

Cara ini dapat Anda lakukan dengan membuat konten yang sesuai dengan brand kemudian menyebarkan melalui media digital yang dimiliki oleh perusahaan Anda, seperti website.

  • Email Marketing

Strategi ini bertujuan untuk menarik pelanggan membaca pesan promosi yang Anda lakukan. Oleh karena itu, Anda harus dapat membuat poin penting tetapi menarik untuk dibaca oleh calon pembeli.

  • Social Media Marketing

Strategi pemasaran ini adalah strategi yang menggunakan social media dan mengoptimalkannya. Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan trend pada social media tersebut kemudian mempromosikannya. 

Sosial media yang biasa digunakan untuk promosi dan memiliki banyak pengguna adalah Twitter, Instagram, Youtube atau Facebook.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi atau media digital dan internet. Tujuannya untuk mencapai sebuah target tertentu dengan menggunakan beberapa strategi yang tepat. 

Selain menggunakan digital marketing dalam menunjang bisnis Anda juga harus belajar bagaimana mengatur keuangan dengan rapi dan akurat. Tidak ada gunanya strategi marketing yang baik tanpa pengelolaan keuangan yang juga baik.

Mengelola keuangan bisnis sangat mudah dan praktis jika Anda menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Beeaccounting membantu Anda menyusun laporan keuangan hanya dengan 1x klik. Jadi Anda tidak perlu lembur rekap data manual, waktu Anda bisa dipakai untuk memikirkan strategi marketing untuk menambah omset.

Coba gratis software akuntansi Beeaccounting dengan klik banner di bawah ini!

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat […]
Baca Juga
Bisnis Model Canvas Adalah, Keuntungan, dan Fundamental
Bisnis model canvas adalah konsep bisnis yang digunakan oleh banyak perusahaan saat ini. Mereka menggunakannya agar manajemen dalam perusahaan bisa […]
Baca Juga
Kepanjangan KPI Adalah: Macam-macam KPI dalam Perusahaan
Bagi Anda yang masih awal dalam dunia pekerjaan, mungkin masih merasa asing dengan istilah KPI. KPI sendiri sebenarnya merupakan poin […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu