Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Cara Berjualan di Tokopedia Langsung Banjir Orderan

Dipublish Tgl: Thursday, 16 June 2022

Cara berjualan di tokopedia semakin dilirik oleh banyak orang terutama setelah adanya pandemi. Semua orang berbondong-bondong menjalankan bisnis online untuk menyelamatkan diri dari keterpurukan ekonomi. Namu tak jarang banyak dari kita menginginkan kesuksesan instan saat menjalanin bisnis online. Tak ayal pertanyaan seperti "bagaimana cara berjualan di tokopedia atau shopee bisa langsung banjir orderan?" menjadi pertanyaan yang sering banyak orang tanyakan.

Hari ini kita akan membahas bagaimana cara berjualan di tokopedia. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Langkah Awal Cara Berjualan di Tokopedia

Jika Anda memilih tokopedia sebagai marketplace untuk menjalankan bisnis Anda, simak langkah-langkah berikut.

  • Membuat Akun Tokopedia

Daftar akun Tokopedia semakin mudah dengan pilihan cara daftar yang beragam, bisa menggunakan Google, Facebook, Email atau Nomor Ponsel. Berikut ini adalah panduan Daftar Akun Tokopedia:

Membuat Akun Tokopedia cara berjualan di tokopedia

Cara Membuat Akun Tokopedia

  • Membuka Toko di Tokopedia

Tokopedia memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membuka toko.

  1. Buka aplikasi Tokopedia, klik¬†‚ÄėMenu utama‚Äô
  2. Lalu klik¬†‚ÄėMau mulai berbisnis? Buka Toko Gratis‚Äô
  3. Anda akan diarahkan ke halaman buka toko. Klik¬†‚ÄėBuka Toko Gratis‚Äô. 
    Membuka Toko cara berjualan di tokopedia

    Buka Toko Gratis di Tokopedia

     

  4. Tulis nama Toko Anda. Nama toko tidak bisa diubah ya. Pastikan Anda sudah menyiapkan nama toko yang sesuai. Setelah isi nama Toko Anda, isi domain toko. Domain toko ini nantinya akan berfungsi sebagai link Toko Anda di Tokopedia.Contoh:Nama toko : Tokopedia MerchandiseNama domain : tokopedia.com/merchandise
  5. Masukkan alamat toko yang benar dan lengkap. Alamat ini akan digunakan oleh kurir untuk mengambil barang dari Toko Anda. Lengkapi nama jalan, nomor bangunan, nomor RT dan RW, kecamatan, hingga kode pos. Klik ‚ÄėSimpan‚Äô.

Dengan 5 langkah mudah tadi, toko Anda telah siap digunakan di Tokopedia.

Langkah Mudah Buka Toko di Tokopedia

Langkah mudah buka Tokopedia telah Anda ketahui melalui langkah-langkah di atas. Selanjutnya Anda hanya tinggal meng-upload produk. Tunggu produk Anda mendapatkan pembeli, kemudian proses transaksi telah dapat dilakukan. Setiap produk Anda terjual, secara otomatis hasil penjualan akan masuk ke saldo Anda. 

  • Bikin Toko di Tokopedia Lewat PC

Membuat toko di Tokopedia dapat dilakukan melalui web browser komputer ataupun aplikasi mobile. Berikut langkah-langkah buka toko di Tokopedia melalui komputer. Pastikan Anda telah memiliki akun terlebih dahulu atau Anda juga dapat membuat akun baru khusus untuk Tokopedia.

  1. Buka browser di komputer Anda kemudian kunjungi situs tokopedia.com
  2. Di kanan atas temukan menu Toko, klik sampai keluar opsi seperti di gambar ini. Kemudian klik tombol 'Buka Toko'. 
    Buka Toko cara berjualan di tokopedia

    Membuat Toko di Tokopedia dengan PC (

     

  3. Di halaman berikutnya, Tokopedia meminta Anda untuk mengisi nama toko dan domain yang akan jadi url toko online Anda. Setelah terisi, klik Buka Toko Sekarang.Buka Toko Sekarang
  4. Selanjutnya isikan slogan dan deskripsi toko Anda kemudian klik Selanjutnya.Selanjutnya
  5. Kemudian lengkapi kolom alamat toko dan lokasi penjemputan. Setelah terisi dengan benar, klik Selanjutnya.
  6. Selesai, toko online Anda sudah berhasil dibuat di Tokopedia.

Toko Anda telah berhasil dibuat di Tokopedia

  • Bikin Toko di Tokopedia Lewat HP

Sebelum membuka toko, pastikan Anda telah download aplikasi Tokopedia di handphone Anda. Pastikan juga Anda telah memiliki akun di Tokopedia. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memulai membuka toko di Tokopedia.

  1. Jalankan aplikasi Tokopedia di ponsel Anda, login dan tap ikon menu di sebelah kiri atas, lalu tap Buat Toko.
  2. Unggah foto dan isi semua kolom sesuai dengan yang diminta. Apabila sudah lengkap, tap Lanjutkan.
  3. Kemudian di jendela berikutnya, isikan pula lokasi toko, dan opsi ekspedisi yang ingin Anda tawarkan kepada pembeli. Setelah terisi dengan benar dan lengkap, tap tombol Simpan.
  4. Selesai, toko pertama Anda sudah berhasil dibuat.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diatas, toko di Tokopedia Anda telah berhasil dibuat.

Keuntungan Buka Toko di Tokopedia

Ada banyak keuntungan yang diberkan ketika Anda memutuskan memulai usaha jualan online. Dari segi bisnis, Anda telah menghemat biaya sewa stand/toko dibanding dengan konvesional. Selain itu, penjualan Anda dapat mudah menembus seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini tentu akan memperluas target pasar Anda. 

Adapun keuntungan lain yang diberikan kepada Anda jika membuka toko di Tokopedia.

  • Mudah

Keuntungan bisnis online di Tokopedia yang pertama, adalah lebih mudah diakses. Pasalnya, seluruh proses pendaftaran bisa dilakukan secara online. Kita bisa mendaftar langsung melalui situs web atau aplikasi Tokopedia. Sebelum itu, pastikan kita punya alamat surel dan nomor telepon aktif untuk keperluan pendaftaran.

Selain kemudahan dalam proses pendaftaran, kita juga mudah mencari informasi tentang bisnis online di Tokopedia. Ini karena Tokopedia secara berkala kerap memberikan edukasi kepada seller.

  • Efisien

Keuntungan bisnis online di Tokopedia yang kedua adalah efisien. Tokopedia memiliki beberapa fitur yang bekerja secara otomatis. Jadi kita tidak perlu repot mengeceknya.

Beberapa fitur otomatisnya yaitu verifikasi pembayaran dan hitung ongkos kirim otomatis. Melalui verifikasi pembayaran otomatis, kita tidak perlu terus-menerus mengecek uang masuk ke rekening. Pasalnya, pesanan hanya kita terima jika pembayaran sudah dilakukan oleh pembeli dan terverifikasi di sistem Tokopedia.

Kemudian, melalui hitung ongkir otomatis kita tidak perlu menghitung satu per satu ongkos kirim dari setiap pesanan. Ini karena sistem Tokopedia terhubung langsung dengan kurir pilihan kita dan pembeli, untuk membantu penghitungan ongkos kirim dari dan ke seluruh Indonesia.

  • Gratis

Keuntungan bisnis online di Tokopedia yang ketiga adalah gratis. Jangan khawatir akan dikenakan biaya administrasi karena seluruh proses pendaftaran di Tokopedia gratis. Pada awal pendaftaran, kita tidak akan dikenakan biaya admin ataupun deposito. Selain itu, hasil penjualan juga akan menjadi milik kita seutuhnya, tanpa potongan apa pun. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis online di Tokopedia karena pendaftarannya gratis.

  • Terpercaya

Keuntungan bisnis online di Tokopedia yang keempat adalah terpercaya. Melalui rekening bersama, kita tidak perlu khawatir akan dicurigai oleh customer meskipun baru memulai bisnis online ini.

Selain itu, mendapatkan kepercayaan customer juga akan lebih mudah. Pasalnya, kita sendiri akan lebih memilih berbelanja pada situs yang popularitas tinggi dibandingkan dengan di situs pribadi yang jarang didengar. Tokopedia juga mengeklaim telah menjadi rumah bagi jutaan seller UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Jadi, jangan khawatir untuk berjualan di Tokopedia.

  • Pemasaran Gratis

Keuntungan bisnis online di Tokopedia yang kelima, adalah adanya pemasaran secara gratis. Jadi, kita tidak perlu pusing memikirkan biaya promosi agar toko kita punya banyak pengunjung. Pasalnya, Tokopedia akan memberikan layanan khusus untuk kita. Tokopedia sendiri, secara berkala kerap melakukan promosi di berbagai media, baik online maupun offline.

Tips Jitu Cara Berjualan di Tokopedia Cepat Banjir

Bagi Anda pemula jualan online di Tokopedia, jangan khawatir jika jualan Anda tidak laku. Tips cara berjualan di tokopedia disediakan agar toko Anda mudah dilirik oleh pembeli dan banjir orderan di Tokopedia. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Buat Branding Toko yang Pas

Brand atau merek adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Untuk mempertahankannya, kita perlu untuk memiliki brand identity yang merupakan komponen visual yang ada membentuk sebuah merek. Brand identity ini mencakup logo, tipografi, warna, dan juga kemasan. Ini sangat diperlukan di bisnis online agar tokomu selalu melekat di pikiran para calon pembeli.

  1. Siapkan List Produk yang Baik untuk Menarik Perhatian Pembeli

List produk adalah halaman produk untuk setiap barang yang Anda jual di Tokopedia. Dengan list produk yang baik, potensi produkmu ditemukan di halaman pencarian oleh pembeli menjadi lebih besar. Selain itu juga merupakan penentu apakah pembeli akan membeli produkmu atau tidak.

  1. Upload Produk Sekaligus dengan Fitur ‚ÄėTambah Sekaligus‚Äô

Sekarang Anda gak perlu ribet untuk upload produk satu persatu lagi. Jika Anda ingin menambahkan banyak produkmu sekaligus atau dalam jumlah banyak, Anda bisa menggunakan fitur ‚ÄėTambah Sekaligus‚Äô di Halaman Daftar Produk. Jadi, upload produk bisa lebih cepat dan efisien deh!¬†

  1. Maksimalkan Pengiriman dan Aktifkan Bebas Ongkir

Semua pembeli yang berbelanja di toko Power Merchant dan Official Store bisa mendapatkan Bebas Ongkir hingga Rp20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan hingga Rp40.000 untuk pengiriman antar pulau menggunakan layanan reguler dari SiCepat dan Anteraja. Untungnya lagi, seller tidak akan dibebani biaya apa pun, alias GRATIS!  

  1. Percantik Toko dengan Fitur Dekorasi Toko

Tokopedia punya fitur dekorasi toko untuk untuk memperindah tampilan halaman beranda tokomu dengan menggunakan banner, promo, produk unggulan, dan video. Fitur ini bisa diakses di Halaman Tokopedia Seller pada menu ‚ÄėDekorasi Toko‚Äô. Pembeli akan diarahkan ke halaman beranda tokomu.¬† Jadi mereka akan langsung melihat konten-konten terbarumu. Fitur dekorasi toko ini bisa digunakan oleh semua seller, lho!

  1. Kelola Toko dengan Satu Halaman Tokopedia Seller

Anda bisa mengakses Halaman Tokopedia Seller melalui link seller.tokopedia.com/home. Di tampilan halaman Tokopedia seller ini, Anda bisa mengatur performa harian toko, manajemen stok produk, hingga mencari info artikel dan event terbaru. Semua ada dalam satu halaman, yakni di Halaman Tokopedia Seller!

  1. Memaksimalkan Penjualan dengan Fitur-fitur yang Tersedia

Anda bisa memanfaatkan fitur TopAds untuk menjangkau pembeli lebih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, berikan kebahagiaan kepada pembeli dengan Voucher Toko berupa cashback atau gratis ongkir. Anda juga perlu membuat toko dan produkmu lebih dikenal oleh banyak pembeli dengan memanfaatkan fitur Feed.

  1. Pantau Penjualan Menggunakan Aplikasi Tokopedia Seller (Khusus Android)

Dengan download aplikasi Tokopedia Seller, Anda akan lebih mudah untuk:

    • Mengatur prioritas kegiatan jualanmu setiap hari dengan fitur Penting Hari Ini.
    • Mengakses fitur penting di dalam aplikasi melalui tampilan navigasi baru.
    • Membalas pesan pelanggan dengan lebih cepat melalui fitur Chat.
    • Mengatur toko online milikmu dalam satu halaman.

Perhatikan! Daftar Penalti Pelanggaran bagi Seller Tokopedia

Demi menjaga ketertiban penggunanya, Tokopedia menerapkan peraturan tegas disertai sanksi bagi penjual yang melanggar ketentuan. Hal ini dimaksudkan agar terciptanya kondusifitas dalam setiap transaksi yang berjalan. Berikut jenis penalti dan pembahasannya.

  • Penalti Perpanjangan Waktu

Mulai dari tanggal 10 Desember 2021, seller akan dikenakan penalti ketika jumlah Perpanjangan Waktu Pesanan yang disetujui melebihi limit yang ditentukan.

Batasan

Berikut adalah beberapa cara perhitungan Penalti Perpanjangan Waktu Pesanan:

  1. Penalti akan dihitung setiap minggunya dengan cut-off pada hari Sabtu, menggunakan data hari Minggu ‚Äď Sabtu
  2. Cara perhitungan yang dipakai adalah Jumlah Perpanjangan Waktu Pesanan yang disetujui dibagi dengan Jumlah Pesanan terverifikasi yang diterima Penjual
  3. Penalti Penalti Perpanjangan Waktu Pesanan akan memotong 1 poin penalti dari Seller.
  • Penalti Manipulasi Transaksi

Penalti Manipulasi Transaksi adalah penalti yang dikenakan ke seller akibat adanya indikasi manipulasi transaksi yang ditunjukkan dengan relasi antara penjual dan pembeli dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Penalti Manipulasi Transaksi akan dikalkulasi secara mingguan. Seller akan dikenakan penalti poin sesuai dengan akumulasi transaksi yang dilakukan pada periode tersebut.

Penalti Manipulasi

  • Skema Pengurangan Poin Penalti

Setiap penalti akan dikenakan pengurangan 1 poin yang efektif berlaku selama 4 minggu mulai dari pertama kali penalti dihitung. Penalti dihitung setiap hari Senin bersamaan dengan perhitungan Skor Performa Toko.

Skema Pengurangan

Masing-masing penalti mempunyai status sesuai periode pelanggaran sebagai berikut.

  1. Poin Belum Dipotong

Penalti belum aktif dan poin pelanggaran akan dikenakan mulai tanggal yang tertera pada status penalti.

  1. Sedang Berlangsung

Penalti sedang aktif dan poin pelanggaran akan dikenakan pada tokomu. Masa aktif penalti berlangsung selama 4 minggu dari tanggal efektif.

  1. Penalti Selesai

Penalti sudah tidak aktif dan tidak akan dikenakan poin pelanggaran.

7 Kesalahan Pemula Saat Jualan di Tokopedia

  1. Mengira jualan di Tokopedia bisa langsung banjir orderan
  2. Foto produk tidak menjual
  3. Deskripsi produk yang asal copy-paste
  4. Salah penempatan kategori produk
  5. Menjawab keluhan konsumen dengan template
  6. Berpikir produk harus dijual semurah mungkin
  7. Kesalahan pemula yang paling parah, mudah menyerah

Tips Menulis Deskripsi Produk di Tokopedia

  1. Deskripsi produk jelas dan lengkap
  2. Lengkapi deskripsi produk dengan pertanyaan yang mungkin ditanyakan pembeli
  3. Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti pembeli

Tips Menentukan Harga Jual di Marketplace

Untuk membantu seller menentukan harga jual terbaik untuk produkmu, Tokopedia memiliki fitur Rekomendasi Harga yang bisa diakses melalui Android dan Desktop lho. Fitur ini akan muncul pada top produk di Tokopedia. Keunggulan fitur Rekomendasi Harga:

  • Harga ditentukan berdasarkan analisis Tokopedia pada produk serupa

Sistem algoritma ini dirancang canggih sehingga bisa memilah produk-produk yang sejenis atau hanya sekadar mirip.

  • Rekomendasi harga produk berdasarkan analisis produk terbaru dan kompetitif

Sistem Tokopedia hanya akan memfilter harga produk berdasarkan produk baru saja sehingga harga produk yang diberikan masih dalam batas wajar dan normal. Rekomendasi Harga produk ini akan menampilkan harga paling kompetitif sehingga Anda tidak perlu khawatir jika rekomendasi ini akan membuatmu rugi.

  • Data dan hasil rekomendasi harga selalu terupdate dengan harga pasar saat ini

Rekomendasi harga yang muncul pada produkmu akan selalu diupdate secara rutin setiap harinya. Jadi, harga produkmu nggak akan tertinggal oleh produk-produk lain yang serupa.

Anda bebas memilih untuk menggunakan Rekomendasi Harga produk. Fitur Rekomendasi Harga ini tidak wajib nda gunakan pada setiap produkmu. Jadi, Anda bebas memilih apakah Anda akan menggunakan Rekomendasi Harga dari Tokopedia atau Anda akan tetap menggunakan harga produk yang Anda inginkan.

Import Data Transaksi dari Tokopedia ke Aplikasi Pembukuan Online Shop

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan secara lengkap dan rinci mengenai cara berjualan di Tokopedia. Untuk memahami lebih jauh, Anda dapat mempelajari tutorial yang tertera pada website official Tokopedia.

Tidak mau susah atau ribet? Gunakan aplikasi pembukuan online shop untuk memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi usaha online shop. Banyak fitur-fitur yang akan memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi, jadi tidak perlu repot ‚Äď repot harus mengerti akuntansi untuk membuat laporannya. Software akuntansi yang akan membantu anda.

Jadi, gunakanlah aplikasi pembukuan online shop dalam mengelola usaha anda agar dapat mengetahui  4 hal ini :

  • Import Data Transaksi dari Marketplace ke Software Pembukuan
  • Cari Tahu Produk Terlaris dan Channel Toko Online Paling Menguntungkan
  • Melek Data dan Angka Supaya Tahu Profit Secara Realtime
  • Gampang Stok Opname Ribuan Produk

Sehingga laporan keuangan online shop Anda bisa lebih baik dan teratur dengan menggunakan aplikasi pembukuan online shop. Coba gratis sekarang!

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online

Bisnis UMKM Adalah, Definisi dan Perkembangannya
Bagi pelaku usaha yang dibilang masih kecil, kita sering mendengar kata UMKM. Tentunya banyak orang yang sudah mengetahui apa itu […]
Baca Juga
5 Hal yang Dapat Dilakukan dengan Laporan Keuangan
Dalam menjalankan usaha, banyak sekali yang harus dilakukan. Salah satunya, adalah membuat laporan keuangan. Bisnis yang besar maupun bisnis kecil […]
Baca Juga
Software Minimarket Terbaik: Fungsi dan Manfaatnya!
Software minimarket terbaik adalah suatu perangkat lunak yang terpasang pada mesin kasir, yang Anda temui ketika akan membayar barang belanja. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu