🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

13 Rekomendasi Usaha yang Jarang Rugi Untung Besar

Bisnis dengan modal pas-pasan kadang bikin resah karena takut rugi. Nah berikut beberapa rekomedasi usaha yang jarang rugi cocok untuk pemula
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 15 September 2023

Memiliki perasaan takut rugi ketika memulai bisnis rasanya sudah menjadi hal wajar, apalagi untuk pemula yang belum memiliki modal besar untuk menangani resiko bisnisnya. Tenang, Bee memberikan beberapa rekomendasi usaha yang jarang rugi.

Meskipun pada dasarnya hampir 100% seluruh jenis usaha memiliki potensi untuk rugi, namun beberapa rekomendasi di bawah ini memiliki rasio kerugian yang lebih kecil dibandingkan yang lain, asalkan dikelola dengan baik dan benar.

Rekomendasi Usaha yang Jarang Rugi 2023

tips membuka bisnis toko kelontong

Ilustrasi pebisnis toko kelontong (Credit; Freepik.com)

Berikut ini beberapa usaha yang jarang namun dibutuhkan sehingga minim kerugian dan persaingan:

1. Toko Kelontong

Rekomendasi bisnis yang tidak pernah mati sekaligus yang jarang rugi adalah toko kelontong. Arti kata kelontong adalah berbagai jenis barang kebutuhan manusia yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk keperluan makan, kebersihan dan lain sebagainya.

Sehingga bisa dikatakan, toko kelontong adalah toko yang menjual berbagai jenis kebutuhan pokok dan sehari-hari manusia. Oleh sebab inilah bisnis ini termasuk usaha yang tidak pernah mati juga jarang rugi.

Adapun hal yang menyebabkan rugi bisnis toko kelontong adalah manajemen stok yang kurang baik sehingga banyak barang yang tidak terurus, manajemen hutang piutang dan beberapa lainnya. So, pastikan manajemen bisnis dilakukan dengan baik agar bisnis tidak rugi.

2. Toko Sembako

Berikutnya adalah membuka usaha toko sembako, bisnis ini juga termasuk bisnis yang jarang rugi. Hampir sama dengan toko kelontong bedanya toko sembako tidak menyediakan barang sekompleks kelontong.

Biasanya yang dijual di toko sembako adalah 9 bahan pokok yang meliputi beras, minyak goreng, gila, telur dan lainya. Semua bahan tersebut dibutuhkan manusia setiap hari, sehingga potensi untuk laku setiap hari tinggi dan kerugian rendah, asal dikelola dengan baik.

Baca Juga: Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Sukses Bisnisnya

3. Warmindo

Berikutnya adalah membuka warmindo atau warung indomie, dengan menyajikan berbagai aneka rasa dari mie instan dan toping bervariatif bisnis ini sudah bisa dicoba untuk para pemula.

Dengan harganya yang murah dan rasa yang enak, mie instan menjadi salah satu makanan favorite masyarakat di Indonesia. Anda bisa memulai mencoba bisnis ini di kawasan sekolah atau kampus untuk mendapatkan audience atau calon pelanggan yang tinggi.

4. Jasa Fotografer

Usaha jarang rugi

Usaha Fotografer Makanan Photographer (Credit: Freepik.com)

Selain usaha dagang anda juga bisa membuka jasa dibidang jasa, salah satunya usaha jasa fotografer. Jasa fotografer ini sangat dibutuhkan di jaman sekarang, mengingat minat masyarakat yang tinggi untuk mengabadikan momen penting mereka secara profesional.

Anda hanya memerlukan kamera dan skil yang mumpuni untuk membuka usaha ini. Menjadi fotografer tidak harus memfoto 'manusia', Anda juga bisa membuka jasa untuk foto produk atau menjual foto karya Anda di platform online untuk mendapatkan keuntungan.

5. Jasa Edit Foto dan Video

Rasanya tidak lengkap jika ada jasa fotografer tapi tidak dilengkapi dengan editing juga. Nah, jasa edit ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang tidak memiliki kamera namun memiliki skill yang mumpuni dalam editing.

Dalam era media sosial yang berkembang pesat, banyak individu dan bisnis memerlukan layanan pengeditan foto dan video untuk meningkatkan kualitas konten mereka. Ini bisa menjadi bisnis yang stabil jika Anda memiliki keterampilan pengeditan yang baik.

6. Content Writer

Berikutnya, tidak hanya untuk urusan konten visual. Jenis konten berupa tulisan kini juga digemari oleh para perusahaan untuk membangun awareness produk mereka. Sehingga jasa content writer bisa menjadi peluang usaha yang mumpuni dan untung tinggi.

Content writer juga menjadi salah satu usaha yang jarang rugi, Anda hanya perlu menyiapkan laptop dan kemampuan menulis sudah bisa mendapatkan ratusan hingga jutaan rupiah. Pastikan juga dalam proses kesepakatan Anda memberikan harga yang pantas tidak rendah dan tidak terlalu tinggi agar customer tidak kabur dan pergi.

7. Toko Alat Tulis

Ide usaha yang jarang rugi berikutnya ada toko alat tulis, baik alat tulis untuk anak sekolah atau untuk kebutuhan kantor. Sebab, barang-barang tulis selalu dibutuhkan oleh siswa, pekerja kantor, dan pelajar. Bisnis toko alat tulis dapat berhasil jika Anda menawarkan berbagai produk dan kualitas yang baik

8. Dropshipper

Selanjutnya ada dropshipper. Model bisnis dropshipping memungkinkan Anda menjual produk tanpa perlu menyimpan inventaris fisik. Ini dapat mengurangi risiko kehilangan stok. Fokus pada niche yang diminati pelanggan untuk sukses.

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper dalam 5 Langkah Mudah

9. Distributor

software akuntansi distributor dan manfaatnya untuk bisnis

Ilustrasi proses bisnis disrtibutor (Credit: Freepik.com)

Berikutnya ada distributor, sebagai distributor, Anda dapat menjual produk-produk tertentu kepada pengecer atau konsumen akhir. Keberhasilan distributor bergantung pada pemilihan produk yang baik dan membangun hubungan baik dengan pemasok.

10. Jasa Konsultasi

Jika Anda ahli di bidang tertentu, seperti bisnis, keuangan, atau teknologi, Anda dapat membuka bisnis konsultasi. Pemberian saran yang bernilai kepada klien dapat menghasilkan pendapatan yang stabil.

12. Katering

Permintaan akan pelayanan katering terus ada untuk berbagai acara seperti pernikahan, acara bisnis, atau perayaan. Bisnis katering bisa Anda coba sebagai langkah awal Anda untuk menjadi pengusaha. Untuk mengurangi kerugian bisnis dan mengatasi modal yang terbatas, Anda bisa menerapkan sistem pembayaran muka sebagai jaminan antara Anda dan customer.

13. Toko Bangunan

Bisnis toko bangunan dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil karena orang selalu memerlukan bahan bangunan dan peralatan untuk proyek renovasi atau konstruksi. Juga, pertumbuhan di sektor konstruksi bisa menguntungkan.

Tips Bisnis Sukses Kurangi Resiko Rugi 2023

Bisnis yang tidak ada matinya

Semakin sukses bisnis maka keuntungan juga akan semakin besar (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis:

1. Jangan Takut Usaha Rugi

Potensi rugi dalam menjalankan bisnis pasti Anda, sehingga Anda tidak boleh takut berlebihan dengan 'Rugi' apalagi hanya takut tanpa melakukan usaha untuk meminimalisir resikonya. COba dulu untuk berusaha dan lakukan yang terbaik dalam menjalankan usaha Anda dan lakukan beberapa hal pada pembahasan berikutnya untuk mengurangi potensi kerugian.

2. Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi potensi kerugian dalam bisnis Adalah melakukan riset pasar, riset ini dilakukan untuk menentukan siapa sasaran produk Anda akan dijual. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah menyesuaikan dalam melakukan produksi hingga proses pemasaran.

3. Buat Rencana Bisnis yang Matang

Selanjutnya adalah membuat rencana bisnis yang matang, mulai dari membuat dan menyusun deskripsi usaha, menyusun strategi pemasaran, analisa pasar, proses produksi, pemantauan, perkiraan modal, manajemen operasional hingga evaluasi.

4. Berikan Pelayanan yang Berkualitas

Jika bisnis sudah berjalan pastikan Anda memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas, pelayanan ini akan menentukan bagaimana konsumen menilai bisnis Anda sekaligus menentukan apakah bisnis Anda layak untuk dikunjungi kembali atau tidak.

Sebaik-baiknya kualitas produk Anda bisa terlihat rusak dan jelek jika pelayanan tidak baik, pelayanan ini bisa mencakup tentang kecepatan kasir, ketersediaan barang, bagaimana cara pegawai menyambut customer yang datang dan beberapa lainnya.

5. Miliki Manajemen Keuangan Bisnis yang Baik

Manajemen keuangan yang baik adalah kunci keberhasilan bisnis Anda. Ini melibatkan pengelolaan dengan bijak sumber daya keuangan Anda, termasuk pendapatan, pengeluaran, investasi, dan perencanaan keuangan jangka panjang.

Untuk itu, Anda perlu memiliki manajemen keuangan bisnis yang baik, Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos Mobile, aplikasi kasir online yang terintegrasi akuntansi cocok untuk meningkatkan pelayanan juga manajemen keuangan bisnis.

Dengan Beepos, Anda sudah bisa menikmati dua produk sekaligus dengan software akuntansi online Beecloud sebagai back-office. Kasir cepat, dapat customer loyalty, laporan keuangan mudah dan masih banyak lagi. Dapatkan GRATIS uji coba TERBATAS sekarang dengan klik banner di bawah ini!

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Artikel Terkait

Hindari Jebakan Bisnis! Ini 5 Cara Jitu Mitigasi Risiko pada Bisnis
Mitigasi risiko adalah suatu pendekatan manajemen untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola potensi ancaman yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Dengan
Baca Juga
Apa itu E-Wallet? Alat Transaksi Pembayaran Zaman Now
Apa Itu E-Wallet? E-wallet atau dompet digital (elektronik) adalah salah satu bentuk financial technology yang menjadi alternatif sistem pembayaran dan
Baca Juga
5 Contoh Analisis Resiko Bisnis dan Cara Analisisnya
Dalam mengelola sebuah usaha, analisis resiko memainkan peran krusial dalam menentukan kesuksesan jangka panjang. Dimana dengan analisis ini kita dapat
Baca Juga
Analisis Resiko Usaha: Penyebab, Jenis dan Cara Identifikasinya
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan tantangan, risiko usaha menjadi faktor yang tidak dapat dihindari. Kewirausahaan selalu melibatkan potensi kerugian
Baca Juga
12 Inspirasi Usaha, Modal & 5 Tips Sukses Memulainya
Apakah Anda adalah calon pebisnis yang bingung mau usaha atau memulai bisnis apa? Jika iya, di artikel ini akan dibahas
Baca Juga
Persiapan Sebelum Belajar Pembukuan Keuangan Perusahaan
Bagaimana sih cara belajar pembukuan keuangan perusahaan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal pembukuan keuangan dari perusahaan
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu