Web Logo Bee
Penulis: Nindya Adityanti

Cara Menjadi Star Seller Shopee Dapatkan Ratusan Order Per Bulan

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 13 April 2022

Cara menjadi star seller shopee merupakan salah satu strategi penting untuk mendatangkan banyak keuntungan saat berjualan di shopee. Calon pembeli menjadi lebih percaya dan datang untuk membeli produk yang Anda jual.

Shopee adalah salah satu marketplace dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Situs belanja online ini memiliki traffic share sebesar 29,78 persen dan jumlah kunjungan bulanan sebanyak 120 juta pada kuartal kedua tahun 2021. Hal ini menjadi peluang yang bagus untuk Anda yang menjadi penjual di Shopee.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu mencapai level “Star Seller”. Program ini hanya tersedia bagi penjual terpilih. Penjual yang memenuhi kriteria akan mendapatkan undangan untuk bergabung dalam program Star melalui notifikasi dan dapat bergabung dalam program ini  jika bersedia.

Untuk menjadi star seller shopee, Anda harus melakukan yang terbaik sebagai penjual. Sebelum dapat memanfaatkan fitur ini ketika memulai bisnis online shop Anda di Shopee, Anda perlu mengetahui cara menjadi star seller shopee dan apa itu shopee.

Apa itu Program Star Seller Shopee?

Cara-Menjadi-Star-Seller-Shopee-Dapatkan-Ratusan-Order-Per-Bulan

Ilustrasi Cara Menjadi Star Seller Shopee

Star Seller Shopee adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh Shopee kepada para pemilik toko atau seller yang aktif dan berusaha memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan. Star seller ini hanya diberlakukan bagi toko yang sifatnya perorangan bukan merupakan perusahaan atau Perseroan Terbatas (PT).

Kriteria Menjadi Star Seller Shopee

Cara untuk menjadi seorang star seller, ada beberapa kriteria dan juga syarat yang wajib untuk Anda penuhi. Syarat yang paling utama adalah Anda harus sudah memiliki toko di Shopee terlebih dahulu. Perhatikan ulasan berikut ini supaya Anda dapat lebih memahaminya.

  • Melakukan Verifikasi KTP (identitas)

Anda harus memiliki kartu tanda penduduk atau KTP yang telah terdaftar dan telah disetujui oleh pihak Shopee. Langkah ini berguna untuk memastikan bahwa Anda sendiri yang mengelola toko dan tidak menggunakan nama orang lain. Verifikasi KTP sangat penting untuk mengurangi tindakan penipuan yang bisa saja dilakukan oleh seller. Dengan adanya pencocokan antara kartu identitas dan foto penjual, Shopee memastikan bahwa transaksi yang dilakukan antara seller dan pembeli terjamin keamanannya.

Proses verifikasi KTP sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengirimkan swafoto dengan memegang KTP. Usahakan agar wajah serta kartu identitas Anda tampak jelas. Proses verifikasi pun tak berlangsung lama, hanya perlu 1 hingga 2 hari kerja.

  • Persentase Chat Lebih Dari 80%

Shopee memiliki sebuah fitur chat yang dapat digunakan untuk berdiskusi antara penjual dengan pembeli. Umumnya fitur chat digunakan untuk mengetahui informasi seputar produk yang tidak bisa didapatkan dari deskripsi.

Kualifikasi lain yang harus Anda perhatikan untuk menjadi star seller shopee adalah kecepatan membalas live chat yang ada di Shopee. Persentase membalas chat online shop Anda harus lebih dari 80% untuk bisa menjadi star seller.

Calon pembeli biasanya akan menanyakan ketersediaan barang bisa berupa warna yang tersedia, ukuran barang, dan lain sebagainya. Anda harus berusaha untuk membalasnya dengan ramah dan cepat. Jangan sampai calon pembeli menunggu lama jawaban Anda, karena hal ini akan mempengaruhi kualitas rating toko anda.

  • Rating Minimal 4.5 Star

rating-star-seller-shopee

Ilustrasi Star Rating (Sumber: Freepik.com)

Untuk melihat bagus tidaknya sebuah online shop cukup dengan melihat rating yang biasanya berupa bintang ini. Rating adalah akumulasi penilaian yang diberikan oleh konsumen terhadap produk yang ada di toko Anda. Makin tinggi rating yang dimiliki sebuah online shop, maka bisa dipastikan bahwa toko tersebut memiliki reputasi yang baik. Shopee memiliki sistem rating dengan menggunakan bintang. Penilaian tertinggi berjumlah 5 bintang. Nah, syarat untuk menjadi star seller di Shopee adalah memiliki rating minimal 4,5 bintang

Untuk memberikan penilaian, seseorang harus membeli barang terlebih dahulu. Jadi, rating ini sangat valid untuk menggambarkan kualitas dan reputasi toko.

Jika saat ini online shop Anda sudah memiliki rating di atas 4.5, maka Anda tinggal mempertahankan kualitas produk serta pelayanan terhadap konsumen. Apabila rating online shop Anda masih kurang dari 4.5, jangan khawatir, tingkatkan mutu pelayanan dan juga produk agar konsumen merasa lebih puas.

  • Penjualan Berhasil Minimal 100 Pesanan per Bulan

Memperoleh gelar star seller sudah pasti menjadi keinginan hampir semua seller di Shopee. Namun cara menjadi star seller shopee, diperlukan berbagai macam usaha. Syarat berikutnya untuk menjadi star seller adalah mendapatkan dan melayani sekurang-kurangnya 100 pesanan dalam satu bulan. 

Menjual 100 pesanan dalam satu bulan cukup sulit bagi seller pemula. Dibutuhkan berbagai usaha untuk mencapai target tersebut. Terdapat beberapa jalan yang dapat Anda tempuh, antara lain dengan mengikuti program flash sale, mengiklankan produk, memberikan promo, menyediakan produk yang dapat dibeli secara grosir, serta menjual barang dengan harga di bawah pasaran. Untuk mencapainya, sebaiknya Anda jual produk yang murah dan menarik. Jadi konsumen bisa membeli beberapa produk sekaligus dengan total belanja yang tidak terlalu banyak.

  • Toko Melayani 25 Pembeli Berbeda dalam 1 Bulan

Ilustrasi Seller Shopee dengan Paket yang Harus Dikirimkan (Sumber: Freepik.com)

Semakin banyak pembeli akan semakin meningkatkan reputasi toko Anda. Hal ini juga menjadi salah satu kualifikasi untuk menjadi star seller dimana toko anda harus menjual barang minimal 25 akun pembeli baru dalam satu bulan. Hal ini tidak terlalu sulit jika produk Anda memiliki harga yang relatif murah dan juga termasuk kategori produk yang sedang laris di pasaran. Untuk mencapai 100 penjualan dan 25 akun pembeli yang berbeda, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan fitur iklan yang tersedia di Shopee.

  • Toko Memiliki Poin Penalti 0 Poin

Tahukah Anda bahwa Shopee menerapkan sistem penalti poin kepada seller? Poin ini akan bertambah ketika seller melanggar syarat dan ketentuan dari Shopee. Beberapa tindakan yang dikenai poin penalti oleh Shopee antara lain:

  • Terdapat pesanan pembeli yang tidak diselesaikan oleh seller
  • Seller terlambat dalam mengirimkan produk.
  • Seller menjual produk yang dilarang
  • Melakukan tindakan yang dinilai spam
  • Meningkatkan harga sebelum diberi diskon untuk mendapatkan keuntungan
  • Membalas chat atau ulasan dari pembeli dengan kalimat yang tidak sopan dan kasar.

Untuk menjadi star seller shopee, Anda harus memiliki poin penalti 0. Artinya, Anda tak boleh memiliki catatan pelanggaran (penalti) yang telah disebutkan di atas. Poin penalti 0 menjadi penilaian yang penting terhadap online shop Anda. Shopee akan lebih mengutamakan toko yang mematuhi peraturan tanpa memiliki poin penalti sedikit pun.

  • Memiliki Produk Pre Order

Kualifikasi berikutnya yang harus dipenuhi agar online shop Anda bisa mendapatkan predikat star seller ialah online shop Anda harus mempunyai persentase dan jumlah produk pre-order setidaknya sebanyak 20% dari total barang yang ada di toko dengan masa pre-order kurang dari lima hari.

  • Riwayat Pesanan Wajar

Anda perlu berhati-hati dalam melakukan penjualan di online shop Anda. Jangan sampai pihak Shopee mendeteksi adanya pesanan yang tidak wajar. Semisal aktivitas akun yang berlebihan atau menyalahgunakan program yang ada di Shopee. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi pihak Shopee untuk menjadikan online shop Anda berstatus star seller. 

Produk yang Dilarang untuk Dijual Star Seller Shopee

produk-yang-dilarang-dijual-star-seller-shopee

Ilustrasi Dilarang Melanggar Aturan Seller Shopee (Sumber: Freepik.com)

Untuk terdaftar sebagai Star Seller, penjual juga tidak boleh menjual barang- barang berikut:

  • Barang- barang, deskripsi produk, dan kemasan yang mengandung pelanggaran hak cipta atau merek dagang merek lain.
  • Produk perawatan kulit, obat, dan suplemen yang tidak mempunyai izin BPOM
  • Produk yang berkaitan dengan kesehatan ilegal
  • Minuman keras, rokok, dan obat- obatan terlarang
  • Produk ‘share in jar’ (produk yang dijual ulang dalam kemasan lebih kecil) dengan jumlah lebih dari dari 10% dari keseluruhan jumlah produk di toko Anda.
  • Produk bermerek yang tidak mempunyai izin distribusi resmi dari pihak berwenang
  • Barang bekas
  • Produk MLM
  • Voucher
  • Jasa yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Shopee, seperti jasa penitipan, jasa sewa, jasa impor, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya

Bagaimana Cara Mendapatkan 100 Pesanan Pertama di Shopee?

cara-mendapatkan-100-pesanan-pertama-di-shopee

Ilustrasi Seller Online Shop dengan Paket Siap Kirim (Sumber: Freepik.com)

  • Ramah Kepada Pelanggan

Salah satu kriteria menjadi Star Seller Shopee adalah persentase chat dibalas. Artinya, Anda harus mengusahakan untuk selalu ramah dan cepat merespon chat pembeli. Sama seperti toko pada umumnya, pembeli adalah raja. Anda tidak boleh bosan membalas chat dari mereka. Karena setiap chat adalah peluang yang tidak boleh Anda lewatkan untuk terjadinya penjualan.

  • Harga yang Sesuai

Salah satu risiko berjualan di marketplace adalah adanya perang harga. Sama halnya saat Anda mengejar status Star Seller di Shopee. Harga menjadi salah satu hal yang pertama kali dipertimbangkan oleh calon konsumen sebelum membeli suatu produk. Konsumen tentu lebih menyukai produk dengan harga yang terjangkau. Anda tak boleh hanya mengutamakan harga murah lantas mengesampingkan kualitas produk.

Tetaplah sediakan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya jangan memaksakan untuk memasang harga murah apabila akan membuat Anda rugi. Pasang harga yang sewajarnya saja, biarkan kualitas produk yang bicara.

  • Promo

Hampir semua orang tentu menyukai promo. Anda dapat mengadakan promo khusus untuk beberapa produk guna menarik pembeli. Contohnya potongan harga atau diskon pada tiap pembelian. Dengan strategi ini, penjualan produk di toko Anda bisa meningkat drastis. Sehingga kesempatan Anda untuk menjadi star seller pun akan semakin meningkat. 

  • Bio Toko yang Menarik

Cara menjadi star seller shopee lainnya adalah membuat bio toko semenarik mungkin. Siapkan nama, logo, dan juga deskripsi toko yang unik. Jangan pernah menjiplak dari toko lain.

  • Optimasi Foto Produk

optimasi-foto-produk-untuk-menarik-pelanggan

Ilustrasi Foto Produk Sepatu di Studio Mini (Sumber: Freepik.com)

Siapkan foto produk yang baik untuk dipajang di beranda online shop Anda. Lakukan pemotretan khusus untuk produk-produk yang Anda jual di Shopee. Kualitas foto produk sangat penting untuk menarik perhatian calon pembeli. Gunakan foto yang baik dan menarik perhatian pembeli. Gunakan selalu foto yang asli, bukan hasil download dari sumber lain.

Anda perlu memastikan bahwa kualitas produk yang Anda jual adalah sama seperti gambar yang tampil di etalase. Jika tidak, resiko review buruk akan memperberat langkah Anda menjadi Star Seller Shopee.

  • Optimasi Judul Produk

Tiap marketplace mempunyai algoritmanya masing-masing. Untuk bisa mengoptimalkan produk Anda di hasil pencarian marketplace, Anda harus membuat judul dan deskripsi produk yang tepat.

Hindarilah membuat judul produk yang mengandung spam dan tidak sesuai. Misalnya saat Anda menjual blus batik, Anda tidak boleh menuliskan “blus/dress/outer/jas batik murah”. Blus, dress, outer, dan jas adalah jenis produk yang berbeda. Pemberian judul seperti ini selain membingungkan calon pembeli juga membuat produk Anda rawan untuk dicekal.

Selain itu, deskripsi produk Anda harus jelas dan detail dalam menggambarkan produk yang Anda jual. Mulai dari deskripsi bahan, warna, ukuran, warna, tata cara pembelian, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menggunakan kata kunci dan hashtag untuk mempermudah calon pembeli menemukan produk Anda.

Untuk menjangkau pembeli lebih mudah, Anda perlu melakukan optimasi judul produk dengan cara memasukkan kata kunci yang sering dicari oleh calon pembeli ke judul produk Anda. Kata kunci ini dapat Anda lihat pada kolom search Shopee.

  • Gunakan Video Produk

Jika memungkinkan, tambahkan video tutorial cara penggunaan atau video packing produk Anda ke halaman produk. Video ini akan membuat halaman produk Anda terlihat lebih menarik. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan promosi melalui sosial media melalui Video di YouTube atau IGTV. Video tersebut dapat memuat tips dan trik penggunaan produk, serta rekomendasi produk Anda.

  • Cantumkan Kegunaan dan Keunggulan Produk

Pada kolom deskripsi produk, jangan lupa untuk menuliskan informasi mengenai produk beserta kegunaan dan keunggulannya. Dengan begitu, toko Anda akan terlihat profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

keuntungan-menjadi-star-seller-shopee

Ilustrasi Rating Star Seller Shopee (Sumber: Freeepik.com)

  • Menikmati Program Promo Shopee

Keuntungan lain menjadi star seller Shopee adalah mendapatkan kesempatan lebih besar dalam program-program promo Shopee. Platform marketplace ini sering kali mengadakan promo menarik atau bahkan flash sale dimana penjual juga ikut terlibat dalam program tersebut. 

Tentunya hal ini merupakan kesempatan yang bagus agar omset penjualan bertambah. Saat ada program promo, pastinya akan lebih banyak konsumen mencari produk kebutuhan mereka. Penjual berstatus star seller yang diajak berpartisipasi oleh Shopee dapat turut memasarkan produknya dengan harga terjangkau sehingga mendapatkan banyak transaksi pembelian.

  • Mendapatkan Kredibilitas dari Pembeli

Tag Star Seller adalah tanda jaminan dari Shopee untuk kualitas produk dan layanan Anda. Tag ini ditampilkan di bawah foto profil toko dan di setiap foto produk. Berkat predikat Star Seller Shopee, Anda akan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen. Karena pada dasarnya predikat tersebut memang hanya tersemat pada penjual yang terseleksi saja. Apabila online shop Anda memiliki predikat star seller, Anda akan makin mudah menjangkau konsumen, karena mereka yakin dengan penjual berbintang. 

  • Omset Penjualan Meningkat

Pada akhirnya semua penjual baik online maupun offline pasti ingin memperoleh keuntungan finansial yang tebal. Dampak positif dari predikat penjual star di Shopee tentunya bisa meningkatkan performa penjualan kamu. Alhasil, pendapatan dari hasil penjualan juga semakin besar dan terus meningkat.

  • Banyak Konsumen yang Melihat Produk

Manfaat jadi star seller Shopee berikutnya yaitu memperoleh eksposur lebih banyak dan luas. Artinya, produk yang Anda dagangkan berpeluang lebih sering terlihat pada halaman pencarian dengan kata kunci relevan. Dengan begitu, produk-produk dari toko Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

  • Dapat Menjadi Toko Favorit

Anda akan lebih diuntungkan karena di bagian pencarian barang ada sebuah fitur dari Shopee yaitu berupa Filter khusus “Star Seller”, sehingga toko Online Anda di Shopee ini memiliki lebih banyak peluang untuk muncul dalam pencarian barang oleh Calon Pembeli Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Saya Terpilih Menjadi Star Seller Shopee?

Ilustrasi Rating Star Seller Shopee (Sumber: Freepik.com)

Online shop yang memenuhi kriteria akan mendapatkan undangan dari shopee, cara menjadi star seller shopee melalui notifikasi di aplikasi hopee dan akan menjadi star seller jika bersedia.

Jika Anda memenuhi seluruh kriteria, maka Anda akan menerima undangan untuk menjadi Penjual Star pada hari Kamis pk. 16:00 WIB. Untuk menerima undangan dan bergabung dalam program Star, pastikan Anda telah mengunggah foto KTP dengan memilih menu Upload KTP di halaman Program Star, baik melalui Seller Centre maupun aplikasi Shopee.

Pengertian program Star+ Seller

Program yang satu ini merupakan suatu program lanjutan dari program Star Seller. Star+ Seller adalah predikat yang akan diberikan pada penjual telah memiliki predikat Star Seller. Predikat Star+ Seller akan diberikan jika Star Seller mampu mempertahankan kualitas toko dan produknya. Selain mempertahankan kualitas, Star Seller juga harus melakukan peningkatan performa, baik performa toko maupun performa penjualan. Jika Anda belum meraih predikat Star Seller, maka Anda belum bisa mendapatkan predikat Star+ Seller.

Perbedaan Persyaratan Star Seller dan Star+ Seller

Tentunya dapat diketahui bahwa program Star+ Seller lebih unggul daripada program Star Seller. Program Star+ Seller ini merupakan upgrade version dari program Star Seller. Masih ada beberapa perbedaan yang membedakan antara program Star Seller dan Star+ Seller, yaitu:

Kesimpulan

Cara menjadi star seller di Shopee sebenarnya mudah, bukan? Teruslah berusaha dengan cara yang baik serta tidak melanggar ketentuan Shopee. Dengan tips dan trik di atas, Anda akan segera menjadi Star seller. Dan jangan lupa, setelah mendapatkan predikat Star Seller, selalu jaga performa toko Anda agar predikat tersebut terus menempel dan tidak hilang.

Toko online anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan Beecloud + Plugin E-commerce. Rekap ribuan transaksi dari Tokopedia dan Shopee cukup 7 menit, 1x klik. Plugin E-commerce, import transaksi penjualan dan pelunasan dari marketplace ke software akuntansi Beecloud sekali klik. Bukan cuma transaksi, anda juga bisa import pelunasan/pencairan dana dari marketplace ke Beecloud. Gak repot lagi rekap uang masuk satu per satu.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lanjut klik banner di bawah ini.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

Barcode Batang: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya
Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah barcode batang, bukan? Apalagi, di zaman modern sekarang ini hampir semua toko dan […]
Baca Juga
5+ Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Pekerjaan Kasir Toko
Web cek barcode saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik bisnis ritel. Ketika ke supermarket dan akan membayar belanjaan ke […]
Baca Juga
Cara Menghitung Biaya Jabatan PPh 21 Paling Mudah dan Praktis
Bingung kenapa slip gaji karyawan dipotong biaya jabatan PPh 21? Bagi karyawan yang baru memasuki dunia kerja, tentu masih bertanya-tanya […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu