🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Parcel Lebaran Unik Peluang Usaha Menarik

Akhir-akhir ini bermunculan banyak parcel lebaran unik yang anti mainstream. Apa saja contohnya sebagai ide bisnis?
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 2 May 2023

Ragam parcel lebaran unik untuk saat ini sudah semakin bervariasi. Isinya tidak sekadar kue kering aneka jenis yang tentu cenderung monoton. Parcel memang bisa dijadikan sebagai bingkisan dan buah tangan ketika silaturahmi.

Dapat juga dijadikan sebagai tanda terimakasih yang diberikan di momen tertentu. Termasuk momen lebaran dimana masyarakat pada umumnya lebih banyak berinteraksi dengan sesama. Lebih lengkap mengenai apa saja ide parcel lebaran yang unik, ini pilihannya.

Ide Bisnis Parcel Lebaran Unik Anti Mainstream yang Bisa Dicoba

Umumnya parcel lebaran berisikan aneka kue kering yang dikemas menarik. Akan tetapi, akhir-akhir ini bermunculan banyak parcel lebaran unik yang anti mainstream. Apa saja contohnya sebagai ide bisnis, ini ulasannya.

1. Parcel Tea Set

Contoh parcel lebaran unik satu ini kerap dijadikan alternatif bagi yang bosan dengan isi kue kering. Bahkan ada yang mengombinasiikan tea set dengan aneka kue kering di dalamnya. Sebagai pebisnis, Anda tinggal memberikan pilihan isinya ke konsumen.

Parcel Lebaran Tea Set

Tea set bisa menjadi alternatif parcel lebaran kue (Credit: Freepik/KamranAydinov)

Apakah konsumen lebih suka parsel berisi tea set tanpa campuran atau sebaliknya. Jika ingin margin keuntungannya lebih besar, bangun kerjasama dengan supplier tea set sehingga harga bahan bakunya lebih murah.

2. Parcel Perlengkapan Makan dari Kayu

Ide parcel lebaran unik berikutnya memiliki nilai plus dari segi keunikan. Set alat makan umumnya terbuat dari keramik/beling. Akan tetapi bahan baku kayu akan memberikan kesan natural tersendiri.

Isi dari parcel lebaran unik ini bisa berupa set alat makan lengkap atau beberapa jenisnya saja. Contoh isi yang bisa Anda tawarkan ke konsumen diantaranya:

  • Piring dan mangkuk kayu
  • Set alat makan kayu lengkap mulai dari mangkuk, piring, sendok, garpu, sampai sumpit
  • Set alat masak kayu seperti spatula, bowl, hingga cobek kayu

3. Parcel Aneka Sembako

Ide parcel ini sebenarnya sudah banyak yang mengimplementasikannya. Selain harganya lebih terjangkau, isinya juga dinilai sangat berguna di momen lebaran. Paket sembako ini bisa berisikan beberapa bahan pangan seperti:

  • Gula pasir
  • Kopi bubuk
  • Teh celup
  • Aneka biskuit kering
  • Mie instan
  • Kecap dan saus botol
  • Aneka bumbu instan, dan sebagainya

Coba pikirkan pemasarannya dengan target pasar ibu rumah tangga sampai pekerja. Buat sistem pre-order pada awal Ramadan sehingga parsel bisa dikirim tepat waktu. Selain bermanfaat, bingkisan ini juga termasuk ke dalam parcel lebaran sederhana dan murah.

4. Parcel Keramik Cantik

Jika ingin mendapatkan laba lebih dari ide bisnis parcel lebaran unik, coba isi dengan aneka keramik. Parsel berisikan perabot keramik umumnya dibandrol dengan harga lumayan tinggi. Pelanggan kelas menengah atas merupakan target utama sehingga harus ada strategi khusus.

Tawarkan kualitas keramik dan bentuk parsel untuk menyasar target pasar ini. Jika dua hal ini sudah bisa Anda taklukan, konsumen akan rela membeli walau harganya tinggi.

5. Parcel Makanan Sehat

Umumnya isi parcel yang sering ada di pasaran adalah makanan dengan kalori tinggi. Parcel lebaran unik ini memiliki isi anti mainstream berupa makanan berkalori rendah. Misalnya aneka olahan vegetarian, olahan buah, dan masih banyak lagi.

Parcel lebaran unik

Ilustrasi parcel lebaran buah segar (Credit: Freepik/zirconicusso)

Anda bisa membuatnya ke dalam dua kategori yakni bingkisan parsel yang ukurannya lebih besar. Selain itu, tawarkan juga paket ekonomisnya berupa hampers dengan packaging kreatif.

6. Parcel Makanan Lebaran

Bagi pebisnis katering, parsel berisi makanan lebaran adalah ide menarik untuk memanfaatkan momen. Makanan lebaran sangat banyak variasinya, seperti rendang, opor, ketupat, hingga aneka dessert.

Coba buat promo paket parsel dan hampers berisikan makanan lebaran. Kemas dengan wadah bambu atau kayu untuk memberikan kesan natural dan otentik. Tentu saja parcel unik lebaran berisikan aneka makanan lezat ini menjadi lebih menggugah selera.

7. Parcel Skincare

Contoh parcel lebaran ini tergolong anti mainstream karena umumnya dijadikan sebagai seserahan. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba memberikannya kepada kerabat. Bagi Anda yang berbisnis kosmetik dan skincare, coba lirik pasar lebaran dengan membuatnya menjadi parsel.

Biasanya konsumen yang membeli jenis bingkisan ini ditujukan untuk diberikan kepada sahabat. Ada juga yang memberikannya ke pasangan sebagai tanda terimakasih di hari lebaran.

Anda bisa membuat parsel skincare dengan paket bundling agar HPP-nya lebih terjangkau. Selain itu, cari wadah untuk menyusun bingkisan yang lebih ekoomis agar labanya optimal.

8. Parsel Baju Lebaran

Memberikan pakaian lebaran kepada orang terkasih ternyata tidak hanya dibungkus ala kadarnya. Sebagai pebisnis, Anda bisa menawarkan solusi baju lebaran yang dibungkus dalam parsel.

Ada effort pengemasan di dalamnya sehingga secara value akan lebih mengesankan bagi yang menerimanya. Anda bisa bekerjasama dengan supplier baju muslim jika hendak fokus menjual jenis bingkisan lebaran ini.

Strategi Bersaing Berbisnis Parcel di Era Lebaran Agar Untung

Pebisnis yang menjual parsel tentunya sudah sangat banyak, bahkan persaingannya ketat. Agar tetap untung di era lebaran dengan berjualan parsel, ada beberapa strategi yang bisa Anda jalankan.

1. Persiapan Pemasaran

Agar parcel lebaran unik Anda bisa terjual secara maksimal, segalanya harus dipersiapakan dahulu. Coba persiapkan dari segi konsep pemasarannya, apakah akan mengadakan ready stock atau PO.

Jika sistem pemasarannya ready stock, berarti modalnya harus besar karena harus dialokasikan di awal. Berbeda dengan sistem pre order dimana Anda hanya membuatkan parsel berdasarkan orderan.

2. Cari Supplier dengan Benar

Setelah menentukan sistem pemasarannya, cari pemasok barang yang benar. Benar berarti pemasok tersebut memang amanah dari segi produk dan bagus secara harga.

supplier parcel

Supplier parcel lebaran yang aman dan terpercaya

Jika harga dari supplier saja sudah tergolong mahal, maka keuntungan Anda akan sedikit. Padahal membuat parsel juga butuh effort lebih yang tentu wajib ada imbalan sepadan.

3. Upgrade Skill Berkreasi

Maraknya penjual parsel lebaran tentu membuat Anda ‘dipaksa’ untuk selalu upgrade skill berkreasi. Entah itu penataan, bagaimana membungkus rapi, sampai membuat greetings card dengan desain menarik.

Semua perlu belajar dan bagi pembuat parsel tidak ada hentinya untuk terus upgrade. Terlebih trend bingkisan lebaran setiap tahunnya berubah sehingga perlu penyesuaian cepat.

4. Jangan Lupakan Trend

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, trend bingkisan lebaran setiap tahun berubah-ubah. Bahkan, isi parsel lebaran saat ini semakin unik, tidak sebatas kue dan makanan hari raya.

Oleh karena tu jika Anda terjun ke dalam bisnis ini, upayakan untuk selalu up to date. Peka terhadap trend terbaru dan mau mengimplementasikannya merupakan salah satu kunci memenangi persaingan.

5. Harus Ada Target Konsumen

Layaknya bisnis lainnya, bagi bisnis parcel lebaran unik harus ada konsumen yang tertarget. Anda harus menargetkan kepada tipe konsumen seperti apa parcel dijual. Apakah itu menyasar semua kalangan, atau khusus menengah atas.

Hal ini berguna agar Anda mudah dalam menentukan isi parcel. Harga jualnya juga akan disesuaikan dengan bagaimana target konsumen yang Anda pilihkan.

KESIMPULAN

Kesimpulannya, berbisnis parcel lebaran unik sebenarnya bisa menjanjikan. Asalkan Anda paham apa yang harus dilakukan dan tahu bagaimana harus berkreasi. Selain itu, upgrade selalu skill berkreasi agar tampilan bingkisan lebaran kian optimal.

Untuk bisnis parcel lebaran sebenarnya juga harus memikirkan sistem manajemennya. Terlebih banyak barang dan perlengkapan yang harus disediakan. Seperti keranjang, pita, hiasan bunga, dan sebagainya.

Semua perlu diatur di sistem operasi yang bagus untuk inventory dan laporan keuangan. Seperti dalam Beecloud, software akuntansi online yang berguna memaksimalkan bisnis Anda. Mulai dari pembuatan laporan keuangan hingga menyusun inventory semua bisa dilakukan.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Pakai Beecloud untuk mendukung bisnis parcel lebaran unik Anda. Semoga bisa memaksimalkan kinerja dan bisnis Anda kian besar, mampu bertahan dari persaingan.

Customer Retention Adalah: Faktor dan Cara Meningkatkannya
Customer retention adalah aspek krusial dalam strategi pemasaran modern yang tidak bisa diabaikan. Sejauh mana suatu bisnis mampu mempertahankan pelanggan
Baca Juga
Apa itu Model Bisnis? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya
Menentukan model bisnis sebelum membuka usaha adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha, dimana dengan menentukan modelnya terlebih
Baca Juga
7+ Inspirasi Desain Meja Kasir Bikin Pelanggan Makin Betah Mampir
Desain meja kasir adalah kesan pertama saat seseorang memasuki cafe. Sehingga kita harus berusaha menciptakan kesan pertama yang baik dengan
Baca Juga
Contoh Rencana Bisnis: Fungsi, Komponen, & Langkah Membuat
Banyak orang yang memulai bisnis tanpa mempertimbangkan secara matang strategi, potensi, dan juga tantangan yang harus dihadapi. Hal ini membuat
Baca Juga
7 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Desain Kemasan Makanan
Desain dalam kemasan produk bisa menjadi penentu keputusan pembelian pelanggan, termasuk pada desain kemasan makanan. Semakin menarik desain yang digunakan
Baca Juga
10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023
Bisnis sukses, dikenal banyak orang sampai menjadi pilihan utama konsumen ketika akan membeli produk sejenis, salah satu caranya adalah paham
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu