Logo Bee Web

11 Tips Cara Memulai Usaha Sembako Laris Manis

Mau punya usaha sembako, ritel, toko kelontong sukses ramai pengunjung setiap hari? Simak penjelasan pada artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 3 April 2023

Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok. Sebagai bahan pokok, orang yang membuka usaha sembako akan dicari banyak orang karena selalu dibutuhkan. Tiap lingkungan setidaknya memiliki 1 toko yang menjual sembako ini.

Ini dikarenakan permintaan untuk 9 bahan pokok ini tidak pernah menurun dan akan selalu tetap atau meningkat. Jenis usaha ini bisa dijalankan oleh siapa saja dan dengan modal kecil.

Tips Cara Memulai Usaha Sembako Modal Kecil

Toko Sembako

Contoh Produk yang Selalu Ada di Toko Sembako (Credit: Freepik.com)

Membuka warung sembako bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Anda yang masih pemula dan memiliki modal yang kecil bisa perhatikan beberapa tips dibawah ini supaya bisnis menjadi laris manis saat memulainya.

1. Menentukan Lokasi Strategis

Biasanya, warung sembako dapat dibuka dimana saja. Di rumah Anda juga bisa. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu, apakah sekeliling rumah ramai dengan warga. Tidak hanya di rumah, Anda juga dapat menyewa tempat di ruko-ruko yang ramai.

2. Lakukan Survey terhadap Harga Sembako

Tujuan dari survey harga adalah mendapatkan keuntungan secara maksimal. Anda dapat memakai patokan harga sebagai harga jual. Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu tidak memasang harga yang lebih rendah dari kompetitor untuk menghindari kerugian.

3. Cari Supplier untuk Usaha Sembako yang Bisa Dipercaya

Supplier yang tepat membuat stok barang di toko sembako Anda tetap terjaga. Dikarenakan itu, ada beberapa hal yang wajib Anda untuk perhatikan. Pertama, perhatikan kualitas sembakonya dan Anda jangan mudah tergiur dengan harganya yang terjangkau.

Kualitas dari sembako menjadi taruhan pertama. Jika pembeli tidak puas dengan barang dagangan Anda, mereka tidak akan kembali lagi. Kedua, mengecek rekam jejak dari supplier dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa.

Beberapa marketplace tidak mencantumkan nomor kontak. Marketplace tersebut hanya memiliki fitur komunikasi yang terbatas. Anda bisa mencoba menghubungi dari fitur tersebut dan minta nomor kontak yang dapat dihubungi.

Pastikan supplier dapat dihubungi setiap saat dan menerima setiap pengaduan dari Anda. Ketiga, pilih supplier dengan pelayanan cepat. Anda bisa melakukan tes yang sederhana dengan melakukan order dalam jumlah kecil.

Lalu, perhatikan seberapa cepat respon supplier ketika dihubungi pelanggan. Anda harus memilih supplier yang cepat tanggap agar bila dibutuhkan sewaktu-waktu bisa diandalkan.

Sembako

Memilih Supplier yang Terbaik Penting Untuk Menetapkan Harga dan Kualitas Produk (Credit: Freepik.com)

4. Perhatikan Kualitas dan Harga Sembako

Bahan pokok seperti minyak goreng, beras, serta gula pasir dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Kategori ini dibuat berdasarkan kualitasnya. Anda sebaiknya menjual sembako dengan kualitas yang bagus.

Bahan pokok dengan kualitas ini akan lebih disukai oleh konsumen meskipun memiliki harga tinggi. Namun, Anda bisa menyediakan dagangan dari 2 kualitas yang berbeda. Ini sebagai alternatif jika tidak ingin pelanggan pindah ke kompetitor karena harga lebih mahal.

Anda bisa biarkan pembeli memilih barang berdasarkan kualitas serta kemampuannya. Meskipun begitu, Anda tetap wajib menjaga kejujuran kepada pelanggan dengan mengatakan kualitas serta kondisi bahan berdasarkan fakta.

5. Siapkan Perlengkapan Toko yang Lengkap

Ada 5 perlengkapan toko yang bisa Anda siapkan untuk keperluan toko sembako.

  • Rak. Tujuan dari rak ini untuk memperlihatkan produk dagangan. Ada beragam ukuran, warna, bentuk, serta tingkatan raknya.
  • Etalase Kaca. Perlengkapan ini bisa untuk meletakkan serta menunjukkan barang-barang yang berukuran kecil. Pelanggan bisa melihat dan memilih barang yang ingin dibeli secara mudah.
  • Timbangan. Perlengkapan ketiga untuk usaha warung sembako adalah timbangan, baik itu digital atau manual. Pastikan timbangan yang dibeli akurat agar tidak mengalami kerugian saat menjual barang eceran seperti beras.
  • Stiker Label. Adanya stiker label membuat Anda tidak perlu menghafal harga bahan satu per satu. Anda hanya langsung menulis harga di stiker tersebut dan langsung menempelkan di atas produknya agar tidak mengalami kesalahan dalam memberikan harga kepada pelanggan.
  • Plastik/kresek. Perlengkapan kelima ada kresek yang bisa memudahkan pelanggan untuk membawa belanjaan. Anda bisa menyiapkan kresek dengan beragam ukuran. Untuk memaksimalkan keuntungan, Anda dapat memasukkan biaya kresek tersebut ke harga dagangan.

6. Perhatikan Tata Letak dari Barang

Setelah Anda menyiapkan toko dengan matang, langkah selanjutnya ialah memperhatikan tata letak bahan pokok yang ada di toko. Tata semuanya dengan rapi agar memudahkan pembeli untuk menjangkau bahan-bahan tersebut.

Jika toko Anda berukuran luas, atur seperti minimarket supaya pembeli dapat langsung mengambilnya. Namun, jika sebaliknya, tata bahan-bahan tersebut seperti toko konvensional pada umumnya supaya tempat tidak terlihat sempit.

7. Lakukan Riset Pasar Secara Mendalam

Setelah memiliki rencana yang cukup matang, Anda bisa memulai melakukan riset pasar. Tujuannya untuk mengetahui peluang kesuksesan bisnis toko sembako yang Anda akan jalankan.

Jenis-jenis riset yang dapat Anda lakukan seperti lokasi usaha, tingkat persaingan, perilaku konsumen. Untuk riset tingkat persaingan, dilakukan dengan mengunjungi 3 hingga 4 usaha grosir sembako yang ramai oleh pembeli.

Amati jenis dagangan apa saja yang menjadi andalannya. Sedangkan untuk riset perilaku konsumen, ketahui jenis bahan apa saja yang diminati oleh banyak orang supaya toko Anda laris manis.

8. Perhatikan Kebersihan dari Usaha Sembako

Tidak hanya toko sembako, semua toko yang memiliki kebersihan yang terjamin membuat pembeli serta penjual menjadi lebih nyaman dalam kegiatan jual beli. Oleh sebab itu, Anda wajib membersihkan toko sebelum membukanya.

Pastikan juga toko tetap terjaga kebersihannya hingga Anda menutupnya kembali . Selain bersih, kerapian juga menjadi poin penting untuk bisa menarik minat pembeli. Bahan-bahan di toko pastikan selalu ada ditempatnya supaya bisa mencegah hewan bersarang di toko.

9. Terapkan Strategi Penjualan yang Tepat

Anda bisa melakukan promosi di berbagai macam media. Untuk media konvensional, Anda bisa menyebarkan pamflet serta brosur yang menarik. Sedangkan untuk media pemasaran yang lebih modern bisa memakai media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter.

Cantumkan foto bahan yang menarik dengan pencahayaan bagus. Anda cantumkan juga beberapa keuntungan yang bisa didapat pembeli bila membeli di toko di dalam foto tersebut atau di caption.

10. Melakukan Perhitungan pada Modal Usaha Sembako Anda

Sebelum Anda memulai belanja kebutuhan toko, lakukan perhitungan terhadap modal secara teliti dan hati-hati. Tidak hanya dagangan, hitung juga kebutuhan untuk kegiatan operasionalnya, seperti air hingga listrik.

Baca Juga: Aplikasi Grosir Sembako Terpopuler di Indonesia Harga Mulai Rp. 100rb

11. Berikan Layanan yang Terbaik untuk Pelanggan

Anda harus berusaha untuk selalu bersikap ramah serta menghargai pelanggan yang datang ke toko. Kombinasi 4 hal seperti toko yang bersih, bahan-bahan berkualitas, promosi yang luas dan tertarget, sapa pelanggan yang ramah membuat pelanggan kembali berkunjung serta berikan pelayanan yang cepat.

Untuk mempercepat proses transaksi dan pembayaran Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, praktis digunakan dan tentu saja lebih efektf dan efisien, anda bisa mencatat setiap transaksi secara lebih detail, memberikan struk pada pelanggan dan masih banyak lagi.

Beepos Bikin Pelanggan Puas Belanja Dengan Layanan Kasir Yang Cepat Dan Aman

Selain itu, Beposs juga terintegrasi dengan software akuntansi online Beecloud yang bisa Anda manfaatkan untuk mencatat, mengelola, memantau keuangan bisnis Anda dimana saja dan kapan saja. Yuk, gabung bersama pebisnis keren lainnya dengan menggunakan Beepos.

Jangan lupa untuk Anda menyambut pelanggan yang baru datang ke toko dengan mengucapkan salam. Ucapkan juga terima kasih kepada setiap pelanggan yang akan meninggalkan toko Anda.

Baca Juga: Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Sukses Bisnis Sembako

Kesimpulan

Memulai membuka usaha toko sembako bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa memperhatikan dan mengikuti satu per satu dari 7+ tips yang ada di atas. Namun, yang paling penting dalam memulai adalah melakukan perhitungan modal bisnis yang matang untuk menghindari kerugian. Sekian informasi tentang usaha sembako, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis
Strategi Pemasaran Produk - Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala
Baca Juga
Keunggulan Aplikasi Toko Bangunan untuk Usaha Toko Bangunan
Aplikasi toko bangunan merupakan sebuah program yang dirancang untuk memudahkan operasional usaha toko bangunan. Tidak hanya menangani transaksi penjualan saja,
Baca Juga
7 Tips Memulai Usaha Toko Bangunan untuk Pemula
Peluang usaha toko bangunan terbilang cukup menjanjikan, dimana kebutuhan dalam sektor pembangunan atau perbaikan menjadi kebutuhan banyak kalangan. Bisa untuk
Baca Juga
7 Karakteristik Perusahaan Dagang dan Perbedaannya
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang fokus dalam melakukan transaksi jual beli barang. Karakteristik perusahaan dagang juga berbeda dengan perusahaan jasa
Baca Juga
13+ Ide Usaha Modal 1 Juta yang Menguntungkan di Tahun 2023
Anda mungkin sedang berpikir, "Bagaimana mungkin saya bisa memulai usaha modal 1 juta?" Tidak perlu meragukan diri sendiri, karena di
Baca Juga
Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang dan Strateginya
Dalam mengelola persediaan perusahaan barang dagang, metode pencatatan persediaan barang dagang yang tepat memiliki peran krusial dalam menjaga keseimbangan antara
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu