🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apakah Nota Kontan adalah Bukti Transaksi Pembayaran Sah?

Contoh nota kontan adalah sebuat topik yang paling banyak dicari pebisnis untuk dijadikan sebagai refrensi dalam membuat nota secara mandiri.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 18 May 2022

Nota kontan adalah bukti transaksi pembayaran yang disediakan oleh pemilik bisnis kepada pelanggan mereka.

Nota wajib hukumnya dalam melakukan transaksi jenis apapun sebagai bukti transaksi. Karena bukti tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu hal terpenting jika ingin mengembangkan bisnis.

Tanpa adanya bukti transaksi, maka pelanggan tidak bisa komplain jika suatu saat nanti produk yang dibeli mengalami kerusakan sebelum dipakai. Itulah mengapa pemilik usaha wajib memberikan nota kontan sebagai jaminan keamanan untuk para pelanggan supaya mereka mau membeli produk kembali.

Apa itu Nota Kontan?

Nota Kontan Adalah

Ilustrasi Nota Kontan (Sumber: Freepik.com)

Nota Kontan adalah bukti transaksi pembayaran yang disediakan oleh pemilik bisnis kepada pelanggan mereka. Dengan ini, transaksi dapat diselesaikan tanpa harus menunggu jatuh tempo.

Jauh berbeda dari catatan kredit dan debit yang masih terkait dengan piutang dan utang antara kedua pihak, nota kontan adalah bukti transaksi yang dikeluarkan oleh penjual ketika pembeli melakukan pembayaran barang yang dibeli.

Karena proses pembayaran yang tidak perlu menunggu jatuh tempo, maka bukti pembayaran ini disebut nota kontan atau tunai.

Sama seperti jenis nota lainnya, nota kontan harus dibuat menggunakan salinan, setidaknya dibuat menjadi dua salinan. Kemudian catatan asli ini akan diberikan kepada pembeli, sedangkan salinan disimpan oleh penjual untuk catatan dan pembukuan.

Fungsi Nota Kontan

Nota Kontan memiliki peran serta fungsi penting untuk setiap bisnis. Nota kontan umumnya digunakan sebagai dokumen referensi ketika perusahaan akan membuat laporan keuangan, dapat dikatakan fungsi nota kontan adalah alat untuk memeriksa ulang.

Ketika perusahaan ingin membandingkan jumlah yang dijual dalam data catatan dengan kondisi di gudang, nota digunakan sebagai bukti resmi atau valid dari transaksi.

Nota kontan menjadi bukti pembelian yang valid yang mana akan menjelaskan jika pembeli telah selesai melakukan pembayaran untuk barang yang dibeli.

Jadi secara luas dapat dikatakan jika nota kontan adalah sesuatu yang sangat penting. Di mana Anda harus menyimpannya dengan rapi sehingga akan dengan mudah ditemukan saat dibutuhkan untuk mendukung pembuatan laporan keuangan.

Komponen Nota Kontan

Ilustrasi Komponen Nota Kontan (Sumber: Freepik.com)

Salah satu faktor penting untuk sukses saat melakukan bisnis, yaitu bukti transaksi. Dengan bukti transaksi, Anda memberikan konsumen rasa aman dan nyaman saat membeli produk yang ditawarkan, sehingga mereka ingin datang untuk membeli produk Anda lagi di kemudian hari.

Mengapa seperti itu? Karena jika tanpa bukti transaksi, pelanggan Anda pasti tidak akan dapat mengeluh jika akan ada barang yang diterima dalam keadaan yang rusak.

Lalu apa saja kompenen dalam nota kontan? Berikut ini adalah daftar komponen-komponen dalam nota kontan, antara lain:

  • Nama perusahaan / nama toko sebagai yang mengeluarkan nota
  • Nomor nota
  • Tanggal transaksi
  • Jenis barang
  • Jumlah barang yang diambil / dibeli
  • Harga unit barang
  • Total harga

Setelah memahami bagaimana komponen nota, sekarang saatnya untuk belajar tentang cara membuatnya dengan cara mudah. Jadi, Anda dapat memasukkan beberapa teks penting pada nota sebagai karakter/ciri khas khusus perusahaan Anda.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Nota Kosong Manual

Cara Membuat Nota Kontan

Ilustrasi Cara Membuat Nota Kontan (Sumber: Freepik.com)

Anda juga dapat membeli nota kontan yang juga dapat Anda beli di toko peralatan alat tulis. Nota kontan ini telah siap di mana Anda biasanya hanya perlu mengisi sesuai dengan transaksi yang dibuat nanti. Anda juga dapat memesan nota kontan untuk dicetak dan dikostumisasi dengan menambahkan logo bisnis Anda.

Semua jenis nota kontan ini akan valid dan akan digunakan sebagai tanda pembayaran yang memiliki stempel bisnis. Namun, jika Anda ingin membuat format nota kontan Anda sendiri, maka Anda dapat menggunakan Microsoft Excel saja.

Berikut ini adalah cara membuat nota kontan manual menggunakan Ms. Excel:

1. Memasukkan Kode Produk

Di sini Anda dapat mengisi kode produk secara langsung tanpa harus menggunakan formula rumus Excel. Kemudian sesuaikan kode yang telah dibuat sebelumnya. Kode produk ini isinya berupa kode produk tertentu yang akan dibeli pelanggan.

Kode ini berguna untuk memfasilitasi penjual saat memeriksa produk yang baru saja ditransaksikan tanpa harus menulisnya sepenuhnya.

2. Masukkan Nama Barang beserta Jumlahnya

Selanjutnya jangan lupa untuk memasukkan nama barang serta jumlahnya. Ini bertujuan untuk memberikan detail barang apa saja yang dibeli dan dijual beserta jumlahnya.

3. Gunakan rumus VLOOKUP

Untuk mempermudah pekerjaan Anda, manfaatkan formula excel VLOOKUP yang kemudian Anda bisa masukkan jumlah barang yang sudah terjual pada kolom jumlah barang.

4. Buat Harga Satuan per Produk

Jika membuat harga satuan per produk pada nota kontan, Anda bisa memanfaatkan rumus yang sudah ada pada Ms. Excel. Ini jauh lebih mudah, praktis dan minim kesalahan.

5. Masukkan Total Harga

Setelah itu membuat jumlah barang yang dijual dengan harga satuan untuk mendapatkan harga total.

6. Kurangkan Total Harga dengan Diskon (Jika Ada)

Ini nantinya akan menjadi nilai total yang harus dibayar oleh pembeli kepada Anda. Jadi, Anda dapat mengetahui harga total keseluruhan jika ada diskon. Namun jika ternyata tidak ada diskon, maka Anda hanya perlu menggunakan formula SUM sebelumnya.

Nota Kontan Contoh

Jika Anda sudah memahami mengenai pengertian, fungsi, komponen, hingga cara membuat nota kontan, maka disini kami akan memberikan contoh nota kontan kepada Anda. Berikut ini contoh nota kontan.

nota kontan contoh

Nota Kontan Contoh

Kesimpulan

Nota kontan adalah salah satu alat yang digunakan sebagai bukti transaksi pada bisnis. Tanpa bukti, pelanggan tidak dapat mengeluh jika barang yang dibeli mengalami kerusakan. Ini sangat penting bagi kesuksesan bisnis karena nota ini memberikan kenyamanan dan keamanan transaksi kepada pelanggan.

Jika Anda membuat nota kontan sendiri menggunakan excel, maka itu langkah yang lebih baik. Namun jika Anda menginginkan cara yang lebih otomatis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting.

Penting untuk diingat nota kontan sangat penting sebagai buukti transaksi yang sah dan menjadi acuan dalam pembuatan laporan keuangan. Tanpa adanya nota kontan akan sulit mendapat rincian harga dan bukti pembayaran yang sah.

Seperti yang telah dijelaskan di atas ada 3 cara mudah untuk membuat nota penjualan. Jika Anda ingin membuat nota yang cepat dan mudah kami sarankan untuk menggunakan software. Software Akuntansi Beeaccounting bisa menjadi solusi cepat Anda. Software ini telah dilengkapi dengan nota penjualan otomatis yang juga terintegrasi dengan laporan keuangan. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan dengan dicocokan dengan nota terlebih dahulu. Dengan Software Akuntansi Beeaccounting seluruh data telah sinkron dan mudah untuk digunakan.

Buat Nota Kontan Mudah Dengan Software Akuntansi Beeaccounting

Cara Membuat Jurnal Berdasarkan Jenisnya
Jurnal merupakan artikel yang diterbitkan secara berkala dan isinya sangat padat. Cara membuat jurnal tidaklah sulit. Meskipun mudah, tetapi membuat
Baca Juga
4 Rumus Rasio Keuangan yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis
Sebelum kita membahas secara mendalam mengenai rumus rasio keuangan, mari kita memahami betapa krusialnya peran analisis rasio dalam mengukur dan
Baca Juga
5 Kesalahan Umum Rekonsiliasi Fiskal yang Harus Dihindari
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perusahaan menyelaraskan laporan keuangannya dengan aturan perpajakan yang berlaku? Di artikel ini Anda akan mendapatkan jawabannya!
Baca Juga
Mengenal Tujuan Akuntansi Beserta Manfaatnya Bagi Perusahaan
Akuntansi merupakan komponen penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan dan tujuan akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan yang akurat, relevan, dan bisa
Baca Juga
Persamaan dan Perbedaan Akuntansi Syariah dan Konvesional
Akuntansi Syariah dan konvensional adalah dua pendekatan yang berbeda dalam mencatat, melaporkan, dan mengelola transaksi keuangan. Perbedaan akuntansi syariah dan
Baca Juga
Apa Saja Beda Biaya dan Beban?
Beda biaya dan beban sangat penting diketahui dalam dunia akuntansi. Biaya dan beban merupakan istilah yang sangat sering kita dengar.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu