Logo Bee Web

Mengenal QRIS Adalah, Cara Membuat dan Pembayarannya

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran lintas platform.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 8 January 2023

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran lintas platform. Pembayaran QRIS bisa dilakukan dengan e-wallet atau mobile banking.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat menginginkan hal yang ringkas dan efisien termasuk dengan menggunakan QRIS, lalu apa itu QRIS? dan Bagaimana cara pembuatan dan pembayarannya?

Apa Itu QRIS?

Qris Adalah

Ilustrasi pembayaran via QR Code (Sumber: Freepik.com)

Mengutip dari halaman resmi dari Bank Indonesia (BI) menjelaskan jika QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard dengan bertujuan untuk menyatukan berbagai macam QR code dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP).

Sedangkan QR Code adalah sebuah kode matriks dua dimensi yang terdiri dari tiga pola persegi yang terletak pada sebelah sudut kiri bagian atas dan bawah serta bagian sudut kanan dengan modul hitam berupa persegi, titik atau piksel. Fungsinya untuk menyimpan data alfanumerik, simbol dan karakter.

QRIS sendiri merupakan produk yang dikeluarkan dan dikembangkan oleh Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan diluncurkan pada tahun 2019.

Jika ada pertanyaan QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja? Jawabannya hampir seluruh E-wallet dan mobile banking. Sehingga keberadaan QRIS akan sangat bisa menjadi opsi untuk Anda yang sering berbelanja menggunakan uang elektronik.

Syarat-Syarat Penyelenggara QRIS

Mengacu pada standar QRIS yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai standar nasional jika pihak yang dapat melakukan pemrosesan transaksi QRIS adalah Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang termasuk dalam kelompok Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran front end seperti Penerbit dan/atau Acquirer.

Meliputi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), Merchant Aggregator, pengelola National Merchant Repository dan Lembaga Switching.

QRIS mengakomodir 2 model penggunaan QR Code Pembayaran yaitu Merchant Presented Mode (MPM) dan Customer Presented Mode (CPM).

Cara Membuat QRIS untuk Pebisnis via Gopay di Beepos

Bp Bayar Pakai Qris

Beepos sendiri merupakan software kasir android yang didesain untuk memudahkan bisnis cafe melakukan transaksi jual beli.

Selain software kasir, Beepos juga bisa membantu Anda mengelola data keuangan, laporan stok penjualan otomatis, fitur QRIS dan masih banyak lagi. Terintegrasi dengan Beecloud, software akuntansi yang memudahkan pebisnis mengontrol bisnisnya dimana saja kapan saja.

Cara untuk membuat QRIS pada Beepos Anda perlu membuka dashboard Beecloud yang sudah terintegrasi dengan Beepos. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Langkah pertama adalah membeli dan berlangganan Beepos yang secara otomatis juga akan berlangganan dengan Beecloud.
  • Jika sudah login ke aplikasi Beecloud.
  • Berikutnya, instal plugin Gopay dengan klik menu plugin - tambah plugin, cari plugin Beeposs-Gopay dan Install.
  • Klik beli lisensi (Gratis)
  • Secara otomatis halaman akan mengarah pada my.beecloud.id, jika ada menu login silahkan login kembali dan klik checkout.
  • Masukkan data lalu pastikan semuanya benar.
  • Klik Order Selesai, untuk menyelesaikan proses pembelian.
  • Langkah berikutnya, silahkan kembali pada app.beecloud.id dan pastikan instalasi sudah selesai dengan adanya notifikasi.
  • Buka menu Sistem kemudian lanjutkan ke Pengaturan Sistem.
  • Kemudian cari Gopay pada menu pencarian cepat, klik kanan (kolom server) dan isi kode mid server yang susah didapatkan sebelumnya dengan melakukan mendaftarkan diri ke Gopay.

Meskipun via Gopay, QR Gopay ini bisa menerima pembayaran dari berbagai E-wallet. Dengan biaya MDR (Merchant Discount Rate) dikenakan 0,7% dari total setiap transaksi, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Cara Pembayaran Menggunakan QRIS

QR Code

Pembayaran Mudah Bisa menggunakan QRIS (Sumber: Freepik.com)

Proses pembayaran QRIS sangatlah mudah, untuk memudahkan proses berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Sebagai konsumen perlu mendownload aplikasi pembayaran yang akan digunakan, bisa E-Wallet atau mobile banking.
  • Jika sudah konsumen perlu melakukan registrasi pada salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran.
  • Isi saldo secukupnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Selanjutnya, buka menu scan QRIS dan lakukan scan pada barcode yang ada, masukkan nominal.
  • Langkah terakhir adalah melakukan konfirmasi pembayaran.

Perlu diketahui pembayaran QRIS hanya bisa dilakukan jika menggunakan merchant presented mode atau customer presented mode.

Untuk metode yang dihadirkan pedagang, QR Code dihasilkan oleh pedagang pada saat transaksi, seperti pada tanda terima atau perangkat pemindaian. Setelah itu, pelanggan dapat menunjukkan QR Code pada layar smartphone mereka untuk dipindai oleh merchant untuk membayar.

Manfaat dari QRIS

Untuk membahas manfaat QRIS akan lebih baik jika dibahas menggunakan dua sudut pandang, diantaranya:

1. Manfaat QRIS untuk Merchant/ Pebisnis

Bagi pebisnis ada beberapa manfaat yang bisa digunakan QRIS adalah sebagai berikut:

a. Memiliki Banyak Alternatif Pembayaran

Sebagai seorang pebisnis tentu saja akan bertemu dengan banyak customer dengan metode pembayaran keunggulan masing-masing. Dengan menggunakan QRIS pebisnis bisa memfasilitasi setiap pembeli untuk bebas menggunakan pembayaran digital apapun.

Tanpa ada rasa khawatir QR Code yang disediakan tidak bisa melakukan pembayaran. Dengan adanya efisiensi ini maka akan membuka peluang untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: 5+ Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Pekerjaan Kasir Toko

b. Mencegah adanya Penipuan

Berikutnya adalah mencegah adanya penipuan seperti jika ada oknum pelanggan yang melakukan transaksi dengan uang palsu dan sejenisnya. Penggunaan QR code bisa melindungi pembayaran dari kemungkinan Anda menjadi korban transaksi uang palsu.

c. Mudah untuk Mendaftar

Dengan menggunakan QRIS Anda tidak perlu mendaftar satu per satu  bank/ e-wallet agar bisa menggunakan pembayaran via QR Code.

d. Mudah Dipantau dan Dianalisis

Manfaat berikutnya adalah transaksi dengan menggunakan QRIS bisa memudahkan pebisnis mengontrol bisnis mereka, dimana setiap transaksi tercatat sehingga mudah dikelola dan dipantau secara real time.

2. Manfaat QRIS untuk Konsumen

Sedangkan manfaat QRIS untuk konsumen adalah sebagai berikut:

a. Menjadi Solusi Pembayaran Praktis

Dengan adanya QRIS konsumen tidak perlu lagi bingung metode pembayaran atau aplikasi apa yang akan mereka gunakan. Karena QRIS bisa menerima setiap transaksi dari berbagai jenis E-Wallet dan M-Banking.

b. Transaksi Bisa Dilakukan dengan Cepat

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dengan menggunakan QRIS adalah konsumen bisa melakukan transaksi dengan cepat tanpa perlu menunggu uang kembalian dan sejenisnya.

Selain itu, transaksi dengan menggunakan QRIS juga lebih higienis karena tidak melakukan kontak langsung dengan uang tunai.

Kesimpulannya QRIS adalah gabungan dari berbagai QR Code yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dengan tujuan mempermudah transaksi dengan uang digital.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Aplikasi Integrasi Marketplace, Tidak Perlu Input Transaksi Manual
Aplikasi integrasi marketplace semakin dibutuhkan pebinsis di Indonesia karena banyak pebisnis mulai memasarkan produknya melalui berbagai marketplace. Semisal Anda sebagai
Baca Juga
11 Tips Cara Membuat Iklan yang Menarik Audience
Iklan menjadi salah satu cara para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya, mulai dari membangun awareness hingga menjual produk secara terang-terangan. Oleh
Baca Juga
Pengertian Buku Besar, Fungsi, Manfaat dan Bentuknya
Buku besar adalah salah satu aspek yang cukup penting dalam kegiatan akuntansi. Penggunaannya untuk memudahkan akuntan untuk meringkas transaksi menjadi
Baca Juga
Pengertian dan Perhitungan Nilai Residu Dalam Akuntansi
Setiap barang ataupun aset yang telah digunakan di sebuah perusahaan tentunya akan mengalami penurunan nilai barangnya. Nilai residu merupakan metode
Baca Juga
Mengupas Cashless: Efisiensi Bisnis dengan Uang Elektronik
Di era digital yang semakin maju ini, sistem pembayaran dompet digital atau uang elektronik menjadi sebuah inovasi yang telah merevolusi
Baca Juga
Contoh Surat Niaga Penawaran, Permintaan Penawaran, dan Pemesanan
Surat niaga sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Ada beberapa jenis surat niaga, di mana penulisannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu