Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Cara Membuat Pembukuan Bengkel Motor Excel

Dipublish Tgl: Tuesday, 28 June 2022

Pembukuan bengkel motor excel merupakan salah satu dokumen penting yang sangat dibutuhkan oleh pemilik bengkel. Karena format excel dapat diterapkan oleh siapapun.

Jika Anda seorang pengusaha, laporan keuangan tampaknya menjadi sesuatu yang akrab. Pelaporan keuangan di dunia bisnis biasanya tidak dapat dipisahkan dari bantuan Excel.

Ini karena penulisan laporan yang menggunakan Excel dianggap rapi dan mudah dimengerti.

Lalu, bagaimana membuat laporan keuangan di Excel tanpa rumit? Banyak orang berpikir bahwa Excel adalah jenis Microsoft yang sulit dipahami. Anda harus mengubah pola pikir karena mengoperasikan Excel hanya membutuhkan akurasi di dalamnya.

Dalam artikel ini, itu akan dijelaskan secara penuh tentang cara membuat pembukuan untuk usaha bengkel menggunakan Microsoft Excel dengan cepat dan tepat.

Manfaat Excel untuk Membuat Pembukuan Usaha

Seorang Karyawan Mengerjakan Data Di Microsoft Excel

Seorang Karyawan Mengerjakan Data Di Microsoft Excel

Cara membuat laporan pembukuan di Excel memang membutuhkan sedikit keahlian dan akurasi. Namun, jika Anda berhasil mempelajari Excel, berbagai manfaat pasti akan diperoleh.

Berikut ini adalah manfaat dari pelaporan dan pembukuan keuangan:

  • Pembanding Kumpulan Data yang Akurat

Salah satu manfaat Excel adalah sebagai perbandingan set data yang akurat. Excel dapat membantu Anda membandingkan total data keuangan dari versi utang perdagangan dalam hal menghitung volume arus kas.

Anda juga dapat mengulangi pelacakan untuk mendapatkan gambaran yang jelas terkait dengan pengeluaran keuangan.

Cara membuat laporan pembukuan per bukan menggunakan Excel Anda dapat mengelompokkan berdasarkan beberapa poin. Adapun poin-poin ini seperti ukuran, lokasi, atau pembelian dalam hal masuk dari pendapatan bisnis bengkel motor.

  • Entri Data Otomatis

Salah satu alasan penting kenapa banyak orang menggunakan excel sebagai media untuk laporan pembukuan adalah karena dapat digunakan untuk entri data otomatis.

Cara membuat laporan keuangan di Excel dapat dilakukan dalam waktu yang cepat. Ini karena Excel akan membantu Anda untuk secara otomatis masuk data.

Anda bisa membuat makro ketika melakukan ekspor data melalui Microsoft Excel. Selain itu, templat manajemen faktur juga tersedia di lembar Excel yang Anda buka.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Bengkel Motor Mobil?

Fitur Utama Excel untuk Membuat Pembukuan Usaha

Rumus Excel Untuk Akuntansi

Ilustrasi Excel untuk Pembukuan Usaha (Sumber: Freepik.com)

Seperti diketahui bahwa Microsoft Excel memiliki banyak fitur yang dapat dilihat dari bilah menu. Jika Anda bingung karena banyak fitur, berikut adalah hal-hal utama di Microsoft Excel yang digunakan untuk mengelola data dan angka.

1. Tabel Pivot

Cara membuat laporan keuangan di Excel yang pertama dapat memanfaatkan tabel pivot. Tabel ini terletak di menu Sisipkan.

Apakah Anda tidak tahu apa itu fitur tabel pivot? Fitur ini adalah format tabel yang fungsinya dapat merangkum set data kompleks berdasarkan sel yang dipilih.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuat ringkasan yang terkait dengan data akuntansi mentah dan kemudian mengurutkan (grup) ke dalam kategori yang berbeda.

Tabel pivot akan memudahkan Anda untuk melakukan skrining data yang rumit. Dengan tabel pivot, data Anda akan rapi dan grup sesuai dengan kategori.

2. Analisa What IF

Fitur kedua yang digunakan untuk memproses nomor data dari pembukuan di Microsoft Excel adalah what if analysis. Fitur ini terletak di bagian "Menu".

Apa penggunaan fitur analisis what if? Fitur ini digunakan untuk membantu Anda memperkirakan pengumpulan data dalam rumus. Anda dapat melakukan tes hasil baru dengan modifikasi data tanpa menghapus kumpulan data primer.

Fitur ini juga sangat akurat jika digunakan untuk mengelola arus kas dari semua anggaran dan perkiraan. Bagaimana jika juga akan menguji estimasi anggaran dalam bentuk format garis, yaitu garis tren atau grafik batang.

3. Forecast Sheets

Cara membuat laporan keuangan di Excel ketiga dengan memanfaatkan fitur Forecast Sheets. Fitur ini dapat ditemukan di menu yang sama dengan what if analysis.

Melalui fitur ini, Anda dapat memperkirakan tren data berdasarkan nilai-nilai historis. Dapat dikatakan jika forecast sheets ini akan memprediksi tren ke dalam format grafis yang hanya mengubah nilai data dalam sel.

Kapan fitur forecast sheets dapat digunakan? Anda harus memahami jika fitur ini dikatakan relevan jika Anda memiliki data historis yang memiliki ruang lingkup beberapa tahun.

Jadi, sebelum menggunakan lembar perkiraan, Anda dapat memperkirakan data di perusahaan bisnis untuk diproses.

Bagaimana Cara Membuat Pembukuan Bengkel Motor Excel?

Laporan Komisi Mekanik Usaha Bengkel

Ilustrasi Pembukuan dengan Aplikasi Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Berbicara tentang bagaimana membuat laporan keuangan di Excel, ini tidak sulit tetapi membutuhkan akurasi ekstra. Anda juga tidak boleh malas untuk mencoba fitur yang terkait dengan angka di Excel yang dijelaskan di atas.

Di bawah ini akan dibahas secara lengkap tentang tips tentang membuat laporan menggunakan Excel.

1. Mempelajari Template

Cara pertama untuk membuat laporan keuangan di Excel adalah dengan mempelajari templat.

Jika Anda membaca artikel, banyak bacaan yang dibahas terkait dengan penciptaan templat laporan keuangan di Excel. Anda dapat mencoba memilih dan menerapkan ke Excel.

Manfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Excel untuk memproses data Anda. Pilih template yang mudah dimengerti sehingga Anda tidak merasa sulit saat menulis laporan.

2. Meningkatkan Kefokusan Terhadap Kumpulan Data Prefilled

Selanjutnya, Anda harus fokus pada pemilihan data prefilled. Ini diterapkan kepada Anda saat melakukan perhitungan akuntansi dan manajemen termasuk arus kas.

Anda dapat berlatih sebanyak mungkin untuk menggunakan pemilihan data yang sudah diawali. Cara membuat laporan pembukuan bulanan, seorang pengguna harus memberikan waktu dalam memahami setiap penggunaan fitur di dalamnya.

3. Memilih Template di Dalam Excel

Cara membuat laporan pembukuan di Excel memang membutuhkan template yang rapi dan jelas. Anda tidak perlu bingung atau khawatir tentang ini.

Anda dapat membuat templat otomatis yang disediakan oleh Excel. Jalan yang pertama, Anda harus memilih tombol menu.

Kemudian, klik Wizard dan Anda akan menemukan banyak templat di sana. Beberapa contoh templat yang disediakan termasuk agenda, faks, dan sebagainya.

Dari templat ini Anda dapat membuat berbagai bentuk laporan keuangan bisnis yang diinginkan. Pilih format template yang menurut Anda sederhana dan mampu memberikan ringkasan yang terkait dengan pendapatan bisnis dan data pengeluaran.

Baca Juga: Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor

Membuat Pembukuan Usaha Bengkel Motor dengan Aplikasi Bengkel

Selain melakukan pembukuan secara manual menggunakan aplikasi microsoft excel, Anda juga bisa membuat pembukuan otomatis dengan menggunakan aplikasi bengkel motor.

Anda bisa coba Aplikasi Bengkel Motor Beeaccounting yang nantinya juga bisa melakukan export data menjadi excel.

Pembukuan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari Beeaccounting?

  • Neraca
  • Laporan laba rugi
  • Laporan arus kas
  • Laporan perubahan modal

Selain pembukuan di atas, tentu saja Anda dapat menggunakan Beeaccounting untuk membuat pembukuan lain seperti buku besar, jurnal umum, trial balance dan lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi bengkel seperti Beeaccounting, Anda tinggal melakukan input transaksi masuk dan keluar, serta akun lainnya nantinya akan terintegrasi sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan lain secara manual.

Coba gratis sekarang!

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Software Kasir Toko dan Retail Terbaik dan Mudah Digunakan dari Bee.id
Mendatangkan banyak pengunjung memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika toko Anda baru buka. Kemungkinan belum banyak […]
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih […]
Baca Juga
5 Rekomendasi Printer Kasir Portable
Di tengah-tengah kegiatan bisnis yang semakin giat, printer kasir portable telah menjadi salah satu dari banyak perangkat yang dicari. Dalam […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu