Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Contoh Invoice Jasa untuk Perkembangan Usaha Jasa

Dipublish Tgl: Saturday, 25 June 2022

Untuk menulis invoice untuk layanan yang disediakan, usaha kecil harus dikembangkan dan mengikuti template invoice untuk mengenali cara mengadakan contoh invoice jasa.

Bisnis berbasis layanan bergantung pada pembayaran rutin dari klien untuk layanan mereka. Bisnis harus memastikan bahwa invoice layanan mereka mencakup daftar lengkap layanan yang mereka berikan, rincian kontak bisnis mereka, tanggal jatuh tempo invoice tertentu, dan jumlah total invoice.

Templat invoice layanan gratis dirancang khusus untuk konsultan, penyedia layanan, dan usaha kecil lainnya. Koleksinya sekarang berisi banyak desain yang berbeda.

Invoice dasar berguna untuk memasukkan deskripsi dan jumlah, dan kami memiliki desain lain untuk penyedia layanan yang membebankan biaya berdasarkan tarif per jam.

Jika bisnis Anda menjual dan mengirim produk, Anda mungkin lebih tertarik pada templat invoice penjualan.

Tetapi jika bisnis ada adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa atau layanan, Anda bisa mengikuti contoh invoice jasa berikut ini.

Apa itu Contoh Invoice Jasa?

Membuat Invoice

Ilustrasi Mengecek Invoice Jasa (Sumber: Freepik.com)

Invoice jasa adalah dokumen akuntansi yang dikirim oleh bisnis berbasis jasa kepada kliennya untuk meminta pembayaran untuk jasanya.

Invoice jasa memberi klien jumlah invoice, batas waktu waktu pembayaran, dan daftar jasa terperinci yang disediakan. jasa invoice bertindak sebagai tagihan untuk jasa yang disediakan oleh bisnis kepada klien.

Apa Saja Bisnis Berbasis Jasa?

Usaha berbasis layanan adalah perusahaan yang menyediakan layanan profesional kepada klien untuk pembayaran, tidak menyediakan produk. Pekerjaan bisnis berbasis jasa cenderung berbasis proyek. Contoh industri berbasis jasa meliputi:

  • Pengacara
  • Konsultan bisnis
  • IT profesional
  • Penulis
  • Juru potret atau fotografer
  • Stylist taman

Baca Juga: Apa Pengertian Invoice? Jenis-jenis, Fungsi dan Contohnya

Contoh Invoice Jasa

Contoh Invoice Untuk UMKM Jasa Penginapan

Contoh Invoice Untuk UMKM Jasa Penginapan

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin membuat invoice jasa:

  • Invoice dibuat bardasarkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan. Biasanya, pembayaran invoice dapat dilakukan setelah atau sebelum tergantung pada perjanjian yang dilakukan. Ada juga orang -orang yang biasanya meminta uang muka (DP) sebagai bagian dari persetujuan kedua pihak.
  • Invoice biasanya dikirim sekali kepada pelanggan. Namun, dalam beberapa kasus, ada juga invoice yang dibuat setiap bulan jika jasa yang diberikan berkelanjutan. Misalnya, Anda memiliki bisnis bimbingan belajar, Anda dapat mengirim invoice reguler setiap bulan atau periode sesuai dengan perjanjian.

Jadi informasi singkat yang terkait dengan dokumen yang terkait dengan tagihan diperlukan. Untuk penjual dan pembeli, invoice diperlukan sebagai bukti transaksi.

Cara Membuat Invoice Jasa

Ilustrasi Membuat Invoice untuk Jasa

Untuk menulis invoice untuk jasa yang disediakan, usaha kecil harus mengikuti langkah-langkah dalam membuat invoice berbasis layanan ini:

1. Kembangkan Template Invoice Jasa

Semua bisnis berbasis jasa harus berkembang dan berpartisipasi dalam template invoice yang sesuai untuk mereka. Templat harus menampilkan branding bisnis termasuk logo, font publik, dan palet warna.

Template invoice jasa harus sederhana, profesional, dan harus menampilkan informasi paling penting tentang invoice: informasi bisnis Anda, jumlah yang harus dibayar, dan tanggal jatuh tempo invoice.

Anda dapat membuat desain templat invoice Anda sendiri, atau Anda dapat mengunduh templat invoice layanan gratis untuk digunakan.

2. Cantumkan Nama Bisnis dan Informasi Kontak

Di Coop invoice layanan Anda, sertakan logo bisnis Anda dan hapus nama bisnis Anda, alamat bisnis Anda, alamat email Anda, dan nomor telepon Anda, sehingga klien Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda dengan pertanyaan tentang invoice layanan Anda.

3. Sertakan Nama dan Detail Kontak Klien Anda

Selain itu, pada invoice jasa Anda, harus memasukkan nama klien Anda dan detail kontak Anda, termasuk nama kontak, alamat bisnis, nomor telepon, dan alamat email.

Saat mengumpulkan klien baru untuk pertama kalinya, adalah praktik yang baik untuk memeriksa dengan kontak utama Anda siapa yang merupakan tautan terbaik untuk jasa invoice Anda.

Terutama dengan perusahaan yang lebih besar, kontak penagihan seringkali adalah orang yang berbeda dari kontak harian Anda untuk masalah kerja.

4. Tetapkan Nomor Invoice Layanan

Setiap invoice yang Anda buat harus menyertakan nomor invoice unik yang jelas terdaftar pada tagihan.

Invoice nomor berfungsi sebagai referensi penting ketika Anda perlu membahas invoice tertentu dengan klien dan juga membantu merampingkan proses pembukuan Anda. Nomor invoice dapat mencakup angka, huruf, atau campuran keduanya.

5. Tulis Tanggal Penerbitan di Invoice Jasa

Ilustrasi Cetak Invoice (Sumber: Pexels.com)

Sertakan tanggal invoice pada invoice jasa Anda. Anda dapat memasukkan tanggal tertentu saat Anda mengeluarkan invoice, atau sebagai gantinya, Anda dapat memasukkan periode penagihan.

Periode penagihan akan tergantung pada siklus invoice yang diikuti oleh bisnis Anda. Jika Anda mengumpulkan klien setiap bulan, periode penagihan Anda dapat dari 1 Desember hingga 31 Desember, misalnya, dan invoice jasa Anda akan mencakup semua pekerjaan yang Anda berikan kepada klien Anda dalam periode itu.

6. Daftar Semua Layanan yang Diberikan

Layanan faktur harus mencakup daftar terperinci yang menjelaskan semua layanan yang Anda berikan kepada klien selama siklus penagihan. Untuk memasukkan layanan Anda pada faktur, Anda harus:

  • Buat daftar jasa dengan deskripsi singkat tentang pekerjaan yang diselesaikan
  • Sertakan jam kerja atau jumlah yang disediakan sebagai tambahan untuk setiap layanan
  • Buat daftar tarif pembayaran untuk setiap layanan yang disediakan
  • Terakhir, buat daftar subtotal untuk setiap layanan terdaftar

7. Sertakan Pajak yang Berlaku untuk Layanan Anda

Pajak yang Anda kenakan untuk klien untuk jasa Anda akan sangat tergantung pada lokasi bisnis Anda dan cara bisnis Anda disiapkan.

Negara yang berbeda membutuhkan usaha kecil untuk mengenakan jumlah pajak penjualan yang berbeda. Yayasan Pajak menawarkan pedoman yang berguna untuk tarif pajak penjualan negara bagian dan lokal.

8. Uraikan Metode Pembayaran yang Anda Terima

Tentukan metode pembayaran yang akan Anda terima dari klien untuk jasa Anda. Ini dapat meliputi cek, kartu kredit, uang tunai, pembayaran online, dan setoran bank langsung.

Adalah ide yang baik untuk menawarkan sebanyak mungkin opsi untuk bisnis Anda, untuk memberikan fleksibilitas kepada klien Anda. Pastikan untuk memberikan detail tentang invoice jasa Anda tentang semua metode pembayaran yang Anda tawarkan.

9. Tunjukkan Tanggal Jatuh Tempo Invoice Layanan

Sertakan tanggal jatuh tempo pembayaran tertentu pada invoice jasa Anda. Gunakan bahasa langsung daripada menggunakan instruksi yang tidak jelas.

Sertakan tanggal jatuh tempo yang tepat, yang merupakan "pembayaran jatuh tempo pada tanggal 31 Desember 2018" sehingga klien Anda tidak bingung. Pastikan informasi ini ditampilkan dengan jelas pada invoice jasa Anda sehingga menarik perhatian klien.

10. Sertakan Jumlah Total yang Harus Dibayar

nota invoice penjualan

Ilustrasi Invoice Penjualan dengan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Untuk yang terakhir, invoice jasa Anda harus mencakup jumlah total jasa yang Anda berikan. Seperti tanggal jatuh tempo invoice, informasi ini harus menonjol, dengan font besar dan tebal yang muncul dari warna latar belakang invoice Anda.

Baca Juga: Software Faktur Penjualan: Lebih Mudah Bikin Invoice

Kesimpulan

Itu adalah pembahasan lengkap contoh invoice jasa yang dapat Anda terapkan dalam bisnis jasa Anda. Apakah customer Anda pernah meminta invoice dikirim via e-mail? Kalau Anda pernah mengalaminya dan bingung bagaimana cara mudahnya, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

3 Manfaat Menggunakan Fitur Kirim Invoice via Email di Beecloud:

  • Hemat Waktu & Lebih Produktif
    Tugas Anda hanya input data barang & klik tombol Kirim. Lainnya dikerjakan oleh sistem. Anda jadi bisa produktif mengerjakan kerjaan lain yang juga penting dan bisa nambah omset
  • Gak Susah Hafalin Email Customer
    Cukup daftarkan email customer Anda 1x, saat butuh kirim invoice tinggal klik kirim tanpa repot hafalin atau cari email customer
  • List Building
    Sales resign Data Customer ikut dibawa/hilang? No! Di Beecloud semua data Customer Anda pegang sendiri. Lengkap berisi Alamat, No. HP maupun Emailnya. Gak lagi khawatir Sales resign

Coba gratis Beecloud sekarang!

Customer Minta Invoice Online Dikirim Via Email Beecloud

Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online […]
Baca Juga
Biaya Variabel Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contoh
Biaya variabel adalah salah satu biaya yang ada pada dunia akuntansi dan bisnis. Selain itu juga ada biaya lain yaitu […]
Baca Juga
7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend di Tahun 2022
Kebutuhan pokok yang makin naik dan gaji yang tak sebanding membuat kebanyakan orang mulai mencoba hal baru, seperti dengan membuka […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu