Logo Bee Web

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi, Pengertian dan Contohnya

Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 1 March 2023

Rumus persamaan dasar akuntansi merupakan konsep dasar dalam akuntansi yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara aset, liabilitas, dan ekuitas suatu perusahaan.

Persamaan ini menjadi dasar yang kokoh bagi akuntan, pengusaha, dan investor untuk memahami kondisi keuangan perusahaan. Dalam akuntansi, persamaan dasar digunakan untuk mencatat transaksi, membuat laporan, dan menganalisis kesehatan keuangan.

Artikel ini akan membahas tentang rumus, termasuk definisi masing-masing komponen, cara menghitungnya, dan manfaatnya bagi bisnis. Memahami hal tersebut akan memudahkan Anda dalam meningkatkan kinerja bisnis. Yuk simak!

Apa Sih Persamaan Dasar Akuntansi Itu?

Dasar Dasar Akuntansi

Dalam Mengklasifikasi Transaksi Seorang Akuntan Perlu Rumus dalam Proses Pengerjaannya (Credit: Frepik.com)

Accounting equation adalah rumus yang digunakan dalam akuntansi untuk mencatat dan mengklasifikasikan transaksi keuangan dalam suatu perusahaan.

Hal ini terdiri dari tiga unsur, yaitu aset (asset), kewajiban (liability), dan modal (equity) yang dihubungkan melalui prinsip dasar akuntansi, yakni prinsip keseimbangan atau balance.

Baca Juga: 25 Istilah Dasar Akuntansi yang Wajib Dipahami Pemula

Rumusan Persamaan Dasar Akuntansi

Aset = Kewajiban + Modal.

Persamaan akuntansi ini mencerminkan prinsip keseimbangan atau balance yang menyatakan bahwa total aset perusahaan harus selalu sama dengan total kewajiban dan modalnya.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan harus selalu mempengaruhi sedikitnya dua unsur dalam persamaan dasar akuntansi ini.

Misalnya, jika perusahaan membeli inventaris baru dengan membayar tunai, maka aset inventaris akan bertambah, sedangkan aset kas akan berkurang sejumlah yang dibayarkan.

Dalam hal ini, kewajiban dan modal perusahaan tetap seimbang, sehingga persamaan dasar akuntansi tetap terpenuhi.

Komponen yang Ada dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Hutang Menjadi Komponen Dasar dalam Proses Perhitungan Akuntansi (Credit: Freepik.com)

Persamaan dasar ini merupakan konsep mendasar dalam akuntansi yang menyatakan bahwa total aset suatu perusahaan sama dengan total liabilitas dan ekuitas perusahaan. Terdapat tiga komponen utama dalam persamaan dasar akuntansi, yaitu:

1. Liabilitas atau Kewajiban

Kewajiban finansial yang dimiliki oleh perusahaan kepada pihak lain, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Contoh liabilitas adalah hutang bank, piutang, gaji karyawan yang harus dibayarkan, pajak, dan lain-lain.

Pentingnya liabilitas adalah bahwa perusahaan harus memahami dan mengelola kewajibannya dengan baik agar tidak menghadapi risiko kebangkrutan atau kesulitan keuangan di masa depan.

Manajemen keuangan harus memantau arus kas dan mengatur pengeluaran dengan bijak agar perusahaan dapat memenuhi kewajiban finansialnya pada saat jatuh tempo.

2. Akun Aset atau Aktiva

Segala sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dan dapat memberikan manfaat ekonomi di masa depan. Contoh aset adalah kas, rekening bank, piutang usaha, properti, tanah, bangunan, kendaraan, perlengkapan, dan masih banyak lagi.

Aset merupakan indikator penting tentang kesehatan keuangan perusahaan. Semakin besar total nilai aset suatu perusahaan, maka semakin besar juga kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan dan memenuhi kewajiban finansialnya.

Manajemen keuangan harus memantau dan mengelola aset perusahaan dengan bijak agar dapat memaksimalkan manfaat ekonomi yang dihasilkan dari aset tersebut.

3. Akun Modal atau Ekuitas

Selisih antara total aset dengan total liabilitas suatu perusahaan. Ekuitas meliputi modal pemilik, laba ditahan, saham, dan lain sebagainya.

Ini merujuk pada bagian kepemilikan atau kepentingan yang dimiliki oleh pemilik atau investor dalam suatu perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban finansial atau hutang perusahaan.

Ekuitas dapat memberikan gambaran tentang nilai perusahaan secara keseluruhan dan potensi keuntungan yang dapat diperoleh.

Ketahui Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi adalah sebuah konsep mendasar dalam akuntansi yang menunjukkan bahwa jumlah aset suatu perusahaan sama dengan jumlah liabilitas dan ekuitasnya. Secara matematis, rumus persamaan dasar akuntansi adalah sebagai berikut:

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Aset adalah semua sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan, seperti uang kas, inventaris, properti, kendaraan, dan lain sebagainya.

Liabilitas adalah semua kewajiban finansial yang dimiliki oleh perusahaan, seperti hutang bank, pinjaman, faktur yang harus dibayar, dan sejenisnya. Sementara ekuitas adalah seluruh kepemilikan perusahaan, seperti modal pemilik, saham, dan lain-lain.

Rumus dasar akuntansi menunjukkan bahwa sumber dana yang digunakan untuk membeli aset atau sumber dana yang dimiliki oleh perusahaan berasal dari dua sumber, yaitu liabilitas dan ekuitas.

Berikut Ini Contoh Persamaan Dasar Akuntansi

Rumus persamaan dasar akuntansi yaitu:

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki aset senilai Rp. 1.000.000.000 dengan liabilitas senilai Rp. 400.000.000, maka ekuitas perusahaan tersebut adalah Rp. 600.000.000. Dalam hal ini, nilai ekuitas dapat diartikan sebagai nilai bersih perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi juga dapat diterapkan dalam laporan laba rugi perusahaan dengan menggunakan persamaan berikut:

Pendapatan - Biaya = Laba/Rugi

Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki pendapatan senilai Rp. 5.000.000.000 dan biaya senilai Rp. 4.000.000.000, maka laba perusahaan tersebut adalah Rp. 1.000.000.000.

Dalam hal ini, laba yang didapat perusahaan tersebut Rp. 1.000.000.000 dari operasinya setelah mengurangi biaya-biaya yang dikeluarkan.

  • Contoh Persamaan Dasar Akuntansi dalam Bentuk Tabel
Contoh Tabel Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh Tabel Persamaan Akuntansi (Credit: Bee.id)

Manfaat dalam Menggunakan Persamaan Dasar Akuntansi Bagi Bisnis

Pengusaha Pemula Wajib Tahu Inilah Konsep dan Prinsip Akuntansi Dasar

Pengusaha Pemula Wajib Tahu Inilah Konsep dan Prinsip Akuntansi Dasar dan Manfaatnya Bagi Bisnis Mereka (Credit: Freepik.com)

Setelah mengetahui bagaimana rumus persamaan dasar akuntansi, Anda juga wajib memahami bahwa persamaan ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi bisnis. Berikut adalah sejumlah manfaatnya, antara lain:

1. Membantu Memahami Kondisi Keuangan Perusahaan

Persamaan akuntansi membantu pemilik bisnis untuk memahami secara lebih baik kondisi keuangan perusahaan, terutama dalam hal aset, kewajiban, dan modal.

Memantau dan memahami perubahan dalam persamaan dasar akuntansi, berarti pemilik bisnis dapat mengambil keputusan yang lebih baik terkait pengelolaan keuangan perusahaan.

2. Membantu Mengambil Keputusan Bisnis

Jika pemilik ingin memperoleh pinjaman, maka bank akan meminta laporan keuangan perusahaan. Dalam hal ini, pemilik bisnis dapat menggunakan persamaan dasar akuntansi untuk menyusun laporan keuangan yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

3. Mengukur Kinerja Bisnis

Pemilik bisnis dapat melihat apakah perusahaan mengalami peningkatan keuntungan atau kerugian, apakah aset perusahaan meningkat atau menurun, dan apakah perusahaan memiliki kewajiban yang melebihi modal.

Memantau dan memahami persamaan dasar akuntansi, menjadikan pemilik bisnis dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja bisnis.

4. Membantu Merencanakan Keuangan

Pemilik bisnis dapat menggunakan rumus persamaan dasar akuntansi untuk membuat proyeksi keuangan dan merencanakan strategi bisnis yang lebih baik.

Merencanakan keuangan perusahaan dengan cermat akan memungkinkan perusahaan dapat meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.

5. Meningkatkan Pengawasan dan Kontrol Keuangan

Dalam pengelolaan bisnis, penting untuk memantau dan mengontrol pengeluaran keuangan perusahaan.

Menggunakan persamaan akuntansi, pemilik bisnis dapat memantau aliran keuangan perusahaan, mengidentifikasi sumber dan penggunaan dana, serta mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas pengeluaran.

6. Memudahkan Pelaporan Pajak

Persamaan ini juga sangat berguna dalam pelaporan pajak yang mana pemilik bisnis dapat menggunakannya untuk mempersiapkan laporan pajak, menghitung kewajiban pajak, serta menghindari masalah perpajakan.

7. Membantu dalam Penilaian Kelayakan Investasi

Dalam melakukan investasi, baik itu investasi jangka pendek atau jangka panjang pemilik bisnis harus mempertimbangkan kelayakan investasi dari sudut pandang keuangan.

Rumus persamaan dasar akuntansi diperlukan saat melakukan analisa kelayakan investasi dengan cara menghitung tingkat pengembalian yang diharapkan, risiko investasi, dan seberapa cepat investasi dapat menghasilkan keuntungan.

8. Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas

Mengikuti persamaan akuntansi, perusahaan dapat memastikan transparansi dan akuntabilitas keuangan yang lebih tinggi terhadap stakeholder, termasuk pemegang saham, pemerintah, dan kreditor.

9. Meningkatkan Efisiensi dalam  Hal Operasional

Terakhir, persamaan ini akan membantu pemilik bisnis untuk memahami aliran keuangan perusahaan. Oleh sebab demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan pengeluaran dan meningkatkan efisiensi operasional.

Efisiensi operasional yang lebih baik berarti perusahaan dapat menghasilkan laba lebih tinggi dan mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih efektif.

Baca Juga: Mengenal Persamaan Akuntansi, Jenis, Rumus, Contoh dan Fungsi

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, persamaan akuntansi memiliki manfaat yang sangat penting bagi bisnis. Dalam hal ini, mereka dapat membantu pemilik bisnis dalam memahami kondisi keuangan perusahaan serta mengambil keputusan bisnis.

Selain itu, penggunaan rumus persamaan dasar akuntansi juga membantu dalam mengukur kinerja bisnis dan merencanakan keuangan perusahaan dengan lebih baik. merupakan konsep dasar dalam akuntansi yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara aset, liabilitas, dan ekuitas suatu perusahaan.

Beecloud Hitung Otomatis Penyusutan Aset Depresiasi

Anda bisa menerapkan akuntansi dasar pada bisnis dengan menggunakan bantuan Software Akuntansi online Beecloud, mulai dari menghitung keuangan, pengelolahan pembukuan transaksi, stok, sampai penyusutan aset setiap tahunnya dengan mudah dan akurat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Bagaimana Cara Menerapkan Akuntansi Toko Sederhana?
Apakah saat ini Anda sedang mencari cara untuk menerapkan akuntansi toko bagi usaha Anda? Yap, setiap bisnis, terlepas dari ukuran
Baca Juga
4 Langkah Mudah Belajar Accounting untuk Pebisnis Pemula
Salah satu hal yang turut mensukseskan bisnis yang sedang Anda bangun saat ini adalah dengan menggunakan sistem akuntansi yang baik.
Baca Juga
4 Contoh Pembukuan Sederhana untuk UMKM, Dijamin Mudah!
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjalankan bisnis dengan lebih teratur dan efisien? Jawabannya mungkin terletak pada praktik sederhana yang dapat
Baca Juga
Software Akuntansi Online Bisnis, Berikut Penjelasan Manfaatnya
Sekarang, dunia bisnis tak lagi sama dengan zaman dahulu. Secara perlahan, bisnis konvensional mulai bergerak menuju era digital. Hal ini
Baca Juga
Sistem Akuntansi: Pengertian, Manfaat dan Contohnya
Sistem informasi akuntansi atau sering disebut sistem akuntansi adalah salah satu hal yang penting bagi suatu perusahaan. Akuntansi sebagai sistem
Baca Juga
Siapa Saja Pemakai Informasi Akuntansi? Berikut Diantaranya
Informasi akuntansi menjadi pondasi utama bagi pemahaman dan pengambilan keputusan yang tepat. Siapa saja yang terlibat dalam ekosistem bisnis, mulai
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu