🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Psikologi FOMO sebagai Taktik Pemasaran yang Efektif

FOMO adalah singkatan dari Fear Of Missing Out, fenomena menarik yang memiliki dampak besar bagai pemasaran, bagaimana caranya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Dalam dunia pemasaran, strategi yang efektif menjadi kunci kesuksesan bisnis. Salah satu strategi yang sedang banyak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir adalah FOMO.

Pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang strategi pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan FOMO pada konsumen.

Apa itu FOMO?

Fear Of Missing Out

FOMO Adalah Singkatan dari Fear Of Missing Out (Credit: Freepik.com/ @mohdizzuanbinroslan)

Fear Of Missing Out atau FOMO adalah perasaan khawatir atau rasa takut yang muncul ketika Anda merasa bahwa ada kegiatan atau pengalaman yang menarik dan Anda tidak bisa ikut serta atau melewatkan momen tersebut.

Anda mungkin merasa seperti Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang unik atau untuk bergaul dengan orang-orang yang penting bagi Anda.

FOMO dapat memicu perasaan cemas dan takut yang sangat kuat, dan hal ini dapat mempengaruhi keputusan dan tindakan Anda.

Fear of Missing Out dalam Konteks Pemasaran

Dalam konteks pemasaran, istilah FOMO dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk menarik minat konsumen dan memotivasi mereka untuk melakukan tindakan tertentu.

Misalnya, dengan menekankan bahwa produk Anda hanya tersedia dalam waktu terbatas atau bahwa penawaran diskon hanya berlaku selama periode waktu tertentu, Anda dapat menciptakan perasaan urgensi dan keinginan untuk segera membeli.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023

Manfaat FOMO sebagai Strategi Pemasaran Efektif

Dalam dunia pemasaran, FOMO telah menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan minat dan pembelian produk atau layanan. Berikut adalah beberapa manfaat FOMO sebagai strategi pemasaran efektif:

1. Meningkatkan Urgensi

Dengan menonjolkan ketersediaan terbatas atau waktu yang terbatas pada suatu tawaran atau promosi, FOMO dapat meningkatkan perasaan urgensi pada konsumen untuk segera melakukan pembelian.

2. Meningkatkan Eksklusivitas

Dengan memberikan tawaran atau promosi khusus, FOMO dapat meningkatkan perasaan eksklusif pada produk atau layanan Anda, sehingga konsumen merasa seperti mendapatkan kesempatan istimewa dan lebih tertarik untuk membelinya.

3. Meningkatkan Kepercayaan

Dengan menampilkan testimonial dari pelanggan yang sudah membeli produk atau layanan Anda dan merasa sangat puas, FOMO dapat meningkatkan kepercayaan pada merek Anda dan mendorong konsumen untuk membelinya.

4. Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan menggunakan strategi pemasaran FOMO, merek Anda dapat menjadi lebih dikenal dan terlihat oleh konsumen yang mungkin belum pernah mendengar tentangnya sebelumnya.

5. Meningkatkan Penjualan

Dengan meningkatkan minat dan urgensi pada produk atau layanan Anda, FOMO dapat membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda.

7 Taktik Pemasaran yang Menonjolkan FOMO

Fear Of Missing Out

Dalam Sudut Padang Pemasaran FOMO bisa Meningkatkan Penjualan (Credit: Freepik.com)

Dalam dunia pemasaran, strategi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan minat konsumen dan membuat mereka terpikat pada produk atau layanan Anda. Salah satu strategi pemasaran yang populer dan terbukti efektif adalah Fear Of Missing Out atau FOMO.

Berikut adalah beberapa taktik pemasaran yang bisa Anda praktekkan:

1. Batasi Waktu Penawaran

Batasi waktu penawaran khusus atau promo terbatas pada waktu yang terbatas. Dengan memberikan batas waktu pada penawaran Anda, Anda dapat menciptakan perasaan urgensi pada konsumen dan mendorong mereka untuk segera membeli.

2. Tampilkan Produk dengan Jumlah Terbatas

Tampilkan produk-produk terbaru atau yang sangat diminati dalam jumlah terbatas untuk menciptakan kebutuhan dan keinginan yang lebih tinggi.

3. Gunakan Kata-kata dan Gambar yang Membuat Orang Khawatir

Menggunakan kalimat seperti "jangan lewatkan kesempatan ini" atau "tawaran terbatas hanya untuk hari ini" dapat membuat konsumen merasa khawatir kehilangan kesempatan untuk memperoleh produk atau penawaran yang menarik.

4. Berikan Informasi yang Spesifik

Berikan informasi yang sangat spesifik tentang produk atau layanan Anda, seperti jumlah produk yang tersisa, jumlah pelanggan yang telah membeli produk atau layanan, atau waktu yang tersisa sebelum penawaran berakhir.

5. Gunakan Sosial Proof

Gunakan testimoni atau review dari pelanggan yang telah membeli produk atau layanan Anda untuk membuktikan kualitas produk Anda. Hal ini dapat membuat konsumen merasa bahwa mereka juga harus membeli produk Anda untuk tidak ketinggalan.

6. Buatlah Acara Eksklusif

Buat acara atau pengalaman yang eksklusif yang hanya tersedia untuk konsumen tertentu. Misalnya, undang beberapa konsumen untuk menghadiri acara peluncuran produk atau promosi khusus.

7. Gunakan Media Sosial

Gunakan media sosial untuk mengirimkan pesan yang menonjolkan FOMO seperti hashtag yang hanya tersedia untuk waktu terbatas atau kontes yang memerlukan partisipasi dalam waktu tertentu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien

Contoh Perusahaan yang Memanfaatkan FOMO

Berikut adalah beberapa contoh kasus strategi pemasaran yang berhasil memanfaatkan Fear of Missing Out di Indonesia:

1. Shopee Menggunakan FOMO

Marketplace Shopee menggunakan FOMO dalam taktik pemasaran mereka dengan memberikan diskon besar-besaran pada acara flash sale yang hanya berlangsung dalam waktu yang terbatas.

Hal ini membuat konsumen merasa perlu untuk membeli produk secepat mungkin sebelum waktu flash sale berakhir.

2. Tokopedia Memanfaatkan FOMO

Berikutnya ada Tokopedia juga menggunakan FOMO dalam taktik pemasaran mereka dengan memberikan promo eksklusif dan harian yang hanya berlangsung dalam waktu yang terbatas. Tokopedia juga menampilkan jumlah produk yang tersedia untuk setiap produk untuk menciptakan perasaan urgensi pada konsumen.

3. Gojek Menggunakan Taktik FOMO

Selanjutnya Gojek menggunakan Fear of Missing Out dengan memberikan promo eksklusif pada hari-hari tertentu atau pada waktu yang terbatas. Gojek juga memberikan tawaran khusus pada pengguna yang sudah sering menggunakan aplikasi mereka, seperti diskon tambahan atau cashback yang lebih besar.

4. Tiket.com Melakukan Hal yang Sama

Aplikasi Tiket.com juga menggunakan FOMO dengan memberikan promo khusus pada pengguna yang sudah sering menggunakan aplikasi mereka.

Tiket.com juga memberikan promo eksklusif pada acara-acara tertentu, seperti konser atau pertandingan olahraga, yang membuat konsumen merasa perlu untuk membeli tiket secepat mungkin.

Cara Membuat Konten FOMO

Membuat konten yang dapat membangkitkan perasaan Fear of Missing Out pada audiens merupakan cara yang efektif untuk menarik perhatian mereka dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau layanan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat konten FOMO:

1. Ciptakan Eksklusivitas

Buatlah perasaan eksklusif pada produk atau layanan Anda dengan memberikan tawaran khusus atau akses terbatas kepada audiens.

2. Tampilkan Keuntungan

Tampilkan keuntungan yang akan didapatkan oleh audiens jika membeli produk atau layanan Anda. Berikan informasi yang spesifik dan detail, sehingga audiens akan merasa tertarik dan tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mendapatkannya.

3. Gunakan Konten Visual Menarik

Gunakan gambar atau video menarik untuk memperlihatkan produk atau layanan Anda. Konten visual yang menarik dapat membangkitkan perasaan FOMO pada audiens.

4. Berikan Informasi Waktu Terbatas

Berikan informasi bahwa tawaran atau promosi yang diberikan hanya berlangsung dalam waktu terbatas. Hal ini akan membuat audiens merasa terburu-buru dan mempercepat keputusan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.

Kesimpulan

Dalam dunia pemasaran, FOMO telah menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan minat dan pembelian produk atau layanan. Dengan mengenal lebih dalam tentang psikologi FOMO, kita dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk mencapai target audiens dan tujuan bisnis kita.

Namun, sebagai bisnis yang sukses, tidak hanya cukup dengan memahami strategi pemasaran yang efektif. Hal lain yang juga penting adalah mengontrol biaya promosi dan membuat anggaran promosi yang tepat agar bisnis kita dapat beroperasi secara efisien.

Beecloud Kelola Keuangan Bisnis Tanpa Asal Asalan Laporan Akurat

Untuk itu, Beecloud, sebagai software akuntansi online, dapat membantu bisnis dalam mengontrol biaya promosi tiap bulan dan membuat anggaran promosi yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan Beecloud, Anda dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih efisien dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Artikel Terkait

10 Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
Program Bengkel Excel untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel
Program bengkel excel adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk memudahkan operasional sehari-hari usaha bengkel. Setiap bisnis memiliki cara
Baca Juga
Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat
Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai
Baca Juga
7 Tips Jualan Online Laris Pembeli di Tahun 2023
Bagi Anda yang akan memulai atau sudah memulai jualan online, kami akan memberikan tips jualan online untuk membantu memahami bagaimana
Baca Juga
Bisnis Food Truck: Tantangan dan Strategi Pemasarannya
Food truck adalah salah satu bisnis kuliner yang sedang populer di Indonesia. Konsep food truck memungkinkan para pelaku usaha kuliner
Baca Juga
Supplier Adalah: Tugas, Jenis, Kriteria dan Cara Kerjanya
Apa itu Supplier? Supplier adalah seorang/ kelompok bisnis pemasok barang/ jasa untuk dijual kembali kepada pihak lain, seperti pebisnis lain
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu