Logo Bee Web

Jenis Software Akuntansi Apa Saja yang Cocok Untuk UKM?

Software akuntansi online apa saja yang cocok dan terbaik untuk pembukuan UKM? Pertanyaan seperti ini banyak diungkap oleh pemilik UKM
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 4 April 2022

Software akuntansi apa saja yang cocok dan terbaik untuk pembukuan UKM? Pertanyaan seperti ini banyak diungkap oleh pemilik UKM, terutama yang baru akan memakai software akuntansi. Tak sedikit, pelaku UKM merasa tak perlu software akuntansi.

Sebab, menganggap hanya memboroskan anggaran, dan nilai pemasukan UKM yang ditangani masih sedikit. Padahal, agar bisa berhasil menjalankan usaha, pelaku UKM butuh perangkat lunak atau aplikasi akuntansi.

Nah, software akuntansi apa saja sih, yang cocok buat UKM? Tentunya, harus dipertimbangkan aspek-aspek yang sesuai kebutuhan dengan jenis usahanya, ya. Berikut di antaranya:

Software Akuntansi Apa Saja yang Cocok untuk Pembukuan UKM?

software-akuntansi-apa-saja-untuk-pembukuan-ukm

Software Akuntansi untuk Membantu Mengelola Keuangan UMKM (Sumber: Freepik.com)

Software akuntansi memungkinkan pemilik usaha untuk melakukan pembukuan dan memantau kondisi kesehatan keuangan, di manapun dan kapanpun! Biasanya, software akuntansi dapat mengelola biaya pengeluaran, pemasukan, gaji, penjualan, dan banyak lagi.  Berikut jenis dan pengertiannya:

1. Software Akuntansi Komersial

Kalau ada pertanyaan software akuntansi apa saja yang cocok untuk pembukuan UKM? Jawabannya, simpel! Software akuntansi komersial adalah salah satu pilihan ideal. Umumnya, software akuntansi komersial ini dapat membantu menangani urusan akuntansi, baik bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan berkembang.

Software akuntansi komersial seringkali memiliki analisis data berdasarkan grafik angka yang diperoleh secara online dan otomatis. Karena itu, untuk membuat laporan keuangan juga bisa lebih cepat.

Hanya saja, pastikan kamu memilih software akuntansi komersial yang full support, harga kompetitif, dan memiliki keunggulan sesuai kebutuhan usaha. Contoh dari software akuntansi komersial ada banyak di Indonesia, salah satunya yang direkomendasikan adalah software akuntansi Beeaccounting.

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

2. Software Akuntansi Perusahaan

Perusahaan raksasa yang berskala global biasanya memiliki tingkatan operasional yang sangat kompleks. Maka itu, software akuntansi perusahaan besar dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kompleksitas tersebut. Software akuntansi untuk perusahaan besar sering kali menggabungkan atau mengintegrasikan beberapa layanan dan fitur sekaligus.

Contohnya seperti perencanaan proyek, distribusi barang, customer relationship manager, manajemen alur kerja, promosi dan marketing, serta fitur lainnya. Software akuntansi apa saja yang dipilih oleh perusahaan skala global, umumnya harus mengikuti protokol bertahap.

Mulai dari menghubungi vendor software akuntansi, demonstrasi produk, serta menghubungi perusahaan lain yang sudah memakai software akuntansi tersebut. Software akuntansi apa saja yang umum dipakai oleh perusahaan besar? Contohnya antara lain: Oracle, SAP atau Microsoft Dynamics GP.

Baca Juga: Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!

3. Software Akuntansi Kustom

Tak jarang, pelaku UKM membuat sendiri software akuntansi sesuai kebutuhannya yang spesifik. Seiring pertumbuhan UKM, staf yang mahir bahasa pemrograman atau punya keahlian di bidang IT, dapat diminta membuat software akuntansi apa saja, termasuk software akuntansi.

Pelaku UKM berinisiatif membuat perangkat lunak akuntansi kustom sendiri karena tidak ada program akuntansi komersial yang dapat memenuhi kebutuhan usahanya.

software-akuntansi-software-custom-vs-jadi-pembukuan-ukm

Software Akuntansi Custom Dibuat Manual Sesuai Permintaan

Software Akuntansi Online Beecloud, Mempermudah Pengelolaan Akuntansi Kapan Aja, Dimana Aja!

Jadi, software akuntansi apa saja nih, yang bisa diandalkan bisnis Anda? Sekarang saat yang tepat buat pakai BEECLOUD! Kenapa sih, harus BEECLOUD, apa bedanya sama software akuntansi lainnya? Cuma BEECLOUD yang memiliki predikat software akuntansi di Indonesia dengan teknologi cloud yang bisa mengontrol 48 cabang sekaligus, dari 1 tempat.

Tentunya, mengelola pembukuan, inventori, dan aktivitas keuangan, jadi makin efisien, kan? Cukup pakai BEECLOUD, kamu gak perlu repot kesana-kemari untuk mengontrol kantor cabang usahamu di luar kota. Semua laporan seperti arus kas, neraca, laba rugi, perubahan modal, dan lainnya dapat dipantau dari genggaman. Bisnis jadi makin mudah, otomatis, dan menyenangkan! Buktiin sendiri keunggulan BEE CLOUD. Coba gratis sekarang!

Beecloud-Program-Akuntansi-Online-Mengontrol-48-Cabang-dari-1-Tempat

Bagaimana Cara Membuat Buku Kas Sederhana?
Ulasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat buku kas secara sederhana. Seperti namanya cara membuat buku kas sederhana,
Baca Juga
Mengenal Software Akuntansi Manufaktur dan Peran Pentingnya
Bisnis manufaktur di Indonesia yang biasanya orang sebut dengan pabrik memiliki sistem yang besar dan hilir-mudik perputaran modal yang tinggi.
Baca Juga
4 Tools Aplikasi Bikin Surat Penawaran
Membuat surat penawaran bukanlah menjadi masalah bagi orang yang sudsh terbiasa membuat surat penawaran untuk menjual barang atau jasa. Namun
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap
Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki laporan keuangan, termasuk untuk jenis laporan keuangan perusahaan jasa. Karena laporan keuangan bisa
Baca Juga
Pencatatan Jurnal Pembelian, Pengertian, Jenis dan Contohnya
Jurnal pembelian adalah jurnal yang difungsikan untuk mencatat seluruh transaksi pembelian barang dagangan secara kredit dan pembelian yang berpotensi menimbulkan
Baca Juga
Contoh Jurnal Penutup dan Langkah-Langkah Membuatnya
Bagi seorang pebisnis sangat penting mengetahui contoh jurnal penutup yang benar. Hal itu dikarenakan dalam dunia bisnis jurnal penutup mempunyai
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu