🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah aspek penting dalam sebuah perusahan. Keduanya mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 1 July 2022

Keuangan bisa diibaratkan sebagai ‘jantung’ perusahaan, sehingga sifatnya sangat krusial khususnya dalam membangun sebuah bisnis. Dengan adanya akuntansi dapat memberikan informasi keuangan untuk perusahaan. Secara umumnya, tugas akuntansi terbagi atas dua, yakni akuntansi keuangan dan manajemen. Lantas, apa perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen?

Apa itu Akuntansi Keuangan?

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan

Ilustrasi Akuntansi Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Seringkali, akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen dianggap sama. Padahal, keduanya jelas memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Meskipun kedua aspek adalah bagian dari dasar akuntansi, tetapi keduanya hal yang berbeda. Akuntansi keuangan berperan penting dalam sebuah perusahaan, terutama dalam menyajikan laporan keuangan yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi secara menyeluruh mengenai kinerja perusahaan selama beberapa periode waktu kepada pihak eksternal. Pihak eksternal bisa berupa perusahaan lain, bank, dan para investor.

Tugas akuntansi keuangan lebih merujuk pada informasi akuntansi dalam sebuah laporan keuangan. Selain itu, tugasnya juga lebih berfokus pada penyusunan laporan keuangan yang akan diberikan kepada pihak luar, sehingga wajib dipublikasikan dan diaudit oleh auditor resmi yang berperan sebagai pihak independen. 

Adapun fungsinya lainnya, yakni digunakan sebagai bahan evaluasi pihak internal perusahaan, seperti tim keuangan ataupun eksekutif yang membantu menentukan rencana mendatang bagi perusahaan. Tak hanya itu, akuntansi keuangan juga membantu perusahaan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Tanpa adanya akuntansi keuangan, perusahaan tidak dapat memantau perkembangan bisnis atau usaha yang dijalankan. Dengan demikian, laporan keuangan sudah semestinya dimiliki oleh setiap pelaku bisnis ataupun usaha. 

Baca Juga: 25 Istilah Dasar Akuntansi yang Wajib Dipahami Pemula

Apa itu Akuntansi Manajemen?

penjelasan program akuntansi tidak berbelit belit

Ilustrasi Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen atau disebut juga akuntansi manajerial ini lebih berfokus pada proses internal yang umumnya digunakan untuk memperhitungkan transaksi bisnis. Selain itu, tugasnya memberikan laporan yang nantinya akan digunakan oleh manager dan direktur dalam membuat keputusan mengenai operasi perusahaan.

Akuntansi manajemen tidak berfokus pada hasil pencapaian yang sudah dilakukan sebelumnya, tetapi lebih mengidentifikasi masalah operasional yang terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya untuk meningkatkan keuntungan yang bisa dicapai bagi perusahaan di masa depan.

Lalu, Apa Perbedaan Mendasar Antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen?

fungsi software akuntansi cloud

Perbedaan Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen (Sumber: Freepik.com)

Secara umumnya, akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen memang sama-masa mencatat sekaligus melaporkan kegiatan yang telah terjadi. Hanya saja, akuntansi manajemen cenderung menekankan pada penyediaan informasi mengenai kegiatan mendatang. Hal ini dibutuhkan untuk mendukung perencanaan dan pengambilan keputusan. 

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen lainnya, yakni akuntansi keuangan akan disiapkan untuk audit eksternal, sementara akuntan manajemen akan disajikan kepada pihak internal perusahaan. 

Ada Pula perbedaan dari segi pembuatan laporan, di mana akuntansi keuangan akan digunakan oleh pihak luar untuk memutuskan melakukan investasi, meminjamkan uang, ataupun tidak sama sekali karena perlu melihat kesehatan keuangan. Maka dari itu, laporan yang dibuat harus berdasarkan hasil keuntungan maupun pencapaian hasil di masa periode sebelumnya. 

Sementara laporan akuntansi manajemen umumnya dibuat secara lebih detail, rinci, dan spesifik dengan jangka waktu tertentu. Nantinya, laporan keuangan akan digunakan oleh pengelola yang berkepentingan untuk membuat kebijakan, rencana, hingga strategi bisnis agar perusahaan meraih keuntungan. Bagaimana, sudah paham mengenai perbedaan antara keduanya bukan? 

Baca Juga: Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!

Kesimpulan

Secara garis besar, akuntansi keuangan maupun akuntansi manajemen termasuk dua hal yang sifatnya krusial bagi perusahaan skala besar hingga kecil sekalipun. Adanya akuntansi keuangan dapat membantu perusahaan tetap berjalan dengan efektif, membantu mengevaluasi kinerja dengan membandingkan pencapaian dari periode ke periode sebelumnya. 

Kemudian, akuntansi manajemen akan membantu menganalisis kinerja, menyusun strategi, mengambil penilaian yang baik, dan menyusun kebijakan guna mencapai target untuk masa depan perusahaan. Kira-kira, itulah perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang wajib diketahui. 

Jika Anda membutuhkan aplikasi toko, Beepos siap membantu kebutuhan usaha Anda. BeePos sudah berpengalaman dalam pengembangan software akuntansi dan kasir, serta membantu para pengusaha yang kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Selain itu, tersedia berbagai layanan yang dibutuhkan bagi pelaku bisnis. Dengan demikian, para pemilik bisnis bisa menganalisis keuangan lebih mudah, cepat, dan akurat. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini!

Coba gratis dengan klik gambar di bawah ini!

Software Toko Kelola Stok dan Catat Penjualan Pembelian

Software Toko Kelola Stok dan Catat Penjualan Pembelian

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Laba Bruto Adalah: Pengertian, Contoh dan Cara Menghitungnya
Laba bruto adalah salah satu indikator keuangan yang penting bagi perusahaan. Laba bruto merupakan selisih antara pendapatan total perusahaan dengan
Baca Juga
Persiapan Sebelum Belajar Pembukuan Keuangan Perusahaan
Bagaimana sih cara belajar pembukuan keuangan perusahaan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal pembukuan keuangan dari perusahaan
Baca Juga
Cost Structure Adalah: Jenis, Contoh, dan Fungsi
Pada dasarnya, cost structure adalah landasan utama yang menopang keberlanjutan setiap bisnis. Sebagai elemen kunci dalam pemodelan bisnis, cost structure
Baca Juga
ERP Adalah Sistem yang Bisa Digunakan untuk Optimalisasi Bisnis
Bagi yang belum mengenal istilah bisnis yang satu ini, ERP adalah sistem dalam bisnis yang banyak digunakan baik itu oleh
Baca Juga
Contoh Neraca Saldo dan Cara Praktis Membuatnya
Apakah Anda sudah mengenali neraca saldo ? Artikel kali ini akan membahas seputar neraca saldo mulai dari pengertian, fungsi dan
Baca Juga
Contoh Jurnal Penyesuaian dan Cara Membuatnya Lengkap
Pernah membuat jurnal laporan penyesuaian? Biasanya jurnal atau laporan tersebut dibutuhkan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan pastinya perlu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu