Pengertian Serta Cara Membuat Penawaran

Wednesday, 27 November 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernahkah Anda mendengar istilah tentang surat penawaran? Namun Anda tak perlu khawatir jika sama sekali belum pernah mendengar tentang surat penawaran tersebut. Sebab kami akan membahas secara rinci tentang surat penawaran dan cara membuat penawaran. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Baca Juga: Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Perusahaan dengan Tepat

Pengertian Surat Penawaran

membuat penawaran

Penawaran (Sumber: Freepik.com)

Surat penawaran merupakan salah satu surat yang sengaja dibuat untuk bisa menjalin suatu kerjasama atau dibuat untuk menawarkan suatu barang atau jasa dari perusahaan satu ke perusahaan yang lainnya. Surat penawaran ini pada umumnya akan dibuat oleh Para investor yang bekerja dalam segi ekonomi berupa negosiasi terkait dengan penjualan maupun pembelian suatu barang beserta melampirkan harga yang akan ditawarkannya.

Bentuk dari surat penawaran ini pada umumnya yaitu resmi serta saat di dalamnya terdapat rincian, maka rencana tersebut harus dituliskan dengan sangat detail sebagaimana penulisan pada rincian harga atau juga barang. Mampu membuat sebuah surat penawaran baik itu jasa atau barang, tentunya bagi suatu perusahaan tertentu hal tersebut merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk perusahaan tersebut. Dengan demikian jika dalam suatu perusahaan maka surat penawaran tersebut tidak boleh dibuat dengan asal-asalan dan harus resmi serta baku.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan Ketika Anda ingin membuat surat penawaran baik itu jasa ataupun barang. Ini bertujuan supaya nantinya para investor maupun pihak yang lainnya punya minat terhadap barang atau jasa yang Anda tawarkan tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Nama suatu perusahaan yang akan memberikan suatu penawaran
  • Jumlah stok barang atau jasa yang mampu disediakan untuk konsumen
  • Merek dari suatu produk yang akan ditawarkan pada konsumen
  • Penjelasan terkait dengan harga khusus bagi pembeli dalam jumlah tertentu
  • Cara pembayaran produk beserta syaratnya misalnya harus dibayar lunas di awal, COD atau bayar di tempat, sistem DP dan lain sebagainya
  • Harus menjelaskan secara detail kualitas barang dan jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen
  • Cara melakukan pengiriman barang kepada konsumen
  • Sertakan dokumen administrasi untuk pendukung misalnya daftar rekam jejak, katalog produk, NPWP dan SIUP

Software Penawaran 1x Klik

Cara yang Baik untuk Membuat Penawaran

Di bawah ini ada 5 cara untuk membuat penawaran yang benar dan baik:

1. Kop Surat

Kop surat yang terdapat di penawaran tersebut harus berisikan terkait dengan informasi suatu perusahaan yang akan memberikan penawaran. Misalnya seperti di bawah ini:

  1. Nama perusahaan
  2. Alamat perusahaan
  3. Nomor telepon perusahaan
  4. Kontak email perusahaan
  5. Fax perusahaan

2. Kepala surat

Bagian kepala surat yang terdapat pada penawaran pada umumnya harus berisikan terkait dengan keterangan tentang hal-hal berikut ini:

  1. Nomor surat
  2. Tanggal membuat surat
  3. Alamat tujuan surat
  4. Perihal
  5. Lampiran

3. Kata pembuka

kata pembuka yang terdapat pada surat penawaran biasanya akan berisikan “Dengan hormat” serta memberikan penjelasan yang singkat apa tujuan dari pengiriman penawaran tersebut.

4. Isi Surat

Di bagian isi pada surat penawaran harus menguraikan dengan sangat detail dan lengkap terkait dengan harga barang maupun jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Isi surat penawaran tersebut akan semakin detail dengan adanya keterangan tambahan yang terdapat di bagian lampiran.

5. Penutup Surat

Di bagian terakhir pada surat penawaran yaitu penutup surat, maka Anda harus mencantumkan tentang harapan dan juga himbauan. Dua hal tersebut ditujukan untuk calon konsumen agar bisa saling menjalin kerjasama yang baik dengan memberikan penawaran.

Nah, surat penawaran sebenarnya sangat mudah untuk dibuat asalkan memperhatikan hal-hal seperti di atas. Jadi artikel di atas semoga bisa bermanfaat untuk Anda terutama yang akan membuat surat penawaran.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :