⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pahami Nota Kontan: Fungsi, Cara Membuat dan Contohnya

Simak di sini apa itu nota kontan, fungsi, komponen, cara membuat dan contoh nota kontan untuk mencatat transaksi tunai secara efektif.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Nota kontan adalah istilah transaksi dalam dunua keuangan, yang mana metode pembayarannya menggunakan uang tunai. Metode ini kerap digunakan untuk transaksi sederhana dan terjadi pada transaksi di area konvensional seperti warung sederhana atau pasar trandisional.

Lantas apakah nota jenis kontan ini penting bagi bisnis? bagaimana cara membuatnya? bagaimana contohnya? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa itu Nota Kontan?

Adanya Nota Kontan Dijadikan Sebagai Bukti Transaksi Secara Online (Credit; Freepik.com)

Nota Kontan adalah istilah yang biasa digunakan dalam dunia keuangan untuk merujuk pada transaksi atau pembayaran yang dilakukan secara tunai, tanpa melalui proses pembayaran menggunakan cek atau transfer bank. Dalam bahasa sehari-hari, atau dapat juga diartikan sebagai pembayaran tunai.

Contohnya, ketika membeli makanan di sebuah warung kecil atau di pasar tradisional, Anda mungkin akan diminta untuk membayar menggunakan nota. Hal ini berarti Anda harus membayar dengan uang tunai yang sesuai dengan jumlah yang tertera pada nota atau struk pembayaran tersebut.

Penggunaan nota kontan biasanya dilakukan dalam transaksi kecil atau dalam skala kecil, namun bukan berarti  tidak penting. Bahkan, dalam beberapa kasus, justru menjadi salah satu bentuk bukti pembayaran yang sah.

Jadi, jika Anda melakukan pembayaran secara tunai dan menerima nota kontan adalah sebagai bukti pembayaran, pastikan untuk menyimpannya dengan baik sebagai bukti transaksi yang sah.

Baca Juga: Apakah Nota Kontan adalah Bukti Transaksi Pembayaran Sah?

Fungsi Nota Kontan

Fungsi dari nota kontan sendiri sangatlah penting, terutama bagi para pelaku bisnis, antaranya sebagai berikut:

1. Merekam Transaksi Pembayaran dengan Tunai

Nota kontan berfungsi untuk merekam setiap transaksi pembayaran yang dilakukan dengan tunai. Dengan memiliki nota ini Anda dapat memastikan bahwa setiap transaksi tunai yang dilakukan tercatat dengan jelas dan akurat.

Dengan demikian, Anda dapat memudahkan proses pelacakan dan pemantauan transaksi keuangan yang dilakukan dengan tunai.

2. Memberikan Bukti Pembayaran yang Valid

Setiap nota kontan yang diberikan setelah pembayaran dilakukan akan berfungsi sebagai bukti pembayaran yang valid. Selain itu, ini juga menjadi dasar bukti yang sah bagi kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi, baik itu penjual maupun pembeli.

Oleh karena itu, nota kontanmenjadi penting untuk memastikan bahwa transaksi tunai yang dilakukan sah dan tercatat secara resmi.

3. Nota Kontan untuk Memfasilitasi Proses Akuntansi

Nota kontan berfungsi sebagai alat yang sangat membantu dalam memfasilitasi proses akuntansi. Dengan ini, Anda dapat memudahkan pencatatan transaksi tunai dan pengelolaan catatan keuangan.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam memastikan keakuratan dan konsistensi catatan keuangan yang dibuat. Dengan kata lain, juga dapat mempermudah proses pencatatan dan pelaporan keuangan yang dilakukan.

Untuk memudahkan proses pencatatan dan pengelolaan catatan keuangan, Anda dapat memanfaatkan software akuntansi online Beecloud. Software ini akan membantu Anda mencatat setiap transaksi penjualan dengan mudah dan akurat, sehingga mempermudah proses akuntansi.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda juga dapat membuat laporan keuangan secara otomatis, sehingga dapat mempercepat proses pelaporan keuangan.

4. Mempertahankan Keterbukaan dan Pertanggungjawaban

Nota kontan dapat berfungsi untuk mempertahankan keterbukaan dan pertanggungjawaban dalam setiap transaksi yang dilakukan. Dengan memiliki nota, Anda dapat memastikan bahwa setiap transaksi tunai yang dilakukan tercatat dengan jelas dan transparan.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam memantau dan memastikan bahwa setiap transaksi dilakukan secara jujur dan terbuka, serta mempertanggungjawabkan setiap uang yang keluar dan masuk.

Komponen Nota Kontan

Nota kontan sendiri terdiri dari beberapa komponen, seperti tanggal, deskripsi transaksi, nominal transaksi, nama penerima atau pembayar, tanda tangan, dan kode unik. Dalam paragraf ini, akan dijelaskan masing-masing komponennya:

1. Tanggal pada Nota Kontan

Tanggal merupakan komponen penting dalam nota kontan karena berguna untuk mengetahui kapan transaksi tersebut dilakukan. Dengan mencatat tanggal transaksi, Anda dapat memastikan bahwa setiap transaksi tercatat secara akurat dan memudahkan dalam pelacakan dan pemantauan transaksi yang dilakukan.

2. Deskripsi Transaksi

Berikutnya adalah deskripsi transaksi adalah penjelasan singkat mengenai transaksi yang dilakukan. Deskripsi yang jelas dan detail akan membantu Anda dan penerima untuk memahami transaksi yang dilakukan.

Sebagai contoh, Anda dapat mencantumkan deskripsi transaksi seperti "Pembelian barang-barang dagangan" atau "Pembayaran uang muka sewa tempat usaha".

3. Nominal Transaksi

Nominal transaksi merupakan jumlah uang yang dibayarkan atau diterima dalam transaksi tersebut. Penting untuk mencatat nominal transaksi dengan benar agar setiap transaksi tercatat secara akurat dan memudahkan dalam pelacakan dan pengelolaan keuangan.

4. Nama Penerima atau Pembayar

Nama penerima atau pembayar adalah komponen yang berfungsi untuk mengetahui siapa yang menerima atau membayar uang tersebut. Penting untuk mencantumkan nama dengan benar agar dapat memudahkan dalam pelacakan dan pemantauan transaksi.

5. Tanda Tangan

Tanda tangan merupakan tanda bukti yang menunjukkan bahwa transaksi tersebut telah dilakukan dengan sah dan sesuai dengan kesepakatan yang ada. Tanda tangan juga dapat membantu dalam memperkuat bukti pembayaran dan memudahkan dalam memperoleh kembali hak dan kewajiban atas transaksi tersebut.

Cara Membuat Nota Kontan dengan Mudah

1. Buat Nota Kontan Pakai Microsoft Word

Tonton video: Belajar Microsoft Word | Cara Membuat Nota dengan Microsoft Word

Untuk membuat nota kontan menggunakan Microsoft Word, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  • Pilih "Blank Document" atau "Blank Page" untuk membuat dokumen kosong.
  • Buat header pada bagian atas halaman, yang biasanya berisi nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan logo. Anda dapat menambahkan gambar logo perusahaan dengan memilih "Insert" pada menu utama, lalu pilih "Pictures" dan pilih file gambar logo yang ingin ditambahkan.
  • Buat tabel dengan mengklik "Insert" pada menu utama, lalu pilih "Table" dan pilih ukuran tabel yang diinginkan. Ukuran standar untuk nota adalah 3 kolom x 5 baris.
  • Isi tabel dengan informasi yang diperlukan, seperti tanggal transaksi, deskripsi transaksi, nominal transaksi, nama penerima atau pembayar, tanda tangan, dan kode unik. Pastikan untuk menyusun informasi tersebut di kolom yang tepat.
  • Setelah mengisi informasi, Anda dapat menambahkan garis tepi pada tabel dan membuat teks lebih menonjol dengan menambahkan warna latar belakang atau font yang lebih besar.
  • Setelah selesai, Anda dapat mencetak nota tersebut dan menggunakannya untuk mencatat transaksi tunai yang dilakukan.

Demikianlah langkah-langkah dalam membuat nota menggunakan Microsoft Word. Dengan membuat secara rapi dan teratur, Anda dapat memudahkan dalam mengelola transaksi bisnis Anda dan menjaga akuntabilitas serta transparansi keuangan.

2. Buat Nota Kontan Pakai Microsoft Excel

Tonton video: Cara Membuat Nota Toko di Excel

Berikut ini adalah cara membuat nota kontan menggunakan Microsoft Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja baru.
  2. Buat header pada bagian atas lembar kerja, yang biasanya berisi nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan logo. Anda dapat menambahkan gambar logo perusahaan dengan memilih "Insert" pada menu utama, lalu pilih "Pictures" dan pilih file gambar logo yang ingin ditambahkan.
  3. Buat tabel dengan menentukan ukuran dan jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan untuk nota. Ukuran standar untuk nota kontan adalah 3 kolom x 5 baris.
  4. Isi tabel dengan informasi yang diperlukan, seperti tanggal transaksi, deskripsi transaksi, nominal transaksi, nama penerima atau pembayar, tanda tangan, dan kode unik. Pastikan untuk menyusun informasi tersebut di kolom yang tepat.
  5. Setelah mengisi informasi, Anda dapat mengatur format tabel dengan menambahkan garis tepi pada tabel, mengatur lebar kolom, dan menambahkan warna latar belakang atau font yang lebih besar.
  6. Setelah selesai, Anda dapat mencetak nota tersebut dan menggunakannya untuk mencatat transaksi tunai yang dilakukan.

Dengan membuat menggunakan Microsoft Excel, Anda dapat memudahkan dalam mengelola transaksi bisnis Anda dan menjaga akuntabilitas serta transparansi keuangan. Anda juga dapat menghitung total transaksi secara otomatis dengan menggunakan rumus Excel yang sesuai pada bagian bawah tabel.

3. Buat Nota Kontan Pakai Beecloud

Tonton video: Cara Input Transaksi Penjualan Barang atau Jasa - Beecloud

Membuat nota kontan menggunakan software akuntansi seperti Beecloud memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan cara manual.

  • Pertama, Anda dapat membuat nota dengan cepat dan mudah, tanpa harus membuatnya dari awal setiap kali melakukan transaksi tunai.
  • Kedua, Anda dapat mencetak nota dengan format yang profesional dan rapi, dengan hanya beberapa klik. Anda tidak perlu mengatur format nota secara manual, karena software akuntansi telah menyediakan template yang siap digunakan.
  • Ketiga, Anda dapat mengelola nota secara lebih efektif dan efisien. Anda dapat menyimpan dalam basis data software akuntansi dan dengan mudah mengecek dan mencari kembali nota yang telah dibuat sebelumnya. Anda juga dapat menghitung total transaksi tunai secara otomatis, serta menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan terperinci.
  • Keempat, menggunakan software akuntansi Beecloud juga memudahkan dalam melakukan audit keuangan. nota yang dibuat dengan menggunakan software akuntansi Beecloud akan tercatat secara digital dan dapat dengan mudah ditemukan kembali jika dibutuhkan. Hal ini memudahkan dalam melakukan audit keuangan dan meminimalkan risiko terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi tunai.

Dalam keseluruhan, menggunakan software akuntansi Beecloud untuk membuat nota sangatlah menguntungkan dan efektif bagi bisnis Anda. Hal ini akan membantu dalam mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik dan memudahkan dalam menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan terperinci.

Baca Juga: Ini Dia Macam-Macam Bukti Transaksi yang Harus Diketahui!

Contoh Nota Kontan

Berikut ini contoh-contoh nota kontan yang bisa Anda tiru atau gunakan untuk usaha Anda:

1. Contoh Nota Kontan Pertama

Contoh Nota Kontan Template01

Template Nota Kontan 1 (Credit: Bee.id)

2. Contoh Nota Kontan Kedua

Contoh Nota Kontan

Template Nota Kontan 02 (Credit: Bee.id)

3. Contoh Nota Kontan Ketiga

Contoh Nota Kontan Template03

Template Nota Kontan 03 (Credit: Bee.id)

Nah, sekian informasi terkait nota kontan lengkap degan contoh dan cara membuatnya, Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Mengirim faktur atau invoice tepat waktu adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan segera membayar produk dan layanan
Baca Juga
Prospek Kerja Akuntansi, Mulai dari Akuntan hingga Manajer
Akuntansi merupakan sebuah bidang studi yang mempelajari metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Nah, kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk
Baca Juga
Tips dan Ide Jualan Laris Saat Pandemi
Jualan laris saat pandemi sebagai upaya melihat peluang yang punya dampak baik untuk hidup kita kedepannya. Kita harus pandai melihat
Baca Juga
Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan dasar akuntansi atau persamaan akuntansi merupakan hubungan antara harta (asset), kewajiban (liabilitas) dan modal (ekuitas) yang sudah dimiliki oleh
Baca Juga
Alasan Mengapa Aplikasi Nota Penjualan Excel Penting?
Aplikasi nota penjualan excel biasanya dibuat dalam dua rangkap. Pada saat transaksi, penjual umumnya memberikan nota penjualan yang berisi harga
Baca Juga
Jenis-jenis Biaya Produksi dan Contohnya
Ada banyak hal yang perlu Anda pelajari sebelum benar-benar membuka sebuah bisnis, seperti salah satunya jenis jenis biaya produksi. Ya,
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu