Logo Bee Web

Panduan Cara Buka Toko di Shopee dan Tips Suksesnya

da beberapa hal penting dalam cara buka toko di Shopee, yaitu memilih produk, buat deskripsi, hingga mengatur strategi pemasaran
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 6 March 2023

Shopee adalah salah satu platform belanja atau e-commerce yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena berbagai kemudahan dan keuntungannya. Oleh sebab itu, ada banyak orang pula yang penasaran dengan bagaimana cara buka toko di Shopee.

Kabar baiknya, kami akan membahas cara hingga tips suksesnya khusus untuk pemula, seperti Anda. Jika sudah tidak sabar ingin segera mendapatkan cuan dari toko oren ini, mari simak penjelasan berikut dengan seksama!

Cara Buka Toko di Shopee Untuk Pemula

Shopee

Potret Halaman Depan Shopee Desktop (Sumber: Shopee)

Shopee adalah sebuah platform e-commerce yang didirikan pada tahun 2015 oleh Garena atau Sea Limited di Singapura. Mereka menyediakan layanan belanja online untuk berbagai jenis produk, mulai dari fashion, elektronik, kosmetik, hingga makanan dan minuman.

Platform Shopee hadir dengan konsep pasar online yang menyediakan kemudahan bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dengan aman dan nyaman.

Shopee juga menawarkan berbagai program promosi dan diskon yang menarik untuk menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan para penjual di platform mereka.

Saat ini, Shopee telah hadir di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Taiwan. Adapun di bawah ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara buka toko di shopee lewat HP maupun PC, yaitu:

1. Buat Akun Shopee

Langkah pertama adalah membuat akun Shopee jika memang belum memiliki akun. Ini akan menjadi akun penjual yang akan digunakan untuk mengelola toko dan produk Anda. Sebaiknya pisahkan antara akun penjual dan akun untuk membeli.

2. Verifikasi Identitas

Setelah membuat akun, penjual perlu melakukan verifikasi identitas dengan cara memasukkan nomor telepon dan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS. Jadi, pastikan untuk menuliskan nomor telepon yang masih aktif.

Selain nomor, Anda juga bisa menggunakan email aktif untuk mendaftar dan melakukan verifikasi.

3. Buat Toko di Shopee sebagai Penjual

Jika sudah berhasil masuk ke akun penjual, maka Anda bisa langsung membuat toko dengan mengklik menu "Buka Toko" di halaman profil akun.

4. Atur Profil Toko

Cara buka toko di Shopee selanjutnya adalah mengatur profil toko dengan menambahkan informasi toko, seperti deskripsi singkat, alamat, dan nomor telepon. Pastikan untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat untuk memudahkan pembeli dalam berbelanja.

5. Tambahkan Produk

Setelah profil selesai diatur tambahkan produk yang akan dijual di toko. Pastikan untuk memberikan informasi yang jelas dan detail tentang produk, seperti nama produk, harga, deskripsi, foto produk, dan kategori produk.

6. Promosikan Toko dan Produk

Terakhir, ketika toko dan produk sudah siap itu berarti Anda sudah bisa mempromosikannya untuk menarik minat pembeli.

Shopee menyediakan berbagai program promosi dan diskon yang bisa digunakan oleh penjual untuk meningkatkan penjualan toko, seperti bagikan ke media sosial, iklan, naikkan produk, hingga kerja sama dengan influencer.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

Tips Sukses Jualan di Shopee

menurut laporan survey neurosensum shopeepay peringkat teratas

Begini Tips dan Cara Sukses Jualan di Shopee (Sumber: Shopee)

Jualan di Shopee menjadi salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk dan meraih keuntungan di era digital ini. Dalam menjalankan bisnis online di Shopee, penjual harus memperhatikan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis mereka.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses jualan di Shopee yang akan membantu penjual meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar, antara lain:

1. Menyediakan Produk Berkualitas

Penjual di Shopee harus memastikan bahwa produk yang dijual memiliki kualitas terbaik. Ini akan menjadi salah satu faktor penting yang akan memengaruhi kepercayaan pembeli terhadap toko Shopee Anda.

Pembeli yang merasa puas dengan produk yang telah mereka beli, kemungkinan besar akan kembali berbelanja di toko Anda. Selain itu, ketika produk memiliki kualitas yang baik, maka pelanggan dengan senang hati akan merekomendasikan toko Anda kepada orang lain.

2. Memberikan Deskripsi dan Foto Produk yang Jelas

Deskripsi dan foto produk yang jelas akan sangat membantu pembeli dalam memahami produk yang dijual dan memutuskan apakah akan membeli atau tidak.

Oleh karena itu, penjual harus menggunakan foto berkualitas tinggi dan memberikan deskripsi produk lengkap, termasuk ukuran, bahan, warna, dan fitur lainnya.

Foto dan deskripsi produk yang jelas juga akan membantu mencegah pengembalian barang karena kesalahpahaman atau kebingungan pembeli mengenai produk yang dibeli.

Adapun foto yang direkomendasikan oleh Shopee, seperti ukuran 1:1, latar belakang putih polos, dan tidak menambahkan tulisan atau ikon membingungkan.

3. Memberikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik akan membuat pembeli merasa senang dan nyaman berbelanja di toko Shopee Anda. Penjual harus membalas pesan pembeli dengan cepat dan ramah, serta memberikan informasi yang akurat dan jelas mengenai produk yang dijual.

Jika pembeli memiliki keluhan atau masalah dengan produk, penjual harus siap untuk membantu dan memberikan solusi yang memuaskan.

4. Menetapkan Harga yang Kompetitif

Setelah memahami bagaimana cara buka toko di Shopee, Anda juga perlu menetapkan harga yang kompetitif dengan kompetitor. Penjual di Shopee bersaing untuk mendapatkan pembeli, sehingga menetapkan harga yang kompetitif sangat penting.

Penjual harus memastikan bahwa harga yang ditetapkan tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, sehingga masih bisa memberikan keuntungan yang layak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan harga pesaing untuk menentukan harga yang tepat.

5. Memanfaatkan Promosi dan Diskon

Buka Toko Di Shopee

Manfaatkan fitur diskon dan event yang di sediakan di Shopee (Sumber: Freepik.com)

Shopee menyediakan berbagai program promosi dan diskon yang dapat digunakan oleh penjual untuk menarik minat pembeli. Jadi, Anda dapat memanfaatkan program-program ini untuk meningkatkan penjualan toko.

Beberapa contoh program promosi dan diskon di Shopee, antara lain flash sale, free ongkir, cashback, dan voucher belanja. Namun, penjual harus memperhatikan keuntungan yang diperoleh dari setiap program promosi dan diskon tersebut.

Memperhatikan Penilaian dan Ulasan

Penilaian dan ulasan dari pembeli sangat penting bagi toko Shopee Anda. Penilaian dan ulasan yang baik akan meningkatkan kepercayaan pembeli dan juga meningkatkan peringkat toko Anda di Shopee.

Sebaliknya, penilaian dan ulasan yang buruk akan mengurangi kepercayaan pembeli dan merusak reputasi toko. Oleh karena itu, penjual harus memperhatikan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan agar pembeli memberikan penilaian bintang terbaik.

6. Menjaga Stok dan Pengiriman yang Tepat Waktu

Penjual harus selalu menjaga stok produk dan mengirimkan produk tepat waktu. Pembeli tidak akan senang jika produk yang diinginkan tidak tersedia atau mengalami keterlambatan dalam pengiriman.

Oleh karena itu, penjual harus memastikan bahwa stok produk selalu tersedia dan mengirimkan produk sesuai dengan jangka waktu yang dijanjikan.

Jangan sampai itu melewati batas yang ditentukan oleh Shopee karena akan otomatis dibatalkan sehingga toko Anda terkena poin penalti. Jika terjadi berulah kali, tidak menutup kemungkinan bahwa toko Anda akan dihapus dan tidak bisa berjualan lagi.

7. Meningkatkan Keamanan dan Kepercayaan Pembeli

Keamanan dan kepercayaan pembeli juga sangat penting dalam bisnis online. Penjual harus menggunakan sistem pembayaran aman dan terpercaya serta menyediakan informasi yang lengkap mengenai toko dan produk yang dijual.

Selain itu, guna memaksimalkan cara buka toko online di Shopee, penjual juga harus memperhatikan kebijakan pengembalian barang dan menjaga privasi pembeli.

8. Mengoptimalkan Promosi di Shopee

Shopee menyediakan berbagai fitur untuk membantu penjual mempromosikan toko dan produk mereka. Penjual dapat memanfaatkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan visibilitas toko mereka di Shopee.

Selain itu, penjual juga dapat memanfaatkan iklan Shopee untuk menargetkan calon pembeli yang potensial. Tidak perlu khawatir karena iklan Shopee dibanderol dengan harga yang sangat murah, yaitu mulai dari Rp 2.500 per hari.

9. Memiliki Pembukuan Keuangan dan Transaksi

Selanjutnya adalah memiliki pembukan dan transaksi yang rapi dan jelas, sehingga nantinya bisnis mudah dipantau baik dalam segi keuangan mauun perkembangan penjualan. Cara mudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan online shop dari Beecloud.

Anda bisa mengimport data penjualan ke dalam aplikasi dan secara langsung Anda bisa memnatau bagaimana laporan keuangan dari laba rugi sampai akuntansi secara otomatis, mengontrol stok sampai memantau mana produk paling laris di toko Anda.

Thumbnailvid Aplikasi Pembukuan Online Shop

10. Terus Berinovasi dan Mengikuti Tren

Dalam bisnis online, terus berinovasi dan mengikuti tren adalah hal yang penting untuk memenangkan persaingan. Penjual di Shopee harus selalu mencari cara baru untuk meningkatkan toko mereka dan menawarkan produk yang lebih menarik bagi pembeli.

Tidak hanya itu saja, penjual juga harus mengikuti tren terkini dalam bisnis online, seperti pemasaran sosial media dan penggunaan video sebagai sarana pemasaran.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee Dapatkan Ratusan Order Per Bulan

KESIMPULAN

Dalam membuat toko di Shopee, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti memilih jenis produk yang akan dijual, membuat deskripsi produk, menentukan harga kompetitif, hingga mengatur strategi pemasaran.

Melakukan cara ini akan memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan dan sukses dalam berjualan di Shopee akan semakin terbuka lebar. Jadi, segera aplikasikan cara buka toko di Shopee dan manfaatkan kesempatan bisnis online ini sebaik mungkin!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty
Customer Loyality - Jadi ceritanya saya sedang berkunjung di minimarket yang selalu ramai setiap harinya. Sebut saja Alpamaret.. Entah apa
Baca Juga
13 Ide Konten Instagram Tingkatkan Engagement Rate
Ide Konten Instagram Menarik - Di era digital yang berkembang pesat saat ini, platform media sosial telah menjadi salah satu
Baca Juga
6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis
Strategi Pemasaran Produk - Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala
Baca Juga
Kuliner Surabaya: 20+ Makanan & Minuman Khas yang Legend
Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, memiliki segudang daya tarik bagi para wisatawan, tak terkecuali dalam hal Kuliner
Baca Juga
Warung Kelontong Strategi Bertahan di Tengah Gempuran Zaman
Sejak adanya pandemi COVID-19, banyak usaha bisnis yang terganggu dan terpaksa harus undur diri alias bangkrut. Namun sepertinya hal tersebut
Baca Juga
Aplikasi POS Alfamart, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Aplikasi POS Alfamart digunakan untuk memudahkan mereka menerima pembayaran dan melacak penjualan. Masing-masing POS memiliki pengaturan yang berbeda salah satunya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu