🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat

Digital marketing artinya adalah kegiatan promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan besar maupun kecil dengan menggunakan media digital.
Penulis: Rininta Oktaviana
Daftar Isi
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 10 August 2022

Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa strategi melalui media digital. Hingga saat ini digital marketing menjadi kegiatan pemasaran yang paling banyak digunakan oleh pebisnis.

Ada banyak hal yang harus diketahui mengenai digital marketing jika ingin menggunakannya dalam kegiatan promosi brand yang Anda miliki. Kebetulan sekali, di artikel kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Yuk simak informasi selengkapnya mengenai digital marketing.

Digital Marketing Artinya

Digital Marketing Adalah

Ilustrasi Digital Marekting (Sumber: Pexels.com)

Digital marketing artinya apa sih? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, digital marketing berarti pemasaran digital. Sedangkan menurut beberapa ahli, digital marketing berarti penggunaan teknologi serta pemanfaatan perangkat yang didukung oleh koneksi internet untuk mencapai target dari sebuah pemasaran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan perangkat jaringan serta media digital untuk mencapai tujuan dari kegiatan pemasaran. 

Digital marketing sangat cocok digunakan pada era ini. Dimana penggunaan internet dan media digital sudah mencapai lebih dari 50% di seluruh dunia.

Baca Juga: Pengertian Digital Marketing Agency, Peran Penting, dan Rekomendasi

Manfaat Digital Marketing

Manfaat digital marketing artinya bahwa kegiatan pemasaran yang dibantu dengan teknologi serta media digital tersebut memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Mari kita simak kapan saja manfaat dari digital marketing tersebut.

  • Target Pasar Lebih Sesuai

Dalam menjalankan kegiatan pemasaran, Anda pasti memiliki target pasar. Hal ini bertujuan agar kegiatan promosi yang dilakukan bisa sesuai dengan tujuan. 

Dengan menggunakan teknik digital marketing, kegiatan promosi yang dilakukan bisa lebih sesuai dengan target pasar dibandingkan dengan kegiatan promosi tradisional.

  • Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Manfaat lain dari menggunakan kegiatan digital marketing adalah adanya hasil evaluasi yang bisa Anda dapatkan pada saat itu juga. Dengan adanya data evaluasi tersebut, Anda bisa langsung mengevaluasi strategi untuk mengambil langkah selanjutnya.

  • Dapat Menjangkau Hampir Semua Pasar

Dengan menggunakan strategi digital marketing untuk kegiatan promosi, Anda dapat menjangkau hampir semua pasar di seluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media digital sendiri juga sudah cukup banyak dan juga tersebar di berbagai negara. Sehingga Anda memiliki peluang untuk menjangkaunya.

  • Biaya Lebih Murah

Manfaat selanjutnya dari digital marketing adalah biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan kegiatan pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencetak brosur atau memasang iklan di yang kurang efektif dan tidak menguntungkan.

  • Reputasi Brand Meningkat

Saat ini banyak sekali pembeli yang ingin mengetahui reputasi sebuah brand sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan menggunakan media digital, Anda dapat membangun sebuah brand agar dapat dipercaya oleh banyak orang dan menarik calon pembeli.

Strategi Digital Marketing

Digital Marketing Strategy

Ilustrasi Strategi Digital Marketing (Sumber: Pexels.com)

Strategi digital marketing artinya strategi yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media digital. Berikut ini adalah strategi digital marketing tersebut:

  • Search Engine Marketing

Strategi ini melibatkan penggunaan dari mesin pencari yang terkenal, seperti Google, Yahoo, Bing dan Facebook. SEM sendiri terbagi dalam dua area, yaitu SEO dan Pay Per Click.

  • Influencer atau Affiliate Marketing

Anda dapat menggunakan strategi ini dengan cara membayar influencer yang memiliki masa yang sesuai dengan target pasar Anda atau melakukan kerja sama dengan membayar komisi sesuai dengan kesepakatan.

  • Content Marketing

Cara ini dapat Anda lakukan dengan membuat konten yang sesuai dengan brand kemudian menyebarkan melalui media digital yang dimiliki oleh perusahaan Anda, seperti website.

  • Email Marketing

Strategi ini bertujuan untuk menarik pelanggan membaca pesan promosi yang Anda lakukan. Oleh karena itu, Anda harus dapat membuat poin penting tetapi menarik untuk dibaca oleh calon pembeli.

  • Social Media Marketing

Strategi pemasaran ini adalah strategi yang menggunakan social media dan mengoptimalkannya. Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan trend pada social media tersebut kemudian mempromosikannya. 

Sosial media yang biasa digunakan untuk promosi dan memiliki banyak pengguna adalah Twitter, Instagram, Youtube atau Facebook.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi atau media digital dan internet. Tujuannya untuk mencapai sebuah target tertentu dengan menggunakan beberapa strategi yang tepat. 

Selain menggunakan digital marketing dalam menunjang bisnis Anda juga harus belajar bagaimana mengatur keuangan dengan rapi dan akurat. Tidak ada gunanya strategi marketing yang baik tanpa pengelolaan keuangan yang juga baik.

Mengelola keuangan bisnis sangat mudah dan praktis jika Anda menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Beeaccounting membantu Anda menyusun laporan keuangan hanya dengan 1x klik. Jadi Anda tidak perlu lembur rekap data manual, waktu Anda bisa dipakai untuk memikirkan strategi marketing untuk menambah omset.

Coba gratis software akuntansi Beeaccounting dengan klik banner di bawah ini!

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Artikel Terkait

Cara Menghitung Laba Penjualan dan Contohnya
Laba pada bisnis menunjukkan performa keuangan bisnis dan menjadi tolok ukur kesuksesannya. Pelaku usaha wajib tahu bagaimana cara menghitung laba
Baca Juga
11 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Baik
Sebagai pengusaha sudah wajib tahu yang namanya cara mengelola keuangan, dimana kemampuan mengelola keuangan menjadi landasan utama bagi keberlangsungan hidup
Baca Juga
13 Tips Cara Mengembangkan Usaha yang Efektif
Berbisnis bagaikan sebuah petualangan belajar yang tak pernah berakhir. Di tengah era persaingan dan perkembangan yang pesat, para pengusaha dituntut
Baca Juga
Contoh Segmentasi Geografis, Karakteristik dan Komponennya
Dalam dunia pemasaran melakukan segmentasi pasar bukan hal asing lagi, salah satunya adalah dengan melakukan segmentasi geografis, yakni proses menggali
Baca Juga
10 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Berpotensi Cuan!
Memulai sebuah usaha membutuhkan lebih dari sekadar ide. Karena ide yang bagus tidak selalu menjamin keberhasilan suatu usaha. Untuk mencapai
Baca Juga
6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja
Tidak sedikit pemilik usaha toko yang mengaku bingung bagaimana menata toko yang baik agar terlihat menarik. Ada juga pemilik toko
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Pengertian, Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas
Dalam akuntansi, jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk secara tunai. Contoh jurnal penerimaan
Baca Juga
25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu