🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Slogan Adalah: Jenis, Ciri, Contoh dan Tips Membuatnya

Slogan adalah kalimat pendek mewakili identitas produk dengan ciri singkat dan signifikan, berikut contoh slogan dan penjelasan lainnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Slogan merupakan kalimat pendek yang memiliki kekuatan dalam membangun citra merek dan mempengaruhi perilaku konsumen. Sebuah slogan yang baik mampu membedakan suatu merek dari pesaingnya dan meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan konsumen.

Selain itu, slogan juga berfungsi sebagai alat komunikasi yang efektif dalam kampanye iklan dan pemasaran. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan atau organisasi untuk memikirkan dengan seksama dan kreatif dalam memilih dan merumuskan sebuah slogan yang tepat dan menarik bagi target pasar mereka.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri, serta tips dan trik dalam membuat slogan yang efektif dan berkesan bagi konsumen.

Apa itu Slogan? Slogan Adalah ...

Slogan yang Menarik Bisa Jadi Strategi Promosi (Sumber: Freepik.com)

Pengertian slogan adalah sebuah kalimat singkat dan mudah diingat yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, merek, layanan, atau organisasi. Slogan digunakan untuk memberikan kesan yang kuat pada konsumen dan menciptakan identitas merek yang khas.

Selain itu, slogan juga dapat menjadi alat marketing yang efektif karena mampu meningkatkan kesadaran merek dan memudahkan konsumen dalam mengingat produk atau merek/ brand tersebut.

Baca Juga: Brand Adalah dan Cara Membangun Brand Yang Kuat

Pengertian Slogan Menurut para Ahli

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai pengertian slogan menurut para ahli:

1. Jusuf Sjarif Badudu

Menurut Jusuf Sjarif Badudu, slogan adalah susunan kata atau frasa yang singkat dan mudah diingat, memiliki makna yang menarik dan menonjol, serta dikemas dengan bunyi yang menarik perhatian sehingga mudah diingat.

2. Sukini

Sukini berpendapat bahwa slogan merupakan kalimat yang singkat, padat, dan persuasif. Susunan kata dalam slogan tidak biasa dan dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan penting dalam waktu singkat.

3. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, dalam bukunya yang berjudul "Marketing Management", slogan dapat diartikan sebagai kata atau frasa yang singkat, mudah diingat, dan menggambarkan manfaat utama atau karakteristik produk. Slogan juga dapat membantu membedakan merek dari pesaingnya.

4. David Aaker

Sedangkan menurut David Aaker, dalam bukunya yang berjudul "Building Strong Brands", slogan adalah kata atau frasa pendek yang mencerminkan nilai, manfaat, atau karakteristik produk. Slogan juga dapat membantu konsumen memahami pesan utama dari suatu merek.

Jenis-Jenis Slogan

Contoh-Slogan-untuk-kampanye-protes

Contoh Slogan untuk Kampanye atau Protes (Sumber: Freepik.com)

Terdapat beberapa jenis slogan yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang :

1. Slogan Produk atau Jasa

Pertama, jenis slogan produk atau jasa, yang fokus pada pemasaran produk atau jasa tertentu. Slogan jenis ini biasanya menggambarkan manfaat atau karakteristik produk dengan cara yang menarik dan mudah diingat.

2. Slogan Perusahaan atau Organisasi

Kedua, jenis slogan perusahaan atau organisasi, yang menekankan nilai atau visi organisasi. Slogan jenis ini tidak hanya berfokus pada produk atau jasa, tetapi juga menggambarkan misi dan visi perusahaan atau organisasi.

3. Slogan Kampanye atau Iklan

Ketiga, jenis slogan kampanye atau iklan, yang dibuat untuk mendukung kampanye atau iklan tertentu. Slogan jenis ini berfokus pada ajakan atau imbauan, dan sering kali memiliki tujuan sosial atau lingkungan.

Unsur-Unsur yang Terdapat pada Slogan

Slogan

Slogan Adalah Kalimat Unik Sebuah Brand, dengan Ciri Simple Tapi Signifikan (Sumber: Freepik.com)

 

Setiap slogan yang efektif terdiri dari unsur-unsur yang memastikan pesan yang disampaikan mudah dipahami, mudah diingat, dan memotivasi orang untuk bertindak. Berikut adalah unsur-unsur penting yang terdapat pada sebuah slogan:

  1. Singkat: Slogan harus singkat dan padat. Idealnya, tidak lebih dari enam kata.
  2. Mudah diingat: Slogan harus mudah diingat dan mudah diucapkan. Ini membantu pesan untuk tetap melekat dalam benak konsumen.
  3. Mudah dipahami: Slogan harus mudah dipahami oleh semua kalangan, tidak terlalu rumit atau sulit dipahami.
  4. Unik: Slogan harus unik dan berbeda dari slogan produk atau merek lainnya.
  5. Relevan: Slogan harus relevan dengan merek atau produk, dan dapat membantu konsumen memahami manfaat atau nilai dari merek atau produk tersebut.
  6. Menggugah emosi: Slogan yang efektif dapat membangkitkan emosi atau perasaan tertentu dalam konsumen, baik itu kebahagiaan, kepercayaan diri, kepercayaan, atau rasa penasaran.
  7. Persuasif: Slogan harus persuasif dan dapat membujuk konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau merek.
  8. Sederhana: Slogan harus sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

Dengan memperhatikan unsur-unsur di atas, Anda dapat membuat slogan yang efektif dan memotivasi konsumen untuk bertindak.

Namun, ingatlah bahwa tidak semua slogan harus mencakup semua unsur tersebut. Pilihlah unsur yang paling sesuai dengan merek atau produk Anda dan sampaikan pesan dengan cara yang tepat.

Ciri-Ciri Slogan

Selain Singkat dan Signifikan, Slogan Juga Harus Unik dan Berbeda dari yang Lain (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah slogan yang baik dan efektif :

a. Pendek dan Mudah Diingat

Slogan harus singkat, padat, dan mudah diingat agar konsumen mudah mengingatnya dan dapat dengan mudah menghubungkan dengan produk atau merek tertentu.

b. Sifat Persuasif

Slogan harus memiliki daya persuasif dan dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau memilih merek tertentu. Dan slogan yang baik harus memiliki daya tarik yang kuat dan dapat menarik perhatian konsumen.

c. Bersifat Unik

Slogan yang baik harus unik dan membedakan produk atau merek dari pesaingnya. Harus sesuai dengan merek atau produk yang dipromosikan, dan harus mencerminkan nilai dan citra merek yang ingin dibangun.

d. Menggambarkan Karakteristik atau Manfaat Produk

Slogan yang baik harus menggambarkan karakteristik atau manfaat produk dengan cara yang menarik dan mudah diingat.

e. Mudah Diucapkan dan Jelas

Slogan harus mudah diucapkan dan diucapkan dengan jelas agar mudah dipahami dan diingat oleh konsumen.

Dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, maka dapat membantu dalam pembuatan slogan yang efektif dan memenuhi tujuan komunikasi merek atau produk yang ingin disampaikan.

7 Tips dan Trik Membuat Slogan yang Efektif

 

Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam membuat slogan yang efektif, antaranya :

1. Fokus pada Manfaat Produk atau Merek

Slogan yang efektif harus fokus pada manfaat produk atau merek, bukan fitur produk. Cari tahu manfaat apa yang ingin ditawarkan oleh merek atau produk dan gunakan sebagai dasar dalam membuat slogan.

2. Buatlah Slogan yang Unik

Membuat slogan yang unik adalah kunci dalam membuat merek atau produk berbeda dengan yang lain. Pastikan slogan tidak terdengar umum dan membosankan.

3. Buatlah Slogan yang Mudah Diingat

Slogan yang mudah diingat akan membantu merek atau produk Anda terus dipikirkan oleh konsumen. Buatlah kata-kata atau frasa yang singkat, mudah diucapkan, dan mudah diingat.

4. Gunakan Kata-kata yang Kuat

Kata-kata yang kuat dapat mempengaruhi konsumen dan meninggalkan kesan yang kuat. Gunakan kata-kata yang memiliki daya tarik dan dapat memancing minat konsumen.

5. Pertimbangkan Target Pasar

Slogan yang dibuat harus sesuai dengan target pasar. Pilih kata-kata yang sesuai dengan kepribadian dan nilai-nilai yang dihargai oleh target pasar.

6. Gunakan Perbandingan

Menggunakan perbandingan dapat membantu konsumen memahami manfaat produk atau merek. Perbandingan yang dilakukan haruslah positif dan tidak merendahkan merek atau produk pesaing.

7. Uji Coba Slogan

Sebelum memutuskan untuk menggunakan slogan tertentu, uji coba slogan dengan konsumen potensial untuk mendapatkan umpan balik dan saran perbaikan. Dengan begitu, slogan dapat disesuaikan dan dibuat lebih efektif.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat membuat slogan yang efektif dan memenuhi tujuan komunikasi merek atau produk Anda.

Baca Juga: Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya

Contoh Slogan yang Bisa Digunakan Inspirasi

Berikut adalah beberapa contoh slogan yang bisa menjadi inspirasi dalam membuat slogan:

- Contoh Slogan Brand Nike: "Just Do It"

Contoh Slogan Brand Nike

Contoh Slogan Brand Nike (Sumber: Nike)

Nike adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang desain, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk alas kaki, pakaian, dan peralatan olahraga.

Brand Nike didirikan pada tahun 1964 oleh Phil Knight dan Bill Bowerman di Oregon, Amerika Serikat, dan saat ini telah menjadi salah satu merek terkemuka di dunia dalam industri olahraga.

Nike terkenal dengan slogan "Just Do It" yang terus dikenal hingga saat ini, dan telah berkolaborasi dengan berbagai atlet terkenal dan tim olahraga di seluruh dunia.

- Contoh Slogan Brand Apple: "Think Different"

Apple adalah perusahaan teknologi multinasional yang terkenal dengan produk-produk seperti iPhone, iPad, MacBook, dan Apple Watch. Slogan yang sering dikaitkan dengan brand Apple adalah "Think Different" yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997.

Slogan ini mempromosikan nilai-nilai kreativitas dan inovasi yang dianut oleh Apple dan sering dikaitkan dengan keberhasilan produk-produk mereka. Apple dikenal dengan inovasi produk yang terus menerus, desain yang elegan, dan sistem operasi yang mudah digunakan.

- Contoh Slogan Brand McDonald's: "I'm Lovin' It"

Slogan yang sering dikaitkan dengan brand McDonald's adalah "I'm Lovin' It" yang diperkenalkan pada tahun 2003. Slogan ini dimaksudkan untuk mempromosikan nilai-nilai kegembiraan, kelezatan, dan kenyamanan yang dirasakan oleh konsumen ketika mengkonsumsi produk McDonald's.

- Contoh Slogan Brand Indomie: "Indomie Seleraku"

Contoh Slogan Indomie

Salah Satu Tagline Ikonik Milik Brand Indonesia (Sumber: ik.imagekit.io)

Slogan "Indomie Seleraku" digunakan untuk mempromosikan Indomie sebagai makanan yang disukai oleh banyak orang, dan menyampaikan bahwa Indomie cocok dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.

- Contoh Slogan BrandKopiko: “Kopiko, Gantinya Ngopi”

Slogan "Kopiko, Gantinya Ngopi" digunakan untuk mempromosikan Kopiko sebagai pengganti kopi yang praktis dan enak dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.

Slogan ini menekankan bahwa konsumen dapat menikmati rasa kopi yang autentik dan berkualitas tanpa perlu membuat kopi yang rumit.

- Contoh Slogan Brand Sari Roti: “Rotinya Indonesia”

Contoh Slogan Sari Roti

Contoh tagline dari brand Sari Roti (Sumber: Sari Roti)

Slogan "Rotinya Indonesia" digunakan untuk menunjukkan bahwa Sari Roti merupakan roti yang dibuat di Indonesia, untuk orang Indonesia, dengan bahan-bahan berkualitas dari Indonesia.

Slogan ini juga menunjukkan komitmen Sari Roti dalam mendukung produk lokal dan menjadi bagian dari mendorong perekonomian Indonesia.

- Teh Botol Sosro: “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol SOSRO”

Slogan "Apapun makanannya, minumnya Teh Botol SOSRO" menunjukkan bahwa Teh Botol Sosro adalah minuman teh yang cocok untuk disantap dengan berbagai jenis makanan, dari nasi hingga mie, sehingga menjadi pilihan utama dalam berbagai situasi makan.

Slogan ini menunjukkan betapa seringnya Teh Botol Sosro dihadirkan di berbagai acara makan, dan telah menjadi salah satu bagian dari tradisi minum teh di Indonesia

- Beecloud: “Bisnisnya Jalan, Bossnya jalan-jalan”

bisnisnya jalan bossnya jalan jalan beecloud

Beecloud adalah sebuah brand software akuntansi online berbasis cloud asal Indonesia yang menyediakan solusi untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis. Slogan "Bisnisnya Jalan, Bossnya jalan-jalan" menggambarkan bahwa dengan menggunakan software akuntansi Beecloud.

Pengguna dapat dengan mudah mengelola keuangan bisnis dari mana saja dan kapan saja, sehingga pemilik bisnis bisa lebih leluasa untuk melakukan perjalanan atau melakukan aktivitas lainnya tanpa harus khawatir terkendala dengan tugas keuangan bisnis.

Slogan-slogan di atas memiliki karakteristik yang berbeda, namun semua memiliki kekuatan untuk mengkomunikasikan pesan merek yang kuat, mudah diingat, dan memotivasi konsumen untuk bertindak.

Kesimpulan

Dalam pembuatan slogan, perlu dipertimbangkan karakteristik dan tujuan merek atau produk, serta keunikan dan daya tarik dari slogan tersebut.

Dengan slogan yang tepat dan efektif, dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, membedakan merek dari pesaingnya, serta meningkatkan minat dan kepercayaan konsumen terhadap produk atau merek tersebut.

Artikel Terkait

7 Tips Kelola Hutang Usaha dengan Mudah
Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha. Dalam
Baca Juga
12 Inspirasi Usaha, Modal & 5 Tips Sukses Memulainya
Apakah Anda adalah calon pebisnis yang bingung mau usaha atau memulai bisnis apa? Jika iya, di artikel ini akan dibahas
Baca Juga
Pemasaran Adalah: Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang memainkan peran kunci dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa marketing yang efektif,
Baca Juga
Inilah Rahasia Promosi Bisnis Offline yang Paling Ampuh
Promosi Bisnis Offline - Sebagai seorang pengusaha, Anda pastinya menginginkan jika usaha yang Anda jalankan dapat mencapai keberhasilan. Keberhasilan usaha
Baca Juga
Rincian Modal dan Persiapan Memulai Usaha Digital Printing
Digital printing merupakan bidang dengan lingkup yang sangat luas, serta membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebelum memulai usaha digital printing,
Baca Juga
Tahapan Proses Pengambilan Keputusan yang Perlu Diperhatikan
Pengambilan keputusan merupakan proses penting yang terjadi di berbagai aspek kehidupan, baik dalam konteks pribadi maupun profesional. Termasuk dalam urusan
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Saturday, 3 February 2024
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu