Web Logo Bee
Penulis: Nindya Adityanti

Alasan Mengapa Mesin Kasir Android Portable Jadi Favorit Pengusaha

Dipublish Tgl: Monday, 28 March 2022

Mesin kasir android portable merupakan hasil perkembangan kemajuan teknologi pada era sekarang menuntut para pebisnis untuk menyesuaikan tantangan zaman modern untuk mencari solusi terbaik, tercepat, dan juga akuntabel guna menghitung dan mencatat data penjualan bisnis secara lengkap. Kini, secara signifikan Anda sebagai pebisnis dapat memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk memajukan bisnis Anda.

Software ini terbukti membantu dalam menunjang berbagai macam kegiatan usaha yang ada, mulai dari usaha cafe, resto, angkringan, hingga usaha retail. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur dalam software POS yang mempermudah segala aktivitas transaksi pembayaran yang terintegrasi langsung dengan sistem akuntansi bisnis Anda.

Transaksi keuangan menjadi aman karena tercatat dengan detail dan realtime. Penggunaannya yang serba praktis karena bisa terhubung ke berbagai gawai, baik ponsel pintar maupun tablet, tak ayal menjadikan mesin kasir android portable favorit para pengusaha.  

Mengapa Menggunakan Mesin Kasir Android Portable?

alasan-menggunakan-mesin-kasir-android

Alasan Menggunakan Mesin Kasir Android Portable Photo by Clay Banks on Unsplash

  • Cocok untuk Segala Usaha

Mesin kasir android portable dioperasikan melalui sistem POS yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda. Berbagai jenis usaha dapat menggunakan sistem POS, mulai dari cafe, kedai kopi, angkringan, toko kelontong, hingga usaha retail lainnya. Lain halnya dengan mesin kasir konvensional yang hanya dapat digunakan untuk satu jenis pengelolaan usaha atau bisnis.

  • Menggunakan Teknologi Baterai

Sumber energi dari mesin kasir android portable adalah baterai, karena dioperasikan menggunakan ponsel pintar atau tablet milik Anda. Hal ini tentu saja sangat ekonomis karena mesin kasir Anda tidak perlu bergantung pada pasokan listrik.

  • Praktis

Dengan sistem POS, Anda dapat mengoperasikan transaksi penjualan produk bisnis Anda. Mesin kasir Android portable juga memberikan kemudahan dalam proses pembayaran, pembuatan laporan, manajemen persediaan, manajemen karyawan, hingga pengumpulan data pelanggan. Ukurannya yang kecil dan pengoperasiannya yang sederhana membuat pengelolaan kasir tidak memakan waktu, tenaga, dan biaya yang banyak. Pengeluaran minimal, proses bisnis berjalan maksimal.

  • Kinerja Prosesor Cepat dan Teruji

mesin-kasir-android-portable-kinerja-cepat

Mesin Kasir Modern yang Lebih Cepat dan Efisien Photo by Blake Wisz on Unsplash

Sistem POS yang digunakan oleh mesin kasir android portable adalah Mobile POS. Sistem ini dapat dioperasikan dengan iOS, Android dan Windows, sesuai dengan sistem operasi gawai Anda. Hal ini menjamin proses rekap data yang lebih canggih, cepat, dan akuntabel. Data akan tersimpan pada sistem cloud, sehingga Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengakses dan secara cepat dan realtime.

  • Fitur Aplikasinya Serbaguna

Meski ukurannya lebih kecil daripada mesin kasir konvensional, mesin kasir portable menawarkan berbagai fasilitas melalui aplikasi sistem POS. Berbagai fitur yang tersedia tersebut memungkinkan Anda mengakses data penjualan bisnis Anda di manapun dan kapanpun melalui ponsel pintar Anda. Untuk mengawasi proses bisnis Anda dan melacak performa karyawan Anda, kini cukup dengan melakukan satu sentuhan saja..

  • Melakukan Pembayaran dengan Berbagai Cara

Dewasa ini pelanggan tidak hanya melakukan pembayaran transaksi dengan uang tunai saja. Namun juga menggunakan kartu debit/kredit atau uang elektronik seperti OVO, Gopay, Shopeepay, Dana, LinkAja, dan sebagainya. Sistem chip EMV pada kartu kredit/debit menjadikan penggunaannya tidak lagi digesek, melainkan pemindaian chip.

Selain itu, mesin kasir android portable juga melayani pembayaran dengan metode NFC. NFC merupakan singkatan dari near field communication, sebuah teknologi yang memungkinkan dua gawai (ponsel pintar pelanggan dan mesin kasir android portable Anda) untuk terkoneksi dengan cara didekatkan. Kemudian pembayaran akan dilakukan melalui aplikasi uang eletronik yang terdapat dalam ponsel pintar pelanggan Anda.

  • Buat Laporan Keuangan Mudah

Beepos Software Kasir Integrasi Akuntansi

Mesin Kasir Android Portable Terintegrasi dengan Akuntansi (Sumber: Bee.id)

Bukan hanya data omzet penjualan yang tercatat pada sistem POS online, namun juga kontrol stok opname, nilai gross profit, biaya-biaya operasional, hingga hasil perhitungan laba bersih dan pajak, yakni PPN dan PPH. Semua ini mungkin dilakukan karena sistem POS secara otomatis terhubung dengan sistem akuntansi bisnis Anda.

  • Buat Sistem Loyalty Benefit

Karena ada rekap data pelanggan dalam mesin kasir Android portable anda, maka Anda dapat membuat sistem member dan memberikan benefit bagi pelanggan Anda yang loyal berupa promo khusus member. Promo tersebut dapat berupa potongan harga khusus member, promo di hari istimewa, diskon menu tertentu, dan diskon dengan syarat minimal belanja.

  • Mudah Lihat Stok, Hingga Kelola Cabang

Secara realtime, Anda dapat memastikan stok opname, stok baru masuk, serta stok sisa dari bisnis Anda. Tidak hanya itu, apabila Anda memiliki banyak cabang pada bisnis Anda, Anda dapat mengelolanya secara praktis karena melalui sistem POS, semua data penjualan terintegrasi secara online.

Tips Memilih Mesin Kasir Android Portable

tips-memilih-mesin-kasir-android-portable

Tips Memilih Mesin Kasir Android Portable untuk Usaha Anda Photo by Blake Wisz on Unsplash

1. Kompatibel dengan Banyak Sistem POS

Pastikan mesin kasir  yang Anda pilih kompatibel dengan berbagai sistem POS yang ada, sehingga akan memudahkan Anda untuk memilih sistem POS yang terbaik.

2. Menyediakan Transparansi, Layar Mudah Dilihat oleh Kasir dan Konsumen

Sebaiknya memiliki layar yang dapat dilihat secara leluasa baik oleh karyawan maupun pelanggan Anda, sehingga menjamin transparansi transaksi penjualan.

3. Dilengkapi NFC, Memudahkan Transaksi Cashless

Dengan teknologi NFC, pelanggan Anda yang ingin melakukan transaksi non tunai cukup mendekatkan ponsel pintarnya ke mesin kasir android portable Anda, sehingga proses pembayaran dapat dilakukan oleh aplikasi uang elektronik milik pelanggan Anda.

4. Pastikan Data Penjualan Aman dengan Back-up SD card

Terkadang ada gangguan tidak disangka seperti terputusnya koneksi jaringan internet. Untuk memastikan keamanan rekap data penjualan ketika harus mengoperasikan mesin kasir android portable secara offline, maka perlu dipastikan memori internal gawai Anda cukup dengan tersedianya SD Card.

5. Ukuran Mungil, Namun Memiliki Layar Besar dan Tajam

Meskipun ukurannya mini, mesin kasir android portable memiliki ukuran layar yang besar dengan resolusi tajam. Hal ini memudahkan penggunaan sistem POS karena fitur-fitur tervisualisasikan dengan baik, sehingga kasir Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi penjualan.

8 Kelebihan Mesin Kasir Android Portable

kelebihan-mesin-kasir-android-portable

Kemudahan Dalam Menggunakan Mesin Kasir Android Portable untuk Bisnis Photo by Christiann Koepke on Unsplash

1. Penggunaan Mesin Kasir Sederhana, Canggih, dan Murah

Menggunakan sistem POS yang sederhana konfigurasinya dan operasionalnya. Anda cukup menggunakan gawai Anda, seperti ponsel pintar maupun tablet, lalu unduh aplikasi sistem POS, dan gawai Anda tersebut siap untuk menjalankan program kasir. Untuk berbagai usaha Anda, tersedia berbagai macam program kasir yang disesuaikan.

Harga berlangganan program aplikasi untuk mesin kasir Android portable juga relatif murah bila dibandingkan dengan mesin kasir konvensional yang memerlukan berbagai macam perangkat keras dengan harga jutaan rupiah. Dalam penggunaanya pun juga sangat mudah, Anda tinggal sentuh gawai Anda dan jalankan proses transaksinya.

2. Memiliki Sistem Penyimpanan Data secara Online maupun Offline

Dalam penggunaannya, mesin kasir android portable menggunakan aplikasi software yang dilakukan secara online. Apabila terjadi transaksi penjualan, karena adanya sistem online, maka data tersebut langsung tercatat dalam aplikasi software POS yang dipakai, sehingga ketika Anda sebagai pemilik bisnis ingin memperoleh rekap penjualan, Anda dapat mengunduh datanya secara mudah dan praktis.

Namun jangan khawatir apabila daerah bisnis Anda mengalami kendala koneksi internet. Anda masih dapat menikmati manfaatnya, karena ketika offline maka penyimpanan data penjualan akan dilakukan di memori internal gawai Anda.

3. Melakukan Pemantauan Toko di Manapun dan Kapanpun

Software Akuntansi Online Beecloud Dashboard Kontrol Bisnis Darimanapun

Dashboard Beecloud untuk Kontrol Bisnis Darimanapun Kapanpun (Sumber: Bee.id)

Apabila Anda adalah pebisnis yang sibuk dengan berbagai kegiatan, Anda akan sangat dimudahkan dalam memantau aktivitas penjualan toko Anda. Dengan sistem POS yang bisa diakses di mana saja, Anda cukup sentuh layar ponsel pintar Anda. Karena menggunakan mesin kasir android portable, kasir toko Anda menjadi leluasa untuk bergerak membantu pelanggan Anda di berbagai sudut toko.

4. Digunakan untuk Pendataan Stok

Sebagai bisnis yang beroperasi setiap hari, toko harus secara terus-menerus memperbaharui stok barang. Diperlukan juga inventarisasi dan pengecekan stok sisa untuk menghitung nilai total omzet usaha Anda. Kini pengecekan stok barang di toko Anda tidak hanya dapat dilakukan secara manual. Anda dapat mencocokan dengan rekap barang dalam sistem POS aplikasi mesin kasir android portable yang canggih ini.

5. Laporan Transaksi yang Sudah Terintegrasi

Pembukuan laporan penjualan merupakan proses penting yang membutuhkan ketelitian dan waktu yang tidak singkat dalam penyusunannya. Mesin kasir android portable menawarkan solusi praktis untuk kebutuhan pembukuan bisnis Anda karena sistemnya yang secara otomatis tersinkronisasi dengan pembukuan akunting. Anda dapat memantau data laporan penjualan secara realtime dari berbagai cabang. Sistemnya yang canggih juga meniadakan risiko kesalahan penghitungan, dan kasir Anda dapat secara efektif dan efisien melayani pelanggan Anda.

6. Export Data Dalam Bentuk CSV, Excel, dan juga PDF

Contoh Fitur Export Desain Nota di Aplikasi Kasir Beepos (Sumber: Bee.id)

Rekap laporan penjualan bisnis Anda diperlukan, antara lain untuk pelaporan pajak dan bahan presentasi untuk meyakinkan investor dan debitur. Agar tampilan rekap laporan ini mudah diakses siapa saja, maka kecanggihan dari mesin kasir android portable memungkinkan bentuk laporan keuangan Anda diubah ke bentuk yang profesional seperti microsoft Excel, CSV, bahkan PDF. Selain bisa dicetak dalam bentuk laporan fisik, rekap laporan penjualan juga bisa Anda edit dengan menambahkan informasi lain sesuai kebutuhan Anda. Karena begitu mudahnya aplikasi sistem POS, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam membuat laporan penjualan.

7. Personalisasi Tombol Keyboard Sesuai Kebutuhan

Keuntungan lainnya dalam menggunakan mesin kasir Android portable dengan sistem POS adalah sistem ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Siistemnya begitu fleksibel, hingga tombol keyboard pada software sistem POS bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Lain halnya dengan mesin kasir konvensional yang tombol keyboardnya sudah merupakan bawaan dari pabrik manufaktur. Sistem POS merupakan jawaban atas semakin kompleksnya kebutuhan Anda dalam mengembangkan bisnis. Karakteristiknya yang fleksibel serta multifungsi dapat menyesuaikan fiturnya berdasarkan keinginan Anda. 

8. Hemat Ruang dan Listrik

Penataan meja kasir yang penuh dan sempit membuat pelanggan tidak nyaman dan meninggalkan kesan yang tidak baik bagi bisnis Anda. Agar kesan tersebut terhindari, maka mesin kasir android portable merupakan solusi terbaik. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki lahan bisnis yang tidak terlalu luas. Selain itu, karena penggunaannya melalui gawai bertenaga baterai, Anda bisa menghemat ongkos listrik.

Contoh Mesin Kasir Android Portable untuk Cafe dan Harganya

  • Mesin Kasir Android Portable POS Machine Desktop 15.6 inch ARM Cortex-A53 Besar

Mesin yang pertama adalah POS Machine Desktop 15.6 inch ARM Cortex-A53. Mesin Kasir Mobile Android satu ini akan membantu proses transaksi lebih mudah. Mesin ini dilengkapi oleh prosesor Qcta-core ARM Cortex-A53 32-bit. Berikut ini spesifikasi yang bisa kamu pertimbangkan. Ukuran layar 15,6 Inci, memudahkan kasir dan pelanggan untuk melihat layar. Tak hanya itu saja, mesin kasir portable ini juga punya daya tahan baterai berkapasitas tinggi 24Vdc 1.5A. Mesin kasir Android ini memiliki ruang penyimpanan memori sebesar 1GB RAM+ 8GB ROM. Harganya dibanderol Rp.4.795.000,- di Tokopedia.

Mesin Kasir Android POS Machine Desktop 15.6 inch ARM Cortex-A53 Besar

Mesin Kasir Android POS Machine Desktop 15.6 inch ARM Cortex-A53 Besar (Sumber: Dropee.com)

 

  • Advan Harvard 01 Smart Mobile Pos / Mesin Printer Android Kasir Advan

Mesin yang kedua adalah Advan Harvard 01 Smart Mobile Pos. Mesin ini dilengkapi oleh CPU prosesor MT 6761 D, 1.8 GHz,Quad-core dan didukung oleh operating system Android 9.0. Ukuran layar 5,45 Inci membuat mesin kasir Android ini mudah digenggam oleh kasir Anda, sehingga lebih praktis. Mesin kasir portable ini juga punya daya tahan baterai berkapasitas tinggi, yakni 7.4 V 5200 mAh. Mesin kasir Android ini memiliki ruang penyimpanan memori sebesar 16GB ROM + 2GB RAM. Harganya dibanderol Rp.1.720.000,- di Tokopedia.

Advan Harvard 01 Smart Mobile Pos / Mesin Printer Android Kasir Advan (Sumber: Advandigital.com)

  • Point Of Sale M1 Series Kasir Mobile Berbasis Android Portable

Kemudian yang terakhir adalah Point Of Sale M1 Series. Mesin kasir Android portable ini dilengkapi oleh fitur Iris opsional dan sidik jari sebagai kontrol keamanan tambahan. Ukuran layar 5,5 Inci, bisa dengan mudah digenggam tangan. Qualcomm Snapdragon dengan prosesor quad core, mempunyai CPU keamanan khusus. Tak hanya itu saja, mesin kasir portable ini juga punya daya tahan baterai berkapasitas tinggi 7,2V / 2600 Mah. Dengan mengisi daya 2 saja, mesin siap untuk dipakai seharian penuh. Harganya dibanderol Rp.2.200.000,- di Shopee.

Kesimpulan

Daripada memakan banyak biaya untuk mesin kasir konvensional yang memerlukan biaya pemasangan, tenaga teknis yang memasang, dan pelatihan kerja berkepanjangan untuk setiap kasir Anda, lebih menguntungkan bagi Anda untuk mengalokasikan dana untuk mesin kasir Android portable yang kaya fitur dan mudah dioperasikan, sesuai dengan modifikasi kebutuhan bisnis Anda Jika dilihat secara jangka panjang, penggunaan mesin kasir Android portable akan memerlukan biaya yang jauh lebih ekonomis dibandingkan mesin kasir konvensional dengan sistem manual yang rumit pengoperasiannya.

Berdasarkan manfaat mesin kasir Android portable yang telah dijelaskan, Anda bisa mendapatkan semuanya melalui Beepos, software kasir online yang didesain untuk keamanan dan kecepatan penjualan. Dengan menggunakan Beepos, Anda bisa menjalankan bisnis Anda secara efektif dan akurat dalam genggaman tangan Anda. Anda dapat mengecek penjualan toko dan mengawasi performa karyawan Anda di manapun Anda berada dan kapanpun Anda perlukan! Coba gratis dengan klik gambar di bawah ini!

software toko

 

4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital
Strategi Pemasaran yang jitu di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hanya dengan startegi pemasaran yang […]
Baca Juga
Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Branding Produk
Merek Anda adalah janji dan komitmen Anda kepada pelanggan. Jadi penting bagi Anda untuk membangunnya dengan hati-hati. Sebuah merek tidak […]
Baca Juga
6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana
bisnis kedai kopi sederhana - Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Rasa dan baunya yang khas menjadi daya […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu