Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Jenis Software Akuntansi Apa Saja yang Cocok Untuk UKM?

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 4 April 2022

Software akuntansi apa saja yang cocok dan terbaik untuk pembukuan UKM? Pertanyaan seperti ini banyak diungkap oleh pemilik UKM, terutama yang baru akan memakai software akuntansi. Tak sedikit, pelaku UKM merasa tak perlu software akuntansi. Sebab, menganggap hanya memboroskan anggaran, dan nilai pemasukan UKM yang ditangani masih sedikit.

Padahal, agar bisa berhasil menjalankan usaha, pelaku UKM butuh perangkat lunak atau aplikasi akuntansi. Software akuntansi memungkinkan pemilik usaha untuk melakukan pembukuan dan memantau kondisi kesehatan keuangan, di manapun dan kapanpun! Biasanya, software akuntansi dapat mengelola biaya pengeluaran, pemasukan, gaji, penjualan, dan banyak lagi. 

Nah, software akuntansi apa saja sih, yang cocok buat UKM? Tentunya, harus dipertimbangkan aspek-aspek yang sesuai kebutuhan dengan jenis usahanya, ya. Berikut di antaranya: 

Software Akuntansi Apa Saja yang Cocok untuk Pembukuan UKM?

software-akuntansi-apa-saja-untuk-pembukuan-ukm

Software Akuntansi untuk Membantu Mengelola Keuangan UMKM (Sumber: Freepik.com)

1. Software Akuntansi Komersial

Kalau ada pertanyaan software akuntansi apa saja yang cocok untuk pembukuan UKM? Jawabannya, simpel! Software akuntansi komersial adalah salah satu pilihan ideal. Umumnya, software akuntansi komersial ini dapat membantu menangani urusan akuntansi, baik bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan berkembang. 

Software akuntansi komersial seringkali memiliki analisis data berdasarkan grafik angka yang diperoleh secara online dan otomatis. Karena itu, untuk membuat laporan keuangan juga bisa lebih cepat. 

Hanya saja, pastikan kamu memilih software akuntansi komersial yang full support, harga kompetitif, dan memiliki keunggulan sesuai kebutuhan usaha. Contoh dari software akuntansi komersial ada banyak di Indonesia, salah satunya yang direkomendasikan adalah software akuntansi Beeaccounting.

Pembukuan-UKM-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

2. Software Akuntansi Perusahaan

Perusahaan raksasa yang berskala global biasanya memiliki tingkatan operasional yang sangat kompleks. Maka itu, software akuntansi perusahaan besar dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kompleksitas tersebut. Software akuntansi untuk perusahaan besar sering kali menggabungkan atau mengintegrasikan beberapa layanan dan fitur sekaligus. 

Contohnya seperti perencanaan proyek, distribusi barang, customer relationship manager, manajemen alur kerja, promosi dan marketing, serta fitur lainnya. Software akuntansi apa saja yang dipilih oleh perusahaan skala global, umumnya harus mengikuti protokol bertahap. 

Mulai dari menghubungi vendor software akuntansi, demonstrasi produk, serta menghubungi perusahaan lain yang sudah memakai software akuntansi tersebut. Software akuntansi apa saja yang umum dipakai oleh perusahaan besar? Contohnya antara lain: Oracle, SAP atau Microsoft Dynamics GP.

Baca Juga: Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!

3. Software Akuntansi Kustom

Tak jarang, pelaku UKM membuat sendiri software akuntansi sesuai kebutuhannya yang spesifik. Seiring pertumbuhan UKM, staf yang mahir bahasa pemrograman atau punya keahlian di bidang IT, dapat diminta membuat software akuntansi apa saja, termasuk software akuntansi. 

Pelaku UKM berinisiatif membuat perangkat lunak akuntansi kustom sendiri karena tidak ada program akuntansi komersial yang dapat memenuhi kebutuhan usahanya. 

software-akuntansi-software-custom-vs-jadi-pembukuan-ukm

Software Akuntansi Custom Dibuat Manual Sesuai Permintaan

Software Akuntansi Online Beecloud, Mempermudah Pengelolaan Akuntansi Kapan Aja, Dimana Aja!

Jadi, software akuntansi apa saja nih, yang bisa diandalkan bisnis Anda? Sekarang saat yang tepat buat pakai BEECLOUD! Kenapa sih, harus BEECLOUD, apa bedanya sama software akuntansi lainnya? Cuma BEECLOUD yang memiliki predikat software akuntansi di Indonesia dengan teknologi cloud yang bisa mengontrol 48 cabang sekaligus, dari 1 tempat. 

Tentunya, mengelola pembukuan, inventori, dan aktivitas keuangan, jadi makin efisien, kan? Cukup pakai BEECLOUD, kamu gak perlu repot kesana-kemari untuk mengontrol kantor cabang usahamu di luar kota. Semua laporan seperti arus kas, neraca, laba rugi, perubahan modal, dan lainnya dapat dipantau dari genggaman. Bisnis jadi makin mudah, otomatis, dan menyenangkan! Buktiin sendiri keunggulan BEE CLOUD. Daftar uji pakai GRATIS 14 hari sekarang juga!

Beecloud-Program-Akuntansi-Online-Mengontrol-48-Cabang-dari-1-Tempat

Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang […]
Baca Juga
Software Kasir Cafe Persembahan dari Bee.id
Software kasir cafe memudahkan Anda yang ingin membuka usaha sesuai trend. Café kini menjelma menjadi ruang-ruang anak muda yang mereka […]
Baca Juga
Apa itu Profit? Profit Adalah Laba, Ini Penjelasan dan Rumusnya
Profit adalah Laba yang didapatkan sebuah perusahaan/ bisnis dalam periode akuntansi tertentu yang sudah ditentukan. Sederhananya profit merupakan sebuah rincian […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu