Logo Bee Web

Teori Keunggulan Mutlak dalam Perdagangan Internasional

Teori keunggulan mutlak dikemukakan oleh Adam Smith pada tahun 1776, menjelaskan bagaimana suatu negara dapat memiliki keunggulan mutlak.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 9 October 2023

Teori keunggulan mutlak dalam perdagangan internasional merupakan salah satu konsep ekonomi yang fundamental dan relevan hingga saat ini. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Adam Smith pada abad ke-18, setelah berakhirnya teori merkantilisme.

Dalam teori mutlak ini secara garis besar menggambarkan bagaimana negara-negara dapat saling menguntungkan dengan fokus pada produksi barang atau jasa yang mereka miliki keunggulan mutlaknya.

Dengan demikian, perdagangan internasional memungkinkan negara untuk memaksimalkan efisiensi sumber daya, meningkatkan spesialisasi produksi, dan menghasilkan keuntungan ekonomi yang signifikan melalui pertukaran.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara lebih dalam mengenai apa itu teori keunggulan mutlak lengkap dengan pendapat ahli, syarat dan contohnya.

Apa itu Teori Keunggulan Mutlak?

Importir Adalah

Ilustrasi perbadingan keunggulan dua negara (Credit: Freepik.com)

Absolute advantage theory atau teori keunggulan mutlak dikemukakan oleh Adam Smith, sebagai konsep ekonomi. Teori ini menjelaskan bagaimana suatu negara dapat memiliki keunggulan mutlak dalam produksi tertentu dibandingkan dengan negara lain.

Adam Smith mengembangkan konsep ini secara rinci dalam karyanya yang berjudul "An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations" pada tahun 1776. Dalam teorinya, Smith juga menguraikan manfaat perdagangan internasional melalui pembagian kerja yang efisien.

Konsep ini menekankan bahwa kemakmuran suatu negara tidak hanya ditentukan oleh banyaknya logam yang dimilikinya, tetapi juga oleh pendapatan nasional yang diukur dalam bentuk Gross Domestic Product (GDP) serta kontribusi perdagangan internasional terhadap GDP.

Untuk meningkatkan GDP dan perdagangan internasional, Smith mendorong pengurangan campur tangan pemerintah yang dapat menghambat perdagangan bebas, yang pada gilirannya dapat mendorong persaingan yang lebih ketat.

Teori keunggulan mutlak juga menciptakan landasan bagi perdagangan internasional berdasarkan keunggulan dalam produksi. Di mana negara yang lebih efisien dalam menghasilkan suatu komoditas dapat memanfaatkan spesialisasi mereka dan menukarnya dengan komoditas yang tidak efisien mereka hasilkan oleh negara lain.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Internasional, Manfaat dan Tips Suksesnya

Konsep Teori Keunggulan Mutlak

Seiring berjalannya waktu pemikiran teori keunggulan produk Adam Smith ini mengalami perkembangan hingga masuk pada ekonomi skala internasional, dimana beberapa aspek menerima penggunaan teori ini menjadi beberapa kegunaan.

Seperti pembagian kerja, spesialisasi produk dan efisiensi produk dalam ekonomi internasional. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pembagian Kerja

Pembagian kerja berhubungan dengan pengaturan waktu kerja dalam proses produksi. Manajemen yang efisien dalam pembagian kerja dapat mengurangi biaya operasional produksi. Ini pada gilirannya meningkatkan keuntungan penjualan produk. Dengan mengelola biaya dengan baik, keunggulan mutlak dapat tercapai baik dalam hal penjualan produk maupun efisiensi produksi.

2. Spesialisasi Produk

Kedua, spesialisasi dalam produksi jenis barang dan jasa memungkinkan negara untuk meningkatkan keuntungan dalam produksi dalam negeri. Keunggulan mutlak terjadi ketika sebuah negara memproduksi barang yang sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya. Sebaliknya, negara juga dapat memperoleh keunggulan dengan mengimpor barang yang memiliki biaya produksi tinggi jika diproduksi dalam negeri.

3. Efisiensi Produk

Ketiga, efisiensi produksi menjadi kunci penting dalam mencapai keunggulan mutlak. Sebuah negara dapat memperoleh keunggulan mutlak jika dapat menghasilkan barang dengan biaya yang lebih rendah daripada negara lain, meskipun barang tersebut memiliki nilai yang sama.

Konsep ini berperan penting dalam perdagangan internasional, yang melibatkan peraturan perdagangan, sistem pembayaran, dan aspek lainnya. Dengan memahami dan menerapkan teori keunggulan mutlak ini, negara-negara dapat mengoptimalkan potensi ekonomi mereka dalam perdagangan internasional.

Syarat Keunggulan Mutlak

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah negara agar memiliki keunggulan mutlak, berikut diantaranya:

  • Efisiensi Produk, dimana negara harus mampu melakukan produksi barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.
  • Sumber Daya, berikutnya adalah ketersediaan sumber daya yang cukup, guna mendukung proses produksi barang tersebut.
  • Memiliki teknologi yang memadai harus canggih dan efisien, untuk menunjang proses produksi yang efektif.

Analisis Contoh Teori Keunggulan Mutlak

Untuk menentukan keunggulan mutlak suatu negara, perlu dilakukan perbandingan dan analisis antara negara yang bersangkutan dengan yang lainnya. Contoh kasusnya, Negara X dan Negara Y, memproduksi dua jenis barang, yaitu Meja dan Kursi, dengan menggunakan jumlah jam kerja yang sama.

Contoh Keunggulan Produk

Contoh tabel data keunggulan produk dari dua negara (Credit: Bee.id)

Dari data di atas, kita dapat menyimpulkan jika, Negara X dapat memproduksi 10 Meja dan 20 Kursi, yang lebih sedikit dibandingkan dengan Negara Y yang dapat memproduksi 5 Meja dan 10 Kursi dengan jumlah jam kerja yang sama.

Analisis Keunggulan Mutlak:

Negara X memiliki keunggulan mutlak dalam produksi meja karena dapat memproduksi 10 meja menggunakan jumlah jam kerja yang sama, sedangkan Negara X hanya 5 Meja.

Negara X juga memiliki keunggulan mutlak dalam produksi Kursi karena dapat memproduksi 20 Kursi dengan jumlah jam kerja yang sama, sementara Negara X hanya 10 Kursi.

Contoh Keunggulan Mutlak di Indonesia

Contoh Komoditas

Komoditas sawit jadi salah satu produk keunggulan mutlak Indonesia (Credit: Freepik.com)

Indonesia memiliki berbagai keunggulan mutlak dalam berbagai sektor ekonomi, berikut diantaranya:

1. Sumber Daya Alam

Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia merupakan negara kepulauan dengan segudang sumber daya alam. Termasuk hutan, pertanian, pertambangan, dan perikanan. Keunggulan ini memungkinkan Indonesia untuk menjadi salah satu produsen terkemuka dalam komoditas seperti minyak kelapa sawit, kopi, batu bara, dan bijih nikel.

2. Pariwisata

Kedua dari sektor pariwisata, dengan negara yang memiliki sumber daya alam melimpah, maka Indonesia juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Termasuk pulau-pulau tropis, pantai, gunung, dan keanekaragaman hayati yang kaya. Keindahan alam ini membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata utama di dunia, dengan keunggulan mutlak dalam sektor pariwisata.

3. Industri Minyak dan Gas

Dari segi industri, minyak dan gas termasuk keunggulan mutlak yang dimiliki Indonesia, dimana Indonesia memiliki cadangan minyak dan gas alam yang signifikan. Ini memberikan negara keunggulan dalam produksi minyak bumi, gas alam, dan produk turunannya, seperti petrokimia.

4. Industri Perkebunan Kopi

Selanjutnya adalah industri perkebunan kopi, yang mana Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Berkat iklim yang cocok dan beragam jenis kopi yang tumbuh di berbagai daerah, Indonesia memiliki keunggulan mutlak dalam produksi kopi. Kopi Indonesia, seperti Kopi Java, Sumatra, dan Bali, terkenal di seluruh dunia dan menjadi komoditas ekspor yang penting bagi negara ini.

5. Industri Kelapa Sawit

Menjadi salah satu produsen minyak kelapa sawit di dunia, industri kelapa sawit menjadi salah satu keunggulan mutlak di Indonesia. Iklim tropis yang cocok untuk tanaman kelapa sawit dan lahan yang luas membuat Indonesia memiliki keunggulan dalam produksi minyak kelapa sawit dan produk turunannya.

Baca Juga: Komoditas Adalah: Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Contohnya

Kelola Usaha Mudah dan Menguntungkan dengan Beecloud

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Menjalankan bisnis tidak akan bisa berjalan lancar tanpa adanya pengelolaan yang baik, pengelola ini mencakup manajemen operasional, proses kontrol stok barang, distribusi hingga keuangan. Untuk itu, hadir software akuntansi online Beecloud untuk membantu mengelola bisnis Anda.

Dengan Beecloud Anda bisa dengan mudah melakukan kontrol stok bahan baku maupun produk hasil produksi dengan klop, bisa catat penjualan dan pembelian, bisa cek laba rugi, neraca dan laporan akuntansi lainnya dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Yuk dapatkan gratis trial sekarang juga, khusus untuk Anda pengguna pertama dengan klik banner di atas. Semoga bermanfaat.

Jenis Kegiatan Ekonomi, Pelaku, serta Tujuan Kegiatan Ini
Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ialah kegiatan ekonomi dan jenis kegiatan ekonomi ini ada beragam.
Baca Juga
Rasio Profitabilitas: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Rasio profitabilitas adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengetahui perbandingan kemampuan dua perusahaan berkaitan dengan pendapatan laba dari pendapatan yang
Baca Juga
Ekonomi Maritim: Potensi dalam Pembangunan Industri Kelautan
Ekonomi maritim adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Industri maritim ini memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi
Baca Juga
Multiplier Effect Adalah: Pengertian, Fungsi, Rumus dan Jenis
Multiplier effect adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia ekonomi. Istilah ini merujuk kepada nilai pengganda yang digunakan
Baca Juga
Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh
Sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem yang menggabungkan aspek pemerintahan dan swasta dalam mengelola perekonomian suatu negara. Dalam sistem ini,
Baca Juga
Pareto adalah Aturan 80/20, Apa itu dan Bagaimana Contohnya?
Pareto juga dikenal sebagai prinsip 80/20, secara pengertian prinsip pareto adalah rangkuman esensi bahwa sebagian kecil dari upaya atau faktor
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu