Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 17 June 2022

Menjamurnya artikel tentang cara jualan mendorong setiap orang ingin berwirausaha. Menjadi pedagang online salah satu yang banyak dilirik. Tawaran peluang kesuksesan cukup besar dengan minimal resiko menjadi alasan bidang ini sangat mudah dilakukan bagi siapa saja. Apakah Anda termasuk salah satunya? Banyaknya pilihan platform marketplace mampu menjawab keinginan Anda dalam menyesuaikan bidang usaha dengan target pasar. Sebut saja Shopee, salah satu platform marketplace yang merajai tanah air saat ini.

Jika Anda tertarik memulai usaha berdagang online menggunakan platform marketplace shopee, simak cara jualan di shopee agar cepat mendatangkan pembeli.

Mengenal Apa itu Shopee?

logo shopee Tips Jualan

Ilustrasi Logo Shopee

Sebelum menjalankan cara jualan di dalamnya, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu apa itu Shopee. Shopee merupakan sebuah platform yang disesuaikan untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat. Kegiatan belanja online terjangkau, mudah dan menyenangkan menjadi visi dibangunnya Shopee.

Sejak berdirinya pada tahun 2015, Shopee diluncurkan di tujuh wilayah berbeda yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina. Shopee menjadi platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Pada 2019 Shopee telah mencapai lebih dari 80 juta penjualan produk dalam satu hari. Selain itu, Shopee memiliki total 500 juta views di Shopee Live dan games yang telah dimainkan oleh lebih dari 1 miliar kali dalam aplikasinya.

Alasan Kenapa Jualan di Shopee?

Setelah mengenal sedikit tentang Shopee, tentu Anda mendapat sedikit bocoran apa alasan berjualan di Shopee. Tentunya faktor pertama adalah banyaknya pengguna aktif yang menandakan peluang banyaknya pembeli. Shopee juga memberikan kemudahan akses baik bagi penjual maupun pembeli hingga jangkauannya mencakup seluruh kalangan, daerah, dan kebutuhan. Cara jualan yang digunakan sederhana sehingga menjadikannya lebih efektif.

Shopee juga menawarkan berbagai promo seperti gratis ongkir, cashback, hingga diskon berbelanja yang menjadi daya pikat bagi pembeli. Peningkatan penjualan tentu akan mendatangkan keuntungan berlipat ganda bagi penjual. Selain itu, adanya Shopee games yang memberikan hadiah berupa koin ataupun voucher toko cukup digemari oleh pengguna. Sistem koin dapat digunakan untuk berbelanja kembali menjadi alasan pengguna bertahan lama pada aplikasi Shopee.  

Tidak lupa, berjualan online akan menghemat modal usaha karena Anda tidak perlu membayar biaya sewa toko. Bahkan Anda dapat melakukan produksi hanya dari rumah, namun penjualan mampu mencapai seluruh Indonesia hingga mancanegara. Bagaimana? Apakah Anda tergiur memulai usaha di Shopee?

Langkah-langkah Jualan di Shopee

Tips Jualan shopee

Cara Menjadi Star Seller Shopee Dapatkan Ratusan Order Per Bulan

Membuat Akun Shopee

  1. Akses Shopee melalui web browser atau unduh aplikasi Shopee di Play Store atau App Store
  2. Klik “Daftar”
  3. Lengkapi seluruh isian form meliputi nomor telepon, kode captcha, kode verifikasi, dan kata sandi lalu klik “Daftar”
  4. Anda harus menambahkan serta melakukan verifikasi nomor handphone dan e-mail

Pembuatan akun ini tidak perlu dilakukan jika Anda telah memiliki akun di Shopee. Namun, bagi sebagian orang memilih membuat akun baru khusus untuk berjualan agar nama toko sesuai dengan keinginan.

Membuka Toko

  1. Buka aplikasi Shopee Anda
  2. Klik Mulai Jual di Halaman Saya
  3. Lengkapi informasi toko, alamat, dan jasa kirim dapat diakses melalui menu : Pilih “Asisten Penjual” -> “Profil Toko” -> lengkapi “Nama Toko” -> “Deskripsi Gambar” -> “Deskripsi” 
  4. Setelah itu klik icon “Centang” di pojok kanan atas menu

Mengunggah Produk

Tips Jualan

Cara Jualan, Upload Foto Katalog Produk (Sumber: Pexels.com)

Anda dapat meng-upload produk melalui Seller Centre dan aplikasi Shopee. 

  1. Beri “Nama Produk” dan pilih “Kategori” yang tepat
  2. Lengkapi isi “Informasi Produk”
  3. Lengkapi isi “Spesifikasi”
  4. Lengkapi isi “Informasi Penjualan”
  5. Lengkapi isi “Informasi Pengiriman”
  6. Lengkapi isi “Informasi lainnya”
  7. Pilih dan klik “Tampilkan”

Meng-upload produk melalui Seller Centre :

Memiliki nama produk yang relevan dan kategori yang tepat akan mempermudah Pembeli menemukan produk Anda selama pencarian. Isi nama produk dan pilih kategori yang cocok untuk produk Anda pada halaman Tambah Produk Baru di Seller Centre.

Meng-upload produk melalui Aplikasi Shopee :

Untuk meng-upload produk, Penjual dapat pilih menu Tambah Produk Baru di halaman Toko Saya pada aplikasi Shopee.

Promosikan Produk

Jika berbicara soal bisnis, tahapan yang tidak boleh dilupakan adalah promosi produk. Promosi merupakan proses memperkenalkan produk kepada calon pembeli. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan dalam penjualan online melalui platform marketplace juga telah disediakan fitur-fitur yang memudahkan penjual mempromosikan produknya. Tidak ketinggalan, Shopee menawarkan beberapa fitur promosi bagi penjual.

Berikut Langkah promosi produk melalui aplikasi Shopee:

  1. Log in ke aplikasi Shopee
  2. Kunjungi halaman Toko Saya
  3. Klik Promosi Saya, lalu klik Promo Toko
  4. Klik Buat Promo Diskon Baru
  5. Masukkan Rincian Promo
  6. Pilih produk
  7. Klik Simpan
  8. Lihat daftar promo diskon atau ubah rincian jika diperlukan

Shopee juga menghadirkan fitur Shopee Ads yang dapat dimanfaatkan penjual untuk mengiklankan produk pada halaman utama Shopee. Namun, penggunaan Shopee Ads dikenakan tarif tertentu berdasarkan paket dan ketentuan lainnya. Efektivitas jalan promosi dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda sebagai penjual.

Cara Cepat Dapat Pesanan Jualan di Shopee untuk Pemula

  1. Berikan Harga yang Kompetitif
  2. Perbanyak Variasi Produk
  3. Daftar Gratis Ongkir di Shopee
  4. Pasang Foto Produk yang Bagus
  5. Berikan Deskripsi Produk Dengan Jelas
  6. Gunakan Fitur “Promo Toko”
  7. Buatlah “Voucher Toko Saya”
  8. Aktifkan Fitur “Paket Diskon”
  9. Manfaatkan Fitur Flash Sale
  10. Jangan Lupa, Sebarkan di Sosial Media

Rekap Penjualan Ratusan Transaksi ke Pembukuan Hingga Jadi Laporan Keuangan

Rekap penjualan sangat penting bagi pelaku bisnis. Laporan keuangan sangat lah penting untuk dibuat. Laporan keuangan dianggap sebagai salah satu alat dalam pengambilan keputusan.

Selain itu penyusunan laporan keuangan membutuhkan beberapa laporan lain termasuk penjualan. Laporan penjualan digunakan sebagai salah satu bagian dari isi yang harus tersaji dalam laporan keuangan. Mengamati proses bisnis tersebut, para pelaku bisnis perlu mengetahui pentingnya laporan keuangan juga laporan penjualan harian dalam berbagai bidang bisnis. 

Caru tahu juga produk terlaris di masing-masing channel toko online Anda. Tahu produk paling laris dan channel paling menguntungkan, memudahkan anda untuk tahu minat pembeli dan menentukan strategi penjualan. Dengan aplikasi pembukuan online shop Beecloud, Anda bisa melihat:

  • Laporan penjualan per masing-masing channel per bulan
  • Cek laporan per channel realtime
  • Data jumlah produk terjual per bulan
  • Scale-up produk terlaris berdasarkan data

Kesimpulan

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai cara jualan di toko online pada platform marketplace Shopee. Apakah Anda tertarik memulai bisnis online dengan berjualan di Shopee? Tidak perlu takut untuk menjadi pedagang pemula di Shopee. Terdapat berbagai improvisasi yang semakin memudahkan pengguna. Perlu diingat, kunci bisnis yang berhasil dan sukses bukan hanya berdasarkan channel jualan yang dipilih. Namun, juga terletak pada niat, kegigihan, dan inovasi dalam setiap perjalanannya.

Seperti pentingnya membuat rekap penjualan, pembukuan hingga laporan keuangan yang rapi meski hanya berjualan online. Rekap penjualan penting untuk mengetahui apakah bisnis online kita selama ini untung atau malah rugi. Perhatikan juga biaya admin dan biaya layanan tiap marketplace. Jika Anda tidak mencatat biaya admin/layanan bisa-bisa omset gede tapi ternyata profit mepet untuk perputaran uang. Gak mau kan?

Tapi, Rekap Ratusan Transaksi dari Shopee ke Pembukuan itu Ribet

Tidak mau susah atau ribet? Gunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud untuk memudahkan Anda export-import data transaksi dari marketplace ke pembukuan. Banyak fitur-fitur yang akan memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi, jadi tidak perlu repot-repot harus mengerti akuntansi untuk membuat laporannya. Aplikasi pembukuan online shop yang akan membantu anda.

Coba gratis Beecloud sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online

8 Aplikasi Keuangan Online Gratis Terbaik dan Mudah Digunakan
Aplikasi keuangan online adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, melakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat […]
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Excel
Jika saat ini Anda sedang mencari contoh laporan keuangan sederhana menggunakan excel Anda sudah sangat tepat berada di artikel ini. […]
Baca Juga
Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Bengkel Semrawut Jadi Sistematis
Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu