Logo Bee Web

Rumus BEP dan Cara Menghitungnya Lengkap serta Contoh

Pelajari cara menghitung BEP (Break Even Point) dengan mudah. Dapatkan rumus BEP yang lengkap dan contoh perhitungan di artikel ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 24 February 2023

Dalam ilmu ekonomi, istilah BEP atau Break Even Point ini pasti sering dijumpai. Istilah ini sering ditemukan ketika membahas mengenai kondisi yang terjadi pada perusahaan. Maka dari itu, pengetahuan mengenai rumus BEP sangat penting dalam bisnis.

Bahkan tidak jarang, indikator dari perhitungan ini menjadi salah satu pertimbangan investor sebelum menanamkan modal dalam suatu perusahaan. Namun bagi pemula yang masih belum berpengalaman, memahami bisnis dan keuangan yang terkait dengan BEP ini mungkin menjadi sebuah kendala.

Walaupun demikian, tentu selalu ada cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari hal ini. Berikut merupakan sedikit penjelasan mengenai BEP yang bisa menjadi pengetahuan, sehingga pemahaman akan hal tersebut semakin bertambah.

Apa Itu BEP (Break Even Point)?

BEP merupakan titik impas hasil dari modal yang dikeluarkan dan hasil pendapatan, sehingga tidak mengalami keuntungan atau kerugian.

Total dari kerugian dan keuntungan yang dihasilkan dalam posisi 0 atau tepat pada titik Break Even Point, bisa diartikan bahwa pada kondisi tersebut perusahaan tidak mengalami keuntungan maupun kerugian.

Jadi Break Even Point merupakan kegiatan operasional perusahaan yang menggunakan biaya tetap atau fixed cost dan total volume penjualan, hanya cukup digunakan untuk menutup biaya variabel dan tetap yang dikeluarkan.

Apabila perusahaan mengalami kerugian, maka hal ini terjadi karena hasil dari penjualan hanya bisa menutup biaya variabel yang dikeluarkan, serta hanya sebagian biaya tetap.

Hal ini juga berlaku sebaliknya, apabila perusahaan mendapatkan keuntungan atau profit, maka hasil dari penjualan yang didapatkan melebihi total biaya tetap dan variabel yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Metode perhitungan saham dengan menggunakan rumus BEP ini, bisa menjadi pertimbangan investor untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli saham. Jadi investor bisa menentukan waktu yang tepat untuk menjual (put) dan kapan harus membeli (call).

hitung laporan dari laptop dan kalkulator

Ilustrasi Pebisnis Sedang Menghitung (Sumber: Freepik.com)

Komponen Penting Sebelum Menghitung BEP

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan perhitungan BEP yaitu mengenai komponen penting yang terdapat di dalamnya. Berikut ini merupakan komponen-komponen penting BEP.

Biaya Tetap

Biaya tetap atau fixed cost yaitu jenis biaya dimana jumlahnya akan selalu tetap walaupun terjadi perubahan pada volume penjualannya, atau terdapat beberapa kebijakan penjualan yang juga berubah.

Contoh dari biaya tetap yaitu biaya untuk sewa bangunan, premi asuransi bisnis, pajak usaha, dan lain sebagainya.

Biaya Variabel

Komponen BEP selanjutnya yaitu ada biaya variabel atau variable cost, yaitu jenis pengeluaran perusahaan yang jumlahnya tidak tetap, atau bisa mengalami perubahan seiring dengan berubahnya jumlah pada volume produk yang dijual perusahaan.

Namun perubahan ini juga perlu diperhitungkan dengan baik dan cermat oleh perusahaan. Contoh biaya variabel yaitu ada biaya untuk pengadaan bahan baku, upah karyawan, dan lain sebagainya.

Revenue

Semua pendapatan yang didapatkan, diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa pada suatu perusahaan dalam periode tertentu
Jumlah dari pendapatan ini masih belum dikurangi dengan berbagai jenis biaya lainnya yang digunakan perusahaan.

Profit

Profit yaitu jenis laba yang hasilnya sudah dikurangi dengan biaya variabel dan tetap. Profit ini merupakan jenis keuntungan yang ingin diraih oleh sebuah perusahaan.

Untuk menghitung nilai BEP maka dibutuhkan komponen ini yang dijadikan sebagai patokan, untuk menunjukan hasil yang seimbang antara total pendapatan dan total pengeluaran.

Untuk menghitung profit dalam bisnis seringkali memerlukan perhitungan yang kompleks dan menyita banyak waktu. Namun, dengan menggunakan software akuntansi yang dilengkapi dengan laporan laba rugi, perhitungan profit bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Software akuntansi seperti ini akan membantu Anda mengumpulkan dan menyajikan data keuangan yang diperlukan secara otomatis, sehingga Anda bisa mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat berdasarkan informasi yang akurat. Selain itu, penggunaan software akuntansi juga bisa meminimalisir kesalahan perhitungan dan memudahkan proses audit keuangan.

Dengan begitu, Anda bisa fokus pada pengembangan bisnis tanpa perlu khawatir dengan masalah keuangan yang rumit.

Harga Jual

Komponen dalam BEP terakhir yang tidak boleh dilupakan yaitu ada harga jual produk di pasaran. Harga jual yang akan dihitung nantinya yaitu menggunakan harga jual per unit.

Komponen ini dibutuhkan sebagai bahan untuk menghitung estimasi dari keuntungan yang diperoleh, dihadapkan dengan total dari revenue.

Pebisnis Menghitung Keuntungan Bisnis

Pebisnis Menghitung Keuntungan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Rumus BEP

Rumus perhitungan BEP ini terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu ada rupiah dan unit. Rumus BEP produksi sendiri sama dengan BEP rupiah. Nah, rumus perhitungannya yaitu sebagai berikut:

Rumus BEP Unit

Rumus perhitungan nilai BEP unit yaitu sebagai berikut:

BEP = FC : (P - VC)

Rumus BEP Rupiah

Selanjutnya rumus untuk menghitung nilai BEP rupiah yaitu:

BEP = FC : (1 - (VC : S))

Keterangan:
BEP = Break Even Point
P = Price per unit (harga barang satuan)
FC = Fixed cost (biaya tetap)
VC = Variable cost (biaya variabel)
S = Sales volume (volume penjualan)

Rumus Bep Akuntansi

Gambar Rumus Break Event Point

Contoh dan Cara Menghitung BEP (Break Even Point)

Agar pemahaman mengenai BEP ini bisa lebih mudah untuk dipahami, berikut ini merupakan contoh dan cara untuk menghitung nilai BEP dalam bisnis.

Terdapat sebuah perusahaan yang bernama “Makmur Gemilang”, mempunyai data-data mengenai rencana produksi serta berbagai biaya untuk menjalankan bisnis, yaitu sebagai berikut:

Biaya tetap yang dikeluarkan dalam sebulan yaitu sebagainya Rp140 juta, dengan rincian:

  • Biaya untuk menyewa pabrik: Rp30.000.000
  • Biaya untuk menyewa gedung kantor: Rp18.500.000
  • Biaya asuransi kesehatan: Rp15.000.000
  • Biaya untuk membayar gaji pegawai dan pemilik: Rp75.000.000
  • Biaya penyusutan mobil: Rp1.500.000

Biaya variabel per unit yang dikeluarkan perusahaan yaitu sebesar Rp75.000, dengan rincian:

  • Biaya tenaga kerja langsung: Rp25.000
  • Biaya bahan baku: Rp35.000
  • Biaya lain: Rp15.000

Harga jual produk per unit yaitu Rp95.000

Setelah mengetahui mengenai berbagai rincian data dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan “Usaha Gemilang”, maka nilai dari tingkat BEP baik itu dalam unit ataupun rupiah yaitu:

1. Cara menghitung BEP rupiah

BEP (Break Even Point) rupiah = Biaya tetap / (kontribusi margin/unit harga/unit)
BEP rupiah = Rp140.000.000 / {(Rp95.000-Rp75.000)/Rp95.000}
BEP rupiah = Rp140.000.000 / (Rp20.000/Rp95.000)
BEP rupiah = Rp140.000.000 / 0.2105
BEP rupiah = Rp665.083.135

Hasil dari rumus BEP harga rupiah diperoleh hasil yaitu Rp665.083.135

2. Cara menghitung BEP unit

BEP (Break Even Point) unit = Biaya tetap / (harga/unit-biaya variabel/unit)
BEP unit = Rp140.000.000 / (Rp95.000-Rp75.000)
BEP unit = Rp140.000.000 / Rp20.000
BEP unit = 7000

Jadi, hasil dari penggunaan rumus menghitung BEP ini diperoleh nilai BEP unit sebesar 7.000.

Fungsi BEP pada Bisnis

BEP mempunyai peranan yang penting bagi para pelaku bisnis. Karena dari hasil perhitungan BEP ini maka bisa dilakukan proses evaluasi, serta pengambilan keputusan yang tepat terkait dengan kegiatan operasional usaha bisnis yang dijalankan.

Adapun untuk fungsi dari Break Even Point (BEP) pada bisnis secara mendetail yaitu sebagai berikut:

  • Membantu dalam menentukan total volume produksi yang harus dilakukan agar bisa meraih keuntungan, sebagaimana sesuai dengan tujuan yang sudah direncanakan. Hal ini juga termasuk dengan penetapan target jumlah penjualan produk.
  • Menjadi dasar dalam membuat perencanaan ataupun acuan yang masih berkaitan dengan tingkat produksi, juga mengenai target jumlah penjualan produk yang harus ditetapkan.
  • Memberikan batas minimum akan jumlah penjualan yang harus dicapai, untuk menghindari terjadinya kerugian yang dialami oleh perusahaan.
  • Menjadi ambang batas jumlah produksi juga penjualan, sehingga bisa meminimalisir terjadinya penurunan kinerja yang bisa menyebabkan perusahaan merugi.

Mengetahui dan memahami rumus BEP dengan baik merupakan hal yang penting dalam bisnis. Nilai ini juga bisa menjadi indikator bagi para investor, untuk membuat keputusan dalam menanamkan modal pada sebuah perusahaan.

Akuntansi Biaya Adalah: Jenis, Fungsi dan Siklusnya
Kemajuan dan keberlangsungan bisnis sangat bergantung pada sistem informasi yang baik, perhitungan anggaran yang akurat, dan pelaporan yang efektif. Untuk
Baca Juga
RAB: Fungsi, Metode Penghitungan dan Cara Membuatnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang RAB? Dalam dunia konstruksi, RAB atau rencana anggaran biaya, seringkali menjadi acuan untuk menghitung biaya
Baca Juga
5 Tugas & Tanggung Jawab Manajer Akuntansi
Sudahkah Anda tahu tentang apa saja tugas yang menjadi tanggung jawab dari seorang manajer akuntansi di Indonesia? Jika Anda belum
Baca Juga
Aplikasi Pembukuan Online Shop Gratis Sampai Tahu Laba-Rugi
Aplikasi pembukuan online shop gratis dibutuhkan sebagai alat bantu pencatatan keuangan untuk bisnis kita. Karena dengan alat penunjang ini membantu kita
Baca Juga
Software Akuntansi Koperasi; Telaah Manfaat Software
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh ke seluruh sektor kehidupan, termasuk koperasi. Inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat untuk kegiatan koperasi yaitu adanya
Baca Juga
Update! Biaya Admin Star Seller Shopee Disertai Ilustrasi Perhitungannya
Bagi setiap pelaku usaha star seller shopee pasti tidak asing dengan biaya admin star seller shopee. Biaya admin merupakan biaya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu