Logo Bee Web

Pengertian Rekening Koran, Fungsi, Contoh dan Cara Cetaknya

Bank statement atau rekening koran adalah rangkuman komprehensif dari seluruh transaksi keuangan yang terjadi pada suatu rekening.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 December 2023

Secara pengertian rekening koran adalah sebuah alat penting dalam dunia keuangan personal maupun bisnis. Sebab bisa menjadi landasan yang kritis untuk mengelola dan memahami arus keuangan.

Seperti sebagai laporan resmi yang merekam transaksi finansial, bank statement atau rekening koran memberikan gambaran yang jelas tentang pendapatan, pengeluaran, dan saldo akhir.

Dengan memahami dengan baik isi bank statement, individu dan perusahaan dapat membuat keputusan yang bijaksana terkait pengelolaan keuangan mereka. Baca informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa itu Rekening Koran?

Rekening Koran Adalah

Bank Statement Dapat Dijadikan Sebagai Bukti Adanya Transaksi (Credit: Freepik.com)

Mengutip dari BFI Finance, bank statement atau rekening koran adalah rangkuman komprehensif dari seluruh transaksi keuangan yang terjadi pada suatu rekening dalam periode tertentu.

Fungsi utamanya adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh kepada nasabah atau pemilik rekening terkait dengan setiap transaksi yang tercatat pada rekening mereka.

Baik untuk rekening individu maupun rekening badan usaha, dokumen ini umumnya dikeluarkan oleh pihak bank setiap beberapa bulan.

Adapun prosedur untuk memperolehnya pun cukup mudah, baik dengan mengunjungi kantor bank langsung maupun mengunduhnya secara online melalui situs web atau layanan mobile banking.

Dalam rekening koran ada 6 komponen penting yang bisa dijadikan sebagai rujukan informasi keuangan, yakni:

  • Informasi bank, encakup nama bank, alamat, dan nomor telepon customer service untuk memudahkan rekonsiliasi jika terdapat kesalahan atau kekeliruan.
  • informasi terkait perusahaan atau pemilik rekening menampilkan data terkait bisnis, seperti nama perusahaan, nama pemilik, alamat, dan nomor telepon.
  • Data informasi akun/pemilik rekening memberikan data dasar seperti nama pemilik rekening dan nomor rekening.
  • Tanggal periode mencerminkan rentang waktu transaksi yang tercakup dalam bank statement.
  • Ringkasan akun memberikan informasi tentang saldo awal dan akhir periode, total deposito, dan total penarikan.
  • Terakhir, ringkasan transaksi menyajikan daftar transaksi secara kronologis, mencakup tanggal, deskripsi, jumlah nominal, dan saldo setelah transaksi.

Baca Juga: Rekonsiliasi Bank: Pengertian, Komponen, dan Cara Membuat

Melalui enam komponen ini, bank statement menjadi alat yang efektif dalam memantau, menganalisis, dan mengelola arus keuangan.

Perbedaan Rekening Koran dan Rekening Giro

Istilah rekening koran dan rekening giro seringkali dikait-kaitkan, berikut ini perbedaannya:

1. Fungsi Rekening

Hal pertama yang membedakan antara rekening koran dan giro adalah fungsinya, dimana rekening koran berfungsi sebagai laporan keuangan yang merekam seluruh transaksi pada suatu rekening dalam periode tertentu.

Sebaliknya jika rekening giro dirancang aktivitas transaksi sehari-hari seperti pembayaran tagihan dan transfer dana.

2. Bunga dan Biaya

Berikutnya adalah dari segi bunga dan biaya, bank statement umumnya tidak memberikan bunga dan biasanya bebas biaya bulanan. Sebaliknya, rekening giro dapat memberikan bunga kecil, tetapi seringkali melibatkan biaya bulanan atau biaya transaksi tergantung pada kebijakan bank.

3. Transparansi Saldo

Selanjutnya adalah dari transparansi saldo, bank statement memberikan transparansi penuh tentang saldo awal, transaksi, dan saldo akhir. Sementara rekening giro, meskipun memberikan informasi saldo, dapat memiliki perubahan saldo konstan karena transaksi harian.

4. Minimum Saldo

Terakhir adalah bank statement tidak memiliki persyaratan minimum saldo, memungkinkan saldo nol atau negatif. Sebaliknya, beberapa rekening giro memerlukan saldo minimum untuk menghindari biaya bulanan atau untuk mendapatkan bunga.

Bisa disimpulkan jika bank statement digunakan untuk pemantauan dan analisis, rekening koran memberikan gambaran menyeluruh tentang saldo awal, transaksi, dan saldo akhir, membantu pemilik rekening membuat keputusan keuangan yang lebih baik.

Sedangkan rekening saldo cenderung lebih aktif dalam penggunaannya, rekening giro dapat memberikan bunga kecil pada saldo tertentu, namun seringkali melibatkan biaya bulanan atau biaya transaksi.

Fungsi Rekening Koran Bagi Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika rekening koran memiliki fungsi yang cukup krusial dalam mengelola keuangan, khususnya dalam kepentingan bisnis. Berikut diantaranya:

1. Monitoring Transaksi Keuangan

Fungsi rekening koran yang pertama adalah memberikan ringkasan menyeluruh tentang semua transaksi keuangan yang terjadi dalam periode tertentu.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk secara rutin memantau arus masuk dan keluar dana, memahami pola pengeluaran, dan mengidentifikasi potensi permasalahan keuangan.

2. Rekonsiliasi Keuangan

Dengan menyediakan rincian transaksi secara terperinci, bank statement mempermudah proses rekonsiliasi keuangan. Sehingga keuangan bisnis akan jauh lebih terkontrol dan mudah untuk dikelola.

Mulai dari membandingkan catatan internal mereka dengan informasi yang tercatat dalam rekening koran, membantu mengidentifikasi hingga mengoreksi kesalahan pencatatan.

3. Pemantauan Saldo

Selanjutnya fungsi dasar rekening koran adalah memberikan informasi tentang saldo awal dan saldo akhir dalam periode tertentu. Hal ini memungkinkan bisnis untuk secara akurat memantau tingkat likuiditas mereka dan membuat keputusan finansial yang lebih tepat waktu.

4. Sebagai Basis Pelaporan Keuangan

Tidak hanya itu saja, rekening koran juga seringkali digunakan sebagai dasar untuk melaporkan posisi keuangan bisnis. Informasi di dalamnya akan membantu proses penyusunan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, dan arus kas.

5. Analisis Keuangan

Selanjutnya adalah sebagai media untuk analisis keuangan, dimana rekening keuangan memberikan rincian transaksi dan ringkasan keuangan.

Sehingga memungkinkan bisnis untuk melakukan analisis yang mendalam terkait kinerja keuangan mereka. Ini akan membantu dalam mengidentifikasi tren, mengukur profitabilitas, dan membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.

Baca Juga: Analisis Rasio Keuangan: Pengertian, Jenis, Metode Analisis

6. Pemenuhan Kewajiban Pajak

Berikutnya adalah sebagai pemenuhan kewajiban pajak. dimana bank statement memberikan catatan transaksi yang dibutuhkan untuk pemenuhan kewajiban pajak.

Informasi yang terdapat dalam rekening koran digunakan dalam proses perhitungan pajak dan menyediakan dasar yang akurat untuk pelaporan ke pihak berwenang.

7. Pemantauan Transaksi Bisnis

Terakhir, dengan membuat detail transaksi secara kronologis, bank statement membantu bisnis melacak dan memeriksa setiap transaksi. Ini penting untuk menghindari kecurangan, memantau aktivitas keuangan yang mencurigakan, dan memastikan keamanan keuangan bisnis secara keseluruhan.

Contoh Rekening Koran Bank

Berikut beberapa contoh rekening koran beberapa bank

#Contoh Rekening Koran Bank BCA

Contoh Rekening Koran Bca

Rekening Koran Bank BCA (Credit: Kompas.com)

# Rekening Koran Bank OCBC NISP

Contoh Rekening Koran Ocbc Nisp

Ilustrasi Bank Statement OCBC NISP (Credit: Ocbc.id)

# Contoh Bank Statement Danamon

Contoh Rekening Koran Bank Danamon

Bank Statement Danamon (Credit: Scribd.com)

Cara Cetak Rekening Koran

Berikut beberapa cara mencetak rekening koran dari beberapa bank di Indonesia:

1.  BCA

Cetak rekening koran BCA melalui e-statement dengan langkah-langkah berikut:

  • Pastikan sudah memiliki aplikasi KlikBCA atau akses situs resmi KlikBCA
  • Login ke KlikBCA via aplikasi atau website.
  • Pilih menu "e-statement".
  • Pilih rekening dan tentukan periode laporan transaksi.
  • Unduh laporan mutasi rekening dalam format PDF.

2. BRI

Cetak bank statement BRI melalui internet banking dengan langkah-langkah berikut:

  • Pastikan ponsel terhubung dengan internet
  • Masuk ke internet banking BRI.
  • Klik "Rekening" dan pilih "Mutasi Rekening".
  • Pilih rekening dan masukkan periode transaksi.
  • Unduh laporan keuangan yang sudah siap dicetak.

3. BNI

Cetak rekening koran BNI melalui internet banking dengan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke internet banking BNI via aplikasi atau website.
  • Pilih menu "Rekening".
  • Klik "Informasi Saldo dan Mutasi" dan masuk ke "Mutasi Giro dan Saldo".
  • Masukkan periode laporan transaksi.
  • Laporan akan muncul untuk dicetak.

Catat Transaksi Bisnis Lebih Rapi dengan Beecloud

Beecloud Adalah Aplikasi Pembukuan Terintegrasi Untuk Pencatatan, Pengaturan Anggaran, Dan Pelaporan Keuangan Yang Akurat!

Pencatatan transaksi keuangan bisnis menjadi lebih efisien dan terorganisir dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Melalui platform ini, bisnis dapat dengan mudah mencatat setiap transaksi keuangan secara real-time, mulai dari penerimaan pendapatan hingga pengeluaran.

Beecloud menyediakan antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur yang mempermudah proses pencatatan, termasuk otomatisasi entri data dan pelacakan inventaris.

Selain itu, juga dapat membantu Anda dalam membantu membuat laporan keuangan secara instan memberikan wawasan yang mendalam tentang kesehatan finansial bisnis. Klik banner di atas untuk dapatkan akses gratis trial khusus pengguna pertama!

Nah, sekian informasi mengenai rekening koran, dari mulai pengertian hingga cara cetaknya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Cash Flow Adalah: Jenis dan Cara Mudah Membuatnya (Lengkap)
Cash flow adalah pengeluaran jumlah uang keluar dan masuk secara tunai yang dilaporkan pada periode waktu tertentu, yang juga disebut
Baca Juga
Contoh Faktur Pembelian Beserta Penjelasannya
Contoh Faktur Pembelian - Menjalankan suatu usaha memang membutuhkan sebuah perjuangan yang maksimal. Terkadang bisnis yang dijalankan mengalami kenaikan dan
Baca Juga
Cara Memilih Program Akuntansi Online Terbaik Untuk Bisnis
Program akuntansi online dibuat untuk memudahkan aktivitas bisnis. Bisa dibayangkan betapa pusingnya akuntan perusahaan mengelola keuangan tanpa software pembukuan online.
Baca Juga
Aplikasi POS Alfamart, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Aplikasi POS Alfamart digunakan untuk memudahkan mereka menerima pembayaran dan melacak penjualan. Masing-masing POS memiliki pengaturan yang berbeda salah satunya
Baca Juga
Retur Adalah Pengembalian Barang, Begini Solusinya
Retur adalah pengembalian barang oleh konsumen ke penjual, istilah retur saat ini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi semenjak
Baca Juga
Pengertian, Fungsi & Cara Menyusun Neraca Keuangan Perusahaan
Neraca keuangan perusahaan adalah salah satu yang paling dalam menjalankan sebuah usaha. Di bidang akuntansi dan manajemen, laporan keuangan adalah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu